WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Apa Itu Road Captain Ketika Kamu Sedang Riding? Berikut Ini Penjelasannya


road captain adalah

Sobat Torch punya hobi riding? Bagi kamu yang punya hobi riding, tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan touring. Biasanya aktivitas touring dilakukan rombongan bersama komunitas motor yang memiliki pemimpin atau dikenal juga dengan sebutan road captain.


Menyusun kegiatan touring itu tidak mudah dan membutuhkan banyak persiapan. Sebab itu, mesti dibuat formasi biar touring-nya gak berantakan. Formasi tersebut terdiri dari seorang pemimpin, safety officer, dan sweeper.


Pemimpin touring atau road captain punya peranan yang sangat besar dalam kesuksesan perjalanannya. Mulai dari menentukan rute, mengambil keputusan, dan membantu peran lainnya agar touring-nya berjalan lancar.


Apa Itu Road Captain?


Road captain bisa dikatakan sebagai pemimpin saat touring, bertanggung jawab dari mulai keberangkatan hingga kepulangan. Tidak hanya menentukan rute perjalanan, pemimpin juga mengatur pada rider untuk tetap tertib dan aman selama berkendara.


Menjadi seorang pemimpin touring tentu tugas yang berat, mengingat peran dan tanggung jawabannya pun tidak kecil. Namun, kegiatan touring akan semakin lancar kalau ada rider lain yang membantu peran pemimpin touring.


Apa Saja Tugas dari Seorang Road Captain?


Tugas utama dari seorang pemimpin touring yaitu memastikan para rider mengikuti kegiatan dengan lancar dan selamat. Tapi tidak hanya itu, terdapat beberapa tugas road captain yang akan diuraikan di bawah ini.


1. Memimpin Formasi


Formasi touring biasanya terdiri dari pemimpin dan beberapa orang di bawahnya. Nah, road captain harus memimpin mereka, termasuk memberikan pembagian tugas yang dilakukan, baik itu sebelum keberangkatan, saat diperjalanan, hingga kepulangan.


2. Memastikan Peserta Touring Aman


Keselamatan dan keamanan peserta touring menjadi tanggung jawab seorang pemimpin. Dalam hal ini, pemimpin harus memastikan peserta touring sampai tujuan dengan aman dan selamat. Begitupun saat peserta pulang menuju rumah masing-masing.


3. Memutuskan Berbagai Keputusan Penting


Road captain berhak membatalkan perjalanan atas dasar pertimbangan keselamatan dan keamanan perjalanan. Selain itu, dengan alasan yang sama, pemimpin berhak menolak seseorang menjadi peserta touring.


4. Menyusun Rute Perjalanan


Pemimpin touring dapat menentukan rute perjalanan, mulai dari durasi perjalanan, pemberhentian sementara, hingga menentukan siapa saja peserta yang bisa ikut berpartisipasi.


5. Memeriksa Kelayakan Kendaraan


Demi alasan keselamatan, pemimpin wajib memastikan kelayakan kendaraan setiap peserta touring. Kendaraan yang tidak memiliki kendala apa pun dan dianggap bisa melewati medan terjal akan lolos pemeriksaan.


Apa Saja Tugas dari Seorang Road Captain?


Supaya kegiatan touring berjalan dengan lancar, maka road captain harus berbagi tugas dengan rider yang lain. Adapun tugas tersebut tercermin dalam formasi yang telah disusun. Apa saja itu? Berikut uraiannya di bawah ini.


1. Safety Officer


Rider yang ditugaskan sebagai petugas safety officer oleh pemimpin harus berada di posisi paling depan ketika touring. Safety officer harus memastikan semuanya dalam keadaan aman, mulai dari kondisi jalur yang akan dilalui hingga memahami arah rute dan ruas jalan untuk memprediksi kecepatan.


2. Vorijder


Vorijder bertugas untuk memastikan kecepatan berkendara seluruh peserta sesuai dengan saran dari safety officer. Selain itu, vorijder berperan memberikan tanda-tanda guna keselamatan rombongan selama perjalanan berlangsung.


3. Sweeper


Tugas utama sweeper memastikan semua peserta tetap berada pada posisinya masing-masing saat kegiatan touring berlangsung. Posisi sweeper biasanya berada di tengah-tengah dan barisan paling belakang.


4. Technical Officer


Teknisi akan bertugas memperbaiki kendaraan bermotor yang mengalami kerusakan selama perjalanan. Untuk itu, teknisi ini harus membawa berbagai peralatan dan spare part yang diperlukan.


5. Medical Officer


Sebagaimana namanya, medical officer bertugas mempersiapkan obat-obatan guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat perjalanan. Juga, bertugas memberikan pertolongan pertama kalau sewaktu-waktu kecelakaan tersebut terjadi.


Manfaat dari Adanya Road Captain


Kegiatan touring tidak lepas dari keselamatan dan keamanan. Untuk memastikan semuanya aman, pastinya memerlukan peran seorang road captain. Itulah salah satu manfaat dari adanya pemimpin saat touring. Apakah ada manfaat lainnya? Tentu saja ada, yuk simak manfaat lain dari adanya pemimpin touring di bawah ini.


1. Memastikan Keselamatan Peserta dan Kenyamanan Publik


Kegiatan touring tidak hanya berbicara tentang keselamatan peserta touring, tapi menggunakan ruang publik sebagai media perjalanannya. Sebab itu, pemimpin harus mempertimbangkan kenyamanan publik yang sama-sama menggunakan jalan raya.


Caranya dengan memahami teknis perjalanan, aturan dan ketentuan, serta bisa membaca kondisi dengan baik. Tanpa kehadiran pemimpin, semua hal ini tidak bisa terakomodir dengan baik. Maka dari itu, peran pemimpin touring sangat penting.


2. Memastikan Peserta Menggunakan Perlengkapan Berkendara


Satu hal yang tidak boleh dilewatkan dari kegiatan touring, yaitu wajib didukung perlengkapan dan peralatan berkendara yang berkualitas dan sesuai standar. Mulai dari jaket, helm, sarung tangan, sepatu, perlengkapan komunikasi, pakaian, hingga aksesoris yang mendukung keamanan perjalanan.

Kehadiran pemimpin juga bisa membantu peserta memastikan bahwa seluruh perlengkapan yang digunakan telah sesuai dengan standar. Tujuannya tentu untuk keselamatan para peserta touring.


Demikian informasi mengenai apa itu road captain serta tugas dan tanggung jawabnya saat kegiatan touring berlangsung. Jika diperhatikan, peran pemimpin touring ini sangat esensial, harus memperhatikan banyak hal detail, mulai dari rute perjalanan sampai kelengkapan riding yang harus sesuai dengan standar demi keamanan dan keselamatan.


Sobat Torch bisa mendapatkan jaket riding yang sesuai dengan standar keamanan di Torch. Ada Junha Packable Jacket yang dibuat menggunakan material yang tahan angin, ringan, dan dilengkapi warna yang atraktif dan trendy. Jaket ini cocok banget dipadupadankan dengan kaus atau baju simpel lainnya.


Selain itu, jaket ini bisa dilipat jadi tas kecil dan dimasukkan ke dalam pouch-nya, sehingga tidak memakan space yang terlalu besar. Tunggu apalagi Sob? Kunjungi official store Torch sekarang juga untuk riding kamu. 

Sale Off
Sinjae Basic Tshirt Allsize Yellow
Rp 158,000.00Rp 134,300.00
Sale Off
Yujae Basic Tshirt All Size Yellow
Rp 158,000.00Rp 134,300.00
Sale Off
Yangbo Graphic Tshirt Boarding Pass - White
Rp 158,000.00Rp 134,300.00
Sale Off
Yangbo Graphic Tshirt Hijriah - White
Rp 158,000.00Rp 118,500.00
Sale Off
Jongdae Packable Jacket -  Bright Violet
Rp 399,000.00Rp 355,000.00
Sale Off
Jongdae Packable Jacket -  Iceberg Green
Rp 399,000.00Rp 355,000.00
Sale Off
Jihyun Women Long Sleeve Tees - Cactus Green
Rp 299,000.00Rp 254,150.00
Sale Off
Jihyun Women Long Sleeve Tees - Black
Rp 299,000.00Rp 254,150.00

Cari