sekumpulan anak sekolah sedang berbincang di koridor

9 Tips Memilih Tas Sekolah Anak yang Wajib Diketahui

Halo Sobat Torch! Kamu sedang mencari tas untuk anak-anak? Memilih tas sekolah yang tepat untuk anak sangatlah penting agar mereka tetap nyaman dan aman dalam beraktivitas. Oleh karena itu, kamu tidak bisa langsung asal beli tas. Ada beberapa aspek penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli tas untuk anak.

 

Di artikel kali ini, Torch hadir untuk bantu dalam kamu menemukan tas sekolah yang ideal untuk anak-anak. Mulai dari tips-tips yang perlu kamu perthatikan hingga rekomendasi tas yang cocok untuk digunakan anak-anak. Penasaran apa saja tips dan rekomendasinya? Yuk, langsung saja cek artikel berikut ini ya!

 

Tips Memilih Tas Sekolah Anak

 

Sebelum masuk ke tips memilih tas sekolah anak, Torch akan perkenalkan diri terlebih dahulu. Torch merupakan sebuah brand yang awalnya didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. 

 

Namun seiring berjalannya waktu, Torch mulai menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, traveling bag, tas selempang, messenger bags, tas jinjing, tas pinggang, office bag, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap aktivitas, salah satunya sekolah.

 

Nah, sekarang saatnya Torch berikan beberapa tips memilih tas sekolah untuk anak. Berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan:

 

1. Pertimbangkan Kebutuhan Anak

 

Sebelum membeli, pastikan untuk memahami kebutuhan anak terkait aktivitas sekolah dan ekstrakurikulernya. Apakah anak hanya membawa peralatan tulis dan buku saja, perlengkapan olahraga, atau bahkan laptop? Dengan mengetahui kebutuhan anak, Sobat Torch bisa memilih tas dengan desain dan ruang penyimpanan yang sesuai.

 

Torch sendiri sudah menghadirkan tas yang sudah mencakup semua kebutuhan tersebut, mulai dari buku dan alat tulis, kompartemen khusus untuk laptop, hingga untuk kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga.

 

2. Pilih Ukuran yang Sesuai

 

Ukuran tas sekolah harus disesuaikan dengan usia dan ukuran tubuh anak. Jangan memilih tas yang terlalu besar karena dapat membebani punggung anak. Dan sebalinknya juga, jangan pilih tas yang berukuran terlalu kecil agar anak bisa membawa semua kebutuhan sekolahnya. Torch sarankan agar berat tas tidak melebihi 10% dari berat badan anak saat terisi penuh.

 

3. Perhatikan Kualitas Bahan

 

Pilihlah tas sekolah yang terbuat dari bahan berkualitas seperti kanvas, nilon, atau kulit sintetis yang ringan, tahan lama, mudah dibersihkan, dan tahan air. Hindari bahan yang tipis atau mudah robek. 

 

Hampi keseluruhan produk tas dari Torch terbuat dari bahan Duralite Nylon yang sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan dibandingkan bahan tas pada umumnya. Selain itu, bahan ini juga sudah water repellent atau tahan air dengan intensitas sedang, sehingga kamu tidak perlu khawatir tas anak menjadi basah terkena cipratan air ataupun hujan.

 

4. Pilih Bantalan Bahu yang Empuk

 

Demi kenyamanan anak, pastikan tas sekolah memiliki bantalan bahu yang empuk dan tebal. Hal ini akan mencegah bahu anak tertekan atau terluka saat membawa tas berat. 

 

Tas ransel dari Torch sudah dilengkapi dengan bantalan bahu yang empuk dan kokoh. Tak hanya itu, Torch juga melengkapi bagian belakang tas dengan Back System TRD Foam yang buat punggung dan pinggan jadi lebih nyaman ketika membawa tas.

 

5. Perhatikan Kompartemen Tambahannya

 

Pilihlah tas sekolah dengan kompartemen tambahan seperti tempat menyimpan pensil, tempat minum, atau kantong kecil untuk menyimpan barang-barang penting lainnya. Semakin terorganisir isi tas, semakin mudah anak untuk menemukannya saat dibutuhkan.

 

Beberapa pertimbangan tambahan selain kompartemen utama yang perlu kamu perhatikan diantaranya adalah saku depan, saku samping, saku atas, dan kompartemen laptop.

 

6. Cek Kapasitas Penyimpanan


Kapasitas penyimpanan yang cukup penting agar semua buku dan perlengkapan lainnya bisa ditampung dengan nyaman di dalam tas. Usahakan tas tidak terlalu penuh hingga membuatnya terlalu berat. Umumnya, kapasitas penyimpanan tas sekolah untuk anak SD-SMP berkisar antara 10-20 Liter. Sedangkan, untuk penyimpanan tas sekolah anak SMA berkisar antar 20-35 Liter.

 

7. Pilih Tas yang Tahan Air

 

Cuaca yang tidak menentu membuat tas sekolah rawan terkena air hujan atau noda lainnya. Pilihlah tas yang terbuat dari bahan tahan air agar isi tas tetap terlindungi dan kering. Beberapa produk tas dari Torch juga sudah water repellent atau tahan air dengan intensitas sedang dan dilengkapi dengan rain cover. Jadi, kamu tidak perlu takut barang-barang bawaan anakmu jadi basah ketika terjadi hujan atau terkena cipratan air.

 

8. Pertimbangkan Selera Anak

 

Meski mungkin terlihat sepele, namun mempertimbangkan selera anak dalam memilih tas penting untuk membuatnya antusias menggunakan tasnya. Pilihlah motif, warna, atau karakter yang disukai anak agar mereka merasa bangga dan senang mengenakannya. 

 

Baca Juga: Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik dari Torch

 

9. Cek Review dan Kredibilitas Toko

 

Sebelum membeli, Sobat Torch disarankan untuk membaca review atau testimoni dari pengguna sebelumnya terkait kualitas produk dan layanan toko. Pilihlah toko terpercaya dengan rekam jejak memuaskan seperti Torch yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun.


Rekomendasi Tas Untuk Sekolah Anak dari Torch Tahun 2024

 

Berikut merupakan beberapa rekomendasi tas sekolah anak dari Torch:

 

1. Almeria School Backpack 16L

seorang murid perempuan sedang berjalan menuju ke sekolah mengenakan almeria school backpack dari torch

Almeria School Backpack ini merupakan salah satu tas Torch yang compact dan cocok banget untuk temani aktivitas di sekolah ataupun di luar sekolah. Desain yang sporty tetapi tetap terlihat simple dan trendi. 


List fitur Almeria School Backpack:

  • Berbahan Duralite Nylon yang sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan membuat tas ini pas untuk digunakan setiap hari. Tas ini juga sudah aman dari cipratan air dengan intensitas kecil-hingga sedang. 
  • Bagian belakang tas sudah dilengkapi TRD Foam dan Shoulder-S-Strap yang membuat punggung jadi nyaman saat digunakan.
  • Bentuk tas yang simple klasik tetapi masih cocok untuk dibawa ke sekolah atau hangout bareng teman-teman. Tas ini juga bisa buat penampilanmu jadi semakin eye catching.  
  • Muat banyak barang seperti buku pelajaran, alat tulis, peralatan ekskul dan lainnya karena berkapasitas hingga 16 liter. Tas ini juga sudah punya kompartemen untuk laptop hingga ukuran 14 inch lho.
  • Terdapat saku tambahan di samping yang cocok untuk menyimpan tumblr ataupun payung lipat dengan lebih cepat.
  • Varian warna: Grey, Navy, Legon Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi tas: 26cm x 13cm x 40cm

2. Ganghwa Daypack 19L

seorang laki-laki sedang berdiri di tepi koridor sekolah sambil mengenakan ganghwa daypack dari torch

 

Desain daypack yang paling simple. Bisa banget dipakai pergi ke sekolah atau ke kantor. Resletingnya unik banget, dari samping ke depan. Dengan bentuk resleting begitu, memungkinkan daypack berkapasitas hingga 19 liter ini lebih muat banyak barang.


List fitur Ganghwa Daypack 19L:

  • Terbuat dari 100% Duralite Nylon X7 yang tahan air terhadap intensitas sedang, menjaga barang-barang di dalamnya tetap kering. Selain itu, bahannya sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan dari bahan tas pada umumnya.
  • Memiliki ruang utama yang cukup luas untuk membawa semua kebutuhan sekolah, serta dilengkapi dengan resleting tahan air untuk perlindungan tambahan.
  • Dilengkapi dengan kompartemen khusus untuk laptop hingga ukuran 15 inch dan sudah dilapisi dengan padding untuk melindungi laptop dari benturan.
  • Dilengkapi dengan saku depan yang dilengkapi dengan sistem velcro yang memudahkan penyimpanan peralatan sekolah atau barang kecil lainnya.
  • Dirancang dengan back system TRD Foam untuk kenyamanan bahu dan punggung saat digunakan dalam waktu yang lama.
  • Terdapat saku samping di kedua sisi tas, cocok untuk menyimpan botol minum atau payung untuk akses yang mudah.
  • Dilengkapi dengan rain cover sebagai tambahan untuk melindungi tas dari hujan dengan intensitas sedang serta menjaga barang-barang di dalamnya tetap kering dan aman.
  • Varian warna: Navy dan Black
  • Dimensi tas: 32 cm x 47 cm x 16 cm

3. Guri Backpack Jinjing (2 in 1)

seorang pria sedang menjinjing guri backpack jinjing (2 in 1) dari torch

Series tote bag terbaru dari Torch! Tas 2-in-1 yang bisa dijadikan backpack atau dijinjing. Cocok untuk kegiatan sehari-hari, sekolah, perkuliahan, bahkan kantoran. Selain itu, Guri Backpack Jinjing ini juga memiliki fitur roll top untuk kompartemen ekstra 2 liter.


List fitur Guri Backpack Jinjing (2 in 1):

  • Dengan kapasitasnya sebesar 15 liter, cocok banget digunakan untuk anak sekolah mulai dari SD-SMA. Apalagi dengan tambahan kapasitas 2 liter dari fitur roll top.
  • Menggunakan bahan Duralite Nylon X7 yang sudah water repellent dan sudah teruji 2X lebih kuat serta 30% lebih ringan dari bahan lainnya
  • Buat anak sekolah yang membawa laptop ke sekolah, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat kompartemen laptop berukuran up-to 14-inch
  • Terdapat kompartemen depan untuk mengorganisir barang-barang kecil untuk sekolah dan dilengkapi dengan resleting water repellent.
  • Ada kompartemen di sisi sampingnya untuk bawa botol minum atau tumblr.
  • Varian warna: Black
  • Dimensi tas: 40cm x 30cm x 10cm

4. Hadong Tote Bag

seorang siswa perempuan sedang berjalan di koridor sekolah sambil mengenakan hadong tote bag dari torch

 

Kamu penyuka totebag tapi butuh tas yang muat banyak barang? Hadong Tote Bag pilihan tepat. Soalnya tote bag ini muat banyak barang dan kelebihannya bisa dijadiin backpack. Kamu bakalan untung banget deh. 


List fitur Hadong Tote Bag

  • Materialnya terbuat dari 100% Duralite Nylon X7  yang kuat untuk menahan air dengan intensitas sedang masuk ke dalam tas.
  • Bawa barang kebutuhan sekolah? Atau kebutuhan kerja? Simpan di kompartemen utama yang muat mulai dari notebook, buku novel, charger handphone, atau charger laptop. Resleting di kompartemen utama ini udah menggunakan zipper water repellent.
  • Muat maximal laptop 14 inch yang sudah dilengkapi sistem padding sehingga aman dari benturan.
  • Di saku depan kamu bisa simpen stationary, charger handphone dan headset. Sakunya sudah dilengkapi dengan compas puller.
  • Terdapat saku samping yang bisa kamu manfaatin untuk menyimpan botol minum.
  • Kamu bisa manfaatin untuk menaruh tissue pack ataupun masker ganti di bagian saku belakang. Di sini juga kamu bisa menyimpan tali backpack ketika akan menggunakannnya sebagai tote bag.
  • Varian warna: Black dan Navy
  • Dimensi tas: 29cm x 40cm x 10cm

5. Hakgyo Tas Selempang

seorang anak sekolah laki-laki sedang bersender di tepi pagar mengenakan hakgyo tas selempang

 

Lebih simple, lebih minimalis. Messenger yang cocok banget dipake ke kantor, kuliah, bahkan anak sekolah juga oke banget pake tas ini. Bahannya 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan. Nyaman digunakan dan muat banyak barang.


List fitur Hakgyo Tas Selempang:

  • Materialnya terbuat dari 100% polyelabe yang kuat untuk menahan air dengan intensitas sedang masuk ke dalam tas.
  • Bawa barang kebutuhan sekolah? Simpan di kompartemen utama yang muat mulai dari notebook, buku novel, charger handphone, atau charger laptop.
  • Muat maximal laptop 14 inch yang sudah dilengkapi sistem padding sehingga aman dari benturan ditambah ada strap elastic yang melindungi laptop.
  • Terdapat sakut depan untuk kamu simpen stationary, headset, atau barang kecil lainnya.
  • Simpan dokumen-dokumen yang kamu butuhkan di saku belakang ini. Aman dan tidak tercecer dengan barang lainnya.
  • Terdapat saku di samping tas yang elastic karena terbuat dari polyester mesh. Kamu bisa simpen botol minum di sini.
  • Ada shoulder pad yang siap melindungi bahu kamu, jadi lebih nyaman digunakan.
  • Terdapat resleting jenis vislon yang membuat penampilan makin keren.
  • Traveling kamu bisa lebih aman dengan disediakannya compas puller di setiap tas dari Torch.
  • Varian Warna : Black and Grey
  • Dimensi : 39cm x 26cm x 14cm

6. Hwado Daypack 17L

seorang wanita sedang duduk sambil membaca buku ditemani hwado daypack disebelahnya

 

Backpack untuk sekolah yang kecil tapi muat laptop? Ada? Ada dong! Hwado Backpack hadir khusus untuk kamu. Desainnya simple tapi playful cocok digunakan sekolah atau hangout bareng teman. Selain itu, bahannya 2 kali lebih kuat, dan 30% lebih ringan. Asik banget pake backpack ini karena udah dilengkapin sistem yang nyaman di punggung.


List fitur Hwado Dayback 17L:

  • Materialnya terbuat dari Duralite Nylon yang udah terbukti water repellent (tahan air dengan intensitas sedang).
  • Ada banyak pilihan warnanya, kamu bisa pilih sesuai dengan warna yang kamu inginkan.
  • Bawa barang kebutuhan sekolah? Atau kebutuhan kerja? Simpan di kompartemen utama yang muat mulai dari notebook, buku novel, charger handphone, charger laptop, bahkan make up pouch.
  • Muat maximal laptop 14inch yang sudah dilengkapi sistem padding. Jadi aman dari benturan.
  • Terdapat saku depan buat kamu simpan stationary atau headset.
  • Bagian belakangnya udah dilengkapi dengan Back System yang nyaman digunakan dan anti pegal.
  • Traveling kamu bisa lebih aman dengan disediakannya compas puller di setiap tas dari Torch.
  • Varian warna: Grey, Black, dan Navy
  • Dimensi tas: 27cm x 40cm x 14cm

Nah, dengan mengikuti 9 tips plus bonus di atas, Sobat Torch bisa mendapatkan tas sekolah berkualitas yang aman, nyaman, dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak tercinta. Yuk kunjungi toko Torch terdekat atau cek website kami untuk melihat koleksi tas sekolah anak terbaru!


Memilih tas sekolah yang tepat memang terlihat sederhana, namun dampaknya begitu besar bagi kenyamanan dan kesehatan anak selama bersekolah. Torch berharap artikel ini bisa membantu Sobat Torch dalam menemukan tas sekolah ideal untuk para Juara Kecil di rumah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Back to blog

Leave a comment