10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok

Bawa pulang oleh-oleh khas Lombok setelah liburan rasanya jadi suatu kewajiban. Alasan sebenarnya pun tidak spesifik, paling sering karena merasa tidak enak kepada kerabat dan teman. Pasalnya memang tidak semua orang bisa pergi liburan ke pulau satu ini. Lombok sendiri merupakan sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

 

Pulau ini dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang populer di Indonesia karena keindahan alamnya yang luar biasa, serta kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakatnya. Nah berbicara soal alamnya sudah, lalu bagaimana dengan oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang?

 

Oleh-oleh khas Lombok nyatanya sangat beragam, mulai dari kerajinan tangan yang dihasilkan oleh masyarakat setempat, makanan khas yang dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional, hingga produk unik di toko-toko khusus.

 

Supaya Sobat Torch tidak bingung harus membeli apa saat berlibur ke Lombok, coba perhatikan informasi lengkapnya di bawah ini ya Sob!

 

Apa Itu Oleh-Oleh?

Yakin kamu sudah tahu apa itu oleh-oleh? Istilah ini banyak digunakan untuk menyebut barang-barang yang dibeli sebagai kenang-kenangan atau hadiah dari suatu tempat.

 

Barang yang disebut oleh-oleh biasanya merupakan sesuatu yang khas dari tempat tersebut. Oleh-oleh khas tentu bisa digolongkan dalam bentuk apa saja. Contohnya berupa makanan, minuman, barang kerajinan tangan, kain batik, kerajinan perak, bahkan produk-produk unik yang hanya dapat ditemukan di tempat tersebut.

 

Oleh-oleh biasanya memiliki nilai sentimental yang tinggi karena dianggap sebagai kenang-kenangan dari perjalanan yang dilakukan. Seperti yang sudah sempat disebutkan di awal bahwa oleh-oleh juga dapat dijadikan sebagai hadiah untuk orang-orang yang dicintai.

 

Banyak yang menganggap oleh-oleh sebagai bentuk perhatian dan rasa terima kasih seseorang kepada kerabat atau teman.

 

Nah kalau kamu bekerja sebagai orang yang bertugas mengenalkan pulau Lombok kepada lebih banyak orang di seluruh Indonesia maka membawa oleh-oleh juga dapat dijadikan sebagai media promosi.

 

Nantinya diharapkan oleh-oleh yang kamu bawa akan menjadi pengingat bagi orang tersebut dengan pulau Lombok atau membuat mereka ingin pergi ke pulau satu ini.

Apa Saja Manfaat Membeli Oleh-Oleh Saat Bepergian?

Manfaat membeli oleh-oleh ternyata ada loh Sob! Barang atau makanan yang kamu beli pasti akan sangat bermakna bagi diri sendiri dan orang-orang yang diberikan. Namun lebih jauh daripada itu, oleh-oleh yang kamu beli sebenarnya juga sangat membantu penduduk setempat. Kalau bingung apa maksudnya, coba perhatikan informasi berikut ini.

 

1. Menjadi Kenang-kenangan yang Indah

Membeli oleh-oleh saat bepergian dapat menjadi kenang-kenangan yang indah dan menyenangkan dari perjalanan yang dilakukan. Hadiah tersebut bisa digunakan sebagai barang yang dapat mengingatkan kita pada perjalanan yang telah dilakukan dan merupakan memori yang berharga.

 

2. Sebagai Hadiah Untuk Orang Lain

Oleh-oleh juga dapat dijadikan sebagai hadiah untuk orang lain, seperti keluarga, teman, atau rekan kerja. Hal ini dapat menjadi cara untuk menunjukkan rasa terima kasih atau perhatian kepada orang-orang yang dicintai.

 

3. Mempromosikan Tempat yang Dikunjungi

Oleh-oleh juga dapat digunakan sebagai media promosi untuk tempat yang dikunjungi. Sobat Torch bisa mengenalkan pulau Lombok kepada orang lain sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi pulau tersebut.

 

Pada akhirnya jumlah wisatawan yang meningkat akan berdampak pada pendapatan yang dihasilkan oleh masyarakat setempat.

 

4. Meningkatkan Interaksi Sosial

Membeli oleh-oleh saat bepergian dapat meningkatkan interaksi sosial dengan masyarakat setempat, karena mau tidak mau pasti kamu akan berbicara saat ingin melakukan pembelian. Hal ini dapat memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan menyenangkan dari perjalanan yang dilakukan.

 

5. Fungsi Hiburan

Membeli oleh-oleh dari tempat yang dikunjungi dapat meningkatkan kesadaran budaya kita. Oleh-oleh tersebut bisa digunakan untuk mengetahui lebih banyak tentang budaya, tradisi, dan kebiasaan dari tempat yang dikunjungi sehingga dapat meningkatkan pemahaman kamu tentang budaya lokal.

 

6. Menjadi Sumber Pendapatan Bagi Masyarakat Setempat

Oleh-oleh juga dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat setempat karena berhasil meningkatkan level perekonomian. Kemudian akhirnya taraf hidup masyarakat setempat pun akan berangsur-angsur membaik.

 

Apa Saja Oleh-Oleh Makanan Khas Lombok yang Wajib Dibeli?

Makanan khas Lombok jelas banyak, tetapi kemungkinan besar kamu akan menemukan yang serupa seperti di daerah-daerah Indonesia lainnya. Namun jangan langsung tidak dibeli atau tidak dicoba, bisa saja namanya sama tetapi proses pembuatannya berbeda. Coba cari tahu beberapa di antaranya berikut ini.

 

1. Sate Bulayak

Sate bulayak termasuk salah satu jenis sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibentuk seperti bulir-bulir kecil dan diolah dengan bumbu khas Lombok. Bumbu yang digunakan dalam pembuatan sate bulayak antara lain kelapa parut, bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah, dan rempah-rempah lainnya.

 

2. Tuak

Tuak adalah jenis minuman keras yang dihasilkan dari fermentasi nira atau sari buah-buahan seperti nangka atau kelapa. Tuak yang dihasilkan dari Lombok terkenal karena rasan dan kualitas yang baik.

 

Tuak Lombok dihasilkan dari fermentasi nira kelapa yang diperoleh dari kelapa yang diperoleh di wilayah Lombok. Tuak ini dijual di beberapa tempat di Lombok dan dijual sebagai oleh-oleh khas Lombok.

 

3. Susu Kuda Liar Lombok

Susu kuda liar adalah jenis susu yang dihasilkan dari kuda liar yang hidup di wilayah Lombok. Susu kuda liar ini dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan tulang.

 

4. Manisan Rumput Laut Lombok

Manisan rumput laut lombok merupakan jenis oleh-oleh yang terbuat dari rumput laut yang diolah dengan gula dan bahan-bahan lainnya. Rumput laut yang digunakan adalah rumput laut yang ditemukan di wilayah Lombok. Manisan rumput laut ini memiliki rasa yang manis dan unik, serta dipercayai memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

 

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang di produksi di Lombok memiliki rasa yang khas dan digunakan dalam banyak masakan khas Lombok seperti sate bulayak dan rembige. Jeruk nipis ini dijual di beberapa tempat di Lombok dan dijual sebagai oleh-oleh khas Lombok.

 

Apa Saja Oleh-Oleh Barang Khas Lombok yang Unik?

Kalau makanan sudah, selanjutnya kamu perlu tahu apa saja barang yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Lombok. Cari tahu informasinya di bawah ini dan jangan lupa beli ya Sob!

 

1. Anyaman Bambu

Anyaman bambu termasuk salah satu kerajinan tangan masyarakat Lombok yang terbuat dari bambu yang dianyam menjadi berbagai bentuk. Anyaman bambu ini dapat ditemukan di beberapa tempat di Lombok dan dijual sebagai oleh-oleh khas Lombok.

 

2. Songket Lombok

Siapa yang tidak kenal dengan songket Lombok? Jenis tenunan tradisional ini terbuat dari benang sutra yang ditenun dengan cara manual. Songket Lombok memiliki motif yang khas dan dipercayai memiliki nilai seni yang tinggi. Harganya memang terbilang tinggi tetapi jika kamu punya budget lebih, tidak ada salahnya untuk menjadikan songket Lombok sebagai oleh-oleh.

 

3. Keramik Lombok

Keramik lombok adalah kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk dan dibakar menjadi berbagai bentuk. Keramik Lombok berbeda dengan daerah lainnya karena memiliki motif yang khas dengan nilai seni yang juga tinggi.

 

4. Uang Kepeng

Uang Kepeng adalah jenis uang kuno yang digunakan di wilayah Lombok. Uang Kepeng ini dapat ditemukan di beberapa tempat di Lombok dan dijual sebagai oleh-oleh khas Lombok.

 

5. Wayang Lombok

Bukan cuma Jawa yang punya wayang, tetapi Lombok juga punya. Wayang Lombok adalah jenis wayang yang digunakan dalam pertunjukan tradisional di wilayah Lombok.

 

Wayang Lombok memiliki bentuk yang unik dan lebih besar dibandingkan dengan wayang lain di berbagai daerah di Indonesia. Warna dan ceritanya jelas berbeda juga sehingga kamu bisa menjadikan wayang sebagai salah satu oleh-oleh yang khas.

 

Secara keseluruhan, Lombok memiliki beragam oleh-oleh khas yang dapat ditemukan dan dibeli saat bepergian ke sana. Mulai dari oleh-oleh makanan seperti tuak, susu kuda liar, dan manisan rumput laut, hingga oleh-oleh barang seperti anyaman bambu, songket, keramik, uang kepeng, dan wayang yang unik.

 

Oleh-oleh ini merupakan simbol budaya dan kreativitas masyarakat Lombok. Membeli beragam hal khas Lombok tidak hanya sebagai kenang-kenangan saat bepergian, namun juga dapat mendukung ekonomi lokal dan menjaga keberlangsungan tradisi dan budaya di Lombok. Jadi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Lombok saat bepergian ke sana!

 

But first thing first, pastikan Sobat Torch sudah siap dengan semua barang bawaan dan tas yang akan digunakan ketika pergi ke Lombok. Kalau kamu belum punya tas terbaik, Torch punya beberapa rekomendasi backpack nih, yaitu Takahagi 40 Liter dan Kanzaki 30 Liter.

 

Keduanya terbuat dari bahan Duralite Nylon terbaik yang terbukti 2x lebih kuat serta 30% lebih ringan. Kompartemennya yang banyak akan memudahkan kamu dalam mengorganisasikan setiap barang yang ingin dibawa.

 

Terdapat fitur ritsleting juga di Takahagi yang bisa dibuka 270° sehingga memasukkan atau mengeluarkan barang jadi makin mudah. Tunggu apalagi? Kunjungi official store Torch sekarang dan dapatkan tas impianmu!

Back to blog

Leave a comment