WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

4 Cara Memakai Sleeping Bag yang Benar Ketika Hiking

cara memakai sleeping bag

Peralatan pribadi yang wajib dibawa saat mendaki gunung yaitu sleeping bag. Peralatan penting satu ini berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan menjaga kualitas tidur para pendaki. Cara memakai sleeping bag dengan baik dan benar sebenarnya cukup mudah. Sobat Torch hanya perlu memasukkan seluruh bagian tubuh pada kantung tidur tersebut. Selain untuk tidur, terdapat fungsi lain dari sleeping bag yang akan diuraikan di bawah ini.


Apa Itu Sleeping Bag?


Para pendaki pasti sudah paham betapa pentingnya membawa sleeping bag saat hendak berpetualang di alam bebas. Sleeping bag dibutuhkan para pendaki untuk menghangatkan tubuh saat tidur supaya terhindar dari hipotermia, terutama saat cuaca di gunung sedang dingin.


Sleeping bag merupakan kantung tidur dengan bentuk yang mirip dengan kepompong. Saat kamu melakukan pendakian, wajib untuk membawa kantung tidur tersebut. Sleeping bag terdiri dari berbagai jenis, di antaranya mummy, envelope, dan humanoid. Fungsi dari ketiga jenis sleeping bag ini tetap sama, yaitu untuk menghangatkan tubuh.


Apa Saja Fungsi Sleeping Bag?


Pada umumnya, sleeping bag berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat kamu tidur di alam bebas. Kualitas tidur kamu pun jadi lebih terjaga, lantaran tubuh kamu tetap merasa hangat di tengah dinginnya cuaca pegunungan. Melihat dari fungsinya, ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan saat menggunakan sleeping bag ketika berkemah. Berikut ini beberapa manfaat tersebut.


1. Waktu Istirahat Jadi Lebih Maksimal


Sleeping bag membantu kamu mendapatkan waktu istirahat yang lebih maksimal setelah melakukan pendakian yang cukup panjang. Pasalnya, sleeping bag ini akan menghangatkan tubuh kamu dengan optimal. Apalagi kamu pasti merasa lelah setelah melewati berbagai medan terjal di pegunungan tersebut.


2. Melindungi dari Kedinginan


Selain digunakan seperti kepompong, sleeping bag bisa menjadi selimut untuk melindungi kamu dari kedinginan. Mengingat fungsi utama dari sleeping bag ini sebagai alat tidur yang menghangatkan tubuh saat hiking dan berkemah.


3. Mencegah Hipotermia


Hipotermia merupakan kondisi suhu tubuh yang menurun drastis dan tubuh tidak mampu mengembalikannya ke suhu panas semula. Untuk mencegah kondisi ini, sangat penting membawa sleeping bag saat hiking untuk keselamatan.



Bagaimana Cara Memakai Sleeping Bag dengan Benar Ketika Hiking?


Ada beberapa tahapan cara memakai sleeping bag dengan benar, supaya tubuh kamu tetap merasa hangat dan terhindar dari kondisi hipotermia. Berikut ini beberapa cara memakai sleeping bag dengan tepat ketika hiking.


1. Memakai Alas Tidur


Meski sudah menggunakan sleeping bag, kamu juga harus tetap menggunakan matras sebagai alas tidur. Pasalnya, kondisi tanah yang dingin bisa dengan mudah menyerap suhu panas pada tubuh. Penggunaan matras ini berfungsi sebagai isolator panas tubuh saat tidur.


2. Mengenakan Pakaian Kering


Saat akan menggunakan sleeping bag, pastikan kamu mengenakan pakaian kering. Selain terhindar dari kedinginan, pakaian kering dapat menambah daya isolasi panas dalam tubuh. Bahkan kamu perlu memakai pakaian tambahan, seperti kaus kaki untuk menghangatkan tubuh dengan optimal.


3. Mengenakan Kaus Kaki, Kaus Tangan, dan Kupluk


Tangan, kaki, dan kepala merupakan bagian tubuh yang paling sering merasa kedinginan, terutama saat berada di pegunungan. Untuk itu, penting sekali menggunakan kupluk atau penutup kepala untuk menjaga panas tubuh pada bagian kepala. Begitu pun dengan bagian tubuh lain seperti kaki dan tangan.


4. Menjaga Sleeping Bag Tetap Kering


Sleeping bag sama fungsinya seperti pakaian, yaitu menjaga suhu panas dalam tubuh. Jadi, pastikan sleeping bag yang kamu pakai selalu dalam keadaan kering. Jangan sampai basah terkena embun atau angin gunung.


Apa Saja Fungsi Sleeping Bag?


Melakukan aktivitas hiking memang perlu mempersiapkan berbagai barang untuk keselamatan dan kenyamanan. Tetapi, ada satu hal yang tidak kalah penting juga, yaitu menggunakan outfit naik gunung yang keren dan kekinian. Berikut ini beberapa rekomendasi outfit keren saat hendak naik gunung.


1. Gunakan Jaket


Gunakan Jaket


Jaket menjadi salah satu pakaian penting yang wajib dibawa saat naik gunung. Fungsinya tentu untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin di pegunungan. Sobat Torch bisa pilih jaket windproof seperti Chulmoo Packable Jacket. Selain membuat tubuh kamu jadi lebih hangat, jaket ini memiliki efek dua warna yang unik, sehingga memberikan tampilan yang beda dan stylish.


2. Sepatu


Sepatu


Gunakan sepatu dengan ukuran pas agar kamu bisa berjalan di medan ekstrem dengan mudah. Sobat Torch bisa mengenakan sepatu gunung dengan model high ankle atau boot. Jika kamu memutuskan berkemah, penting juga untuk membawa sandal untuk berbagai kebutuhan.


Kamu bisa menggunakan Arrafa Sandal dari Torch yang cocok dipakai di segala occasion. Sandal ini lebih versatile, simpel, dan mudah digunakan. Bentuk sandalnya juga dimodifikasi jadi lebih trendy agar hemat tempat saat kamu simpan di dalam tas. 


3. Layering Outfit


Gunakan Jaket


Sebelum menggunakan jaket untuk menghangatkan tubuh, kamu bisa memakai Suho Basic T-shirt yang bisa menyerap keringat. Kaus dengan bahan serat TENCEL™ Modal ini mendukung proses regulasi suhu tubuh berkat kemampuan alaminya mengatur penyerapan dan pelepasan air. Ketika siang hari dan udara tidak terlalu dingin, kamu bisa mengenakan kaus ini sebagai dalaman yang dikombinasikan dengan kemeja flanel.


4. Menggunakan Celana Hiking


Menggunakan Celana Hiking


Celana hiking pada umumnya terbagi menjadi dua model yaitu celana hiking panjang dan celana hiking pendek. Baik panjang maupun pendek mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Buat kamu yang berhijab juga bisa menggunakan celana hiking pendek dengan mengenakan legging sebagai layer dalamannya. Kamu juga bisa membawa Wonho Long Pants dari Torch sebagai celana ganti ketika hendak berkemah.


5. Memakai Penutup Kepala


Memakai Penutup Kepala


Menggunakan penutup kepala saat mendaki gunung bisa jadi dianjurkan dengan tujuan melindungi kepala dari ranting-ranting tajam. Sobat Torch bisa menggunakan topi dengan model bucket hat atau topi rimba. Namun, jika kamu ingin menghangatkan kepala, maka pilih penutup pakaian jenis kupluk.


Apakah Sobat Torch sudah cukup memahami cara memakai sleeping bag yang benar ketika hiking? Supaya terhindar dari hipotermia, kamu perlu menggunakan matras untuk alas tenda. Setelah itu, baru menggunakan sleeping bag dengan aman dan nyaman.


Torch menyediakan Jiri Sleeping Bag yang multifungsi, yaitu bisa digunakan sebagai kantung tidur dan selimut. Sleeping bag ini berbahan fleece yang dapat memberikan kehangatan maksimal saat kamu pakai. Dilengkapi juga dengan fitur lock zipper yang membuat resleting tidak mudah bergeser. Dapatkan sleeping bag multifungsi tersebut sekarang juga hanya di Torch!


Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan

Cari