BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Apa Itu Tour Guide dan Mengapa Penting untuk Memiliki Tour Guide Ketika Liburan?


tour guide adalah

Apakah Sobat ingin berlibur ke tempat yang tidak pernah dikunjungi tetapi tidak tahu ada apa saja di destinasi wisata tersebut? Sobat Torch tidak perlu khawatir, karena itu tandanya Sobat Torch memerlukan tour guide atau pemandu wisata yang akan memandu wisatawan selama perjalanan wisata di destinasi wisata tersebut.


Tour Guide adalah seseorang yang memiliki lisensi dan bertugas untuk memandu wisatawan dalam perjalanan wisata mereka. Seorang pemandu wisata atau tour guide memiliki tugas untuk memberitahukan detail mengenai tempat dan serangkaian tour serta informasi detail mengenai tempat yang dikunjungi.


Jadi sebenarnya keberadaan tour guide adalah sebuah hal yang sangat penting saat kamu tidak tahu tempat atau destinasi wisata penting yang harus Sobat Torch kunjungi. Nah, lewat artikel kali ini, Torch akan memberikan informasi menarik mengenai apa itu tour guide dan bagaimana cara menjadi seorang tour guide. Yuk mengenal lebih lanjut mengenai profesi ini!

Apa Itu Tour Guide?


Pemandu wisata atau yang juga dikenal sebagai Tour Guide adalah seseorang yang akan menuntun dan memberikan informasi mengenai suaty tempat yang akan dikunjungi oleh para wisatawan selama perjalanan wisata.


Tour guide mengacu kepada jasa yang dibayarkan para wisatawan agar mereka mendapatkan pengalaman terbaik ketika melakukan perjalanan wisata. Biasanya tour guide berasal dari penduduk lokal yang sudah mengenal dengan baik setiap tempat yang ada di dalam suatu wilayah.


Wisatawan bisa memilih apakan akan menyewa pemandu wisata untuk waktu tertentu saja atau harian, bahkan mingguan. Hal ini tentu akan bergantung kepada berapa lama waktu berlibur serta seberapa banyak pengetahuan yang kamu miliki mengenai sebuah tempat dan objek wisata yang ada di daerah tersebut. Bisa juga bergantung kepada gaya liburan masing-masing wisatawan yang tentunya berbeda-beda.


Apa Saja Tugas Seorang Pemandu Wisata atau Tour Guide?


Jika ingin dijelaskan lebih jauh, seorang tour guide memiliki beberapa tugas penting yang perlu dilakukan agar para wisatawan yang menyewa jasa mereka untuk mendapatkan kepuasan ketika sedang menjalani masa liburan. Namun, setidaknya ada 6 tugas yang diemban oleh seorang tour guide. Simak tugas-tugas seorang tour guide di bawah ini:


1. Pembelajaran


Pengetahuan yang dimiliki seorang tour guide menjadi yang paling dibutuhkan oleh wisatawan. Pemahaman yang baik dan benar mengenai masing-masing tempat akan membuat seorang tour guide dapat melakukan tugasnya dengan baik. Itu sebabnya terdapat kelas atau pelatihan profesional agar tour guide siap memberikan pelayanan terbaik.


2. Menyambut Wisatawan


Menyambut wisatawan tentu tugas penting yang tidak perlu lagi diperdebatkan. Penyambutan para wisatawan dalam atau luar negeri diperlukan agar mereka mendapatkan kesan yang baik selama liburan.


Akan lebih baik juga bagi setiap tour guide untuk terhubung dengan para wisatawan melalui perkenalan umum serta penyambutan khas daerah tersebut. Baik itu dengan kalung bunga atau welcoming tea. 


3. Mempersiapkan Materi


Materi perlu disiapkan supaya setiap wisatawan mengerti apa yang dijelaskan. Materi bisa disiapkan dalam berbagai bentuk seperti peta, brosur informasi, atau audio.


4. Memandu dan Menjelaskan Informasi


Tugas selanjutnya ialah untuk memandu sekaligus menjelaskan berbagai informasi tentang suatu tempat atau benda yang sedang dilihat. Biasanya tour guide akan mencoba mengarahkan para wisatawan sesuai urutan cerita atau sejarah yang ada agar mereka tidak kebingungan.


5. Menerjemahkan


Seorang tour guide yang baik dan profesional juga harus siap ketika diminta untuk menerjemahkan informasi ke dalam beberapa bahasa sekaligus.


Jika tidak memiliki banyak kemampuan bahasa asing maka setidaknya setiap tour guide dapat menerjemahkan ke bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa asing akan menjadi nilai tambah bagi tour guide agar dapat memandu dengan lancar. 


6. Penjadwalan


Selain berbagai tugas yang sudah disebutkan di atas, tidak sedikit juga yang mengharuskan seorang tour guide untuk dapat merencanakan liburan dari awal hingga akhir. Hal ini tergantung pada jasa yang mereka tawarkan.


Ada yang menawarkan hanya memandu ke beberapa tempat tanpa merencanakan transportasi dan penginapan. Tetapi ada juga yang menyediakan paket lengkap dari transportasi penerbangan pulang pergi, berbagai destinasi wisata, tempat makan, dan penginapan.


Berapa Kisaran Gaji Tour Guide?


Bisa dibilang gaji tour guide lokal tidak seperti yang kita bayangkan. Seorang tour guide memiliki pendapatan yang cukup tinggi dan jika kita kalkukasikan setiap bulannya, gaji tour guide lokal bisa melebihi gaji UMR beberapa kota besar di Indonesia.


Lantas berapa sebenarnya gaji soerang pemandu wisata atau tour guide lokal? Simak penjelasan mengenai kisaran gaji seorang tour guide di bawah ini.


Kisaran Gaji Tour Guide Lokal 


Perlu diketahui bahwa seorang pemandu wisata atau tour guide tidak hanya bekerja untuk memandu perjalanan wisata saja, Sobat Torch, Namun ada beberapa proyeksi karier lain yang sejalan dengan bidang pariwisata lainnya.


Tour guide adalah salah satu jenis profesi yang cukup menjanjikan dengan penawaran menarik dalam berbagai kegiatan pariwisata. Pada umyumnya, seorang pemandu wisata atau tour guide adalah orang-orang yang lulus dari jurusan pariwisata.


Meskipun begitu, saat ini latar belakang pendidikan tidak menjadi sebuah keharusan yang menjadi syarat untuk menjadi seorang tour guide. Lantas berapa kisaran gaji soerang tour guide lokal?


Bisa dibilang kisaran gaji seorang tour guide menyentuh angka yang lumayan besar. Yaitu sekitat Rp450 ribu per hari untuk seorang tour guide dengan sertifikasi dari lembaga resmi. Namun untuk seorang tour guide dengan pengalaman yang mumpuni dapat mencapai angka Rp1 juta hingga Rp5 juta untuk durasi satu hari.


Kenapa Penting Menyewa Jasa Tour Guide untuk Touring?


Sebelumnya sempat disinggung bahwa sebenarnya setiap orang bisa membuat itinerary mereka sendiri tanpa perlu menyewa jasa tour guide. Tetapi ada beberapa alasan penting mengapa kamu perlu menyewa jasa tour guide.


1. Nyaman


Menyewa tour guide memberikan kamu kenyamanan ketika berlibur. Kamu tidak perlu lagi membuat itinerary yang compact dan sempurna. Menyewa tour guide dengan paket lengkap hanya memerlukan kamu untuk duduk diam serta menikmati perjalanan.


Kamu jadi bisa menikmati seluruh perjalanan sepenuhnya tanpa harus dipusingkan dengan perencanaan apabila ada kejadian tidak terduga dari jadwal yang sudah dibuat.


2. Tidak Kebingungan Mencari Tempat


Nah ini dia permasalahan para wisatawan yang membuat perencanaan mereka sendiri. Para wisatawan pasti kebingungan memilih tempat yang harus dikunjungi. Apalagi kalau waktu berlibur sangat singkat sedangkan ada begitu banyak tempat yang harus dikunjungi.


Dijamin kamu akan kebingungan memilih tempat terbaik untuk pergi. Tetapi dengan tour guide kamu tidak perlu kebingungan dan tinggal menikmati perencanaan yang disiapkan. 

3. Tidak Kelewatan Informasi Penting


Kamu tentu bisa mencari penjelasan mengenai tempat-tempat yang dikunjungi. Tetapi tidak semuanya bisa kamu dapatkan di internet. Ada beberapa informasi penting yang hanya diketahui oleh tour guide lokal. Jadi kamu tidak akan kelewatan informasi bersejarah yang harus diketahui ketika memilih untuk menyewa tour guide.


4. Dapat Menjadi Sahabat Perjalanan


Selama perjalanan menemani kamu ke berbagai tempat, tour guide dapat menjadi teman perjalanan yang ramah dan bersahabat. Hal ini khususnya akan sangat terasa bagi kamu yang pergi sendirian tanpa rekan perjalanan.



Bagaimana Cara Menjadi Tour Guide?


Tertarik menjadi tour guide? Ada hal penting yang perlu kamu lakukan yakni belajar pendidikan terkait. Kamu perlu mengambil jurusan pariwisata serta lisensi tour guide.


1. Jurusan Pariwisata


Jurusan pariwisata sudah tersedia di berbagai perguruan tinggi ternama baik negeri maupun swasta. Melalui jurusan inilah kamu akan belajar mengenai dasar-dasar menjadi seorang tour guide yang baik. Tidak hanya soal tempat wisata tetapi cara memandu serta memberikan pelayanan terbaik melalui teori dan praktik yang disediakan oleh perguruan tinggi.


2. Lisensi Tour Guide


Tanpa adanya lisensi sebenarnya kamu bisa menjadi seorang tour guide. Namun keahlian dan profesionalitas kamu pasti akan dipertanyakan oleh berbagai pihak. Jasa yang kamu tawarkan juga bisa dinilai tidak legal oleh para wisatawan. Lisensi akan membuat kamu lebih diakui serta diminati karena sudah memiliki legalitas yang jelas.


Itu dia Sob berbagai informasi tentang tour guide yang perlu kamu ketahui. Tour guide adalah seseorang yang kamu butuhkan untuk membuat liburan menjadi sempurna dan nyaman. Berbicara soal tour guide bukankah Sobat Torch jadi ingin cepat-cepat pergi berlibur? Bagaimana kalau sekarang Sobat Torch mulai menyiapkan semua kebutuhan untuk berlibur?


Siapkan dana, destinasi, berbagai barang kebutuhan, dan tentu saja tas berkualitas. Tentu Sobat Torch tidak mau liburan yang repot harus menjinjing banyak tas atau menarik-narik koper, bukan?


Itu sebabnya tas backpack dari Torch bisa menjadi pilihan yang tepat. Terbuat dari material Duralite Nylon, tas keluaran Torch pasti 2x lebih kuat namun tetap 30% lebih ringan. Tas backpack Torch juga dilengkapi berbagai kompartemen untuk menyimpan semua barang dengan lebih rapi.


Ada rekomendasi tas backpack dari Torch yang tidak hanya memiliki kapasitas besar dan kuat tetapi juga keren untuk traveling yaitu Ishikari Backpack 20+2 Liter dan Kanzaki 30 Liter. Kamu bisa memesan tasnya langsung hanya di official website Torch. Yuk pesan sekarang sebelum kehabisan!

Model Tas Ransel: Bagaimana Cara Memilihnya?
Bagaimana Cara Memilih Model Tas Ransel yang Cocok untuk Berbagai Kebutuhan?
4 Cara Pakai Waist Bag untuk Beragam Style dan Kebutuhan
4 Cara Pakai Waist Bag untuk Beragam Style dan Kebutuhan
5 Rekomendasi Waist Bag Pria untuk Berbagai Acara
5 Rekomendasi Waist Bag Pria untuk Berbagai Acara
4 Tempat Camping di Bandung yang Asri Rekomendasi dari Torch
4 Rekomendasi Tempat Camping di Bandung dengan Suasana Asri

Cari