Waist Bag

Travel Pouch

Backpack

Light Travel Backpack

Travel Backpack

Packing Organizer

Office Totebag

Laptop Sleeve

Jacket

Celana

T-Shirt

Shirt

Outerwear

Neck Wallet

Keychain

Wallet

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

Marvel Hero VS Villain

Konfirmasi Pembayaran

Torch Story

4 Cara Membonceng Motor yang Benar untuk Perjalanan Jauh


cara membonceng motor yang benar

Kamu pasti sudah tahu kan Sob, saat ini motor menjadi alat transportasi andalan karena kepraktisannya. Terutama yang tinggal di daerah minim angkutan umum. Maka dari itu, tidak heran jika motor dijadikan sebagai alternatif untuk bepergian. Namun, jarang sekali dibahas mengenai cara membonceng motor yang benar.


Padahal baik pengendara maupun yang dibonceng sama-sama memiliki risiko jika terjadi kecelakaan. Tentunya membonceng sepeda motor tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan membutuhkan tata cara yang benar. Untuk membahas lebih lanjut terkait hal tersebut, simak terus penjelasan di bawah ini ya Sob.


Mengapa Membonceng Motor Tidak Bisa Dilakukan dengan Sembarangan?


Membonceng motor bersama teman saat hendak jalan-jalan tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, pengendara dan penumpang memiliki risiko yang sama saat berkendara. Untuk itu, sebagai pengendara motor yang baik, kamu tidak boleh sembarangan saat membonceng. Berikut ini berbagai alasannya.


1. Pengendara Harus Menjaga Keseimbangan


Saat mengendarai motor, pengendara dan penumpang harus menjaga keseimbangan dengan baik. Posisi duduk yang benar bagi penumpang yaitu menghadap kedepan, bukan kesamping. Selain itu, cara pegangan penumpang juga harus diperhatikan, karena tidak boleh memegang bracket motor bagian belakang. Karena jika memegang bracket, gerakan antara pengemudi dengan penumpang tidak akan selaras.


2. Tidak Semua yang Bisa Mengendarai Motor Mampu Membonceng


Sekarang ini sudah banyak orang yang bisa mengendarai sepeda motor sendiri. Tetapi Sob, kamu perlu ingat bahwa tidak semua orang yang bisa mengendarai motor mampu membonceng orang lain. Maka dari itu, kamu tidak boleh sembarangan membonceng ya. Pastikan terlebih dahulu kemahiran dalam mengendarainya, supaya kamu aman selama di perjalanan.


3. Dapat Melanggar Peraturan


Perlu diketahui, membonceng 3 orang pada sepeda motor telah melebihi batas kapasitas. Tindakan ini melanggar peraturan pemerintah dalam hal berkendara. Namun, masih saja ada orang yang melakukannya.


Peraturan ini ditetapkan pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 pada Pasal 106 yang berbunyi “Setiap orang yang mengemudi sepeda motor tanpa kereta samping dilarang membawa penumpang lebih dari 1 (satu) orang”. Jadi, alasan mengapa membonceng tidak bisa dilakukan sembarangan, karena sudah ada peraturannya.



Bagaimana Cara Membonceng Motor yang Benar untuk Perjalanan Jauh?


Sekarang kamu sudah paham kan Sob, mengapa membonceng motor itu tidak bisa dilakukan sembarangan? Nah, sekarang akan dibahas bagaimana cara membonceng dengan baik dan benar, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Tentu supaya kamu aman dan nyaman selama di perjalanan. Yuk simak beberapa tips cara membonceng motor yang benar di bawah ini.


1. Memakai Perlengkapan Safety Riding


Demi keselamatan bersama untuk pengendara maupun yang dibonceng, Sobat Torch harus mengenakan safety riding seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu dan mantel. Mengingat ada beberapa kejadian kecelakaan di mana penumpang mengalami cedera serius dibandingkan pengendaranya. Jadi, baik itu penumpang dan pengendara, kamu wajib menggunakan perlengkapan safety riding ini ya.


2. Tidak Ugal-ugalan dan Mematuhi Peraturan Lalu Lintas


Sudah menjadi peraturan wajib yang harus ditaati, pengendara sepeda motor harus mematuhi peraturan lalu lintas. Demi menjaga keselamatan selama berkendara, kamu juga jangan sampai ugal-ugalan di jalanan. Mematuhi peraturan lalu lintas merupakan bentuk kepatuhan kamu pada peraturan dan bertanggung jawab atas keselamatan diri sendiri.


3. Posisi Duduk Nyaman


Barang bawaan selama perjalanan ekspedisi bisa jadi sangat banyak. Bahkan ada pendaki yang membawa backpack lebih dari 10 kg. Jika posisi tubuh kamu salah selama mendaki, maka otot tubuh akan mudah kaku, sakit, dan lelah.


Upayakan Sobat Torch mendaki dengan posisi tubuh tegak, karena posisi ini membuat center of gravity berada pada punggung dan pinggang. Kedua rangka tubuh ini sangat kuat untuk menerima beban, dengan begitu keseimbangan tubuh pun akan tetap terjaga.


4. Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang


Terkadang perjalanan jauh membutuhkan banyak barang. Namun, saat Sobat Torch membonceng motor tidak disarankan membawa banyak barang bawaan ya Sob. Kamu sebaiknya membawa barang yang paling dibutuhkan, karena ketika membawa barang terlalu banyak, maka kamu akan lebih cepat lelah. Terlebih jika kamu menggendong sendiri tas yang penuh barang bawaan tersebut.


Rekomendasi Outfit untuk Berboncengan Jarak Jauh


Saat mengendarai motor dengan berboncengan untuk perjalanan jarak jauh, pastikan Sobat Torch mengenakan pakaian yang nyaman. Jangan lupa untuk memakai safety riding yang lengkap juga. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi outfit dari Torch yang bisa kamu gunakan untuk berboncengan jarak jauh dengan aman dan nyaman.


1. Jaket Jeno Running Vest- Steel Grey


1. Jaket Jeno Running Vest- Steel Grey


Meskipun penumpang sepeda motor berada di belakang, safety riding seperti jaket tetap sangat diperlukan ya Sob. Jaket Jeno Running Vest- Steel Grey dapat kamu kenakan untuk menahan angin masuk ke tubuh. Jaket ini juga bisa membantu penampilanmu makin keren dan kece.


Terbuat dari bahan polyester yang memiliki sifat tahan angin, jaket ini memiliki tekstur sangat lembut, ringan dipakai, nyaman dan anti gerah. Bukan hanya itu saja Sob, pada bagian mesh jaket ini berpori, sehingga membuat panas tubuh serta uap air dapat dilepaskan dengan cepat. Jadi, membuat keringat dalam tubuh kering dengan singkat.


Bagian vest jaket ini juga dilengkapi detail reflective di bagian dada, punggung, dan hoody. Fitur ini berfungsi untuk meningkatkan visibilitas saat beraktivitas bahkan di malam hari.


2. Backpack Capt. America (Silhouette)


2. Backpack Capt. America (Silhouette)


Melakukan perjalanan jauh dengan bermotor menuntut kamu menggunakan backpack yang efisien. Backpack Capt. America bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai barang yang diperlukan. Tampilan backpack ini juga akan membuat tampilan kamu makin keren selama berkendara.


Backpack ini didesain simpel dan dilengkapi dengan ilustrasi siluet Capt. America yang menambah tampilan tas jadi makin elegan. Backpack yang terbuat dari material polyelable ini sudah teruji lebih kuat, lentur dan tahan air.


Dilengkapi juga dengan saku di bagian depan yang bisa menyimpan barang-barang kecil yang mudah dijangkau. Terdapat pula kompartemen laptop ukuran 14 inch dan kompartemen utama yang luas dan bisa muat banyak barang bawaan. Jadi, backpack ini cocok nih dibawa perjalanan jauh oleh penumpang di belakang.


3. Waist Bag Avengers 1 (Full Power Icon)


3. Waist Bag Avengers 1 (Full Power Icon)


Sobat Torch jadi penumpang sepeda motor? Tidak mungkin juga kalau kamu menyimpan handphone atau dompet di backpack. Memakaiwaist bag edisi Avengers bisa jadi alternatif pilihan untuk menyimpan barang-barang tersebut.


Waist bag ini juga otomatis membuat penampilan kamu jadi tambah keren. Selain digunakan untuk berboncengan jarak jauh, cocok juga digunakan untuk hangout, bersepeda, hiking, dan kegiatan outdoor lainnya.


Waist bag ini terbuat dari material polyelable yang teruji lebih kuat, lentur, dan tahan air. Dilengkapi dengan quick access di bagian depan untuk menyimpan barang kecil. Serta terdapat kompartemen utama yang cukup luas. Terdapat juga saku belakang yang bisa digunakan untuk menyimpan barang berharga seperti kartu debit dan kredit. 


4. Kaus Suho Basic T-Shirt


4. Kaus Suho Basic T-Shirt


Bepergian jauh menggunakan sepeda motor membuat tubuh terpapar sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, sangat mudah untuk tubuh mengeluarkan keringat. Nah, kamu bisa menggunakan kaus Suho Basic T-shirt yang dapat membantu perjalanan kamu makin nyaman, karena keringat terserap dengan cepat.


Kaus ini berpotongan reguler yang dapat dipadukan dengan berbagai outfit, cocok digunakan sebagai atasan utama maupun sebagai dalaman. Terbuat dari TENCEL™ Modal membuat kaus ini terasa 2 kali lebih lembut dari katun biasa.


Selalu ingat ya Sob, cara membonceng motor yang benar yaitu hanya membawa 1 orang penumpang saja, terutama saat kamu melakukan perjalanan jarak jauh. Jangan lupa juga untuk menggunakan safety riding dengan lengkap supaya perjalanan kamu makin aman, nyaman, dan menyenangkan.


Ingin tampilan berkendara kamu keren dan kece? Jangan lupa juga pakai rekomendasi outfit yang telah diuraikan di atas ya Sob. Untuk mendapatkan berbagai item rekomendasi outfit tersebut, kamu bisa cek website Torch sekarang juga ya. Rasakan pengalaman mengenakan item fashion keren dan kekinian hanya bersama Torch.


7 Rekomendasi OOTD Kekinian untuk Nongkrong di Coffee Shop
7 Rekomendasi OOTD Kekininan untuk Nongkrong di Coffee Shop
7 Rekomendasi Destinasi Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi
7 Rekomendasi Destinasi Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi
7 Tips Backpacker ke Malang
7 Tips Backpacker ke Malang

Cari Apa Sob...