Bridal Shower: Pengertian, Sejarah, Serta Manfaatnya

bridal shower adalah

Sob, siapa yang tidak kenal dengan istilah bridal shower? Pasti kamu sudah sering mendengarnya saat menjelang pernikahan. Bridal shower adalah salah satu tradisi perayaan sebelum pernikahan yang kini makin populer di kalangan masyarakat. Acara ini biasanya diadakan untuk calon pengantin wanita dan dihadiri oleh keluarga serta teman-temannya.


Namun, apakah Sobat Torch tahu dari mana asal-usul tradisi bridal shower ini? Yuk, simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui pengertian, sejarah, serta manfaat dari acara bridal shower!


Apa Itu Bridal Shower?


Bridal shower merupakan sebuah acara perayaan yang diadakan untuk calon pengantin wanita sebelum menikah. Biasanya acara ini diselenggarakan oleh keluarga atau teman dekat calon pengantin wanita. Selain itu, acara ini juga digelar untuk memberikan dukungan moral bagi calon pengantin wanita agar lebih siap menghadapi pernikahan.


Selain memberikan dukungan moral, acara bridal shower juga menjadi kesempatan bagi keluarga dan teman-teman calon pengantin wanita untuk memberikan hadiah pernikahan atau kebutuhan rumah tangga yang dibutuhkan oleh pasangan tersebut.


Acara ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan menarik, seperti games, aktivitas memasak, atau sesi foto bersama. Pada beberapa kasus, acara bridal shower juga diadakan untuk calon pengantin pria dengan nama yang berbeda, yaitu groom's shower.


Namun, umumnya acara ini lebih sering diadakan untuk calon pengantin wanita. Bridal shower umumnya diselenggarakan beberapa minggu atau bulan sebelum pernikahan, sehingga calon pengantin wanita bisa menikmati momen-momen berharga bersama keluarga dan teman-temannya sebelum memasuki fase persiapan pernikahan yang lebih intensif.


Bagaimana Sejarah Bridal Shower?


Sejarah bridal shower berasal dari tradisi yang berasal dari Yunani kuno. Pada masa itu, para teman calon pengantin wanita berkumpul untuk memberikan hadiah kepada calon pengantin wanita untuk membantunya mempersiapkan pernikahan.


Pada awalnya, tradisi ini hanya dilakukan di lingkungan keluarga saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tradisi ini makin populer di kalangan masyarakat. Para tamu undangan biasanya memberikan hadiah berupa barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti selimut, handuk, atau piring.


Namun, seiring dengan perkembangan zaman, hadiah yang diberikan menjadi makin variatif dan kreatif, mulai dari perhiasan, baju, atau peralatan memasak. Pada akhir abad ke-19, tradisi bridal shower mulai menyebar ke Amerika Serikat dan menjadi makin populer.


Pada saat itu, bridal shower diadakan dengan konsep yang lebih modern dan banyak menghadirkan games atau aktivitas menarik untuk menghibur tamu undangan. Dalam perkembangannya, tradisi ini kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi bagian penting dalam persiapan pernikahan di berbagai negara.


Meskipun terjadi perubahan dalam konsep dan tradisi bridal shower, tujuannya tetap sama yaitu untuk memberikan dukungan dan kebahagiaan bagi calon pengantin wanita.


Kapan Waktu Menyelenggarakan Bridal Shower?


Waktu yang tepat untuk menyelenggarakan bridal shower biasanya dilakukan sekitar satu atau dua bulan sebelum hari pernikahan. Hal ini dilakukan agar calon pengantin wanita memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri sebelum pernikahan.


Waktu ini juga dianggap sebagai momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga dan teman dekat yang mungkin tidak bisa hadir di hari pernikahan. Namun, sebaiknya bridal shower tidak dilakukan terlalu dekat dengan hari pernikahan, karena calon pengantin wanita juga membutuhkan waktu dan tenaga untuk mempersiapkan diri secara fisik dan emosional untuk hari bahagia tersebut.


Jika kamu akan menyelenggarakan bridal shower, pastikan untuk menanyakan ketersediaan calon pengantin wanita dan jangan lupa untuk memberikan undangan yang jelas dan tepat waktu.


Apa Saja Manfaat Bridal Shower?


Bridal shower tidak hanya sekadar acara perayaan sebelum pernikahan, namun juga memiliki manfaat bagi calon pengantin wanita dan para tamu yang hadir. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Sobat Torch dapatkan dengan mengikuti acara bridal shower.


1. Memberikan Dukungan Moral


Pernikahan menjadi momen penting dalam hidup seseorang, namun juga bisa menjadi momen yang menegangkan dan menantang. Sebab itu, penting menyelenggarakan acara bridal shower untuk memberikan dukungan moral kepada calon pengantin.


Saat menerima dukungan dari keluarga dan teman dekat, calon pengantin wanita bisa merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi pernikahan. Momen ini juga bisa menjadi kesempatan bagi para tamu untuk memberikan nasihat, tips, dan pengalaman dalam menghadapi pernikahan. Calon pengantin wanita pun bisa lebih siap dan lebih terbuka dalam menghadapi pernikahan yang akan datang.


2. Mempererat Hubungan Sosial


Selain memberikan dukungan moral, manfaat lain dari bridal shower adalah menjadi sarana untuk mempererat hubungan sosial antara calon pengantin wanita dengan keluarga dan teman dekatnya.


Dalam acara ini, biasanya diadakan berbagai permainan dan aktivitas yang bisa membuat tamu-tamu yang hadir lebih akrab satu sama lain. Hal ini bisa menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan bagi semua orang yang hadir.


3. Memberikan Hadiah Pernikahan


Dalam acara ini, tamu undangan biasanya memberikan hadiah yang bermanfaat bagi calon pengantin wanita dalam mempersiapkan pernikahannya. Hadiah-hadiah tersebut bisa berupa perlengkapan rumah tangga, alat kecantikan, atau bahkan uang tunai.


Adanya hadiah-hadiah ini membuat calon pengantin wanita bisa merasa lebih siap dan terbantu dalam mempersiapkan pernikahan. Hadiah ini juga bisa menjadi kenang-kenangan berharga bagi calon pengantin wanita, karena diingat sebagai dukungan dan perhatian dari keluarga dan teman-temannya.


4. Memberikan Waktu Berkumpul Sebelum Pernikahan


Acara bridal shower juga memberikan kesempatan bagi calon pengantin wanita untuk berkumpul dengan teman-temannya sebelum pernikahan. Hal ini bisa menjadi momen yang berharga untuk menciptakan kenangan bersama sebelum memasuki babak baru dalam hidupnya. Momen ini bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk bertemu juga dengan teman lama yang sudah tidak saling terhubung. 


5. Meningkatkan Kepercayaan Diri


Saat menerima dukungan moral, calon pengantin wanita akan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi pernikahan. Selain itu, dengan mengadakan bridal shower ini, calon pengantin wanita juga bisa merasa lebih dihargai dan dicintai oleh orang-orang terdekatnya, yang bisa memberikan dampak positif pada kepercayaan dirinya. Hal ini tentunya akan membantu calon pengantin wanita merasa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi hari pernikahannya.


Bagaimana Tips Mempersiapkan Acara Bridal Shower?


Jika kamu akan mengadakan acara bridal shower untuk sahabat atau keluarga terdekat yang akan menikah, tentu saja kamu ingin acara tersebut berjalan lancar dan berkesan. Untuk itu, penting untuk Sobat Torch tahu bagaimana tips mempersiapkan acara acara bridal shower yang sukses dan tak terlupakan. Kalau begitu, yuk simak apa saja tipsnya di bawah ini.


1. Tentukan Tema


Tema yang cocok untuk acara bridal shower harus dipilih dengan hati-hati. Tema harus sesuai dengan kepribadian calon pengantin wanita, sehingga acara ini bisa menjadi momen yang istimewa. Beberapa tema yang populer untuk acara bridal shower antara lain tea party, spa day, brunch, dan masih banyak lagi.


2. Undang Tamu


Sobat Torch bisa mengundang tamu yang kamu harapkan hadir dalam acara bridal shower tersebut. Pastikan tamu undangan merupakan orang-orang terdekat calon pengantin wanita. Jangan lupa untuk memberikan undangan dengan jangka waktu yang cukup agar para undangan dapat menyiapkan diri dengan lebih matang.


3. Rencanakan Dekorasi


Pastikan untuk merencanakan dekorasi yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan untuk acara bridal shower. Kamu bisa mencari inspirasi dekorasi di internet atau meminta saran dari keluarga dan teman dekatmu. Pastikan dekorasi yang kamu pilih juga mencerminkan kepribadian dan selera calon pengantin wanita.


4. Pilih Makanan dan Minuman


Sobat Torch bisa memilih makanan dan minuman yang sesuai dengan tema acara dan selera tamu. Pastikan juga ada pilihan makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi tamu yang memiliki alergi atau diet tertentu. Jangan lupa untuk menyediakan hidangan manis sebagai penutup dan minuman yang menyegarkan.


5. Persiapkan Game atau Aktivitas


Persiapkan game atau aktivitas yang seru untuk tamu undangan. Hal ini bisa membuat suasana acara menjadi lebih meriah dan menyenangkan. Kamu bisa memilih game yang menghibur seperti kuis tentang pasangan pengantin, permainan musik atau karaoke, atau membuat dekorasi bunga untuk hadiah pengantin wanita. Pastikan untuk menyesuaikan game dengan tema acara dan selera tamu undangan.


Saat kamu hendak menyelenggarakan atau datang sebagai tamu undangan, jangan lupa membawa hadiah untuk calon pengantin wanita ya Sob. Mengingat bridal shower adalah acara yang sangat memorable bagi pengantin wanita sebelum memulai babak baru dunia pernikahan.


Kamu bisa memberikan hadiah yang bermanfaat untuk calon pengantin wanita, misalnya fashion item yang bisa digunakan sehari-hari. Torch menyediakan beberapa fashion item yang bisa kamu jadikan hadiah, mulai dari kaus oversized, outer, jaket, tas, hingga sandal.


Jika calon pengantin wanita suka dengan gaya streetwear kekinian, kamu bisa memberikan Namjoon Oversized Tshirt. Namjoon ini bahannya sangat adem dan memberikan tampilan stylish dengan logo Torch pada bagian depan.


Untuk menampilkan gaya yang lebih formal, kaus Namjoon tersebut bisa kamu kombinasikan dengan Yongjin Outer, luaran dengan desain ala kimono Jepang yang unik dan dipadukan dengan lengan slim fit. Desain outer yang inovatif ini cocok untuk digunakan sehari-hari dengan gaya formal-casual.


Yuk kunjungi website Torch sekarang untuk membeli kedua fashion item tersebut. Buat teman dekatmu tampil stylish dengan gaya yang unik dan keren bersama Torch.


Sale Off
Ishikari Backpack 20 + 2 Liter
Rp 458.000Rp 435.100
Sale Off
Kanzaki Light Travel Backpack 30L
Rp 999.000Rp 949.050
Sale Off
Almagro Backpack
Rp 418.000Rp 376.200
Sale Off
Tampak samping kiri tas ransel traveling Torch, Fujisawa 45+3 Liter Travel Backpack.
Rp 1.349.000Rp 1.281.550
Sale Off
Aquila Office Backpack
Rp 418.000Rp 376.200
Sale Off
Takahagi Travel Backpack 40L
Rp 1.299.000Rp 1.234.050
Sale Off
Solana Office Backpack
Rp 418.000Rp 418.000
Sale Off
Kashiba 3L Travel Pouch
Rp 178.000Rp 178.000