Waist Bag

Travel Pouch

Backpack

Light Travel Backpack

Travel Backpack

Packing Organizer

Office Totebag

Laptop Sleeve

Jacket

Celana

T-Shirt

Shirt

Outerwear

Neck Wallet

Keychain

Wallet

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

Marvel Hero VS Villain

Konfirmasi Pembayaran

Torch Story

Rekomendasi Wisata Pacitan Selain Pantai

wisata pacitan selain pantai

Pantai memang sudah jadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika Sobat Torch berkunjung ke daerah Pacitan. Letaknya yang berada di pesisir Selatan Pulau Jawa dan dilalui oleh dua sungai besar membuatnya di kelilingi oleh berbagai pantai. Namun apakah sebenarnya ada lagi destinasi wisata Pacitan selain pantai?


Tentu saja! Meski kebanyakan wisata yang ada di Pacitan adalah pantai, Sobat Torch masih bisa mengunjungi tempat lainnya seperti gua, gunung, telaga, dan masih banyak lagi. Selagi mencari tahu destinasi lainnya, ketahui juga berbagai fakta unik tentang Pacitan sekaligus budaya yang tersimpan di dalamnya.


Apa Saja Rekomendasi Tempat Wisata Pacitan Selain Pantai?


Meski kebanyakan tempat wisata di Pacitan adalah pantai, tetapi kamu masih bisa menikmati keindahan alam lain yang tersimpan di dalamnya. Catat beberapa destinasinya berikut ini!


Apa Saja Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan?


Berwisata di daerah Pacitan jelas jadi salah satu momen tidak terlupakan. Belum lagi kalau kamu memang suka berlibur mengelilingi seluruh wilayah Indonesia. Kalau kamu memang sudah merencanakan akan pergi ke Pacitan, coba cek beberapa rekomendasi wisata berikut ini. 


1. Air Terjun Klayar


Air Terjun Klayar terletak di Kecamatan Donorojo, Pacitan. Air terjun ini memiliki keindahan unik karena bentuknya yang menyerupai tirai air dengan air terjun yang membentuk lengkungan.


Di sekitar air terjun juga terdapat batu karang yang menjadi daya tarik tersendiri kalau kamu berkunjung ke tempat ini. Pergi ke Air Terjun Klayar dengan di kelilingi alam pasti akan sangat menenangkan hati!


2. Goa Gong


Selanjutnya ada Goa Gong yang terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan. Gua ini terkenal dengan stalaktit dan stalagmitnya yang terbentuk secara alami selama lebih dari ratusan ribu tahun. Di dalamnya kamu bisa melihat keindahan berbagai formasi stalaktit dan stalagmit yang sangat unik serta indah.


Kalau berkunjung ke tempat ini, jangan lupa siapkan pouch transparan supaya smartphone kamu tidak basah. Jadi selagi menikmati keindahannya, kamu pun bisa mengabadikan momen dengan berfoto tanpa khawatir smartphone akan rusak.


3. Air Terjun Grojogan Sewu


Di sekitar daerah Kecamatan Punung, Pacitan, terdapat Air Terjun Grojogan Sewu yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Air terjun satu ini masih sangat terawat yang terbukti dari kejernihan airnya dan suhunya yang dingin. Tentu hal ini wajar terjadi, apalagi Air Terjun Grojogan Sewu di kelilingi oleh hutan yang rindang. Main ke tempat ini dijamin seru Sob! 


4. Bukit Kapur


Beralih dari air terjun, di Pacitan juga ada Bukit Kapur yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pringkuku. Bukit Kapur ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki keindahan panorama alam yang sangat menawan.


Di atas bukit, kamu bisa menikmati hamparan padang rumput hijau serta langit biru yang cerah. Tentunya kamu hanya bisa naik ke atas bukit kalau hari sedang tidak hujan ya Sob!


5. Telaga Ngebel


Last but not least, ada Telaga Ngebel yang sangat cantik di Desa Ngebel, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Telaga ini terbentuk akibat galian batu kapur, tetapi tetap memiliki keindahan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain keindahan alam, kamu juga bisa menikmati aktivitas memancing atau bersepeda di sekitar telaga.


Apa Saja Fakta Unik Wisata Pacitan Selain Pantai?


Selain lima tempat yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, masih ada banyak fakta unik lainnya yang bisa kamu temukan di Pacitan. Ada beberapa tempat serta budayanya yang menjadi ciri khas dari daerah Pacitan. Coba simak informasi lengkapnya berikut ini. 


1. Goa Tabuhan yang Terkenal


Selain pantai, Pacitan terkenal dengan gua-gua yang menakjubkan, salah satunya adalah Goa Tabuhan. Gua ini terkenal dengan stalaktit dan stalagmitnya yang indah, serta keunikan suaranya. Benar! Ketika kamu berbicara di dalam gua maka akan ada gema dan suara akustik yang keluar dari dalam. Jadi tidak heran kalau gua ini dijuluki sebagai "gua suara".


2. Kerajinan Gerabah Pacitan


Selain wisata alam, Pacitan juga terkenal dengan kerajinan gerabahnya yang menarik. Gerabah-gerabah ini dibuat dengan teknik yang sudah diajarkan secara turun-temurun dan menghasilkan karya seni yang indah. Ada banyak toko yang menjual kerajinan gerabah sehingga kamu tidak akan sulit kalau ingin membelinya untuk dijadikan oleh-oleh.


3. Punthuk Setumbu


Punthuk Setumbu sebenarnya merupakan bukit yang terletak di desa Tulungrejo, Pacitan. Bukit ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang spektakuler. Jadi kalau kamu ingin berkunjung ke tempat ini, pastikan datang pagi ya Sob! Jangan lewatkan pemandangan sunrise serta panorama gunung, perbukitan, dan kabut tipis yang menakjubkan.


4. Desa Wisata Klayar


Desa Wisata Klayar menjadi salah satu destinasi penting yang harus kamu kunjungi. Di dalamnya tersimpan alam yang indah, seperti air terjun Klayar dan Bukit Indrayanti dengan pemandangannya yang menakjubkan. Suasana pedesaannya yang khas membuat kamu bisa melepas penat dari hiruk pikuk kota yang sangat sibuk.


5. Gunung Lanang


Buat kamu yang suka dengan pemandangan gunung serta langit, Gunung Lanang cocok jadi destinasi selanjutnya selama di Pacitan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut sehingga kamu pasti bisa melihat seluruh pemandangan daerah sekitar yang sangat indah. Di sini, kamu bisa banyak melakukan aktivitas, seperti hiking dan camping. 


Apa Saja Budaya Khas Pacitan yang Unik?


Menjelajahi destinasi wisatanya sudah, sekarang saatnya kamu mengenali berbagai budaya Pacitan yang sangat kaya. Ada banyak seni tari yang masih dilestarikan hingga bahasa yang digunakan sehari-hari oleh penduduk setempat. Pelajari beberapa budaya uniknya di bawah ini!


1. Tari Remo


Tari Remo merupakan tari khas dari Pacitan yang ditarikan oleh para wanita dengan gerakan lemah lembut. Secara umum tarian ini serupa dengan tari daerah lainnya yang diiringi oleh alunan musik tradisional.


Pakaian adatnya juga menjadi salah satu daya tarik yang penting untuk kamu pelajari. Kalau beruntung, kamu bisa melihat tarian satu ini pada upacara adat saat pernikahan, kematian, dan acara lainnya.


2. Seni Tari Bedhaya Pacitan

 

Selanjutnya ada tari daerah lagi bernama Bedhaya. Tarian ini dikenal dengan gerakan tariannya yang lemah lembut dan elegan, serta penuh dengan makna simbolis. Tarian Bedhaya Pacitan dilakukan oleh sepuluh penari wanita yang mengenakan kostum adat indah berhiaskan perhiasan emas.


Gerakan-gerakan tarian ini didominasi oleh gerakan tangan dan kaki yang dilakukan dengan lincah serta harmonis. Selain itu tarian Bedhaya juga memiliki makna filosofis yang dalam karena melambangkan kesucian dan kesakralan serta merupakan wujud penghormatan kepada kekuasaan yang lebih tinggi.


Makna dibaliknya yang sangat indah jelas harus dihargai serta dilestarikan agar kekayaan budaya Indonesia tidak berkurang. Tidak ada salahnya juga kamu para wanita bisa belajar tarian daerah Pacitan meski memiliki latar belakang yang berbeda.


Justru makin banyak orang yang tahu dengan Tari Bedhaya maka makin banyak juga masyarakat yang melestarikan budaya Pacitan.


3. Seni Wayang Kulit Pacitan


Seni Wayang Kulit Pacitan merupakan seni pertunjukan boneka kulit yang populer di Pacitan. Wayang kulit ini dipengaruhi oleh seni budaya Jawa yang mengisahkan kisah-kisah legendaris seperti Ramayana atau Mahabharata.


Pertunjukan wayang kulit biasanya dilakukan pada malam hari diiringi permainan musik gamelan tradisional. Kalau kamu punya kesempatan untuk menonton seni Wayang Kulit di Pacitan, ada baiknya singgah sebentar dan menikmati budaya satu ini.


Bukan masalah jika kamu tidak mengerti ceritanya karena yang terpenting ialah menikmati salah satu budaya Pacitan yang khas.


4. Bahasa Pacitan


Bahasa Pacitan atau yang sering disebut sebagai "bahasa pepadun" adalah bahasa daerah yang dipakai oleh masyarakat Pacitan. Bahasa ini memiliki dialek yang khas dan unik, serta dianggap sebagai salah satu bahasa daerah yang cukup rumit untuk dipelajari. Meski demikian, bahasa Pacitan masih dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat.


Sungguh kaya daerah Indonesia satu ini. Destinasi wisata Pacitan selain pantai pun tersedia dengan kayanya budaya yang tersimpan dalam kehidupan penduduk setempat. Berkunjung ke daerah Pacitan bisa jadi salah satu trip mengenal budaya Indonesia lebih dalam. Kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat rekomendasi di atas sekaligus belajar kebudayaannya.


Kalau begitu segera siapkan semua barang dan peralatan yang dibutuhkan untuk pergi ke Pacitan. Jadikan traveling kali ini bermakna dengan orang-orang terkasih sekaligus tas backpack dari Torch.


Menggunakan Kashiwa Foldable Bag 19+2 Liter - Everglade Tosca atau Seo 30 Liter - Grey pastinya akan membuat perjalanan kamu lancar tanpa drama tas rusak. Bahannya yang terbuat dari Duralite Nylon akan memastikan kamu menikmati perjalanan tanpa hambatan.


Tas dari Torch juga sudah terkenal dengan ketahanannya yang 2x lebih kuat serta 30% lebih ringan. Jadi menggunakannya bepergian ke berbagai daerah pasti akan sangat nyaman. Segera kunjungi Official Store Torch sekarang juga dan dapatkan tas traveling terbaik yang kamu suka!


Sale Off
Solana Office Backpack
Rp 418.000Rp 355.300
Sale Off
Aquila Office Backpack
Rp 418.000Rp 355.300
Sale Off
Ersalona Foldable Backpack - Grey
Rp 318.000Rp 277.000
Sale Off
[Eksklusif] Cuncheon Backpack 22L - Navy
Rp 458.000Rp 412.200
Sale Off
Ganghwa Daypack 19L
Rp 388.000Rp 310.400
Sale Off
Ishikari Backpack 20 + 2 Liter
Rp 458.000Rp 389.300
Sale Off
Salta Two-Way Messenger Bag - Twotone Grey
Rp 348.000Rp 261.000

Cari Apa Sob...