WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

14 Perlengkapan yang Harus Dimiliki Ketika Camping


trekking adalah

Memastikan seluruh perlengkapan camping sudah dibawa adalah hal paling penting. Tentu Sobat Torch tidak boleh lupa membawa tenda atau sleeping bag, bukan? Perlengkapan pokok tersebut sudah pasti harus dibawa supaya Sobat Torch bisa beristirahat ketika hari sudah gelap.


Jika Sobat Torch baru pertama kali melakukan camping, coba periksa apakah semua barang kebutuhan sudah ada atau belum. Pastikan tidak ada yang tertinggal supaya perjalanan camping jadi menyenangkan. 


Apa itu Perlengkapan Camping?


Perlengkapan camping adalah semua barang yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan bertenda. Terlepas dari tempat camping yang dipilih, sangat penting untuk membawa semua peralatan yang dibutuhkan.


Hal ini merupakan kewajiban khususnya kamu yang berencana melakukan camping di alam terbuka. Kamu tentu tidak bisa mengambil barang yang ketinggalan di rumah dengan mudah. Butuh waktu berjam-jam untuk turun bukit atau gunung, melakukan perjalanan ke rumah, lalu kembali naik ke tempat camping.


Bayangkan berapa banyak tenaga yang harus dikeluarkan hanya demi mengambil barang yang tertinggal. Kamu jadi tidak bisa menikmati pemandangan atau ketenangan ketika camping. Oleh karena itu semua peralatan camping harus dibawa supaya kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar.


Mengapa Perlengkapan Camping Itu Penting?


Perlengkapan camping menjadi penting karena kamu membutuhkannya untuk istirahat, makan, berteduh, ataupun berganti pakaian ketika kebasahan dan sudah kotor setelah perjalanan jauh. Tanpanya kamu bisa kebasahan saat hujan serta kelaparan karena perjalanan jauh yang ditempuh dalam waktu yang lama.


Bukan tidak mungkin akhirnya kamu pingsan di tengah jalan. Jangan sampai keadaan berbahaya seperti ini terjadi ketika kamu pergi camping. Selain membahayakan diri sendiri, orang lain yang ikut bersama pun jadi kesulitan untuk mencapai tempat camping. 


Apa Saja Jenis Perlengkapan Camping yang Harus Dimiliki?


Nah supaya tidak ada barang yang tertinggal, coba perhatikan daftar barang yang harus kamu bawa berikut ini.


1. Alat-Alat Membangun Tenda


Perlengkapan paling utama yang harus ada ialah tenda. Peralatan membangun tenda juga berbeda-beda tergantung jenis yang kamu beli. Jika jenis tenda yang ada tinggal dilipat serta disusun maka kamu tidak perlu membawa palu, tongkat, dan tali. Intinya sesuaikan alat-alat yang dibawa dengan kebutuhan agar tidak ada yang tertinggal.


2. Sleeping Bag


Tenda saja belum cukup untuk membuat tempat istirahat yang nyaman. Seluruh tubuh bisa sakit jika kamu langsung tidur begitu saja. Bawalah sleeping bag atau matras tambahan untuk menjadi alas tidur yang empuk. Selain itu sleeping bag juga berguna untuk memberikanmu kehangatan dari udara malam yang dingin.


3. Peralatan Masak Khusus Camping


Bawa juga peralatan memasak yang memang sudah dirancang khusus untuk camping. Jangan bawa peralatan memasak di rumah seperti panci dan piring yang cukup besar. Nanti beban yang harus dipikul makin berat. Biasanya peralatan memasak khusus berbentuk kecil dan bisa dilipat sedemikian rupa untuk menghemat ruang serta mengurangi beban.


4. Korek Api


Korek api adalah sumber energi panas yang kamu butuhkan setelah matahari terbenam. Akan sulit untuk membuat api dari awal tanpa adanya korek atau pemantik yang sudah digunakan sehari-hari. Jadi jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam tas camping.


5. Senter


Biasanya lampu penerangan jalan tidak terpasang di alam terbuka. Setiap orang harus membawa senter atau headlamp masing-masing supaya bisa bergerak dengan aman pada malam hari.


6. Baterai Cadangan


Ini juga tidak kalah penting yaitu membawa baterai cadangan untuk senter. Jika kamu berencana untuk melakukan camping dalam waktu yang lama maka bawa beberapa baterai sekaligus agar senter tetap menyala.


Selain untuk senter bawa juga baterai untuk smartphone alias power bank. Smartphone sangat penting untuk bisa berkomunikasi serta mencari informasi yang dibutuhkan selama camping. Oleh karena itu jangan lupa bawa power bank yang tentunya sudah terisi penuh. 


7. Jaket Khusus Hujan dan Pakaian Lainnya


Jaket khusus hujan berguna untuk melindungi kamu dari hujan ketika sedang bergerak menuju tempat camping. Perjalanan jadi tetap bisa dilakukan tanpa harus berhenti menunggu hujan reda. Bawa juga pakaian lainnya untuk baju ganti kotor atau ketika beristirahat di tenda.


8. Sepatu, Kaus Kaki, dan Sendal


Alas kaki untuk camping sudah pasti tidak boleh ketinggalan. Kamu memerlukan sepatu untuk menanjak gunung atau bukit dan kaus kaki sebagai pelindung tambahan. Bawa juga sendal jepit yang akan digunakan setelah sampai di tempat camping supaya tidak ribet menggunakan sepatu.


9. P3K


Obat-obatan tidak boleh sampai terlewatkan. Ketika berada di alam terbuka maka kamu tidak bisa membeli obat saat sakit. Kamu juga tidak bisa mengandalkan teman-teman seperjalanan. Kamu bertanggung jawab penuh atas diri sendiri sehingga pastikan obat-obatan utama sudah ada di tas.


10. Tisu Basah dan Kering


Di alam terbuka atau tempat camping tidak ada kain lap seperti saat berada di rumah. Meski demikian bukan berarti kotoran dan sampah di sekitar bisa kamu biarkan begitu saja. Kamu dan teman-teman bertanggung jawab menjaga lingkungan tetap bersih seperti sediakala.


11. Trash Bag


Masih seputar menjaga kebersihan, kamu perlu membawa trash bag atau plastik sampah sendiri. Jadi ketika ada bungkus makanan atau tisu kotor maka kamu bisa langsung menampungnya di plastik tersebut.


12. Bahan Makanan


Mustahil camping berhari-hari tanpa makanan. Kamu tentu membutuhkan makanan untuk bisa kembali bertenaga membangun tenda, berjalan kaki, menanjak, dan mengerjakan hal lainnya. Bawa makanan siap jadi yang mudah dibuat seperti minuman saset dan mi instan.


13. Air Minum


Jika ada makanan sudah jelas harus ada minuman. Maksudnya ialah air putih untuk membantu kamu tetap terhidrasi selama perjalanan dan camping. Tubuhmu mengeluarkan cairan yang harus segera diisi agar seluruh metabolisme tubuh bisa bekerja. Bahkan hampir seluruh organ tubuh kamu membutuhkan air untuk bisa bekerja dengan baik.


14. Tas Berkualitas Berkapasitas Besar


Last but not least, kamu memerlukan tas berkualitas berkapasitas besar yang mampu memuat seluruh peralatan camping. Pastikan kamu memilih tas dengan bahan material yang kuat supaya tidak mudah robek atau rusak di tengah jalan. Pilih juga tas dengan banyak kompartemen yang gampang diakses.


Lalu periksa apakah ada fitur untuk kenyamanan seperti padding di bagian strap dan sirkulasi udara di belakangnya. Seluruh fitur penting yang sudah disebutkan tersebut sebenarnya ada dalam produk Torch.


Contohnya seperti tas Fujisawa yang tidak hanya berkapasitas besar yakni 45+3 L tetapi juga memiliki semua yang kamu butuhkan. Bahan tasnya kokoh terbuat dari Duralite Nylon yang sudah terbukti 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.


Fujisawa juga sudah dilengkapi dengan Torch Airbender System supaya punggung tidak panas saat beraktivitas. Kamu bisa langsung pesan tas Fujisawa hanya di official store Torch sekarang! 

Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan

Cari