9 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable

9 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang kaya akan sejarah, budaya, dan kulinernya. Pernahkah Sobat Torch pergi ke Solo? Kalau belum maka sekarang bisa jadi waktu yang tepat untuk mengunjunginya. Buat Sobat Torch yang ingin banyak mengabadikan foto estetis maka ada beberapa tempat wisata di Solo yang instagramable.

 

Pastinya mata Sobat Torch akan disuguhi dengan pemandangan berbeda, baru, bersejarah, serta luar biasa. Jika akhirnya memutuskan untuk merencanakan liburan ke Solo, pastikan kamu tidak melewatkan mengunjungi beberapa tempat wisata yang akan dijelaskan berikut ini!

 

Apa Saja Tempat Wisata di Solo yang Instagramable?

Liburan jelas belum lengkap tanpa mengabadikannya dengan foto-foto keren yang instagramable. Untuk mendapatkan foto seperti ini, kamu tidak harus jauh-jauh pergi ke luar negeri kok Sob! Di Indonesia, yakni di Solo, kamu juga bisa mengambil banyak foto yang instagramable. Coba kunjungi beberapa tempat berikut ya! 

 

1. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran termasuk salah satu bangunan bersejarah yang terletak di pusat Kota Solo. Meski dibangun pada abad ke-18, pura ini masih terjaga keasliannya sampai sekarang.

 

Saat berkunjung masuk ke dalamnya, kamu pasti akan terpukau dengan arsitektur indah yang kental dengan nuansa Jawa. Hampir semua tempat dalam pura ini bisa kamu jadikan spot foto menarik. Mulai dari halaman dalam pura yang asri hingga ruangan interior klasik Jawa yang sangat vintage.

 

2. Taman Sriwedari

Tempat apa pun sebenarnya bisa dijadikan spot foto yang menarik. Contohnya seperti salah satu taman yang berada di pusat Kota Solo, yakni Taman Sriwedari. Bukan sembarang taman, tempat ini memiliki banyak wahana menarik sekaligus spot foto instagramable yang sangat populer di kalangan para turis.

 

3. Kampung Batik Laweyan

Kalau kamu berminat mengunjungi tempat bersejarah yang penuh dengan budaya Solo maka Kampung Batik Laweyan bisa dijadikan tempat yang tepat. Kampung ini sangat terkenal dengan batik khas Solo yang memiliki corak dan motif unik.

 

Selain itu Kampung Batik Laweyan juga memiliki arsitektur yang khas dengan rumah-rumah bergaya Jawa yang terbuat dari kayu. Tentunya kamu dapat mengabadikan semua momen bersejarah ini dengan mengambil banyak foto iconic yang keren untuk di-upload ke Instagram. Selagi berfoto, jangan lupa bantu warga lokal dengan membeli batik ya Sob!

 

4. Keraton Surakarta Hadiningrat

Belum berkunjung ke Solo kalau kamu tidak mengunjungi keraton yang menjadi tempat tinggal alias istana bagi Kesultanan Surakarta. Tempat ini sudah berdiri sejak abad ke-18 dan masih terus dijaga keasliannya hingga waktu yang sangat lama.

 

Di dalam keraton ini terdapat berbagai bangunan bersejarah yang memiliki arsitektur khas Jawa, seperti Pagelaran, Kemandhungan, Keben, Kedhaton, dan sebagainya. Semua tempat di Keraton Surakarta Hadiningrat ini bisa kamu jadikan tempat foto yang instagramable.

 

Pastikan kamu mengenakan baju terbaik supaya bisa tampil keren untuk mendapatkan banyak like dari followers.

 

5. Benteng Vastenburg

Masih dengan tempat bersejarah di Solo, kali ini Torch menyarankan kamu untuk pergi ke Benteng Vastenburg. Tempat ini merupakan benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Kampung Batik Kauman, Solo.

 

Jangan menganggap benteng ini sepele Sob. Tempat ini sangat krusial bagi warga setempat karena termasuk salah satu saksi bisu perjuangan rakyat Solo dalam menghadapi penjajah Belanda.

 

Sekarang Benteng Vastenburg telah diubah menjadi museum yang menyimpan berbagai koleksi sejarah, seperti senjata, foto-foto, dan sebagainya. Selagi berkeliling melihat peninggalan sejarah, kamu bisa menjadikannya foto yang estetis dan menarik untuk di-posting.

 

6. The Heritage Palace

Selanjutnya ada The Heritage Palace yang merupakan hotel mewah unggulan di pusat Kota Solo. Hotel ini memiliki desain yang sangat indah dengan gaya arsitektur klasik Eropa. Kalau kamu mencari tempat staycation yang unik dan estetis, berkunjunglah ke tempat ini!

 

Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas lengkap, seperti kolam renang, spa, restoran, dan lain sebagainya. Ke mana pun kakimu melangkah dalam hotel, semuanya bisa dijadikan tempat foto yang sangat instagramable. Coba datang dan rasakan sendiri bagaimana kemewahan hotel satu ini!

 

7. De Tjolomadoe Solo

De Tjolomadoe Solo adalah kompleks pertokoan yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Solo. Kompleks ini sebenarnya merupakan pabrik gula yang dibangun pada awal abad ke-20. Namun saat ini pabrik tersebut telah diubah menjadi tempat wisata yang sangat instagramable.

 

Di dalam kompleksnya terdapat berbagai bangunan bersejarah dengan arsitektur khas Eropa, seperti kantor pusat, gudang, dan sebagainya.

 

8. Gedung Djoeang 45

Bukan fakta bohong kalau Solo menjadi salah satu kota bersejarah yang harus dikunjungi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Seolah belum cukup dengan semua tempat yang sudah disebutkan di atas, Solo masih punya bangunan bersejarah lainnya yang bernama Gedung Djoeang.

 

Bangunan ini dibangun pada tahun 1921 dan sempat menjadi markas dari Partai Komunis Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan. Sekarang Gedung Djoeang 45 telah diubah menjadi museum yang menyimpan berbagai koleksi sejarah perjuangan rakyat Indonesia.

 

9. Grandis Barn

Buat Sobat Torch yang datang bersama keluarga, Grandis Barn adalah tempat wisata yang sangat family-friendly. Tempat ini memiliki konsep alam yang sangat asri dengan taman hijau dan dikelilingi oleh pohon-pohon besar.

 

Di dalam Grandis Barn terdapat berbagai fasilitas yang lengkap, seperti kolam renang, taman bermain, arena olahraga, dan sebagainya. Bukan hanya para orang tua yang betah berlama-lama di tempat ini, anak-anak pasti juga akan sangat menyukainya. Pastikan kamu mengenalkan tempat satu ini kepada anak-anak dan saudara ya Sob!

 

Apa Saja Makanan Khas Solo yang Paling Populer?

Selain kekayaan budaya dan sejarahnya, Solo juga memiliki beragam makanan khas yang sangat lezat. Torch punya beberapa rekomendasi makanan khas Solo yang harus kamu coba nih Sob! Saat berkunjung, pastikan kamu mencobanya ya!

 

1. Sate Buntel

Sate Buntel adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi cincang dan dibungkus dengan lemak, kemudian dipanggang di atas arang. Daging sapi cincang tersebut akan dicampur dengan rempah-rempah untuk membuat rasanya lebih gurih dan lezat.

 

Kalau kamu punya kesempatan mencobanya, pastikan makan sate ini dengan nasi, sayuran, dan sambal kacang yang pedas agar makin nikmat.

 

2. Timlo

Timlo sebenarnya merupakan makanan yang serupa dengan sup ayam pada umumnya. Hanya saja ada banyak tambahan bahan lainnya yang membuatnya makin lezat. Makanan ini sangat cocok saat dimakan pada cuaca yang dingin. Pastinya sup tersebut akan langsung menghangatkan seluruh tubuhmu.

 

3. Brambang Asem

Selanjutnya ada menu lalapan unik yang harus kamu coba. Pembuatan Brambang Asem sangat mudah karena kamu hanya perlu menyiapkan sayuran mentah yang diiris tipis-tipis dan diberi bumbu asam pedas.

 

Sayuran yang biasa digunakan dalam Brambang Asem antara lain mentimun, tomat, kacang panjang, taoge, dan lain sebagainya. Kalau tempat makan yang dikunjungi di Solo menyediakan Brambang Asem, pastikan kamu mencobanya ya Sob!

 

4. Sate Kere

Kalau kamu suka sate, jangan lupa untuk mencoba Sate Kere yang sangat populer. Secara umum sebenarnya sate ini hampir sama dengan sate biasanya. Namun ada fakta unik yang tersimpan di dalamnya, yakni sate ini muncul karena pendudukan Belanda di daerah Solo dan sekitarnya.

 

Akibat tidak mampu menyantap daging yang mahal, masyarakat akhirnya memutuskan untuk membuat sate versi mereka sendiri dengan bahan seadanya. Bahan yang dimaksudkan ialah tempe gembus dan aneka jeroan sapi. Siapa sangka makanan yang tadinya hadir karena kekurangan malah jadi keunikan warga Solo?

 

5. Tengkleng

Percaya atau tidak, Sate Kere bukan cuma satu-satunya menu yang lahir karena keterbatasan masyarakat. Masih ada Tengkleng yang juga muncul pada masa penjajahan Belanda. Makanan ini terbuat dari tulang serta jeroan sapi dengan campuran bumbu yang nikmat.

 

Meski tidak ada daging mahal, sumsum tulang yang seringkali tersedia memberikan rasa yang memikat banyak orang. Tengkleng sangat nikmat disantap bersama nasi sebagai makan siang atau makan malam. Tentunya perut kamu akan sangat diberkati ketika mencoba makanan satu ini.

 

Apa Saja Budaya Khas Solo yang Unik?

Sudah puas mengunjungi tempat wisata dan makanan Solo yang unik? Jangan pulang dahulu Sob! Masih ada ragam budaya yang harus kamu ketahui selagi berada di Solo. Dari banyaknya budaya yang ada, berikut beberapa budaya yang tidak boleh dilewatkan. 

 

1. Sekaten

Solo bisa dibilang sangat kental dengan budaya dan sejarah yang pernah terjadi puluhan tahun lalu. Hal ini terbukti dari adanya upacara Sekaten alias perayaan yang dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

 

Bagi warga Solo, perayaan ini sangat penting sehingga acaranya pun dibuat meriah. Terdapat berbagai acara pesta rakyat yang akan membuat seluruh kalangan masyarakat senang. Keberadaan pasar malam hingga seni pertunjukan selalu membuat pengunjung kota Solo bisa menikmati keindahan budaya yang kaya secara langsung.

 

2. Sadranan

Sadranan adalah penyebutan untuk ritual berdoa kepada para arwah leluhur agar diberikan berkah. Namun biasanya doa tersebut dilakukan secara serempak yang diakhiri dengan acara silaturahmi bersama tetangga. Tidak sedikit juga masyarakat yang menggelar makan bersama di atas daun pisang untuk bercengkrama.

 

3. Grebeg Sudiro

Indonesia memang ditinggali oleh penduduk dengan mayoritas agama Islam, tetapi ingat bahwa ada sebagian lainnya yang memeluk 4 kepercayaan berbeda. Toleransi jelas dibutuhkan agar semua orang bisa tetap hidup rukun dalam kesatuan. Hal ini juga yang dilakukan oleh warga Solo dalam perayaan Grebeg Sudiro.

 

Perayaan ini dilakukan untuk memperingati tahun baru Imlek dengan menghormati penduduk yang merupakan keturunan Tionghoa dan Jawa. Grebeg Sudiro dibuat dengan meriah dan biasanya ada arak-arakan dalam rute jalan yang sudah ditentukan.

 

Dari semua informasi di atas, Sobat Torch tentunya jadi sadar bahwa kota ini menyimpan banyak hal luar biasa. Jadi mencari tempat wisata di Solo yang instagramable jelas bukan hal sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan barang yang harus dibawa lalu menikmati kekayaan budaya yang ada di Solo.

 

Lebih baik Sobat Torch langsung menyiapkan tas dan barang-barang yang ingin dibawa. Tidak punya tas keren untuk foto instagramable kamu di Solo? Jangan khawatir! Torch punya berbagai jenis tas dengan desain keren yang akan meningkatkan percaya dirimu selama perjalanan. Langsung saja kunjungi Official Store Torch sekarang untuk menemukan tas impianmu!

Back to blog

Leave a comment