WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

4 Cara Memasang Tenda Camping yang Benar Supaya Aman dan Nyaman


cara memasang tenda camping

Sobat Torch yang punya hobi berkemah wajib tahu nih cara memasang tenda camping dengan benar. Kamu bisa menggunakan tenda yang kokoh dan mudah ketika hendak dipasang. Saat berkemah, ketahanan dan keamanan tenda jadi hal penting yang harus kamu perhatikan.


Pasalnya, tenda yang digunakan sebagai tempat istirahat harus dirancang senyaman mungkin. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana cara pasang tenda dengan tepat, aman, dan nyaman. Simak terus ya Sob.


Apa itu Tenda Camping?


Tenda camping merupakan tempat pelindung yang terbuat dari lembaran kain atau bahan lainnya yang melekat pada kerangka tiang. Bagi para pendaki, tenda bisa disebut juga sebagai rumah, tempat melepas lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh. Tenda dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari maupun hujan, terutama saat berada di gunung.


Biasanya, tenda memiliki dua lapisan perlindungan, yaitu dinding bagian dalam yang terbuat dari bahan non waterproof dan dinding luar atau disebut juga dengan flysheet yang terbuat dari bahan anti air. Kedua lapisan ini bertujuan mengatasi faktor kondensasi yang dihasilkan tubuh dan beberapa aktivitas di dalam tenda.


Kondensasi dapat terjadi karena adanya hawa panas yang dihasilkan oleh tubuh atau ketika kamu sedang memasak di dalam tenda. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan dinding dalam tenda yang terbuat dari bahan non waterproof, supaya hawa panas tersebut bisa keluar.


Tenda camping terdiri dari berbagai jenis yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Ada tenda dome, tenda flysheet, tenda bivak, tenda payung, dan masih banyak lagi. Lalu, apa sih fungsi tenda selain melindungi tubuh dari hujan dan panas? Yuk simak pembahasan selanjutnya di bawah ini.


Apa Fungsi dari Tenda Camping?


Fungsi tenda camping yaitu melindungi tubuh dari paparan sinar matahari dan hujan. Bahkan tenda bisa bertahan dalam cuaca yang ekstrem sekali pun. Apakah fungsi tenda hanya itu saja? Tentu saja tidak, masih ada fungsi lain dari tenda camping yang akan diuraikan berikut ini ya Sob.


1. Tempat Beristirahat


Ketika kamu melakukan pendakian lebih dari 1 hari, maka kamu wajib bawa tenda untuk tempat beristirahat. Setelah melewati perjalanan yang cukup jauh, kamu bisa mengembalikan energi untuk perjalanan berikutnya dengan mendirikan tenda.


Pasang tenda tersebut di tempat yang datar dan tidak terlalu dekat dari sumber air. Pasalnya, sumber air identik dengan keberadaan hewan buas. Setidaknya pasang beberapa meter dari sumber air tersebut.


2. Tempat yang Nyaman untuk Membaringkan Tubuh


Ketika hendak beristirahat selama perjalanan mendaki gunung, tenda merupakan tempat yang nyaman untuk membaringkan tubuh. Sebenarnya, bisa saja kamu tiduran di atas semak-semak yang tersedia di gunung. Namun, cuaca bisa saja berubah, misalnya tiba-tiba turun hujan. Jadi, sebaiknya mendirikan tenda untuk melindungi tubuh dari air hujan.


3. Sebagai Tempat untuk Memasak


Selain menjadi tempat untuk berteduh, kamu juga bisa menggunakan tenda sebagai tempat untuk memasak. Terutama jika hembusan angin di gunung tersebut sangat besar. Apalagi jika hujan turun. Sekarang, kamu tidak perlu khawatir hawa di dalam tenda menjadi panas, karena lapisan dalam tenda dilengkapi dengan bahan non waterproof.



Bagaimana Cara Memasang Tenda Camping yang Benar?


Cara memasang tenda camping memang tidak bisa sembarangan, apalagi kamu baru pertama kali mendirikan tenda. Perlu cara khusus supaya tenda nyaman dan kokoh serta aman dari hembusan angin gunung yang sangat kencang. Berikut ini cara pasang tenda camping yang benar yang bisa kamu ikuti ya Sob.


1. Cari Tanah yang Cukup Luas untuk Mendirikan Tenda


Lokasi menentukan kenyamanan dalam mendirikan tenda. Jadi, kamu perlu mencari tanah yang cukup luas supaya lebih mudah dalam memasang pasak, tenda, dan peralatan masak. Tenda untuk 2 orang minimal membutuhkan luas tanah 2 x 2 meter.


Sedangkan, tenda untuk 4 orang minimal butuh tanah lapang seluas 3 x 3 meter. Pilih juga lokasi tenda yang cukup jauh dari jalur pendakian, karena lalu lalang pendaki dapat mengganggu waktu istirahat.


2. Bentangkan Kain Terpal di Atas Permukaan Tanah


Setelah mendapat tanah yang cukup luas untuk mendirikan tenda, selanjutnya kamu perlu membentangkan kain terpal di atas permukaan tanah agar tenda tidak lembap. Kemudian, sambungkan frame rangka tenda. Ketika frame rangka tenda sudah terpasang dengan sempurna, bentangkan tenda.


Lalu, letakkan frame rangka tenda yang telah tersambung di atas kain tenda dengan posisi menyilang. Hal ini dilakukan untuk memastikan masing-masing tiang rangka dapat dimasukkan ke dalam selubung luar yang sesuai.


3. Masukkan Frame Rangka Tenda ke Selubung Luar


Ketika kamu sudah memastikan frame rangka tenda telah sesuai dengan selubungnya, masukkan frame rangka tersebut ke dalam selubung luar tenda. Lakukan hal yang sama pada frame rangka tenda yang lain.


Setelah itu, pasang pin pada setiap ujung frame rangka agar tenda bisa berdiri dengan kokoh. Saat Sobat Torch memasang ujung frame pada pin, frame rangka tenda dapat terangkat dan mulai membentuk tenda yang sempurna. Terakhir, pasang pasak supaya tenda dapat berdiri kokoh dan tahan angin.


4. Buat Parit di Sekeliling Tenda


Jangan lupa untuk membuat parit di sekeliling tenda untuk mencegah air masuk ke dalam tenda saat hujan. Jadi, kamu bisa tidur dengan tenang apabila tiba-tiba turun hujan. Jika tenda kamu tidak memiliki parit, tenda akan menjadi jalur lintasan air yang mengalir dari atap tenda. Parit di sini bisa berfungsi sebagai saluran selokan agar tenda tidak kebanjiran.


Rekomendasi Outfit untuk Camping ala Torch


Saat berkemah, tidak hanya tenda yang penting diperhatikan. Sobat Torch juga perlu mempersiapkan outfit yang membuat tubuh kamu tetap hangat, tetapi juga tetap keren. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi outfit camping keren dan kekinian alat Torch yang bisa kamu jadikan referensi.


1. Jaket Hangat


1. Jaket Hangat


Saat berkemah, tentu kamu memerlukan jaket hangat untuk melindungi tubuh dari rasa dingin. Apalagi lokasi berkemah kamu berada di bukit dan cenderung dingin. Torch menyediakan jaket anti air yang bisa membantu kamu menghangatkan tubuh, yaitu Minwoo Packable Jacket.


Jaket ini mudah untuk dibawa, karena memiliki saku khusus untuk memasukkan jaket ketika sedang tidak digunakan. Jadi, jaket ini cukup hemat tempat saat disimpan di dalam tas. Minwoo packable jaket ini terdiri dari berbagai model.


Saat ini Torch menyediakan Minwoo jaket edisi Marvel, salah satunya ada tema spider head gravity yang bikin tampilan outfit kemah kamu makin keren. Jaket ini dilengkapi juga jumlah saku yang lebih banyak untuk menyimpan berbagai perlengkapan berkemah, seperti ponsel, earphone, dan lainnya. 


2. Kombinasi Yangbo Graphic Tshirt Hijriah dan Yongjin Outer


2. Kombinasi Yangbo Graphic Tshirt Hijriah dan Yongjin Outer


Kamu juga bisa mengenakan Yangbo Graphic Tshirt Hijriahyang dapat menyerap keringat. Sebab, hawa di daerah kemah tidak selalu dingin. Apalagi kamu mendaki gunung dan mendirikan tenda di siang hari. Kaus Yangbo dapat mengurangi rasa gerah dan panas saat mendaki dan berkemah.


Untuk mengantisipasi hawa dingin saat malam tiba, kamu bisa menggunakan Yongjin Outer untuk layering. Tampilan outer kekinian berpotongan kimono ala Jepang ini terbuat dari bahan Innovatif Taslan Wrinkle yang dapat melindungi kamu dari hujan. Bahannya juga sangat nyaman ketika kamu menggunakan outer ini seharian.


3. Junwook Long Sleeve dan Sandal Arrafa


3. Junwook Long Sleeve dan Sandal Arrafa


Untuk wanita berhijab, Sobat Torch bisa mengenakan Junwook Long Sleeve yang sangat nyaman digunakan. T-shirt ini terbuat dari cotton-poly blend yang tidak mudah kusut dan dapat menjaga suhu tubuh tetap nyaman. Terdapat juga detail saku depan yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang kecil yang esensial.


Supaya tampilan kamu makin keren dan kekinian, kamu bisa mengenakan Sandal Arrafa untuk digunakan mobilitas selama berkemah. Sandal ini ringan, nyaman, versatile, dan mudah untuk dikenakan. Bentuk sandalnya juga mudah untuk dimodifikasi dengan trendy, sehingga lebih hemat tempat saat kamu simpan di dalam tas.


4. Kanzaki 30 Liter


4. Kanzaki 30 Liter


Tidak lengkap rasanya jika berkemah tanpa menggunakan backpack keren dari Torch. Backpack Kanzaki 30 Liter ini dirancang lebih ringan dan memiliki desain yang inovatif dan elegan. Backpack ini bisa muat banyak barang yang cukup untuk berkemah selama 2 - 3 hari. Jadi, cocok kamu gunakan untuk rencana kemah saat ini.


Dilengkapi dengan airbender back system, tas ini tidak mudah panas dan tidak mudah pegal saat kamu bawa. Jika hujan turun, kamu tidak perlu khawatir karena tas ini dilengkapi rain cover dengan lubang khusus untuk mencegah tertampungnya air hujan.


Cukup lengkap bukan rekomendasi outfit untuk camping ala Torch? Jadi, selain memperhatikan cara memasang tenda camping yang benar supaya aman dan nyaman, kamu perlu mengenakan pakaian yang membuat tubuh merasa nyaman juga.


Nah, kamu bisa mendapatkan pakaian tersebut hanya di Torch. Kunjungi website Torch sekarang juga dan rasakan pengalaman camping yang seru dan menyenangkan bersama Torch!

Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival...
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk...
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu...

Cari