Self Improvement: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

cara menghilangkan bau sepatu

Sob, menerapkan self improvement itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tentu agar kamu bisa lebih produktif dan mindful. Self improvement adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Selama menerapkan self improvement, kualitas hidup kamu akan meningkat. Berbicara mengenai self improvement, ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan agar kamu bisa mencapainya dengan mudah. Untuk itu, simak terus pembahasan mengenai self improvement berikut ini.


Apa Itu Self Improvement?


Self improvement merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas hidup melalui berbagai cara seperti mempelajari hal baru, mengubah pola pikir, membangun kebiasaan baru, dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencapai kesuksesan pribadi dan memperbaiki aspek-aspek dalam hidup yang dianggap kurang memuaskan.


Kamu bisa meningkatkan berbagai kemampuan melalui macam-macam bidang, seperti kepribadian, karier, hubungan, kesehatan, dan finansial. Kamu bisa memilih fokus pada satu atau beberapa bidang tergantung pada apa yang ingin kamu capai. Dalam bidang yang kamu pilih, kamu bisa membuat tujuan dan melakukan tindakan-tindakan spesifik untuk mencapainya.


Self improvement bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak peduli apa pun latar belakang, usia, atau posisi sosial. Proses self improvement bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memotivasi, karena kamu dapat melihat perubahan positif dalam hidup seiring waktu. Ini juga bisa menjadi cara untuk membangun keyakinan diri dan menemukan tujuan hidup yang lebih jelas.


Apa Saja Fungsi Self Improvement?


Self improvement dapat membantu kamu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Ini merupakan salah satu fungsi yang akan kamu dapatkan saat melakukan self improvement dengan konsisten. Gak cuma itu, masih ada fungsi lain dari self improvement yang mungkin tidak kamu sadari tapi kamu sudah merasakannya. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini.


1.  Menumbuhkan Keyakinan Diri


Apakah kamu termasuk seseorang yang insecure? Self improvement dapat membantu kamu membangun keyakinan diri dengan mengatasi rasa kurang percaya diri. Caranya bisa dilakukan dengan mencoba hal baru, mengatasi tantangan, dan mencapai tujuan-tujuan pribadi. Seiring waktu, kamu akan mulai merasa lebih yakin dan percaya pada kemampuan diri sendiri.


2. Meningkatkan Kualitas Hidup


Proses self improvement bisa mendorong kamu memperbaiki aspek-aspek dalam hidup yang tidak memuaskan dan mencapai kebahagiaan yang lebih besar. Kualitas hidup yang dimaksud seperti melibatkan peningkatan karier, memperbaiki hubungan dengan orang lain, memperbaiki kesehatan, dan mencapai tujuan finansial.


3. Menemukan Tujuan Hidup


Menentukan tujuan hidup bukan sesuatu yang mudah. Melalui self improvement kamu akan menemukan tujuan hidup yang lebih jelas. Prosesnya dapat dilakukan dengan mempelajari hal baru, mengejar impian, dan mencari hal-hal yang membuat hidup kamu lebih berarti. Proses self improvement dapat membantu kamu menemukan apa yang benar-benar penting bagi diri kamu dan memberikan arah serta tujuan dalam hidup.


4. Membangun Kemampuan dan Keterampilan


Membangun keterampilan dan kemampuan untuk mencapai tujuan hidup dapat kamu lakukan juga dengan self improvement. Misalnya, kamu mempelajari hal baru, berlatih teknik baru, serta mengikuti pendidikan dan pelatihan. Ketika kamu membangun kemampuan dan keterampilan, kamu dapat mempersiapkan diri untuk mencapai tujuan hidup yang lebih besar dan lebih sulit.


Apa Saja Manfaat Self Improvement?


Self improvement adalah proses yang tidak mudah, tetapi memberikan manfaat yang besar dalam kehidupan. Self improvement ini memberikan manfaat yang luar biasa untuk kehidupan yang lebih berkualitas. Berikut ini manfaat self improvement yang mungkin telah kamu rasakan.


1. Meningkatkan Kesejahteraan Emosional


Self improvement dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah emosional dan memperbaiki kesejahteraan emosional. Hal ini bisa kamu capai dengan mempelajari teknik manajemen stres, mengatasi masalah kepribadian, dan meningkatkan keyakinan diri. Saat kamu mampu mengatasi masalah emosional, maka kamu bisa mencapai tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dan merasa lebih stabil secara emosional.


2. Meningkatkan Kinerja


Saat kamu mampu mengelola emosional dengan lebih baik, bukan tidak mungkin kamu mampu meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan profesional. Kamu pun akan memperoleh kepuasan dalam bidang pekerjaan yang kamu sukai serta mempersiapkan diri untuk mencapai tujuan karier yang lebih besar.


3. Meningkatkan Hubungan


Hubungan yang makin erat menjadi salah satu manfaat yang akan kamu rasakan ketika melakukan self improvement. Selama prosesnya, kamu mungkin belajar teknik komunikasi, mengatasi masalah kepribadian, dan membangun kepercayaan. Alhasil, kamu pun mampu membangun jaringan yang lebih baik dan memperoleh dukungan serta kebahagiaan dari orang lain.


4. Meningkatkan Kesehatan


Kesehatan menjadi hal penting yang akan kamu rasakan manfaatnya saat kamu melakukan self improvement. Hal ini karena kamu akan mencapai gaya hidup yang lebih sehat, seperti memperbaiki pola makan, berolahraga, dan mengatasi masalah kesehatan yang muncul. Kamu pun bisa merasakan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi serta siap untuk mempersiapkan tujuan hidup yang lebih luas.


Bagaimana Cara Memulai Menerapkan Self Improvement?


Menerapkan self improvement dalam kehidupan sehari-hari memang tidak mudah, tapi kamu pasti bisa melakukannya kok Sob. Pastikan kamu memiliki niat yang kuat serta komitmen yang tinggi. Kalau kamu bingung bagaimana cara memulainya, ikuti saja cara-cara berikut ini.


1. Identifikasi Tujuan dan Prioritas


Langkah pertama untuk memulai self improvement yaitu menentukan tujuan dan prioritas pribadi. Kamu bisa memulainya dengan mencatat hal-hal yang ingin dicapai dalam hidup, menentukan area yang ingin ditingkatkan, dan membuat rencana untuk mencapai tujuan. Saat kamu telah menentukan tujuan dan prioritas, kamu akan memiliki arah yang jelas untuk menjalani proses self improvement ini.


2. Belajar dan Berlatih

 

Setelah menentukan tujuan dan prioritas, langkah selanjutnya mempelajari dan berlatih teknik self improvement. Caranya bisa dengan membaca buku, mengikuti program pelatihan, dan berlatih teknik secara teratur. Kamu pun dapat memperkuat kemampuan dan mempersiapkan diri untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi. 


3. Buat Rencana dan Langkah-langkah Terukur


Langkah berikutnya, kamu perlu membuat rencana dan langkah-langkah terukur untuk mencapai tujuan self improvement. Kamu bisa mulai dengan melakukan hal-hal kecil seperti membuat jadwal, menentukan tahapan, dan memantau kemajuan. Rencana yang terukur membuat kamu memiliki cara yang jelas untuk mencapai tujuan dan mengatasi tantangan.


4. Terapkan dan Evaluasi


Terakhir, langkah penting dalam memulai self improvement adalah menerapkan rencana dan evaluasi. Mulai terapkan teknik yang dipelajari, mengukur kemajuan, dan membuat perubahan sesuai kebutuhan. Saat mengimplementasikan nya, kamu akan memiliki cara untuk memantau perkembangan dan memastikan bahwa proses self improvement berlangsung dengan baik.


Bagaimana Contoh Self Improvement?


Setelah mengenal pentingnya self improvement, berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa Sobat Torch lakukan untuk memulai self-improvement.


1. Memperbaiki Kualitas Tidur


Bagi kamu yang merasa jam tidur kurang berkualitas, maka disarankan untuk mencoba mengatur jadwal tidur Sobat Torch agar lebih awal dari sebelumnya. Mengingat bahwa kebiasaan tidur larut malam atau begadang bisa mengganggu sistem tubuh kamu.


Untuk bisa melakukannya cobalah untuk mandi menggunakan air hangat suapaya badan menjadi lebih rileks sehingga kamu lebih mudah tidur dan tidak begadang. Lalu, secara perlahan menghindari bermain gadget sebelum tidur, dan juga mengurangi mengonsumsi kafein saat siang ataupun sore hari.


2. Meningkatkan Kesadaran dan Berdamai dengan Diri Sendiri


Apakah Sobat Torch pernah menyimpan perasaan sakit hati, kecewa, kegagalan, atau emosi negatif terhadap orang lain atau bahkan diri sendiri? Jika iya dan bahkan masih merasakannya, penting untuk menyadari bahwa perasaan negatif seperti itu akan berdampak buruk kepada diri sendiri. 


Cobalah untuk sadar dan mengerti bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Berikan maaf pada diri sendiri dan orang lain dan saling berdamai. Dengan melakukan hal ini, maka kamu dapat terus bangkit dan terhindar dari penyesalan yang mungkin akan mengganggu kesehatan mental.


3. Belajar dan Membaca Buku


Contoh berikutnya dalam usaha membangun self improvement dan self development adalah dengan rajin belajar dan membaca buku. Seperti yang kita tahu bahwa, buku merupakan jendela dunia. Dengan rajin membaca buku dan menambah jumlah bacaan, maka Sobat Torch dapat memperluas pengetahuan, sehingga wawasan yang dimiliki tidak terbatas.


Selain itu, belajar juga menjadi hal penting dalam pengembangan diri atau self improvement. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan dalam tahap self improvement, kemungkinan akan menemukan hal-hal baru yang perlu dipahami serta dipelajari.


Apa Saja Rekomendasi Buku Mengenai Self Improvement?


Penting juga membaca buku saat kamu akan menerapkan self improvement dalam kehidupanmu. Buku-buku ini akan memotivasi kamu menjadi lebih baik di setiap langkah kehidupan yang akan kamu lakukan. Apa saja rekomendasi buku yang sebaiknya kamu baca? Yuk simak selengkapnya pada uraian berikut ini.


1. The 7 Habits of Highly Effective People


Buku ini karya Stephen Covey dan direkomendasikan banyak orang yang ingin menerapkan proses self improvement dalam hidupnya Buku ini menawarkan pandangan unik mengenai bagaimana menjadi lebih efektif dalam hidup dan pekerjaan. Melalui 7 kebiasaan yang dibahas, kamu akan belajar cara untuk memenuhi potensi pribadi, membangun hubungan yang baik dengan orang lain, dan mengatasi masalah dengan cara yang lebih efektif.


2. How to Win Friends and Influence People


Buku karya Dale Carnegie ini menjadi sumber inspirasi bagi siapa saja yang ingin memahami bagaimana membangun hubungan dan memengaruhi orang lain. Dalam buku ini, kamu akan belajar bagaimana memahami orang lain, membantu mereka merasa penting, dan membuat mereka setuju dengan pandangan kamu. Buku ini juga membahas bagaimana mengatasi masalah dan menjaga hubungan yang baik dengan orang lain.


3. The Power of Now: A Guide to Spiritual Enlightenment


Buat Sobat Torch yang ingin mencapai kesadaran spiritual dalam hidup, kamu wajib membaca buku karya Eckhart Tolle ini. Di sini, kamu akan memahami esensi diri dan mencapai kesadaran spiritual. Kamu juga akan belajar bagaimana hidup dalam saat sekarang, memahami pikiran dan emosi, dan membangun kesadaran diri. Pembelajaran ini tentunya sangat berharga dan membuat kamu lebih matang secara spiritual.


4. Think and Grow Rich


Sobat Torch yang ingin meningkatkan kualitas diri dengan membangun kekayaan dan kesuksesan, kamu perlu membaca karya Napoleon Hill yang satu ini. Buku ini akan memberikan kamu informasi penting bagaimana memanfaatkan potensi diri dan membangun keyakinan diri. Kamu juga akan belajar memahami hukum pikiran dan mengatasi masalah dengan cara yang lebih efektif dan berakhir bahagia.


Self improvement adalah proses yang tidak mudah, tetapi akan menyenangkan jika kamu berkomitmen dan menikmati prosesnya. Dalam proses self improvement, penting juga meningkatkan kepercayaan diri dengan memakai outfit atau tampilan yang kamu banget.


Untuk mencari outfit yang bisa mengekspresikan diri kamu, Torch punya jaket keren, sandal yang bisa digunakan dalam segala occasion, tas yang bikin tampilan kamu makin outstanding, hingga kaus oversized yang nyaman.


Torch akan membersamai kamu melewati proses self improvement dengan tampilan yang bikin kamu makin percaya diri. Kalau begitu, kunjungi Torch sekarang juga untuk membangun citra yang lebih percaya diri!


Sale Off
Kanzaki Light Travel Backpack 30L
Rp 999.000Rp 877.000
Sale Off
Tampak samping kiri tas ransel traveling Torch, Fujisawa 45+3 Liter Travel Backpack.
Rp 1.349.000Rp 1.214.100
Sale Off
Ishikari Backpack 20 + 2 Liter
Rp 458.000Rp 458.000
Sale Off
Hwado Daypack 17L
Rp 298.000Rp 255.000
Sale Off
Almagro Backpack
Rp 418.000Rp 418.000
Sale Off
Aquila Office Backpack
Rp 418.000Rp 346.940
Sale Off
Solana Office Backpack
Rp 418.000Rp 418.000
Sale Off
Amurio Backpack 19L
Rp 0Rp 298.000