3 Cara Membersihkan Tas yang Berjamur dengan Efektif


cara membersihkan tas yang berjamur

Saat ini, tas bukan hanya berfungsi untuk membawa barang saja melainkan juga dapat menunjang penampilan. Bahan tas pun beragam, ada kanvas, polyelable, dan lain sebagainya. Namun, terkadang tas mudah berjamur jika tidak dirawat dengan baik. Lalu, bagaimana cara membersihkan tas yang berjamur?

Sobat Torch perlu tahu juga mengapa tas yang kamu gunakan berjamur, sehingga proses pembersihannya bisa kamu lakukan dengan tepat. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut cara membersihkan tas berjamur yang bisa kamu lakukan.


Apa Itu Tas yang Berjamur?


Sebelum membahas cara membersihkan tas yang berjamur, Sobat Torch perlu tahu dulu nih apa itu tas berjamur. Definisi dari tas berjamur yaitu tas yang terinfeksi oleh jamur atau kapang. Jamur ini dapat tumbuh pada tas yang terlalu lama disimpan atau digunakan dalam kondisi lembap atau basah.


Jamur dapat membuat tas terlihat usang dan tidak menarik, serta dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika tas berjamur tidak dibersihkan dengan benar, jamur tersebut dapat terus tumbuh dan merusak bahan tas tersebut.


Untuk mencegah tas berjamur, sebaiknya simpan tas dalam kondisi yang kering dan bersih serta jauhkan dari sumber panas dan kelembapan yang tinggi. Bersihkan juga tas setelah digunakan, terutama jika kamu memakainya di lingkungan yang lembap atau basah.


Apa Saja Ciri-Ciri Tas Berjamur?


Jamur termasuk mikro kecil yang terkadang tidak terlihat oleh mata. Sebagai pemilik tas, kamu perlu tahu apa saja ciri-ciri tas berjamur supaya kamu bisa merawatnya dengan tepat. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa ciri-ciri tas berjamur yang bisa kamu pahami supaya lebih mudah dalam merawatnya.


1. Muncul Bau yang tidak Sedap


Ciri pertama yang menandakan tas kamu berjamur atau tidak yaitu munculnya bau yang tidak sedap. Jika tas kamu sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap, segera cuci dan bersihkan dengan baik.


2. Warna Tas Berubah


Ciri kedua yaitu warna tas yang berubah. Tas yang telah berjamur seringkali akan membuat warna tas jadi berubah seperti menjadi kelabu atau kecokelatan. Hal ini terjadi karena biasanya jamur berwarna putih atau hitam yang menyebar pada tas mendominasi keseluruhan warna tas, sehingga membuat warna tas jadi cepat pudar.


3. Kain Tas Rusak


Tas yang berjamur dapat menyebabkan kerusakan pada kainnya. Dalam hal ini, kamu bisa mengidentifikasi tas berjamur dengan melihat kondisi kain tas tersebut. Kain tas yang berjamur biasanya ditandai dengan kondisi retak atau lubang-lubang kecil.



Apa Saja Penyebab Tas Berjamur?


Tas yang berjamur biasanya disebabkan oleh hal-hal seperti tempat yang lembap, kurangnya cahaya, hingga terlalu lama disimpan ditempat gelap. Selain itu, bisa juga disebabkan karena material yang digunakan dapat menyerap kelembapan dengan mudah. Lebih jelasnya terkait apa saja penyebab tas berjamur akan dijelaskan di bawah ini ya Sob.



1. Kurangnya Sinar Matahari


Kelembapan yang tinggi dan kurangnya cahaya matahari dapat menyebabkan tas mudah berjamur. Tidak itu saja, jamur juga dapat tumbuh pada tas yang terlalu lama disimpan di tempat yang gelap atau tidak terkena cahaya matahari sama sekali. Jadi, pastikan kamu menyimpan tas pada suhu ruangan untuk menghindari risiko tas berjamur.


2. Material Tas yang Mudah Menyerap Kelembapan


Tas yang terbuat dari bahan-bahan yang mudah menyerap kelembapan lebih rentan terkena jamur. Untuk menghindarinya, sebaiknya jangan menyimpan tas di tempat yang lembap, serta pastikan tas kamu selalu dalam keadaan kering sebelum disimpan.


Jika kamu membawa tas ke luar rumah, sebaiknya tidak membawanya ke tempat-tempat yang lembap seperti kolam renang. Selain itu, disarankan untuk menyimpan tas di tempat yang cukup terang atau terkena cahaya matahari secara teratur agar tas kamu tidak mudah berjamur.


Bagaimana Cara Membersihkan Tas yang Berjamur


Ada banyak cara yang bisa Sobat Torch lakukan untuk membersihkan tas yang berjamur. Cara-caranya cukup mudah dan bisa menggunakan bahan yang sudah tersedia di rumah. Yuk simak cara membersihkan tas yang berjamur berikut ini.


1. Bersihkan dengan Spons atau Sikat Halus


Biasanya, tas yang berjamur ditandai dengan bintik-bintik putih yang menyebar pada tas. Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu membersihkan bintik jamur tersebut dengan menggunakan spons cuci piring atau sikat halus. Gosok pada bagian bintik jamur yang menyebar dengan perlahan hingga bersih.


2. Gunakan Detergen atau Sabun Cair


Setelah jamur pada tas dibersihkan, selanjutnya siapkan air dan detergen atau sabun cuci cair yang lembut. Kemudian, campurkan keduanya dan oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian tas yang berjamur. Diamkan selama beberapa menit agar campuran tersebut dapat bekerja dengan efektif.


Selanjutnya bilas tas dengan air bersih, lalu keringkan dengan menggunakan handuk atau kain yang lembut. Pastikan tas tersebut benar-benar kering sebelum disimpan kembali, karena jamur dapat tumbuh lagi jika tas tersebut masih terasa lembap.


3. Gunakan Obat Khusus Pencegah Jamur


Jika tas sudah kering dan bersih, tahap terakhir yang perlu kamu lakukan yaitu memoles tas tersebut dengan obat pencegah jamur. Biasanya, produk pencegah jamur sudah dilengkapi dengan sikat atau spons yang dapat membantu kamu membersihkan jamur dengan lebih mudah dan cepat.


4. Gunakan Soda Kue


Kemudian, Sobat Torch dapat menggunakan bubuk soda kue untuk menghilangkan jamur yang menempel pada tas. Soda kue juga berguna mencegah jamur tumbuh kembali di tasmu. Caranya pun cukup mudah, yaitu:


  1. Taburkan bubuk soda kue pada bagian tas yang berjamur, jika perlu taburkan di semua bagian tas.
  2. Lalu simpan tas di tempat yang kering serta tertutup selama 24 jam.
  3. Setelah itu, gosok secara halus bagian tas kulit yang berjamur tersebut menggunakan spons cuci piring yang sudah dibasahi dengan air.
  4. Bilas sisa soda kue sampai bersih.
  5. Kemudian, kamu bisa menjemur tas di tempat yang berangin.


5. Gunakan Cuka Putih


Bahan yang umumnya digunakan untuk memasak ini nyatanya dapat menjadi bahan yang ampuh untuk membersihkan jamur di tas. Kandungan asam yang terdapat di dalam cuka putih mampu menghilangkan noda jamur yang tumbuh di permukaan tas. Berikut ini langkah-langkah membersihkan tas berjamur menggunakan cuka putih:


  1. Tuang 1 sdt cuka putih ke dalam 1 gelas air matang.
  2. Sebaiknya, gunakan sarung tangan pada saat hendak membersihkan tasmu.
  3. Siapkan lap kering yang bersih, lalu celupkan ke dalam larutan air dan cuka putih tersebut.
  4. Oleskan lap secara perlahan ke permukaan tas yang terdapat jamur.
  5. Jika jamurnya telah hilang, kemudian kamu bisa mencuci dan jemur tas hingga kering.


Proses pencucian harus dilakukan setelah membersihkan tas menggunakan cuka putih. Hal itu dikarenakan, untuk menghilangkan aroma cuka yang menyengat.


Rekomendasi Tas Torch yang Tidak Mudah Berjamur


Torch menyediakan berbagai jenis tas dengan bahan yang tidak mudah berjamur serta mudah dalam perawatannya. Bahan tersebut seperti polyester atau polyelable yang lebih ringan dan tentu saja kuat Sobat Torch. Berikut ini beberapa rekomendasi tas Torch yang tidak mudah berjamur dan bisa kamu gunakan sehari-hari. 


1. Spider-Man 1 Kazo 19L


1. Spider-Man 1 Kazo 19L


Selain tidak mudah berjamur, tas ini memiliki desain yang simpel dan unik karena dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi doodle khas Spider-Man black-on-black yang membuatnya makin elegan. Tas ini cocok kamu gunakan saat pergi berlibur atau road trip, karena dapat membuat tampilan kamu makin keren.


Spider-Man 1 Kazo 19L terbuat dari material polyelable yang sudah teruji lebih kuat, lentur, dan waterproof. Detail saku depan pada tas ini juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang kecil. Terdapat juga kompartemen khusus laptop dengan padding yang bisa muat untuk laptop sampai ukuran 14 inch.


Bukan hanya itu saja, tas jenis ini juga memiliki kompartemen utama yang cukup luas untuk menyimpan berbagai barang. Dilengkapi dengan puller tali yang memudahkan kamu membuka dan menutup resleting. 


2. Sinpo Backpack 19 L


sinpo backpack


Backpack ini hadir dengan tampilan yang keren dan stylish. Cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari kamu, seperti bekerja, kuliah, dan sekolah sekali pun. Berbahan duralyte nylon yang 2 kali lebih ringan dan kuat dari bahan biasa.


Pada bagian dalamnya, Sinpo Backpack dilengkapi dengan kompartemen laptop yang cocok untuk menyimpan laptop hingga 14 inch. Terdapat juga kompartemen samping yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan botol minum.


Bagian saku depan backpack ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang penting yang mudah diakses seperti dompet, kunci, dan ponsel. Kamu juga tidak perlu khawatir basah saat menggunakan tas ini dalam kondisi hujan, karena dilengkapi dengan ekstra rain cover juga lho. Namun, pastikan tas dalam kondisi kering sebelum kamu simpan supaya tas tidak mudah berjamur. 


3. Gifu 2L Travel Pouch


3. Gifu 2L Travel Pouch


Selain 2 backpack di atas, Torch juga menyediakan travel pouch untuk kebutuhan traveling dan jalan-jalan santai. Gifu 2L Travel Pouch terbuat dari bahan polyelable yang sudah teruji anti air, sehingga tas ini tidak mudah berjamur. Travel pouch ini juga didesain khusus untuk kamu yang punya mobilitas tinggi.


Kelebihan lain dari tas ini selain bahannya yang anti air, desainnya juga simpel tetapi tetap artsy serta bisa muat banyak barang. Tas ini dilengkapi dengan 3 kompartemen, di antaranya saku depan, kompartemen utama, dan saku belakang sebagai quick access.


Tas ini dilengkapi juga dengan compass puller pada bagian saku depan yang dapat membantu kamu menentukan arah saat berkegiatan di alam bebas seperti naik gunung.


Cukup mudah bukan cara membersihkan tas yang berjamur? Sobat Torch hanya memerlukan alat dan bahan yang telah tersedia di rumah dan tentunya melakukan perawatan tas dengan baik. Dua hal penting yang perlu kamu perhatikan saat merawat tas, yaitu tidak menyimpannya di tempat yang lembap dan pilih bahan tas yang berkualitas seperti polyelable dan duralyte nylon.


Beberapa rekomendasi tas dari Torch terbuat dari material yang tidak mudah menyerap kelembapan, jadi kamu bisa lebih enjoy menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Dapatkan rekomendasi tas tersebut hanya di Torch sekarang juga. Jangan lupa juga untuk cek promo dan beragam diskon menarik yang ditawarkan khusus untuk kamu!


Rp 298.000Rp 255.000
Rp 418.000Rp 418.000