Apa Arti Riding dan Apa Manfaatnya?

Apa Arti Riding dan Apa Manfaatnya?

Pernah mendengar kata riding? Bagi kebanyakan orang di kalangan masyarakat, istilah riding diartikan sebagai kegiatan berkendara di jalanan menggunakan kendaraan bermotor. Tetapi apa benar arti riding hanya sekedar mengendarai kendaraan bermotor?

 

Lantas apalagi arti riding? Mengapa istilah ini populer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia? Yuk cari tahu selengkapnya dengan membaca artikel ini.

 

Apa Itu Arti Riding?

Kata riding yang berasal dari bahasa Inggris jika diartikan sendiri memiliki makna berkuda. Tetapi saat digabungkan dengan kata “safety” di depannya maka safety riding berarti keamanan berkendara.

 

Makna inilah yang sebenarnya dikenal bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Jadi bukan soal berkuda ya Sob! Riding atau berkendara secara umum juga lebih condong membicarakan kendaraan bermotor roda dua.

 

Pasalnya kegiatan riding sangat melekat dalam citra sepeda motor. Ketika Sobat Torch mengetik kata kunci “kegiatan riding” di mesin pencarian maka yang akan keluar pasti aktivitas berkendara menggunakan sepeda motor. Jadi jangan keliru lagi saat ada yang mengatakan riding, ingatlah bahwa maknanya mengacu kepada kegiatan berkendara dengan sepeda motor. 

 

Apa yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Melakukan Riding?

 

Melakukan riding memang sangat seru. Tetapi kegiatan berkendara juga perlu memperhatikan keamanan serta keselamatan bersama. Jangan sampai Sobat Torch malah gegabah dan berakhir menyesal karena tidak melakukan persiapan sebelum berkendara.

 

1. Pastikan Motor Siap Digunakan

 

Sebelum pergi, coba cek terlebih dahulu semua komponen sepeda motor. Pastikan bahwa semua komponen berada di posisinya dan berfungsi sempurna. Periksa juga tekanan udara di ban supaya berkendara di jalanan tetap stabil.

 

Jangan lupa isi bensin sampai penuh supaya Sobat Torch tidak kebingungan apabila tiba-tiba bahan bakar habis di tengah jalan. Bahkan akan sangat baik kalau Sobat Torch membawa motor kesayangan ke bengkel untuk diservice sehingga keadaan kendaraan tetap prima.

 

2. Kenakan Peralatan Lengkap

 

Mengenakan peralatan berkendara sepeda motor yang lengkap tidak boleh ditoleransi. Pasalnya peralatan tersebut merupakan pelindung yang memastikan keselamatan pengendara ketika ada kejadian tidak terduga.

 

Peralatan yang dimaksudkan ialah helm berstandar SNI, sarung tangan, jaket untuk menghalau angin dan panas, sepatu, serta berbagai pelindung lainnya.

 

3. Bawa Semua Surat Berkendara 

 

Surat-surat berkendara juga sangat penting dibawa. Bukan hanya untuk terbebas dari denda tilang tetapi demi menjadi masyarakat teladan yang patuh aturan. 

 

Pastikan SIM, STNK, dan KTP selalu ada di dompet atau tas ketika Sobat Torch ingin mengendarai sepeda motor.

 

4. Pahami Seluruh Peraturan Lalu Lintas

 

Sebagai pemilik kendaraan bermotor maka sudah seharusnya kamu aware alias sadar dengan peraturan lalu lintas yang berlaku. Kamu sudah harus paham berbagai plang pemberitahuan yang ada di sepanjang jalan supaya keselamatan seluruh pengguna jalan tetap terjaga.

 

Ingat juga untuk menaati lampu lalu lintas, baik itu untuk berhenti, berhati-hati, maupun berjalan maju. Pasalnya masih terlihat banyak kendaraan bermotor roda dua yang sering melanggar lampu lalu lintas. Tentu Sobat Torch termasuk warga negara Indonesia yang patuh aturan, bukan?

 

5. Pelajari Rute Perjalanan

 

Kegiatan berkendara yang dilakukan pasti sudah menentukan tempat tujuan untuk bersinggah. Ada baiknya kamu mempelajari rute perjalanan yang akan ditempuh terlebih dahulu supaya tidak kebingungan saat berkendara.

 

6. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

 

Nah yang paling penting dari semuanya berada di poin terakhir ini Sob. Kamu perlu memastikan bahwa kondisi tubuh benar-benar sehat dan siap berkendara.

 

Jangan menganggap enteng rasa sakit kepala atau demam ringan. Bila memang merasa tidak enak badan sebaiknya Sobat Torch jangan memaksakan diri untuk ikut riding. Tindakan ini bukan hanya menyelamatkan diri sendiri tetapi juga orang lain.

 

banner travel

 

Apa Saja Manfaat Mengikuti Kegiatan Riding?

 

Berkumpul dan menghabiskan waktu bersama teman-teman tentu mengasyikan. Tetapi mungkin ada dari Sobat Torch yang masih mempertanyakan manfaat dari kegiatan riding.

 

“Apakah hanya sekadar menghabiskan waktu tanpa mendapatkan manfaat jelas?” Sudah pasti jawabannya tidak Sob! Kamu tentu bisa merasakan manfaatnya dari berbagai aspek kehidupan. Coba perhatikan beberapa manfaatnya berikut ini.

 

1. Menjaga Tali Silaturahmi

 

Nah yang paling penting dari semuanya berada di poin terakhir ini Sob. Kamu perlu memastikan bahwa kondisi tubuh benar-benar sehat dan siap berkendara.

 

Jangan menganggap enteng rasa sakit kepala atau demam ringan. Bila memang merasa tidak enak badan sebaiknya Sobat Torch jangan memaksakan diri untuk ikut riding. Tindakan ini bukan hanya menyelamatkan diri sendiri tetapi juga orang lain.

2. Berbagi Keluh Kesah dan Menambah Wawasan

 

Mengikuti kegiatan riding tentu membuat Sobat Torch serta teman-teman lainnya dapat berbagai keluh kesah kehidupan.

 

Memang tidak semua orang bisa menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk bercerita tetapi kamu pasti bisa mendapatkan teman baik yang mau mendengarkan. Selain itu perbincangan di antara sesama anggota komunitas juga bisa menambah wawasan tentang berbagai macam hal.

 

3. Mengasah Kemampuan Bersosialisasi

 

Sudah dua tahun semua orang berkomunikasi melalui media online. Kemungkinan besar ada dari Sobat Torch yang kehilangan kemampuan bersosialisasi. Nah kalau begitu dengan mengikuti kegiatan riding kamu bisa mengasah kemampuan bersosialisasi.

 

Biasanya kegiatan riding bukan sekadar berkendara untuk mengobrol santai tetapi juga melakukan kegiatan sosial seperti bagi-bagi makanan dan barang kebutuhan bencana atau berkunjung ke panti asuhan.

 

Itu dia berbagai informasi tentang arti riding yang populer di dalam masyarakat. Apakah Sobat Torch tertarik mengikuti kegiatan riding? Jika iya, jangan lupa untuk melakukan persiapan dengan memeriksa keadaan motor sampai tubuh kamu ya Sob. Pastikan semuanya berada dalam kondisi baik karena keselamatan merupakan prioritas utama.

 

Bawa juga semua kebutuhan selama riding atau touring supaya perjalanan makin nyaman dan menyenangkan. Butuh rekomendasi tas untuk riding? Tenang Sob! Kamu bisa mencoba tas Captain America Torch Kazo nih.

 

Desainnya tentu sangat keren untuk dibawa berkendara. Tetapi bukan hanya soal desain, fungsi di dalamnya pun tidak kalah keren. Kamu bisa memasukkan berbagai macam barang kebutuhan hanya dengan menggunakan tas Captain America Torch Kazo.

 

Tunggu apalagi Sob? Pesan tas Captain America Torch Kazo sekarang hanya di official website Torch!

Back to blog

Leave a comment