WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

5 Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Motor Setelah Kecelakaan


cara menghilangkan rasa takut naik motor

Tidak bisa dimungkiri bahwa dalam mengendarai kendaraan bermotor ada saja kejadian tidak diinginkan yang terjadi. Contohnya seperti keserempet mobil atau truk, tidak sengaja menabrak trotoar, jatuh dari sepeda motor, dan lain sebagainya. Wajar rasa takut muncul setelah kejadian tersebut. Sobat Torch pasti jadi bertanya bagaimana cara menghilangkan rasa takut naik motor.


Pertanyaan tersebut tentu terlintas di pikiran karena ada keinginan dalam hati Sobat Torch untuk kembali terjun ke jalan dan berkendara dengan sepeda motor. Trauma dan takut setelah melihat atau mengalami kejadian berbahaya memang tidak bisa dihindari lagi.


Satu-satunya cara yang bisa dilakukan ialah mencoba memberanikan diri dan mulai berkendara kembali. Namun tindakan tersebut tidak pernah mudah dilakukan. Mengalahkan ketakutan sama sulitnya dengan mencoba memulai mengendarai sepeda motor untuk pertama kalinya.


Meski sulit, Sobat Torch tidak boleh menyerah begitu saja. Tentu ada cara-cara untuk menghilangkan rasa takut yang sedang dialami. Sangat mungkin juga ada kejadian lain yang menjadi pemicu Sobat Torch menjadi sangat ketakutan.


Pada kesempatan kali ini Torch telah mengumpulkan berbagai penyebab mengapa rasa takut naik motor muncul dan bagaimana cara-cara mengatasinya. Semoga setelah membaca artikel ini Sobat Torch bisa menjadi seseorang yang lebih berani untuk mencoba mengendarai motor.


Apa yang Menyebabkan Rasa Takut Naik Motor?


Rasa takut mengendarai motor bisa dibagi menjadi dua yakni wajar dan tidak wajar. Rasa takut yang wajar contohnya seperti pernah melihat kecelakaan atau mengalaminya sendiri.


Sedangkan rasa takut tidak wajar ialah perasaan berlebihan yang muncul dari dalam psikologis atau gangguan mental. Untuk itu kamu perlu mengidentifikasi terlebih dahulu mengapa rasa takut muncul. Setidaknya ada 4 alasan mengapa kamu jadi takut naik motor.


1. Melihat Kejadian Berbahaya dari Dekat


Melihat kecelakaan lalu lintas yang berakhir menewaskan sejumlah orang pasti membuat kamu sangat trauma. Apalagi kalau kamu benar-benar melihatnya dari dekat dengan mata kepala sendiri. Sudah pasti trauma tersebut akan bertahan untuk waktu yang lama.


Trauma sebenarnya akan berlalu seiring berjalannya waktu. Namun ada kemungkinan trauma masih tertinggal karena tidak diselesaikan dengan baik. Kamu masih terbawa suasana sehingga akhirnya kalah dengan rasa takut itu sendiri.


2. Mengalami Kejadian Tidak Mengenakan


Rasa takut juga bisa disebabkan karena kejadian pada masa lalu yang tidak mengenakan. Contohnya saat kamu sedang berkendara lalu ada pengendara kendaraan lain yang ugal-ugalan menyerempet.


Kejadian tersebut tentu membuat kamu takut kembali turun ke jalanan. Meski ada kemungkinan bahwa kamu tidak akan mengalami kejadian yang sama tetapi rasa takut tersebut akan terus menghalangi.


3. Memiliki Gangguan Mental


Rasa takut dari gangguan mental atau psikologis sangat wajar terjadi. Rasa takut bahkan bisa diakibatkan oleh genetik orang tua atau lingkungan tempat tinggal. Apabila kamu dikelilingi dengan orang-orang yang sering mengejek dan merendahkan maka tidak heran rasa takut tersebut selalu menguasai.


4. Selalu Berpikir Negatif


Rasa takut juga bisa datang dari diri sendiri yang selalu berpikiran negatif. Pikiran negatif kamu terhadap sepeda motor sudah pasti akan menimbulkan rasa takut. Jika hal ini terus-menerus dilakukan maka kamu tidak bisa melihat fakta dan harapan lain yang sebenarnya bisa mendorong keberanian muncul ke permukaan.



Cara-Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Motor


Jadi apa penyebab rasa takut yang kamu rasakan ketika naik motor? Apa pun penyebabnya, kamu bisa mencoba memberanikan diri untuk kembali turun ke jalanan dan mengendarai sepeda motor.


Prosesnya akan memakan waktu yang cukup lama dan berbeda-beda bagi setiap orang. Jadi jangan bandingkan proses yang kamu lalui dengan orang lain. Teruslah berusaha dan coba ikuti beberapa cara berikut ini.


1. Miliki Pemikiran Positif yang Sehat


Pertama-tama cobalah mulai membangun pemikiran yang positif. Kamu bisa mulai dengan membangun kebiasaan-kebiasaan sehat seperti berolahraga, journaling, atau menekuni hobi yang sudah lama tidak dilakukan.

Hindari membaca berita tentang kecelakaan secara berlebihan. Isi pikiranmu dengan informasi membangun dan inspiratif dari YouTube atau podcast-podcast lainnya. 

2. Mencoba Mengalihkan Fokus dari Rasa Takut Kepada Fakta


Jangan dengarkan keraguan pikiran yang mempertanyakan kemampuanmu. Hiraukan berbagai pertanyaan berikut ini:


“Bagaimana kalau kecelakaan terjadi?”

“Bagaimana kalau akhirnya saya terjatuh dan meninggal?”

“Benarkah saya bisa melakukanya tanpa masalah?”


Semua ketakutan dan keraguan yang muncul hanya ada di pikiran. Hal tersebut tidak akan terjadi dalam dunia nyata selama kamu melakukan persiapan yang matang. Cobalah untuk mengalihkan fokus dari rasa takut menjadi fakta mengenai berbagai tindakan yang masih bisa dilakukan.

Sebagai contoh, kamu bisa mulai mempelajari aturan-aturan lalu lintas serta menyiapkan peralatan keselamatan berkendara yang lengkap.


3. Memahami Aturan Lalu Lintas yang Berlaku


Sebagai langkah persiapan, kamu perlu memahami aturan lalu lintas yang berlaku. Hal ini bukan hanya untuk pengetahuan semata tetapi juga demi membangun keberanian. Jadi karena kamu sudah lebih memahami aturan lalu lintas maka berkendara akan lebih aman. Kepercayaan diri pun jadi lebih besar dari sebelumnya.


4. Menggunakan Perlengkapan Berkendara


Selanjutnya siapkan semua peralatan lengkap untuk berkendara seperti helm dengan standar SNI, sarung tangan, jaket, pelindung bahu, sikut, dan lutut, sepatu tertutup, serta celana panjang.


Ketika kamu mempersiapkan yang terbaik maka keberanian akan mulai muncul. Adanya persiapan matang juga membuat kamu lebih siap menghadapi kemungkinan terburuk lainnya ketika berkendara.


5. Berlatih di Jalan yang Sepi


Jika kamu masih belum memiliki keberanian yang cukup, cobalah berkendara di jalanan yang sepi. Melakukan latihan berkali-kali akan membuat kamu lebih siap saat berada di jalan raya. Mintalah bantuan orang yang sudah berpengalaman mengendarai motor untuk mendampingi dan memberikan masukan.


Mengendarai motor pertama kali atau setelah kejadian tidak terduga sudah pasti menakutkan. Tetapi jangan kalah dengan rasa takut yang Sobat Torch alami. Benar bahwa rasa takut tersebut muncul tetapi ada fakta lain yang mengatakan kalau persiapan yang kamu lakukan dapat menghindarkan diri dari kecelakaan lalu lintas.


Cobalah ikuti cara-cara menghilangkan rasa takut naik motor yang sudah disebutkan secara konsisten agar rasa berani dalam diri Sobat Torch menjadi lebih besar.


Jangan lupa mengenakan tas berkualitas untuk menemani kamu berkendara. Kamu bisa menggunakan Cheonan Sling Bag (2 in 1) atau Gifu 3L Travel Pouch yang memiliki kapasitas besar dan terbuat dari bahan material unggulan.


Keduanya sama-sama menggunakan Duralite Nylon dan Poly-Elable yang terbukti 2x lebih kuat namun tetap 30% lebih ringan. Jadi sangat nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas termasuk berkendara. Yuk pesan tasnya di official store Torch dan rasakan perbedaanya sekarang!

Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan

Cari