BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Tempat Ngecamp: Bagaimana Cara Menentukan Lokasi yang Tepat?

4 Cara Menentukan Tempat Ngecamp yang Strategis


tempat ngecamp

Camping atau kebanyakan orang menyebutnya ngecamp, merupakan aktivitas luar ruangan yang tepat untuk refreshing di akhir pekan. Setelah berkutat dengan berbagai pekerjaan selama lima hari kerja, Sobat Torch dapat memilih tempat ngecamp dengan konsep menyatu dengan alam.


Di tempat camp tersebut, kamu bisa merasakan suasana alam yang sejuk, asri, nyaman, dan jauh dari kebisingan. Jadi, agenda camping kali ini bukan cuma tentang refreshing, tetapi juga healing. Nah, supaya agenda camping kamu memberikan kenyamanan maksimal, ikuti tips menentukan tempat camp strategis di bawah ini ya Sob. 

Bagaimana Cara Menentukan Tempat Ngecamp yang Strategis?


Untuk mendapatkan pengalaman camping yang mengesankan, penting untuk menentukan tempat camp yang tepat dan strategis. Mulai dari menentukan kontur tanah yang datar, hingga dekat dengan sumber air. Kalau begitu, mari simak cara menentukan tempat camp yang strategis di bawah ini.


1. Pembelajaran


Pastikan memilih lokasi camping dengan kontur tanah yang datar dan rata. Sebisa mungkin hindari tanah yang miring, karena kamu akan kesulitan mendirikan tenda. Juga, waktu tidur kamu akan terganggu akibat posisi tidur yang bergeser ke bawah.


Tidak hanya itu, pilih tanah yang kering dan tidak lembap, serta jauhi tanah yang berkerikil dan bergelombang karena akar tanaman. Intinya, pilih permukaan tanah yang memberikan kenyamanan saat kamu tidur di dalam tenda.


2. Dekat dengan Sumber Air Bersih


Sumber air bersih di tempat camp biasanya berupa sungai, danau, dan air terjun. Air bersih diperlukan untuk berbagai kebutuhan, seperti memasak, mencuci muka, menyikat gigi, hingga mandi jika memungkinkan.


Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pilih tempat camp yang dekat dengan sumber air bersih. Namun, sebaiknya Sobat Torch mengecek kembali area tersebut, apakah biasa digunakan hewan liar untuk minum atau tidak, supaya lebih aman. 


3. Jauh dari Bahaya Hewan Liar


Saat membangun tenda, coba lihat lokasi sekeliling untuk memastikan area tersebut jauh dari bahaya hewan liar. Sobat Torch dapat mengecek jalur binatang buas di lokasi tersebut. Selain itu, pastikan area tendamu terhindar dari sarang serangga seperti tawon, lebah, semut, ulat bulu, dan berbagai serangga lainnya.


4. Memiliki Privasi yang Cukup


Sebagian orang menyukai suasana yang ramai saat camping, tetapi kalau tujuan kamu adalah healing dan refreshing tanpa diganggu pihak lain, ambil jarak yang cukup dengan lokasi camping kelompok lain. Terlalu dekat mungkin bisa membuat kamu terasa awkward dan tidak nyaman.


Apa Saja Daftar Perlengkapan yang Perlu Dibawa Saat Camping?


Bagaimana, sudah tahu cara menentukan tempat camping yang strategis? Jika sudah, kini saatnya mengetahui daftar perlengkapan apa saja yang perlu dibawa saat camping pada uraian di bawah ini.


1. Tenda Camping


Perlengkapan yang satu ini tentu tidak boleh ketinggalan saat kamu hendak ngecamp. Bawa tenda camping dengan perlengkapan yang super lengkap, yaitu terdiri dari frame dan pasak. Pilih tenda yang cukup luas supaya kamu bisa menyimpan barang bawaan dengan aman.


2. Sleeping Bag


Jangan lupa membawa sleeping bag, supaya kamu bisa tidur dengan nyaman. Terbuat dari bahan yang hangat, sleeping bag membuat para pendaki dapat tidur dan bertahan dalam suhu yang dingin.


3. Perlengkapan Memasak


Untuk memasak logistik atau bahan makanan, maka kamu harus membawa perlengkapan masak. Mulai dari kompor, gas, ketel, tempat untuk menanak nasi, hingga peralatan makan seperti piring dan sendok.


4. Pisau Serbaguna, Korek Api, dan Headlamp


Selama perjalanan menemani kamu ke berbagai tempat, tour guide dapat menjadi teman perjalanan yang ramah dan bersahabat. Hal ini khususnya akan sangat terasa bagi kamu yang pergi sendirian tanpa rekan perjalanan.


5. P3K dan Survival Kit


Penting untuk membawa obat-obatan pribadi saat camping, karena obat-obatan milik orang lain belum tentu cocok dengan kondisi tubuh kamu. Survival kit juga tidak kalah penting untuk dibawa saat camping, guna mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi, seperti banjir dan bencana alam.


 


Di Mana Saja Rekomendasi Tempat Ngecamp di Indonesia?


Terdapat banyak tempat ngecamp di Indonesia yang unik dan menarik yang bisa Sobat Torch kunjungi. Di tempat camping ini, kamu bisa menghirup udara segar langsung dari alam. So, cocok banget buat refreshing. Berikut rekomendasi tempat camping tersebut.


1. Ranca Upas


Ranca Upas yang berlokasi di Ciwidey ini termasuk salah satu tempat camp yang tidak boleh dilewatkan. Tempat wisata yang disebut Kampung Cai ini menawarkan bumi perkemahan dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan.


Sobat Torch yang suka dengan keheningan bisa coba ngecamp di sini. Suhu udaranya berkisar antara 17 - 20 derajat celcius dengan posisi ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Selain berkemah, kamu bisa mengunjungi objek wisata penangkaran rusa.


2. Bedengan


Jika Sobat Torch berniat ngecamp di daerah Jawa Timur, kamu bisa camping di Bedengan. Berlokasi di Dusun Selorejo, jaraknya sekitar 25 meter ke arah Barat dari Kota Malang. Pecinta alam pasti akan dibuat terpesona dengan keindahan alam yang ditawarkan bukit Bedengan.


Tempatnya masih alami serta banyak pepohonan rindang yang tumbuh tinggi. Tidak jauh dari area perkemahan, terdapat sungai dengan air yang sangat jernih. Katanya, aliran sungai tersebut berasal dari air terjun Brues di lokasi terpencil.


Fasilitas di Bedengan cukup lengkap. Ada mushola, kamar mandi, dan tempat khusus untuk mendirikan tenda. Menariknya, selain ngecamp, Sobat Torch bisa menikmati wisata petik jeruk khas Bedengan lho!


3. Waduk Sermo


Mencari spot menarik untuk ngecamp di daerah Yogyakarta? Sobat Torch bisa datang ke Waduk Sermo yang menawarkan panorama alam perbukitan Menoreh yang sangat memukau. Letak waduk ini berada di antara dua bukit yang eksotis serta dikelilingi hutan hijau yang sangat menyejukkan. Untuk menikmati keindahan alam tempat ini, Sobat Torch hanya perlu mengeluarkan dana Rp10.000 saja.


4. Puncak Aher Sukabumi


Ngecamp di tempat ini akan memberikan pengalaman yang cukup berbeda dan berkesan. Sebab, kamu akan melihat pemandangan pantai pada pagi dan malam hari dengan jelas. Di pagi hari, kamu bisa menikmati keindahan pantai yang masih tertutup dengan kabut secara alami.


Sementara itu, pada malam hari, kamu akan menikmati keindahan hamparan cahaya lampu dari rumah-rumah warga di pesisir pantai. Kapan lagi bisa ngecamp sambil menikmati keindahan pantai? Hanya di Puncak Aher kamu bisa menikmatinya.


Bagaimana, sudah menentukan pilihan akan ngecamp di mana? Tempat ngecamp mana pun yang akhirnya akan kamu pilih, jangan lupa siapkan berbagai perlengkapannya ya Sob.


Nah, sebaiknya pilih tas ransel yang efisien untuk menemani kegiatan camping kamu. Kumano Foldable Bag 19 + 2 Liter hadir sebagai backpack unik yang bisa dilipat serta muat berbagai perlengkapan camping kamu.


Dilengkapi juga dengan quick access dua slot di bagian depan yang memudahkan Sobat Torch mengambil berbagai perlengkapan camp dengan cepat. Tas dari Torch ini sudah pasti tahan air ya Sob. So, tunggu apalagi? Miliki tas Kumano sekarang juga dengan memesannya melalui official website Torch ya!

Cari