WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Apa itu Tenda Dome dan Bagaimana Cara Memasang Tenda Dome?


tenda dome adalah

Apakah Sobat Torch hendak liburan dalam waktu dekat? Jika iya, hiking atau camping bisa menjadi pilihan. Supaya agenda liburan kamu aman dan nyaman, maka kamu perlu mengenali jenis-jenis tenda yang cocok dengan kontur tempat kamu berkemah. Salah satu tenda yang direkomendasikan yaitu tenda dome. Bagaimana cara memasang tenda dome yang baik dan benar? Simak cara-caranya di bawah ini ya Sob.


Apa Itu Tenda Dome?


Tenda dome adalah jenis tenda yang khas dengan masing-masing tiang penyangga yang berbentuk melengkung. Pada tiang penyangga tersebut terdapat dua atau tiga kutub tiang yang membujur setengah lingkaran untuk menyangga.


Jenis tenda ini cukup mudah dan cepat didirikan, termasuk di area pegunungan. Oleh sebab itu, tenda dome sangat untuk kamu yang masih pemula dalam mendirikan tenda. Salah satu keunggulan tenda dome yaitu bahan dan bebannya ringan, jadi mudah dibawa ke mana-mana.


Selain itu, tenda dome dilengkapi dengan alas bagian luar, sehingga aman saat turun hujan dan sangat nyaman saat digunakan untuk tidur. Maka dari itu, tenda dome ini direkomendasikan bagi Sobat Torch yang hendak berkemah dalam waktu dekat ini.


Bagaimana Cara Memilih Tenda Dome yang Baik?


Supaya kegiatan berkemah kamu makin aman, nyaman, dan lancar, maka kamu perlu memilih tenda dome yang tepat. Apalagi Sobat Torch masih pemula dalam kegiatan berkemah. Bagaimana caranya? Mari simak uraian lengkap di bawah ini.


1. Bahan Tenda Tahan Air dan Udara


Sebaiknya pilih tenda yang terbuat dari bahan nilon. Bahan ini memiliki kemampuan untuk menahan air dan udara masuk ke dalam tenda. Kepadatan serat nilon dihitung dengan satuan Denier, yaitu kepadatan serat nilon per 9.000 meter kain.


Nah, saat Sobat Torch hendak memilih tenda dome untuk berkemah, perhatikan ketebalan tenda dengan melihat satuannya. Biasanya tertulis seperti ini: 420D, 600D, atau 1050D. Makin besar angkanya, artinya makin kuat dan makin berat kain nilon yang digunakan pada tenda dome tersebut.


2. Ukuran Tenda


Pilih ukuran tenda dome di atas jumlah yang akan mengisi tenda. Sebagai contoh, jika tenda akan diisi dua orang, maka pilih tenda berkapasitas 3 atau 4 orang. Mengapa hal ini perlu dipertimbangkan?


Karena Sobat Torch akan membutuhkan ruang untuk menyimpan berbagai peralatan kemah, seperti tas, sepatu, alat masak, dan lain sebagainya. Jadi, lebih baik memilih tenda yang agak besar daripada kenyamanan kamu terganggu karena ruang di tenda terlalu sempit.


3. Pilih Tenda Dome yang Memiliki Flysheet


Flysheet berguna untuk menahan kondensasi di dalam tenda dan memberi perlindungan ekstra supaya suhu di dalam tenda lebih hangat. Melihat dari kegunaannya, memilih tenda dome yang dilengkapi dengan flysheet merupakan keharusan. Apalagi agenda berkemah dilakukan di area pegunungan yang cukup dingin.


4. Perhatikan Sambungan dan Jahitan Tenda


Sambungan dan jahitan tenda bagian luar perlu Sobat Torch perhatikan sebelum memutuskan membeli tenda. Sambungan tersebut wajib memiliki seal yang terbuat dari karet dan plastik supaya tenda lebih kokoh. Sedangkan jahitan tenda yang baik akan memastikan udara dingin dan air hujan tidak masuk ke dalam tenda.



Bagaimana Cara Memasang Tenda Dome?


Cara memasang tenda dome yang baik dan benar yaitu tidak mudah roboh saat angin kencang berhembus. Jadi, Sobat Torch perlu memastikan setiap tiang penyangga terpasang dengan benar. Supaya kamu memiliki gambaran bagaimana memasang tenda yang tepat, mari simak uraian lengkapnya di bawah ini.


1. Bentangkan Kain Terpal


Sebelum memasang tenda, Sobat Torch perlu membentangkan terpal di atas permukaan tanah untuk menjaga kelembapan tanah. Apalagi kamu berkemah saat musim hujan. Sebenarnya, penggunaan terpal ini tidak diwajibkan, tetapi disarankan untuk alasan keamanan dan kenyamanan.


2. Sambungkan Frame Rangka Tenda


Frame rangka tenda biasanya memiliki panjang sekitar 1,85 - 3 meter. Setiap frame tenda dome biasanya telah tersambung dengan kabel elastis. Jadi, kamu bisa memasangnya dengan lebih mudah dan cepat. Ikuti instruksi yang tertera jika kamu masih merasa bingung untuk menyambungkan frame rangka tenda tersebut.


3. Masukkan Tiang Rangka ke Dalam Selubung Luar Tenda


Setelah frame rangka tersambung, langkah selanjutnya yaitu bentangkan tenda di tempat yang dirasa nyaman. Kemudian letakkan frame tersebut di atas tenda untuk memastikan masing-masing tiang rangka yang hendak dimasukkan ke dalam selubung luar tenda telah sesuai.


Tenda dome memiliki pola rangka memanjang yang membentuk huruf X jika Sobat Torch melihatnya dari atas. Nah, jika frame rangka sudah sesuai dengan selubungnya, masukkan frame tersebut dengan hati-hati. Lakukan hal yang sama pada sisi frame yang lain.


4. Dirikan Tenda Perlahan


Pasangkan pin atau penyemat pada setiap ujung sisi bawah frame rangka supaya tenda bisa berdiri. Saat memasangkan pin, frame rangka akan mendapat tekanan dan melengkung. Lalu tenda akan terangkat dan mulai terbentuk secara perlahan.


Supaya lebih mudah, setiap orang harus berdiri pada sisi frame rangka dengan saling berhadapan. Selanjutnya, lekukan setiap tiap angka secara bersamaan sampai tenda terangkat. Tahapan ini perlu dilakukan dengan hati-hati supaya frame rangka tenda tidak patah.


5. Pasang Pasak Tenda


Setiap tenda biasanya dilengkapi dengan semacam simpai kecil atau eyelet untuk memasang pasak, supaya tenda bisa berdiri dengan kokoh. Setelah semua pasak terpasang, jangan lupa memasang flysheet tambahan untuk menjaga kelembapan di dalam tenda. Pasalnya, saat malam tiba biasanya embun atau air hujan bisa merembes ke dalam tenda.


Mudah bukan cara memasang tenda dome dengan baik dan benar? Sobat Torch bisa berlatih terlebih dahulu sebelum memasang tenda di lokasi berkemah. Untuk membawa tenda dome ke lokasi, Sobat Torch memerlukan ransel dengan space yang cukup luas seperti Fujisawa 45+3 Liter.


Backpack ini bisa memuat lebih banyak barang, namun tetap terasa ringan saat dipakai karena dilengkapi dengan airbender foam back system. Dilengkapi juga dengan rain cover untuk mencegah tertampungnya air saat hujan.


Apakah Sobat Torch membutuhkan sleeping bag untuk berkemah? Torch menyediakan Jiri Sleeping Bag yang multifungsi lantaran bisa juga dijadikan sebagai selimut. Nah, untuk mendapatkan backpack dan sleeping bag multifungsi tersebut, segera kunjungi official website Torch sekarang juga!

Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival...
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk...
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu...

Cari