4 Cara Merawat Tas Kulit dengan Baik agar Tetap Awet

4 Cara Merawat Tas Kulit dengan Baik agar Tetap Awet

Sobat Torch pasti sudah tidak asing dengan pernyataan “Ada harga, ada barang”. Biasanya pernyataan tersebut memberitahukan bahwa barang dengan kualitas terbaik biasanya memiliki harga yang mahal.

 

Barang tersebut akan menggunakan bahan material terbaik yang tahan lama. Tetapi ada yang perlu Sobat Torch ingat bahwa sebagus apa pun kualitasnya, barang tersebut tetap akan rusak saat tidak dirawat dengan baik.

 

Sama halnya dengan tas dari Torch yang akan rusak kalau kamu tidak merawatnya baik-baik. Itu sebabnya pada kesempatan ini Sobat Torch akan diajak memahami cara merawat tas yang benar, khususnya untuk bahan polyelable dan duralite nylon. Yuk langsung pahami semua informasi pentingnya di bawah ini! 

Apa Itu Bahan Polyelable?

Polyelable atau yang lebih dikenal dengan polyester merupakan kain buatan manusia dari berbagai macam bahan. Campuran kain ini berasal dari minyak bumi, alkohol, dan asam karboksilat.

 

Meski buatan manusia, kualitasnya tidak boleh dianggap remeh. Daya tahannya bahkan sangat kuat untuk digunakan dalam waktu yang panjang. Tidak heran kalau bahan polyelable jadi sering digunakan dalam banyak pembuatan baju hingga tas.

 

Selain itu bahan satu ini juga tidak akan kusut meskipun belum disetrika. Pastinya sangat menghemat waktu dan tenaga kamu soal perawatan.

 

Apa Saja Kelebihan Bahan Polyelable?

Nah ada beberapa kelebihan polyelable yang harus kamu tahu. Apalagi penggunaannya di dalam tas Torch bukan tanpa tujuan. Keunggulan dari bahan satu ini membuat Torch menjamin kualitas terbaik bagi setiap pelanggannya. Kalau begitu langsung saja simak kelebihannya berikut ini.

 

1. Ringan

Serat kain yang dibentuk dari berbagai campuran bahan tidak membuatnya berat. Justru penggunaannya sangat ringan untuk aktivitas sehari-hari. Hal ini juga bisa kamu buktikan saat menggunakan tas Torch.

 

2. Daya Tahannya Sangat Kuat

Bahan polyelable sudah terbukti lebih kuat dari jenis kain biasanya. Kain biasanya kemungkinan besar akan sangat mudah dirobek dengan tangan. Namun tidak demikian dengan kain polyelable yang bahkan bisa menampung beban berat tanpa robek.

 

3. Lebih Awet

Daya tahannya yang sangat kuat membuat penggunaan kain ini lebih awet. Kamu jadi bisa menggunakannya sampai beberapa tahun mendatang tanpa masalah.

 

4. Tahan Air

Kain secara umum dikenal dengan kemampuannya yang baik dalam menyerap air. Tetapi tidak semua kain memiliki sifat yang demikian. Polyelable atau polyester termasuk salah satu kain yang tahan terhadap air.

 

Hujan rintik atau gerimis sedang tidak akan membuat kamu kebasahan. Tas Torch yang menggunakan bahan polyelable juga tahan terhadap hujan sehingga akan melindungi laptop dan barang-barang lain yang kamu bawa. 

 

5. Cepat Kering

Meski terkena basah, biasanya kain polyelable akan cepat mengering. Sifatnya yang tidak menyerap air membuat bahan satu ini cepat kering ketika tertiup angin.

 

apparel banner

 

Apa Itu Bahan Duralite Nylon?

Duralite nylon atau yang lebih dikenal dengan nilon juga menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam industri tas, tali, dan pakaian. Nilon sering disebut-sebut bahan yang sangat kuat untuk segala aktivitas outdoor.

 

Bahkan di Torch sendiri, bahan ini menjadi unggulan yang disukai oleh banyak orang. Sifatnya yang tidak mudah berubah, warna yang tidak mudah pudar, serta halus membuat banyak orang suka menggunakan kain duralite nylon.

 

Apa Saja Kelebihan Bahan Duralite Nylon?

Tidak kalah keren dari polyelable, duralite nylon juga memiliki keunggulannya tersendiri. Coba perhatikan penjelasannya di bawah ini.

 

1. Ringan

Meski bahannya cukup tebal dan kuat, kamu tidak akan merasakan bobot yang sangat berat ketika menggunakannya. Tas dengan bahan duralite nylon terbukti sangat ringan dan memudahkan mobilitas ketika bepergian.

 

Contohnya seperti tas Ishikari 20+2 Liter dari Torch yang mampu menampung banyak barang tetapi kamu tidak akan merasakan berat yang berlebihan. 

2. Kuat

Sama seperti bahan polyester, duralite nylon juga memiliki daya tahan yang kuat. Jika kamu menggunakannya untuk berbagai aktivitas outdoor maka tas ini tidak akan mudah robek. Mobilitas yang tinggi ketika traveling akan membuat kamu nyaman tanpa harus memikirkan keadaan tas.

 

3. Elastis

Keunikan kain nilon terdapat pada elastisitasnya. Barang apa pun yang dimasukkan dalam tas dengan kain duralite nylon akan muat tanpa robek.

 

4. Tahan Air

Bahan nilon juga dikenal tahan terhadap air. Hujan rintik-rintik tidak akan membuat barang di dalam tas menjadi basah seketika. Jadi jangan khawatir apabila kamu lupa membawa jas hujan atau payung ketika ingin melakukan perjalanan. Laptop dan buku akan tetap akan aman dari segala percikan atau hantaman air.

 

5. Perawatannya Mudah

Tidak mudah kotor dan basah membuatnya sangat mudah untuk dirawat. Kamu tidak perlu sering-sering mencuci apabila tas tidak kotor sama sekali. Debu-debu yang ada bisa langsung dikebaskan sehingga tidak lagi menempel di tas.

 

6. Tahan Terhadap Kutu, Jamur, dan Serangga

Bahan nilon juga tahan terhadap berbagai kutu, jamur, dan serangga. Kainnya yang anti noda membuat semua kutu dan jamur tidak punya kesempatan bertumbuh di dalamnya. Sangat cocok digunakan untuk aktivitas luar ruangan bagi kamu yang suka dengan perjalanan menantang di alam.

 

7. Warna Tidak Cepat Pudar

Satu lagi kelebihan dari bahan ini yang semakin menjadikannya pilihan yang tepat, yaitu warna yang tidak mudah pudar. Sobat Torch tentunya akan bisa lebih lama menggunakan tas ini tanpa perlu takut adanya perubahan pada warna tas.

 

Apa Itu Bahan Tas Kulit?

Tas kulit adalah salah satu jenis produk pelengkap fashion yang terbuat dari material kulit, baik itu tas kulit sintetis atau tas kulit asli (genuine leather). Tas yang terbuat dari bahan satu ini dinilai lebih bagus dari segi tampilannya, biasanya tas yang terbuat dari bahan kulit juga dikenal lebih kuat serta tahan lama.

 

Apa Saja Kelebihan Tas Kulit?

Baik itu tas kulit asli atau kulit sintetis, keduanya memiliki kualitas yang sangat baik. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh material kulit, diantaranya:

 

1. Kuat dan Tahan Lama

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa tas yang terbuat dari bahan kulit bersifat lebih kuat dan tahan lama. Hal ini terlihat dari harga tas yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan bahan tas lainnya. Namun, kamu bisa menggunakan tas kulit sampai puluhan tahun sebab material ini sangat awet dan kuat, jika selama kamu merawatnya dengan baik.

 

2. Tampilannya Mewah dan Tidak Ketinggalan Zaman

Tas kulit memang memiliki tampilan yang mewah serta elegan jika dibandingkan jenis tas lainnya. Selain itu, material kulit adalah bahan yang tidak habis oleh waktu dan sangat fleksibel untuk digunakan kapan saja. Kulit juga memiliki sifat lentur sehingga dapat dibentuk menjadi apa saja dan dengan warna apa saja, sehingga memberikan kesan stylish bagi penggunanya.

 

3. Perawatannya Mudah

Sebagian besar orang beranggapan bahwa untuk merawat tas kulit itu sulit. Namun justru kebalikannya, merawat tas kulit bisa dengan sangat mudah dilakukan sendiri asalkan dirawat secara teratur dan metode yang benar. 

 

Bagaimana Cara Merawat Tas Kulit?

Untuk bisa menjaga tas kulit, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan supaya tas kamu tetap awet dan tidak mudah rusak. Berikut ini adalah sejumlah tips merawat tas kulit serta menyimpan tas kulit dengan benar.

 

1. Hindari Terkena Paparan Sinar Matahari dan Percikan Air Secara Langsung

Ketika kamu sedang berativitas di luar ruangan dan saat siang hari, usahakan agar tas terhindar  dari sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Sebab, sinar matahari dapat membuat warna tas kulit memudar dan kering. Selain itu, kamu juga harus menghindari tas kulit dari percikan air karena bisa menyebabkan tas lembab dan berjamur.

 

2. Membersihkan Tas dengan Cairan Khusus

Membersihkan tas kulit tidak bisa sembarangan. Hindari memakai cairan pembersih yang tinggi zat kimia dan dilarang menggunakan sikat karena dapat merusak tekstur tas kulit tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu memakai cairan pembersih khusus tas kulit dan mengeringkannya menggunakan lap berbahan microfiber atau kapas.

 

3. Menyimpan Tas dalam Dust Bag

Selain di simpan di dalam lemari, saat tas kulit tidak digunakan, sebaiknya kamu menyimpan tas tersebut ke dalam dust bag atau pouch kain. Penyimpanan tas di dalam dust bag berguna untuk mencegah debu yang menumpuk pada permukaan tas. Sedikit tips, kamu bisa memasukkan silica gel agar jamur tidak dapat bertumbuh.

 

4. Mengoleskan Pelembab Khusus Tas Kulit

Walaupun tas kulit harus rutin dibersihkan dan dijaga agar tetap kering, namun tas kulit juga perlu dijaga tingkat kelembabannya. Hal ini bertujuan agar warna tas kulit tidak cepat kusam dan material tas tidak mengelupas. Untuk itu, kamu dapat mengoleskan pelembab khusus bahan kulit, yang bisa diperoleh di toko perlengkapan tas atau kain.

 

Bagaimana Cara Merawat Tas Polyelable?

Perawatan tas polyelable tidak perlu kamu kucek dengan tenaga yang keras layaknya mencuci baju. Kamu juga tidak perlu mencucinya di mesin cuci. Sejatinya tas apa pun memang tidak cocok dimasukkan ke dalam mesin cuci. Hanya dengan 3 langkah mudah berikut ini maka kamu bisa melihat tas yang kinclong seperti baru.

 

1. Gunakan Sabun Bayi

Sabun bayi memang lebih baik digunakan ketika mencuci tas karena tidak akan merusak serat dari bahan polyelable. Kamu bisa menuangkan sabun ke tangan lalu campurkan dengan air dan barulah mengusapkannya ke tas. Lakukan hal yang sama sampai seluruh bagian tas terkena sabun.

 

2. Sikat Perlahan Satu Per Satu

Selanjutnya siapkan sikat gigi tidak terpakai untuk menyikat tas. Sikat untuk gigi sudah pasti jauh lebih lembut daripada sikat cuci baju yang teksturnya sangat keras. Meski kamu harus melakukannya satu per satu tetapi cara ini tidak akan merusak serat. Pada akhirnya tas yang kamu punya pun bisa digunakan lebih lama.

 

3. Rendam dengan Air Hangat

Setelah menyikat dengan sabun bayi, kamu bisa menyiapkan air hangat dalam ember untuk merendam tas tersebut. Ingat bahwa kamu tidak boleh mengucek tas supaya serat kain tidak rusak dan kusut. Merendamnya ke dalam air hangat akan membuat noda dan kotoran membandel terlepas dari tas.

 

Bagaimana Cara merawat Tas Duralite Nylon?

Cara perawatan tas duralite nylon juga tidak sulit. Tetapi memang cukup berbeda dengan tas kanvas biasa yang bisa dimasukkan ke dalam mesin cuci. Kamu bisa mengikuti caranya berikut ini.

 

1. Membersihkan Debu dengan Cleanser

Apabila tas yang kamu punya sudah terlihat berdebu maka coba cuci dengan cleanser. Cleanser apa pun yang kamu punya di rumah bisa digunakan untuk mencuci tas dengan bahan nilon. Atau bisa juga menggunakan sabun cair yang sudah dilarutkan dengan air hangat. Tunggu beberapa waktu lalu lap hingga kering dan tas siap digunakan kembali.

 

2. Menyikat dengan Sikat Gigi Tidak Terpakai

Jika membiarkannya saja belum membuat noda pergi, kamu bisa menyikatnya dengan sikat gigi agar tidak merusak serat kain. Jangan menyikat dengan keras. Lakukanlah secara perlahan dan menyeluruh agar tasmu benar-benar bersih.

 

3. Mengelap Tas Ketika Tersiram Air

Ketika tas tersiram air maka kamu bisa langsung menyekanya dengan kain kering. Sifat duralite nylon yang juga tahan air seharusnya bisa dengan mudah dikeringkan.

 

4. Mengeringkannya di dalam Ruangan

Jangan mengeringkannya di bawah sinar matahari secara langsung. Panas matahari justru akan merusak serat kain dan membuat daya tahannya menurun. Paling baik mengeringkannya di dalam suhu ruangan atau menggunakan angin dari kipas.

 

Memiliki tas berbahan polyelable dan duralite nylon sebenarnya memiliki banyak keuntungan, bukan? Dari kekuatannya, sifatnya yang tahan air dan jamur, sampai bobotnya yang ringan membuat Sobat Torch nyaman menggunakan tas seharian.

 

Sobat Torch juga tidak perlu repot-repot untuk membawanya ke tempat cuci khusus yang mahal. Tinggal ikuti cara merawat tas yang sudah dijelaskan di atas maka kewajiban kamu sebagai pemilik sudah selesai.

 

Belum punya tas dengan bahan polyelable atau duralite nylon? Langsung saja temukan di official store Torch sekarang! Torch punya deretan tas berbahan polyelable dan duralite nylon yang berkualitas.

 

Contohnya seperti Shiroi Foldable Bag, Cheonan Sling Bag (2 in 1), dan Songhwa Daypack. Ketiganya didesain dengan berbagai kompartemen untuk menyimpan semua barang yang ingin kamu bawa. Penggunaannya bisa untuk pergi ke kantor ataupun ke kampus. Pokoknya sangat fleksibel untuk semua aktivitas. Dapatkan tas Torch favorit kamu sekarang!

Back to blog

Leave a comment