WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

3 Tujuan Kopdar yang Sudah Lama Menjadi Tren

Pernah mendengar istilah kopdar? Istilah ini pasti sering terdengar saat mengajak orang-orang untuk bertemu dan berbincang-bincang. Tetapi kata kopdar sebenarnya tidak hanya semata-mata bertemu dan berbincang biasa. Kopdar mengacu pada pertemuan dengan skala lebih besar dari yang bisa Sobat Torch bayangkan. Memangnya apa tujuan kopdar? Mengapa istilah ini sangat populer?

Apakah ada manfaat mengikuti kegiatan kopdar? Apakah kopdar termasuk dalam komunitas besar yang ada di Indonesia? Tenang Sob, tenang. Semua pertanyaan Sobat Torch tentang kopdar akan dijelaskan satu per satu di artikel ini. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Kopdar?

Kopdar atau yang juga dikenal dengan kopi darat bisa dikatakan sebuah kegiatan pertemuan yang dilakukan secara langsung alias bertemu tatap muka. Kopdar bukan istilah yang baru saja populer. Nyatanya kopdar bahkan sudah ada sejak 50 tahun yang lalu, yakni pada tahun 70-an. 

Oh ya, ada informasi yang lebih menarik tentang penggunaan istilah kopdar, apakah Sobat Torch mengetahuinya? Istilah ini pertama kali digunakan di Indonesia oleh Syn Ns dari radio Prambors Jakarta. Kala itu, segmen bernama Warkop menjadi tempat pertama yang memanfaatkan komunikasi tersebut. 

Karena hanya bertemu dalam suara dari jalur udara, ada ajakan untuk melakukan pertemuan secara tatap muka di suatu tempat. Percakapan untuk mengajak bertemu inilah yang melahirkan istilah kopdar. Seiring berjalannya waktu, istilah kopdar atau kopi darat makin dikenal luas oleh masyarakat. 

Sampai hari ini kopdar masih memiliki makna yang sama yaitu untuk bertemu tatap muka. Namun istilah ini banyak digunakan di dalam komunitas yang ada di Indonesia khususnya kendaraan bermotor seperti motor dan mobil. Jadi kopdar bukan nama komunitas, melainkan istilah yang umum digunakan untuk mengajak anggota komunitas untuk berkumpul. 

Baca Juga: 5 Langkah dan Contoh Penerapan Go Green

Apa Saja Manfaat Mengikuti Kopdar?

Mengapa banyak orang langsung datang saat ada yang berkata “Guys, kopdar yuk”? Memang apa manfaat yang dirasakan orang-orang saat mengikuti kopdar? Seperti sudah disebutkan sebelumnya, istilah kopdar memang sering digunakan untuk mengajak bertemu orang-orang dalam suatu komunitas. 

Jadi tidak heran kalau ada banyak orang ikut berkumpul saat ada yang bilang kopdar. Manfaat kopdar atau berkumpul tentu banyak. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut. 

1. Memperluas Wawasan

Mengikuti perkumpulan suatu komunitas akan menambah wawasan dan informasi kamu terhadap berbagai hal. Tidak hanya membicarakan topik-topik khusus dalam komunitas tetapi juga topik umum. 

Contoh perbincangannya mencakup soal keluarga, politik, ekonomi, otomotif, atau topik umum lainnya. Layaknya sebuah tongkrongan di warung depan rumah, setiap orang yang datang ke perkumpulan ini seperti berkomunikasi dengan teman. 

2. Membangun Relasi Baru

Mengikuti kopdar atau perkumpulan pasti akan membuat kamu berkenalan dengan orang-orang yang baru. Relasi baru pun menjadi terbangun karena berada dalam komunitas yang sama. 

3. Melepas Penat Sementara

Ikut serta dalam kopdar juga bisa dijadikan sebagai waktu untuk hiburan dan melepas penat. Aktivitas pekerjaan yang padat pasti membuat kamu kesulitan untuk berpikir jernih. 

Kamu jadi stres, depresi, atau bahkan menjadi sensitif terhadap hal-hal yang tidak penting. Jadi mengikuti kopdar akan sangat bagus untuk mengembalikan pikiran jernih serta beristirahat dari semua aktivitas padat. 

tujuan kopdar

Berbagai Tujuan Kopdar

Selain berkumpul bersama anggota-anggota komunitas, sebenarnya apa yang menjadi tujuan dari kopdar? Apakah hanya untuk menghabiskan waktu begitu saja? Tentu saja tidak Sob. Tujuan dari kopdar sebenarnya baik, bahkan sangat positif. Gak percaya? Coba perhatikan poin-poin di bawah ini. 

1. Mengenal Setiap Anggota

Tidak sembarang kumpul, kopdar dilakukan agar setiap anggota dalam komunitas makin mengenal satu sama lain. Jika sebelumnya hanya sekadar ngobrol lewat media sosial maka kopdar menjadi kesempatan untuk berbicara langsung secara tatap muka. 

2. Memperkuat Hubungan yang Terjalin

Selain mengenal dan berkomunikasi secara langsung, kopdar bertujuan untuk memperkuat hubungan yang terjalin di antara anggota dalam komunitas. Tidak jarang kopdar juga disebut sebagai acara silaturahmi di antara sesama anggota. 

3. Berkomunikasi Secara Efektif

Kopdar juga menjadi kesempatan untuk berkomunikasi secara efektif. Efektif yang dimaksudkan ialah pemberitahuan informasi penting dalam komunitas secara langsung. 

Jadi semua anggota yang hadir bisa memahami dengan benar informasi yang disampaikan. Pasalnya informasi yang disampaikan melalui media sosial terkadang tidak terbaca karena pesan menumpuk.

Baca Juga: Mari Mengenal Kegiatan Sport Climbing yang Bagus untuk Kesehatan

Tips Aman untuk Kopdar

Kasus pandemi yang sudah mulai menurun menjadi kabar baik bagi berbagai komunitas di Indonesia. Kopdar yang sudah lama tidak diadakan (lebih dari 2 tahun), akhirnya bisa kembali berjalan. Tetapi bukan berarti setiap kopdar diadakan dengan liar. 

Setiap komunitas tetap perlu melaksanakan protokol kesehatan agar tidak ada kasus COVID-19 baru yang bermunculan. Supaya kopdar menjadi aman dan berjalan lancar, berikut beberapa tips praktis yang bisa dilakukan. 

1. Sehat Secara Fisik

Setiap orang yang datang kopdar perlu memastikan dirinya sendiri sehat. Jangan sampai perkumpulan ini mendatangkan kluster penyebaran COVID-19 yang baru. Setiap komunitas perlu menghimbau anggotanya untuk bersikap jujur terhadap kesehatan pribadi masing-masing. 

2. Mematuhi Protokol Kesehatan

Pelaksanaan kopdar juga harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku. Kopdar perlu menerapkan 3M yang berarti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman. Akan lebih baik kalau tempat yang digunakan sudah didisinfektan terlebih dahulu agar keamanan setiap orang tetap terjamin. 

Baca Juga: Mengenal Komunitas Pecinta Alam: Sejarah, Tujuan, dan Kegiatan yang Dilakukannya

3. Memakai Sistem Pendaftaran

Kesehatan setiap anggota sudah pasti menjadi prioritas utama. Itu sebabnya lebih baik kopdar diadakan dengan sistem yang jelas. Contohnya seperti membuka pendaftaran. 

Dalam pendaftaran tersebut perlu dijelaskan tentang berbagai aturan perkumpulan yang berlaku. Selain itu setiap anggota dapat mengisi pernyataan yang menjadi bukti bahwa mereka tidak terpapar virus COVID-19.

Nah itu dia Sob informasi tentang kopdar. Kini Sobat Torch jadi paham kan tujuan kopdar itu sendiri? Tidak hanya sekadar kumpul tetapi juga untuk membangun relasi serta silaturahmi sesama anggota komunitas. Pastikan Sobat Torch menggunakan pakaian yang nyaman dantrendyuntuk pergi kopdar ya. 

Jangan lupa gunakan aksesoris seperti tas yang sesuai untuk melengkapi penampilan. Tidak perlu tas yang besar,waist bag saja sudah cukup untuk menyimpan berbagai barang esensial. Tidak punyawaist bagyang bagus untuk kopdar? 

Torch memiliki berbagaiwaist bagdengan desain yang keren. Contohnya sepertiTajimi Waist Bag danVallejo Waist Bag. Keduanya terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki daya tahan 2x lebih kuat serta 30% lebih ringan dari tas lainnya. 

Ponsel, dompet, kunci kendaraan,hand sanitizer sudah pasti masuk Sob. Jadi tunggu apalagi? Yuk pesanwaist bag pilihanmu sekarang juga hanya diofficial website Torch!

Cari