4 Cara Membetulkan Resleting Jaket yang Rusak dengan Tepat

4 Cara Membetulkan Resleting Jaket yang Rusak dengan Tepat

Sobat Torch tentu sudah tidak asing dengan istilah resleting. Bentuknya yang kecil memiliki fungsi untuk menyatukan, menutup ataupun membuka sesuatu. Bisa jadi tas, baju, celana, dan juga jaket.

 

Kalau begitu Sobat Torch pasti juga sudah tidak asing dengan kasus resleting yang copot atau rusak padahal baru beberapa kali digunakan. Kejadian ini sungguh mengesalkan, bukan? Apalagi kalau Sobat Torch sedang bepergian ke mall atau bahkan traveling.

 

Namun ternyata ada cara membetulkan resleting jaket yang sudah rusak supaya kembali kepada keadaan normalnya. Langsung saja ikuti caranya di bawah ini Sob!

 

Apa Itu Resleting?

Resleting adalah pengikat yang memiliki 2 baris bergerigi untuk nantinya menutup atau membuka suatu barang. Kamu dapat menemukannya di hampir semua pakaian atau aksesoris seperti halnya baju, celana, tas, dress, dan juga jaket.

 

Resleting biasanya terbuat dari 2 bahan berbeda yaitu logam dan plastik. Masing-masing bahan digunakan sesuai keinginan, tujuan, dan tentu saja harganya. Tidak bisa dimungkiri bahwa resleting dengan bahan logam dijual dengan harga yang jauh lebih mahal.

 

Alasannya karena daya tahan logam jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan plastik. Risiko kerusakan seperti patah atau macet akan jauh lebih berkurang ketika menggunakan resleting logam.

 

Namun bukan berarti resleting berbahan plastik memiliki kualitas yang sangat buruk. Beberapa pembuatan resleting plastik justru cukup awet dan sangat ringan ketika digunakan untuk membuka dan menutup.

 

Apa Fungsi Resleting?

Fungsi utama dari resleting secara umum sama dengan tali atau drawstring dalam dunia fashion yaitu untuk mengikat dan menyatukan. Dahulu sebelum ditemukannya resleting, drawstring alias tali pengikat menjadi alat terbaik yang dirasa efisien untuk menyatukan kain.

 

Dahulu bahkan tali sudah digunakan untuk sepatu, baju, kain, dan tas. Baru beberapa puluh tahun kemudian resleting ini ditemukan dan menjadi teknik unggulan yang selalu dipakai hingga hari ini.

 

Resleting cukup banyak digunakan untuk menutup tas sehingga orang lain tidak bisa mengambil barang yang ada di dalamnya secara sembarangan. Itu berarti keberadaannya juga berfungsi sebagai fitur keamanan yang memastikan barang tidak jatuh keluar ataupun dicuri orang lain.

 

Kemudian resleting juga digunakan pada jaket untuk menyatukan kedua sisi bergerigi sehingga angin dari luar tidak bisa masuk. Adanya resleting di jaket memastikan kamu merasakan kehangatan pada saat udara di luar sedang dingin.

 

Namun ternyata keberadaan resleting di jaket juga meningkatkan nilai estetis. Hal ini terbukti dari kemunculan bentuk-bentuk resleting yang beragam. Ada yang bentuknya lengkungan biasa, simbol hati, bintang, dan lain sebagainya.

 

Ukuran yang tersedia juga sangat beragam tergantung tujuan penggunaan. Tidak berhenti di sana, resleting juga hadir dengan berbagai macam warna.

apparel banner

Bagaimana Cara Membetulkan Resleting Jaket yang Rusak

Kasus rusaknya resleting bukan hal baru. Tentunya bukan hanya Sobat Torch yang pernah merasakan resleting mengalami kerusakan. Kerusakannya juga beragam, dari macet, terpisah, hingga patah dan copot. Sebelum kamu membuang jaket tersebut begitu saja, coba lakukan beberapa cara perbaikannya di bawah ini.

 

1. Lumaskan dengan Grafit, Lilin, dan Sabun

Untuk resleting yang sering macet, kamu bisa mencoba melumaskan gigi-gigi dengan grafit, lilin atau sabun. Grafit ini seperti isi pensil yang biasa kamu gunakan untuk menggambar. Jadi kalau sulit membeli stik grafit khusus, kamu bisa menggunakan pensil HB.

 

Tinggal lumasi seluruh gigi resleting dengan pensil tersebut lalu coba tutup dan buka hingga lancar. Jika tidak memiliki pensil, kamu juga bisa menggunakan lilin batangan atau sabun cuci piring yang dilarutkan dengan air keran.

 

Caranya sama, lumasi saja seluruh bagian gigi resleting dan coba tutup buka sampai lancar. Ulangi proses yang sama beberapa kali untuk memastikan resleting tidak macet lagi.

 

2. Bersihkan Kotoran di Resleting dan Coba Perbaiki

Penyebab resleting macet bisa disebabkan karena debu atau kotoran lainnya yang menumpuk. Keberadaan kotoran sudah pasti membuat resleting macet. Oleh karena itu kamu perlu membersihkannya hingga semua kotoran terlepas dari resleting. Gunakan campuran air sabun tadi untuk membersihkan semua kotoran, lalu coba tutup dan buka resleting.

 

3. Gunakan Tang untuk Meluruskan Bagian Gigi yang Bengkok

Cara perbaikan resleting akan berbeda apabila ternyata akar masalahnya berada di gigi yang bengkok. Seharusnya gigi resleting lurus dan memiliki arah yang sama. Ketika satu saja gigi bengkok maka sudah pasti resleting jadi macet dan tidak bisa menutup ataupun membuka secara keseluruhan.

 

Apabila sudah begini maka kamu bisa menggunakan tang untuk meluruskannya kembali. Berhati-hatilah jangan sampai kamu menggunakan tenaga yang sangat besar hingga gigi tersebut patah. Jika dirasa sudah lurus maka kamu bisa mencoba menggunakan resleting tersebut untuk melihat apakah cara yang dilakukan berhasil atau tidak.

 

4. Gunakan Pengait

Bukan hanya macet atau bengkok, resleting juga bisa sering turun. Fungsinya sebagai pengikat atau penyatu justru hilang sehingga kamu harus selalu menaikkan resleting. Hal ini juga sangat mengganggu kan Sob? Untuk kasus seperti ini, kamu bisa menggunakan pengait seperti lingkaran gantungan kunci atau karet.

 

Nah itu dia Sob cara-cara membetulkan resleting jaket yang rusak. Coba mulai praktikkan cara di atas supaya jaket bisa digunakan kembali untuk menghangatkan tubuh. Jika Sobat Torch malas berurusan dengan resleting yang selalu bermasalah, coba ganti dengan jaket produksi Torch.

 

Selain tas, Torch punya produk apparel yang pastinya berkualitas. Semua bahan yang digunakan untuk membuat jaket pasti awet hingga ke bagian resletingnya. Selain itu desain jaket-jaket Torch juga sangat keren untuk melengkapi penampilan selama traveling.

 

Contohnya seperti Minwoo Avangers Constelation Graphic Packable, Jeno Running Vest, dan Overshirt Jacket Jingeon. Minwoo Avangers Constelation Graphic Packable bisa kamu gunakan untuk naik motor atau outer ketika traveling.

 

Ketiganya memiliki keunikan masing-masing dalam desain, fitur, dan kegunaannya. Kemudian Jeno Running Vest sangat cocok digunakan untuk olahraga, tetapi tidak menutup kemungkinan apabila kamu mau memakainya untuk bergaya.

 

Terakhir, Overshirt Jacket Jingeon dapat dipakai untuk acara formal maupun non-formal. Sesuaikan saja penggunaannya dengan kebutuhan dan keinginan Sobat Torch. Desainnya yang keren membuat jaket Torch bisa digunakan untuk hampir semua acara.

 

Ketiga jaket tersebut bisa kamu dapatkan hanya di official store Torch! Dapatkan promo terbaik dari Torch sekarang Sob!

Back to blog

Leave a comment