4 Tips untuk Backpacker ke Banyuwangi

4 Tips untuk Backpacker ke Banyuwangi

Liburan ke Banyuwangi ala backpacker sejatinya menjadi pengalaman tidak terlupakan dalam hidup. Tidak harus selalu dilakukan apabila Sobat Torch tidak menyukainya. Tetapi setidaknya Sobat Torch sudah pernah melakukannya satu kali. Nah ada beberapa tips backpacker ke Banyuwangi untuk Sobat Torch agar liburan jadi seru!

 

Siapa tahu ini bisa jadi pengalaman pertama yang menyenangkan karena Sobat Torch sudah melakukan persiapan dengan matang. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi langsung saja simak seluruh informasinya di bawah ini!

 

Apa Itu Backpacker?

Backpacker dasarnya menggambarkan seseorang yang melakukan perjalanan ke tempat-tempat jauh dengan membawa tas kecil atau ransel untuk membawa barang-barang pribadi dan perlengkapan perjalanan.

 

Backpacker merupakan orang-orang yang menyukai petualangan dan mencari pengalaman baru sambil menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dikunjungi masyarakat. Mereka juga sering mencari penginapan murah dan bersedia tinggal di tempat-tempat sederhana selama perjalanan.

 

Backpacker juga sering terlibat dalam kegiatan membuat makanan sendiri, melakukan aktivitas outdoor, dan mencari tiket transportasi yang terjangkau. Banyak dari mereka yang sering terlibat dalam kegiatan sukarela atau bekerja sambil melakukan perjalanan.

 

Makin ke sini, orang-orang mendefinisikan backpacker sebagai sesuatu yang lebih simpel seperti liburan dengan ransel dan budget yang minim. Jadi kata kunci petualangan dan pengalaman masih sama, namun perjalanan mereka tidak harus selalu ke tempat yang belum banyak dikunjungi orang.

 

Para backpacker bisa tetap pergi berlibur meski ke tempat destinasi wisata yang populer. Intinya, perjalanan mereka tidak menggunakan koper atau menginap di tempat yang sangat mewah. Kesederhanaan serta interaksi dengan penduduk setempat menjadi cara baru membuat perjalanan jadi menyenangkan. 

 

Apa Manfaat Backpacker?

Tentu ada segudang manfaat yang bisa kamu rasakan ketika melakukan perjalanan ala backpacker. Bukan hanya pemandangan alam yang indah dengan kekayaan Nusantara tetapi juga pengalaman baru yang sama sekali berbeda. Coba baca beberapa manfaatnya berikut.

 

1. Menjadi Open-minded

Perjalanan backpacker identik dengan berpetualang, mencoba hal baru, serta terjun langsung ke lingkungan setempat yang membuat kamu lebih mengerti budaya-budaya baru. Ketika belajar budaya yang ada, kamu secara tidak langsung juga memahami perspektif hidup dari penduduk.

 

Makin banyak perspektif berbeda yang dipelajari maka makin terbuka pikiranmu terhadap banyak hal, termasuk tentang kehidupan.

 

2. Menambah Kemampuan Berbahasa

Ketika bepergian ke banyak tempat maka mau tidak mau kamu akan mempelajari bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat. Tidak hanya berlaku di Indonesia, negara lain pun juga berlaku demikian. Meski tidak langsung fasih, setidaknya kamu jadi bisa mengucapkan beberapa kata sehari-hari untuk membeli makan atau berbelanja.

 

3. Membantu Pengembangan Diri

Berpetualang tanpa ada banyak fasilitas seperti tour guide pasti akan membuat diri kamu berkembang. Mempelajari bahasa bisa jadi salah satu contohnya. Selain itu kamu juga harus bisa menyelesaikan berbagai tantangan sendiri yang kemungkinan besar tidak mudah.

 

Semua hal yang baru pertama kali dialami akan menjadi tantangan besar yang menakutkan. Namun setelah semuanya berhasil dilalui maka diri kamu akan jadi lebih kuat dan mandiri dari sebelumnya.

 

4. Memperluas Koneksi

Backpacker pasti sering bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara dan latar belakang yang berbeda selama perjalanan sehingga koneksi mereka akan makin meluas.

 

Dimulai dari diskusi atau mengobrol santai, kemudian kamu bisa mendapatkan teman perjalanan yang menyenangkan atau bahkan pasangan hidup. Tidak ada yang tahu juga kalau kamu bisa mendapatkan kesempatan besar dalam pekerjaan karena perjalanan tersebut.

 

5. Menciptakan Momen Tidak Terlupakan

Kenangan baru jelas akan selalu tercipta ketika kamu melakukan perjalanan. Sejak mempersiapkan perjalanan hingga akhirnya selesai, ada banyak sekali hal tidak terduga atau bahkan tidak pernah terpikirkan. Semua itu menjadi momen tidak terlupakan dan suatu berkat untuk mendorong kamu maju menjalani hari-hari ke depan.

 

Apa Saja Tips Backpacker ke Banyuwangi?

Melakukan perjalanan ke suatu tempat memerlukan persiapan yang matang supaya tidak ada yang terlewat atau tertinggal. Jika destinasi kamu adalah Banyuwangi maka ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan.

 

1. Memilih Transportasi yang Tepat

Transportasi ke Banyuwangi paling nyaman menggunakan jasa kereta api. Kamu hanya perlu duduk dan menikmati perjalanan hingga sampai di Banyuwangi. Kalau kamu berangkat dari Bandung, Jakarta, Semarang, dan Solo maka perlu transit 1 kali di Yogyakarta untuk berpindah ke Kereta Api Sri Tanjung.

 

Namun kalau kamu dari Surabaya dan Malang maka ingatlah untuk naik Kereta Api Mutiara Timur. Jadi persiapkan tiket dan belilah dari jauh-jauh hari agar harganya lebih terjangkau.

 

2. Cari Penginapan Hemat, Nyaman, dan Dekat

Jangan lupa untuk mencari tempat penginapan yang nyaman, terjangkau, dan yang aksesnya dekat dengan berbagai tempat wisata. Jika kamu berhasil menemukannya maka perjalanan backpacker akan sangat seru tanpa memakan waktu untuk perjalanan yang jauh.

 

3. Gunakan Tas dan Bawa Barang Secukupnya

Pilih juga tas yang tepat untuk menemani perjalanan. Jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil, tetapi tetap harus nyaman digunakan dalam waktu yang cukup lama. Contohnya seperti Takahagi 40 Liter dari Torch yang memiliki kapasitas besar untuk perjalanan backpacker seminggu.

 

Semua kompartemen di dalamnya sudah didesain khusus untuk akses yang lebih mudah serta penyimpanan yang cepat dengan ritsleting 270°. Strapnya juga empuk sehingga pundak tidak akan pegal ketika melakukan perjalanan berjam-jam.

 

Bahannya tidak berat karena terbuat dari Duralite Nylon yang 2x lebih kuat serta 30% lebih ringan. Kemudian pilih barang-barang krusial apa saja yang diperlukan untuk perjalanan, seperti obat, pakaian, kamera, alas sepatu, makanan ringan, uang, dan lain-lain.

 

4. Jangan Takut Mencoba

Sebagai seorang backpacker, ini adalah saat yang tepat untuk mencoba banyak hal baru. Bukan saja soal destinasi wisata baru tetapi juga makanan lokal yang tersedia. Ingat bahwa kamu tidak perlu menyukainya karena yang paling penting adalah sudah pernah mencoba.

 

Rekomendasi Tempat untuk Pergi Backpacker ke Banyuwangi

Jika kamu sudah siap dengan semua peralatan backpacker, sekarang kamu akan diajak melihat beberapa tempat istimewa yang harus dikunjungi ketika pergi ke Banyuwangi. Siapkan catatan dan mari mulai!

 

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah sebuah kawah gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur, Indonesia. Tempatnya terletak di dua kabupaten yaitu Banyuwangi dan Bondowoso.

 

Kawah Ijen terkenal karena memiliki fenomena unik yang dinamakan "Blue Fire" atau "Api Biru", yaitu kebakaran yang terjadi di dasar kawah dengan warna nyala api biru. Tentunya tidak semua tempat memiliki fenomena satu ini, jadi pastikan kamu melihatnya dengan mata kepala sendiri! 

 

2. Pantai Pulau Merah

Selanjutnya ada Pantai Pulau Merah yang pasirnya berwarna merah sehingga tidak heran ada banyak orang mengunjungi tempat ini. Selain warna pasirnya, tentu keberadaan laut dan langit yang bertemu merupakan pemandangan terindah yang bisa kamu nikmati selagi berada di Pantai Pulau Merah.

 

3. Desa Blambangan

Blambangan merupakan sebuah desa yang menyimpan banyak kekayaan alam. Ketika sampai, kamu akan langsung disuguhkan pemandangan pantai dan air terjun yang indah. Bahkan pemandangan bawah lautnya tidak kalah memesona sehingga sangat cocok untuk berekreasi bersama teman-teman atau keluarga.

 

4. Pulau Tabuhan

Jika kamu ingin mencicipi sedikit kehidupan penduduk lokal Banyuwangi maka berkunjung ke Pulau Tabuhan bisa menjadi salah satu destinasi tepat. Di sini kamu bisa melihat gua yang menghubungkan sebuah pulau ke daratan, tempat tinggal penduduk sekaligus lahan pertanian mereka. Suasana alam yang indah pasti akan kamu rasakan begitu sampai ke pulau satu ini.

 

5. Taman Nasional Baluran

Last but not least importantly, ada Taman Nasional Baluran yang menjadi tempat bagi berbagai macam satwa liar seperti kijang, kambing hutan, burung-burung, dan lain sebagainya. Di sini kamu bisa melihat semua satwa tersebut sambil memandangi indahnya pemandangan alam yang asri. Pikiran pasti jadi damai dan tenang saat kamu menghabiskan waktu memandangnya.

 

Pergi ke Banyuwangi ala backpacker nyatanya akan membawa banyak kenangan yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Mengalami berbagai keadaan budaya, tradisi, hingga kehidupan penduduk setempat akan menjadi tantangan tetapi juga momen tidak terlupakan.

 

Sobat Torch bisa langsung melakukan tips backpacker ke Banyuwangi yang sudah dijelaskan di atas, kemudian beli tas Takahagi di official website Torch agar perjalanan jadi nyaman. Segera beli Takahagi sekarang sebelum kehabisan! 

Back to blog

Leave a comment