BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Round Trip: Pengertian, Perbedaan, dan Cara Melakukannya Agar Tetap Hemat


round trip adalah

Melakukan traveling ke berbagai tempat di Indonesia maupun luar negeri sudah pasti menyenangkan. Supaya perjalanan lebih puas biasanya orang-orang melakukan round trip. Round trip adalah perjalanan yang dilakukan ke satu atau lebih tempat kemudian kembali pulang.


Melakukan round trip sering menjadi pilihan karena memiliki banyak keuntungan untuk para traveler. Terlepas dari transportasi yang mereka gunakan, perjalanan berkeliling menikmati berbagai kebudayaan lokal pasti sangat menyenangkan.


Namun istilah round trip sering membuat traveler pemula kebingungan. Tidak jarang juga round trip dikaitkan dengan sistem pembelian tiket transportasi. Sobat Torch pasti penasaran arti dari round trip yang sesungguhnya, bukan?


Itu sebabnya pada artikel kali ini Torch akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh tentang arti dan cara melakukan round trip. Kemudian nantinya Sobat Torch juga akan diajak melihat perbedaan antara round trip dengan road trip.


Pasalnya kedua istilah tersebut juga dianggap memiliki arti yang serupa. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari mulai pembahasannya sekarang!


Apa Itu Round Trip?


Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat, round trip adalah perjalanan yang dilakukan ke berbagai tempat tertentu kemudian kembali pulang. Sebenarnya kamu bisa memahaminya secara lebih mudah dengan mengartikan kata tersebut ke dalam Bahasa Indonesia.


Round trip yang berasal dari Bahasa Inggris ini memiliki arti perjalanan pulang pergi. Itu berarti ke mana pun kamu pergi untuk berlibur pada akhirnya akan kembali pulang ke tempat asal yaitu rumah.


Apa pun transportasi yang digunakan untuk melakukan round trip tidak menjadi masalah asalkan pada akhirnya kamu kembali ke tempat awal. Lalu apa hubungannya dengan sistem pembelian tiket transportasi?


Sistem pembelian tiket round trip juga memiliki arti serupa yaitu langsung membeli tiket untuk pulang dan pergi secara bersamaan. Biasanya penyedia jasa transportasi menerapkan sistem satu ini untuk menarik perhatian para traveler karena harganya dibuat jauh lebih terjangkau.


Penggunaan sistem tiket round trip akan dilakukan apabila para penyedia jasa melihat penurunan minat masyarakat untuk bepergian, entah karena harganya yang sedang mahal atau akibat pandemi seperti COVID-19 yang terjadi sejak tahun 2020. 


Apa Perbedaan Round Trip dengan Road Trip?


Jika round trip adalah perjalanan pergi ke suatu tempat kemudian kembali lagi, maka bagaimana dengan road trip? Apakah keduanya sama? Tentu tidak Sob! Meski cara penulisannya hampir sama, keduanya memiliki arti yang berbeda.


Road trip diartikan sebagai perjalanan yang dilakukan dengan menggunakan transportasi darat untuk jangka waktu yang cukup panjang. Sebagai contoh Anda melakukan perjalanan bersama teman-teman dari Jakarta ke Malang dengan menggunakan mobil selama 10 hari.


Nah perjalanan seperti inilah yang disebut dengan road trip. Namun sebenarnya round trip juga bisa disebut road trip dan sebaliknya dengan 2 syarat yaitu:


  1. Pergi ke tempat tertentu dan kembali pulang.
  2. Melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat.


Kalau dari contoh perjalanan Jakarta-Malang tadi, maka kamu tidak boleh tinggal di kota Malang selamanya. Setelah menghabiskan waktu 10 hari di Malang, kamu harus kembali pulang ke Jakarta.

Apa yang Harus Dipersiapkan Untuk Melakukan Round Trip?


Persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan round trip sebenarnya sama saja dengan perjalanan traveling lainnya. Tentunya harus ada perencanaan yang matang, menyiapkan seluruh barang bawaan, dan yang tidak boleh terlewatkan ialah mempersiapkan uang. Secara lebih lengkap, berikut beberapa hal lainnya yang harus disiapkan.

1. Cari Tahu Semua Destinasi Wisata yang Ingin Dituju


Pertama-tama tentu kamu harus tahu apa saja yang bisa dikunjungi di tempat yang dituju. Sebagai contoh, andaikan bahwa kamu berencana untuk melakukan traveling ke Australia. Kalau begitu coba cari apa saja daya tarik wisata yang biasanya banyak diminati.


Cari tahu semua aktivitas seru yang ingin kamu lakukan selama berlibur. Tidak terbatas untuk tempat wisata dan aktivitas hiburan saja, kamu juga bisa mencari berbagai tempat makan lezat atau toko oleh-oleh.


Intinya lakukan survei untuk semua destinasi yang ada di Australia. Kumpulkan saja sebanyak-banyaknya lalu di akhir kamu bisa mulai memilih tempat-tempat penting yang ingin dikunjungi.


2. Periksa Tiket Transportasi


Jangan lupa untuk memeriksa tiket transportasi yang bisa dipilih. Kalau destinasi utamanya negara Australia maka coba periksa berapa harga tiket pesawat. Bandingkan dengan beberapa maskapai penerbangan supaya kamu bisa menemukan transportasi dengan layanan dan harga terbaik.


Tidak berhenti di sana, cari juga berbagai transportasi yang bisa digunakan saat berada di Australia. Contohnya seperti tiket bus, kereta api, kapal feri, taksi, dan tram. 

3. Membuat Daftar Barang Bawaan


Barang bawaan tentu tidak boleh sampai terlewatkan. Sebelum memulai packing, Anda bisa membuat daftar barang apa saja yang perlu dibawa. Anda bisa membedakannya menjadi barang-barang prioritas serta non-prioritas.


Gunanya untuk memastikan bahwa barang yang akan dibawa benar-benar yang paling penting dan tidak berlebihan. Atau setidaknya tidak melewati kapasitas bagasi dari transportasi yang dipilih.


4. Pastikan Pekerjaan Sudah Selesai


Nah rasanya ini dia yang paling penting sebelum kamu pergi traveling yaitu memastikan bahwa semua pekerjaan telah selesai. Jangan sampai kamu masih harus berurusan dengan berbagai pekerjaan selama berlibur.


5. Pilih Tas yang Digunakan


Last but not least, pilihlah tas yang paling tepat untuk menemani kamu bepergian. Coba pertimbangkan jenis tas seperti apa yang paling mudah diakses atau fleksibel untuk digunakan. Jika Anda memilih untuk membawa backpack agar memudahkan mobilitas ketika traveling maka tas dari Torch bisa dipilih.


Kualitas bahan dari Torch tidak perlu dipertanyakan lagi karena sudah pasti yang terbaik. Ada dua jenis bahan utama yang digunakan oleh Torch yaitu Duralite Nylon dan Poly-Elable Beberapa contohnya seperti Shiroi Foldable Bag yang cocok untuk traveling singkat dan Kanzaki 30 Liter untuk perjalanan cukup panjang. 



Bagaimana Cara Melakukan Round Trip?


Tidak ada cara khusus dalam melakukan round trip. Sama seperti perjalanan berlibur atau traveling lainnya, kamu hanya perlu mempersiapkan semuanya sebaik mungkin agar perjalanan tidak terhambat di tengah jalan. Untuk mengingatkan kamu, coba cek beberapa poin berikut ini.


1. Lakukan Persiapan Matang


Pastikan kamu sudah melakukan persiapan dengan matang. Lakukan beberapa persiapan yang sudah disebutkan di poin sebelumnya agar tidak ada barang ataupun dokumen yang tertinggal.


2. Buat Itinerary Detail


Catat semua tujuan destinasi beserta seluruh transportasi dan biaya yang perlu dibayarkan. Buat itinerary yang detail karena nantinya rencana tersebut akan menjadi pemandu ketika traveling.


3. Buat Perhitungan Total


Buat juga perhitungan kasar untuk semua tiket wisata, makan, transportasi, dan tempat penginapan. Anggarkan semua hal yang ingin dilakukan agar kamu jadi tahu berapa perkiraan jumlah dana yang harus disiapkan.


4. Lakukan Booking Tiket Transportasi dan Destinasi yang Dituju


Jangan lupa untuk booking tiket masuk wisata dan transportasi supaya tidak pusing lagi ketika sudah berlibur. Seperti arti dari round trip itu sendiri, pastikan kamu sudah memesan tiket transportasi pulang sekaligus.


Nah itu dia Sob arti dari round trip. Sekarang kamu jadi lebih paham, bukan? Round trip adalah kegiatan traveling yang Sobat Torch lakukan dengan kembali pulang ke tempat awal. Jadi pastikan tiket pulang sudah dibeli agar kamu bisa kembali ke rumah.


Yuk mulai persiapkan semua kebutuhan traveling dari itinerary, list barang bawaan, tiket, dan tentunya tas. Sudah punya tas keren berkualitas belum Sob? Kalau belum langsung saja kunjungi official store Torch dan cari tas sesuai kebutuhanmu! Jadikan tas Torch #SolusiKeren untuk traveling yang menyenangkan dan bagikan pengalamanmu bersama kami! 

Model Tas Ransel: Bagaimana Cara Memilihnya?
Bagaimana Cara Memilih Model Tas Ransel yang Cocok untuk Berbagai Kebutuhan?
4 Cara Pakai Waist Bag untuk Beragam Style dan Kebutuhan
4 Cara Pakai Waist Bag untuk Beragam Style dan Kebutuhan
5 Rekomendasi Waist Bag Pria untuk Berbagai Acara
5 Rekomendasi Waist Bag Pria untuk Berbagai Acara

Cari