Road Trip: Pengertian Serta Apa Saja Keuntungan dan Persiapannya

Road Trip: Pengertian Serta Apa Saja Keuntungan dan Persiapannya

Sobat Torch yang punya hobi traveling mungkin sudah tidak asing lagi dengan road trip. Road trip adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain dengan jarak yang lumayan jauh.

 

Kegiatan ini biasanya menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil untuk menempuh jarak tersebut. Hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukan road trip? Mari simak jawabannya pada uraian lengkap di bawah ini.

 

Apa Itu Road Trip?

Bila diterjemahkan secara harfiah ke dalam Bahasa Indonesia, arti dari road trip yaitu perjalanan darat. Perjalanan ini biasanya dilakukan dengan menempuh jarak yang tidak dekat dan waktu yang tidak sebentar menggunakan kendaraan yang nyaman, seperti motor atau mobil. Tetapi, umumnya perjalanan ini dilakukan menggunakan mobil.

 

Tujuan perjalanan road trip yaitu destinasi wisata dengan jarak yang cukup jauh. Sebagai contoh, Sobat Torch tinggal di Bandung dan akan melakukan road trip ke Yogyakarta atau Surabaya. Perjalanan yang cukup panjang ini dapat dilakukan bersama teman, sahabat, maupun keluarga.

 

Saat melakukan road trip, idealnya ada dua sampai tiga orang yang bisa mengendarai mobil, supaya Sobat Torch bisa bergantian menyetir. Pasalnya, perjalanan yang dilakukan cukup panjang, sehingga akan cukup berbahaya kalau hanya satu orang yang mengendarai mobil. 

 

Apa Saja Keuntungan Melakukan Road Trip?

Road trip termasuk kegiatan yang menyenangkan, pasalnya dilakukan bersama orang-orang terdekat. Apalagi selama road trip, kamu bisa bebas menikmati berbagai destinasi wisata dan kuliner tanpa terpaku dengan jadwal dan waktu. Selain hal ini, apakah ada keuntungan lain dari melakukan road trip? Tentu saja ada, simak keuntungan lainnya pada uraian di bawah ini.

 

1. Dapat Mengeksplorasi Tempat Tanpa Batas

Salah satu keuntungan dari liburan ala road trip yaitu bisa mengeksplorasi tempat tanpa batas. Pasalnya, road trip dilakukan menggunakan kendaraan pribadi, sehingga kamu bisa berhenti di mana pun dan kapan pun. Alhasil potensi untuk mengeksplorasi beberapa tempat tanpa batas waktu pun menjadi lebih besar. Bahkan kamu bisa menjelajahi kawasan tersebut sepuasnya.

 

2. Menemukan Tempat Wisata Baru di Luar Rencana

Melakukan road trip memang harus membuat rencana perjalanan terlebih dahulu supaya lebih terarah. Tetapi, kalau kamu menemukan tempat wisata lokal di luar rencana, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya. Barangkali tempat wisata baru yang Sobat Torch temukan memberikan suasana dan semangat baru saat perjalanan.

 

3. Mencoba Banyak Kuliner

Saat melakukan perjalanan ke destinasi wisata tujuan, Sobat Torch bisa mencoba berbagai banyak kuliner dari setiap daerah yang dilewati. Bahkan kamu bisa memasukkan rencana ini ke dalam itinerary.

 

Keuntungan mencoba banyak kuliner dari berbagai daerah ini tidak bisa didapatkan kalau Sobat Torch liburan menggunakan transportasi umum. Jadi, manfaatkan kesempatan road trip ini untuk wisata kuliner juga ya Sob.

 

4. Menghabiskan Waktu Bersama Teman Perjalanan

Road trip bisa menjadi sarana quality time bersama teman perjalanan, baik itu sahabat maupun keluarga. Pada hari biasa mungkin mereka terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-harinya, sehingga tidak memiliki waktu bersama untuk sekedar bertemu dan saling bercerita.

 

Selama perjalanan, Sobat Torch bisa menghabiskan waktu bersama dengan berfoto dan makan bersama. Meski kegiatannya terlihat sederhana, tetapi setidaknya waktu yang digunakan sangat berharga dan akan menjadi kenangan di masa tua.

 

5. Bebas dan Fleksibel

Keuntungan lain dari melakukan road trip yaitu lebih bebas dan fleksibel. Sebagai contoh, jika Sobat Torch liburan menggunakan transportasi umum, maka terikat dengan jadwal keberangkatan yang telah ditentukan. Kemudian, kamu tidak bisa berhenti di tengah perjalanan untuk menikmati suasana maupun menikmati kuliner bersama.

 

Apa Saja Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Road Trip?

Road trip adalah perjalanan yang panjang, sehingga rencana kegiatan ini harus dipersiapkan dengan matang. Nah, hal apa saja yang kiranya perlu Sobat Torch persiapakan? Mari simak uraian lengkapnya di bawah ini.

 

1. Cek Kondisi Kendaraan

Penting sekali mengecek kondisi kendaraan sebelum melakukan road trip, tentunya supaya perjalanan yang dilakukan aman dan nyaman. Sobat Torch dapat melakukan pengecekan pada beberapa indikator kendaraan, seperti ketersediaan bensin, kondisi oli, radiator, ban, dan lain sebagainya. Bila perlu lakukan servis kendaraan terlebih dahulu supaya lebih aman.

 

2. Memilih Rute dan Menentukan Beberapa Titik Penting

Selanjutnya, Sobat Torch dapat memilih rute perjalanan dengan bantuan Google Maps. Pilih rute yang mudah dan melewati jalan utama, apalagi kamu masih asing dengan kondisi daerah yang dilalui. Selain itu, menggunakan jalan utama dapat meminimalisir potensi tersesat selama di perjalanan.

 

Setelah memilih rute yang akan dilewati, Sobat Torch dapat menentukan beberapa titik penting untuk beristirahat dan mengisi bensin. Jangan sampai tidak melakukan istirahat, karena mesin mobil juga memerlukan jeda agar bisa kembali ke dalam kondisi prima untuk menemani perjalanan road trip kamu bersama teman atau keluarga.

 

3. Mempersiapkan Perbekalan Selama di Perjalanan

Terakhir, Sobat Torch perlu mempersiapkan berbagai perbekalan seperti makanan, minuman, obat-obatan, dan vitamin. Tidak itu saja, kamu dapat membawa beberapa permainan untuk menghilangkan jenuh dan bosan selama dalam perjalanan.

 

Nah, berbagai perbekalan tersebut dapat kamu bawa dengan backpack multifungsi dari Torch, yaitu Fujisawa 45+3 LiterBackpack ini bisa memuat lebih banyak barang selama kamu melakukan road trip. Meski ukurannya cukup besar, tetapi backpack ini tetap cabin friendly kok.

 

Road trip adalah perjalanan panjang, jadi backpack ini cocok untuk menemani liburan kamu lantaran bisa muat barang perjalanan hingga satu minggu. Apalagi backpack ini terbuat dari bahan duralite nylon yang lebih kuat dan ringan. Tertarik memiliki backpack ini untuk menemani road trip kamu? Dapatkan segera di official website Torch sekarang juga!.

Back to blog

Leave a comment