Glamping: Pengertian, Manfaat, Tips, dan Rekomendasi Tempatnya

Glamping: Pengertian, Manfaat, Tips, dan Rekomendasi Tempatnya

Glamour camping atau glamping adalah aktivitas wisata yang sedang trend akhir-akhir ini. Bagi Sobat Torch yang suka camping dengan suasana baru, kamu wajib mencobanya. Glamping ini bisa disebut juga sebagai kegiatan menginap di alam bebas dengan fasilitas dan kenyamanan ala hotel.

 

Nah, di artikel kali ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang glamping, termasuk manfaatnya serta rekomendasi tempat yang asyik untuk glamping. Buat kamu yang baru mengenal glamping pertama kali, yuk simak semua hal tentang glamping di sini. 

 

Apa Itu Glamping?

Glamping merupakan aktivitas berkemah dengan gaya yang lebih mewah dan nyaman daripada kegiatan berkemah di tenda. Jika biasanya kamu camping di tenda dengan ukuran kecil dan fasilitas seadanya, ini tidak akan kamu rasakan saat berkemah ala glamping.

 

Semua fasilitas yang memberikan kenyamanan sudah lengkap tersedia, mulai dari kasur yang empuk, listrik, kamar mandi hingga air panas. Beberapa tempat glamping bahkan menyediakan wifi untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya.

 

Wisata glamping ini biasanya dilakukan di lokasi pegunungan yang indah dan sudah tersedia akses kendaraan dengan mudah. Meski menawarkan kemewahan, glamping tidak menghilangkan sensasi berkemah lho Sob. Kamu tetap bisa merasakan suasana alam dengan embun dan kicauan burung di pagi hari, serta suara gemuruh air sungai yang mengalir.

 

Apa Saja Manfaat Pergi Glamping?

Menghabiskan waktu berlibur di alam terbuka terbukti membawa banyak manfaat bagi mental dan fisik lho Sob. Mulai dari membuat kamu makin rileks hingga memperbaiki mood. Kamu pun bisa menikmati udara segar, angin sepoi, dan menginap di tenda yang nyaman dan aman. Lantas, apa saja manfaat glamping? Berikut ini penjelasannya.

 

1. Menyatu dengan Alam

Glamping memungkinkan kamu merasakan sensasi kemah dengan nyaman, sehingga kamu bisa menikmati alam secara lebih dalam. Ini sangat bermanfaat buat kamu yang sedang lelah bekerja dan butuh healing.

 

Kegiatan glamping juga memberi kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas outdoor agar kamu bisa menyatu dengan alam. Aktivitas tersebut seperti memancing, berkuda atau hanya sekadar jalan-jalan dan jogging.

 

2. Menikmati Pemandangan Alam yang Indah

Manfaat lain dari glamping yaitu kamu bisa menikmati alam terbuka yang indah tanpa ribet. Mengingat tujuan utama dibangunnya wisata glamping adalah membantu traveler yang ingin berkemah menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

 

3. Quality Time Bersama Keluarga atau Teman

Berkemah dengan glamping menjadi momen yang sangat pas untuk Sobat Torch berkumpul dan bercerita hangat bersama keluarga atau teman. So, kalau bisa letakan dulu gadget-nya ya Sob, nikmati momen kebersamaan kamu bersama keluarga dengan enjoy.

 

Apa Saja Tips untuk Pergi Glamping?

Setelah memahami arti glamping dan manfaatnya, sekarang saatnya kamu tahu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum pergi glamping. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan berkemah dengan cara glamping.

 

1. Melakukan Riset

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu riset kecil-kecilan seperti mencari tahu lokasi yang akan dituju serta medan jalan dan fasilitas yang tersedia. Nah, ini bisa disesuaikan dengan anggota yang ikut.

 

Jika glamping bersama anak kecil, lansia atau difabel, ada baiknya kamu mencari lokasi dengan akses yang mudah di jangkau. Fasilitas yang disediakan juga wajib kamu riset, seperti tersedia restoran atau tidak, area santai, hingga destinasi alam yang menarik serta ramah anak kecil, lansia dan difabel.

 

2. Perhatikan Cuaca Saat Menginap

Perhatikan kondisi cuaca sebelum kamu berangkat ke lokasi glamping. Hal ini karena lokasi glamping umumnya berada di alam terbuka. Jika cuacanya mendukung, maka kamu bisa menikmati suasana menginap di alam terbuka dengan menyenangkan dan nyaman.

 

3. Persiapkan Pakaian dengan Cukup

Lokasi glamping biasanya berada di kawasan pegunungan dengan suasana yang sejuk dan teduh. Untuk itu, upayakan kamu membawa pakaian hangat seperti jaket atau sweater. Kamu bisa coba pakai Jongdae Packable Jacket dari Torch dengan bahan yang ringan dan anti air.

 

Di samping itu, ada baiknya kamu tidak membawa pakaian yang terlalu banyak. Cukup bawa beberapa potong saja dengan warna yang netral dan bisa di mix and match supaya tampilan kamu tetap modis dan keren. 

 

4. Bawa Perlengkapan Pendukung

Selain pakaian yang cukup, perlengkapan pendukung juga perlu kamu bawa ya Sob. Perlengkapan pendukung ini biasanya terdiri dari barang bawaan pribadi sesuai dengan kebutuhan masing-masing, seperti obat alergi dingin dan P3K.

banner travel

Apa Perbedaan Glamping dengan Camping?

Dari penjelasan tadi apa kamu sudah cukup memahami perbedaan antara glamping dengan camping? Perbedaan utama antara glamping dengan camping dapat dilihat dari ukuran tempat dan fasilitas. Jika camping berkemah dengan fasilitas seadanya, sedangkan glamping berkemah dengan fasilitas yang lengkap. Berikut ini akan dijelaskan secara rinci tentang perbedaan glamping dan camping. Yuk, simak di bawah ini.

 

1. Fasilitas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, camping berkemah dengan fasilitas seadanya dan juga harus menyediakan semua barang-barang serta makanan dan minuman sendiri. Sedangkan glamping berkemah dengan suasana rumah yang sudah difasilitasi peralatan yang nyaman.

 

2. Bentuk Tenda

Bentuk tenda glamping dengan camping sudah pasti berbeda. Bentuk tenda untuk glamping lebih mewah dan besar serta bisa digunakan untuk banyak kegiatan, sehingga butuh waktu lama dan beberapa orang untuk merakitnya. Sedangkan tenda camping lebih ringkas dan hanya muat kapasitas maksimal 4 orang.

 

3. Keamanan

Glamping dirasa lebih aman daripada camping, karena tenda tempat kamu tinggal bisa dikunci. Tenda camping pintunya juga bisa digembok, tetapi kainnya rawan rusak. Jika ditempatkan di alam bebas, maka glamping sudah pasti lebih aman dari ancaman binatang buas karena bangunannya juga kokoh.

 

4. Biaya

Dilihat dari fasilitas yang lengkap dan keamanan yang terjaga, bisa disimpulkan bahwa biaya glamping lebih mahal daripada camping. Sedangkan camping biasanya hanya menyewa perlengkapan kemah saja tanpa mengeluarkan biaya banyak.

Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Pergi Glamping

Buat kamu yang ingin merasakan pengalaman baru menginap di alam bebas, glamping bisa jadi pilihan yang tepat. Berikut ini ada 3 rekomendasi lokasi glamping terbaik yang bisa kamu coba kunjungi bersama keluarga atau teman.

 

1. Glamping Legok Kondang

1. Glamping Legok Kondang

Glamping Legok Kondang berada di kawasan Ciwidey, Bandung dengan desain yang instagramable. Adapun desain dari tempat ini lebih mirip seperti pondok pantai. Beberapa lokasi glamping juga langsung menghadap ke kolam renang. Ketika membuka pintu, Sobat Torch tidak hanya disuguhi pemandangan bukit dan pohon, tetapi juga kolam renang.

 

Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain kamar mandi pribadi, wifi, televisi, balkon, dan tempat api unggun. Harga menginap di Glamping Legok Kondang bervariasi tergantung dari tipe glamping yang dipilih, kisaran harganya mulai dari Rp1.000.000 per malam.

 

2. Alang-Alang Nature Camp

2. Alang-Alang Nature Camp

 

Sob, buat kamu yang ingin merasakan pengalaman glamping dengan tempat tidur tenda yang terdapat saung beratapkan jerami, kamu bisa mengunjungi Alang-Alang Nature Camp di Kabupaten Bogor. Sobat Torch yang berada di Jakarta bisa mampir ke glamping ini untuk melepas penat setelah seminggu bekerja.

 

Di dalam saung sudah disediakan tiga matras yang lengkap dengan bantal, guling, dan selimut. Meskipun ukuran saungnya tidak terlalu besar, tetapi cukup nyaman untuk diinapi oleh tiga orang bahkan lebih. Di sini, kamu bisa menikmati glamping dengan nyaman, apalagi kamu berlibur dengan keluarga dan teman dekat. 

 

3. Sang Giri Mountain Glamping Resort Bali

3. Sang Giri Mountain Glamping Resort Bali

 

Glamping di Resort Bali bisa menjadi pilihan kamu yang ingin berwisata di Bali dengan suasana alam yang hijau. Sang Giri Mountain Resort ini didesain dengan interior kayu yang dilengkapi dengan balkon serta tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati rindangnya pepohonan.

 

Tempat tidurnya berukuran double bed yang sudah dilengkapi kelambu nyamuk, jadi lebih aman dari serangan nyamuk. Fasilitas yang tersedia sama seperti glamping pada umumnya. Hanya saja yang membedakan di sini kamu bisa menikmati kegiatan seperti yoga, berendam di hot tub outdoor, trekking, dan bersepeda.

 

Glamping adalah pilihan terbaik untuk menikmati alam sekaligus quality time bersama teman dan keluarga. Sebagaimana camping pada umumnya, kamu pasti membutuhkan backpack untuk membawa banyak barang bawaan. Apalagi kamu berlibur sampai 4 hari 3 malam. Backpack Seo 30 Liter dari Torch cocok menemani waktu liburan kamu.

 

Bahan tas Seo 30 Liter 30% lebih ringan dari tas pada umumnya, tetapi 2 kali lebih kuat. Jadi, bawa banyak barang pun gak bikin tas ini terasa berat. Shoulder trap-nya juga sudah dirancang sangat ergonomis, jadi gak bikin pegal pundak.

 

Disediakan juga tempat khusus sepatu pada bagian bawah tas. Tempat ini juga bisa digunakan sebagai tempat pakaian kotor. Tersedia juga kompartemen khusus buat laptop, jadi laptop kamu lebih aman terlindungi dari benturan. Kalau begitu, tunggu apalagi Sob, dapatkan backpack keren tersebut hanya di Torch sekarang juga!

Back to blog

Leave a comment