5 Langkah dan Contoh Penerapan Go Green

5 Langkah dan Contoh Penerapan Go Green

Penerapan Go Green merupakan salah satu upaya untuk merawat bumi supaya kembali nyaman untuk ditinggali. Hal ini diperlukan karena berbagai aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab yang ternyata berpotensi merusak ekosistem di bumi.

 

Contoh Go Green yang dapat Sobat Torch lakukan sesederhana mematikan listrik saat tidak digunakan. Selain menghemat biaya, mematikan listrik artinya menghemat energi yang juga mengurangi pemanasan global.

 

Selain mematikan listrik, terdapat beberapa langkah-langkah Go Green yang dapat Sobat Torch lakukan dalam upaya penyelamatan bumi. Apa saja itu? Simak artikel ini hingga akhir ya, agar kamu mendapat informasi tentang gerakan Go Green secara menyeluruh.

 

Apa itu Gerakan Go Green?

Gerakan Go Green merupakan salah satu aksi yang bisa kita lakukan bersama dalam upaya merawat bumi yang semakin hari bertambah rusak. Kerusakan ini tentu diakibatkan oleh berbagai perilaku manusia yang tidak menyayangi buminya sendiri. Misalnya membuang sampah sembarangan dan menggunakan energi listrik dengan tidak bijak.

 

Salah satu akibat yang muncul yaitu lapisan ozon yang semakin menipis karena pemanasan global. Agar bumi kita kembali nyaman untuk ditinggali dan setidaknya kembali membaik, dibutuhkan kesadaran untuk merawat alam. Wujud kesadaran serta kepedulian kita terhadap bumi ini yang kemudian disebut sebagai gerakan Go Green.

 

Apa Saja Manfaat dari Adanya Gerakan Go Green?

Penerapan Go Green bisa dimulai dari diri kita sendiri. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya hingga tidak membuang-buang makanan. Kegiatan ini pasti memiliki manfaat, baik untuk diri kamu maupun lingkungan sekitar. Berikut manfaat dari adanya gerakan Go Green.

 

1. Bumi Lebih Bersih dan Sehat

Gerakan Go Green mendorong Sobat Torch dan kita semua untuk menyayangi bumi yang kita tinggali. Tentu tujuannya supaya bumi lebih bersih dan sehat. Kondisi bumi yang sehat akan memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

 

2. Hidup Menjadi Lebih Sehat dan Produktif

Gerakan Go Green yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dipercaya mampu mendetoksifikasi tubuh kita dari polusi dan produk yang tidak sehat. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya stamina pada tubuh. Alhasil, hidup kita akan menjadi lebih sehat dan produktif, terutama karena terhindar dari paparan polusi.

 

3. Berkurangnya Sampah Plastik

Meskipun belum masif, beberapa masyarakat telah menerapkan pengurangan sampah plastik sebagai wujud kegiatan Go Green. Misalnya menggunakan kantong kresek secara berulang ketika hendak berbelanja. Penggunaan plastik yang berulang ini mampu mengurangi sampah plastik yang makin hari makin menumpuk.

 

Tujuan dari Adanya Gerakan Go Green?

Berangkat dari kondisi bumi yang semakin kritis, seperti es di Antartika yang mencair, berikut beberapa tujuan dari adanya gerakan Go Green.

 

1. Mengurangi Pemanasan Global

Menurut World Wide Fund for Nature (WWF), saat ini bumi mengalami pemanasan global akibat perubahan iklim. Pemanasan global ini berdampak buruk bagi kondisi bumi dan makhluk hidup di dalamnya. Untuk itu, gerakan Go Green hadir dengan tujuan mengurangi terjadinya pemanasan global.

 

2. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Berangkat dari kondisi bumi yang semakin kritis, seperti es di Antartika yang mencair, berikut beberapa tujuan dari adanya gerakan Go Green.

 

3. Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Terjadinya pemanasan global ternyata merusak keseimbangan ekosistem. Misalnya, penebangan hutan liar berdampak pada rusaknya ekosistem hewan dan tumbuhan. Selain itu, hutan yang berfungsi menyerap karbondioksida, kini tidak lagi berfungsi secara maksimal.

 

Untuk itu, tujuan adanya gerakan Go Green ini diharapkan dapat menjaga keseimbangan ekosistem semua makhluk hidup di bumi.

 

banner travel

Langkah-langkah untuk Memulai Gerakan Go Green

Lantas, hal apa saja yang bisa Sobat Torch lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap bumi? Terdapat beberapa langkah sederhana yang cukup mudah dilakukan, baik di rumah atau di luar rumah. Berikut langkah-langkah tersebut.

 

1. Membuat Daftar Menu Makanan Harian

Daftar menu dibuat untuk memudahkan kamu menentukan bahan makanan apa saja yang akan dibeli. Seringkali, karena kamu masih bingung akan membeli apa, akhirnya cenderung berbelanja lebih banyak dari yang dibutuhkan.

 

Jika kamu berbelanja sesuai dengan daftar menu, maka kamu bisa memperkirakan jenis dan jumlah makanan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, anggaran berbelanja pun bisa ditekan karena sudah pasti akan membeli bahan makanan apa saja.

 

2. Manfaatkan Transportasi Publik

Lantas, hal apa saja yang bisa Sobat Torch lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap bumi? Terdapat beberapa langkah sederhana yang cukup mudah dilakukan, baik di rumah atau di luar rumah. Berikut langkah-langkah tersebut.

 

3. Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Semakin banyak jumlah kendaraan yang digunakan, maka polusi pun semakin bertambah. Jika Sobat Torch memanfaatkan transportasi publik, maka kamu telah berkontribusi mengurangi kadar polusi.

 

4. Mengurangi Sampah Plastik

Langkah sederhana yang dapat Sobat Torch lakukan dalam mengurangi sampah plastik di antaranya tidak membeli minuman kemasan, tetapi bawa sendiri dari rumah menggunakan botol minum. Selain itu, kamu bisa menggunakan kembali sampah plastik yang masih layak pakai, sebagai contoh kresek untuk berbelanja.

 

5. Kurangi Penggunaan Tisu

Tisu yang cenderung kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, justru berpengaruh terhadap kelestarian lingkungan. Pasalnya, untuk memproduksi tisu ada pohon yang harus ditebang.

 

Jika penggunaan tisu semakin boros, maka pohon yang ditebang pun semakin banyak. Sebab itu, mulai saat ini kamu bisa mengurangi penggunaan tisu untuk membantu merawat bumi.

 

Contoh Gerakan Go Green

Terdapat beberapa hal sederhana yang dapat kamu terapkan sebagai contoh dari gerakan Go Green. Apa saja itu? Mari simak contoh Go Green di bawah ini.

 

1. Matikan Listrik Jika Tidak Digunakan

Sesederhana mematikan listrik saat tidak digunakan, kamu telah berkontribusi menjaga dan merawat bumi. Dalam hal ini, kamu telah menghemat energi serta satu langkah lebih maju dalam mengantisipasi terjadinya pemanasan global.

 

2. Hemat Menggunakan Air

Perlu kamu ketahui, bahwa ketersediaan air di bumi tidak sebanding dengan jumlah permintaan yang sangat tinggi. Kualitas air pun semakin tidak memenuhi standar, karena faktor lingkungan yang memburuk. Apabila kamu tidak menggunakan air dengan bijak, krisis air bisa saja terjadi.

 

3. Pilah Sampah, Lakukan Daur Ulang

Sampah rumah tangga setiap harinya semakin bertambah. Sebagaimana prinsip utama Go Green, salah satu hal sederhana yang dapat kamu lakukan adalah memilah sampah. Jika kamu memupuk kesadaran untuk mengolah sampah sendiri, masalah kelestarian lingkungan hingga pemanasan global dapat dikendalikan.

 

Demikian beberapa langkah dan contoh penerapan Go Green yang dapat Sobat Torch lakukan dalam upaya menjaga dan merawat bumi. Penerapan Go Green juga dapat kamu lakukan dengan membeli barang-barang yang bisa digunakan lebih lama hingga bertahun-tahun.

 

Contohnya dengan membeli kaus Yunjae Tees dari Torch yang dibuat menggunakan serat TENCEL™

 Modal. Serat yang digunakan sudah bersertifikasi resmi dari Lenzing Austria. Bahan ini mendukung proses regulasi suhu tubuh berkat kemampuan alaminya mengatur penyerapan dan pelepasan uap air, sehingga membuat kulit bernafas lebih leluasa. Tunggu apalagi Sob? Kunjungi official store Torch sekarang juga ya.
Back to blog

1 comment

consequatur impedit veritatis aspernatur qui a neque qui sit illo nostrum non cumque eligendi. expedita rerum aut illum veniam consectetur nisi aut perspiciatis molestias in id suscipit similique est.

flagstoneveneydel2q9+64ouur90t163@gmail.com

Leave a comment