BEST SELLER

WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Mengenal Sifat Kain Katun Beserta Kelebihan dan Karakteristiknya

Kain katun termasuk salah satu jenis kain yang sering digunakan untuk membuat pakaian. Kain ini cocok digunakan di wilayah tropis seperti Indonesia, lantaran cuacanya panas. Sementara itu, sifat kain katun cenderung adem dan menyerap keringat. Selain untuk pakaian, kain katun umum digunakan untuk seprai dan taplak meja. Untuk mengenal kain katun secara lebih dalam, simak artikel ini hingga tuntas ya Sob. 

Apa Itu Kain Katun?

Kain katun merupakan jenis kain yang berasal dari bahan serat alami tumbuhan kapas dengan nama latingossypium.Secara umum, kain katun memiliki jenis yang berbeda-beda. Sejauh ini terdapat sepuluh jenis kain yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Berdasarkan cara pembuatannya, kain katun terbagi menjadi dua, yaitu serat alami dan serat sintetis atau buatan. Produk yang terbuat dari kain katun mudah terurai. Jadi, jika pakaian yang terbuat dari kain katun berakhir di tempat pembuangan akhir, kain tersebut dapat membantu menyuburkan area tersebut.

Pakaian yang terbuat dari kain katun tidak memiliki bahan kimia, sehingga tidak akan menimbulkan ancaman atau bahaya bagi kehidupan hewan dan tumbuhan di sekitarnya. Bahkan banyak orang menggunakan kain katun untuk menghindari alergi akibat gesekan antara kulit dan pakaian yang dikenakan. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Riding Motor yang Sedang Tren Saat Ini

Apa Kelebihan Kain Katun?

Bahan katun memiliki kedudukan posisi yang cukup tinggi sebagai bahan baku pembuatan tekstil yang paling banyak diproduksi. Oleh sebab itu, kain katun tidak hanya digunakan dalam pembuatan pakaian, tetapi juga pembuatan gorden hingga kebaya. Hal ini karena kain katun memiliki berbagai kelebihan sebagai berikut.

1. Mudah Dibersihkan

Katun termasuk salah satu bahan kain yang mudah dibersihkan dan tidak membutuhkan perawatan ekstra. Sobat Torch dapat mencuci pakaian berbahan katun dengan detergen yang lembut agar tidak merusak motifnya. 

2. Memiliki Kandungan Antibakteri

Pakaian dengan bahan kain katun cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Hal ini karena kain katun memiliki kandungan antibakteri yang mampu melindungi kulit Sobat Torch dari iritasi, alergi, ruam, dan gatal-gatal.

3. Memiliki Warna yang Tahan Lama

Pakaian dengan 100% kain katun memiliki warna yang tahan lama meski dicuci berkali-kali. Warna kain tidak akan cepat luntur asalkan dapat memperhatikan beberapa aspek, seperti cara pencuciannya dan proses pengeringannya. 

4. Sangat Kuat

Pakaian berbahan dasar kain katun dikenal lebih kuat dan tidak mudah sobek. Sehingga pakaian tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Tidak hanya pakaian, seprai dan gorden yang terbuat dari kain katun dapat Sobat Torch gunakan hingga bertahun-tahun. Menguntungkan bukan?

Baca Juga: 3 Tujuan Kopdar yang Sudah Lama Menjadi Tren

Apa Saja Sifat-sifat Kain Katun?

Setelah mengetahui berbagai kelebihan kain katun, terdapat sifat-sifat kain katun yang perlu Sobat Torch ketahui juga. Mengetahui sifat kain katun akan memudahkan Sobat Torch dalam melakukan perawatannya. Simak sifat-sifat kain tersebut di bawah ini. 

1. Tekstur Lembut dan Halus

Kain katun memiliki tekstur yang lembut dan halus, sehingga tidak menimbulkan iritasi akibat gesekan kain yang kasar. Kelebihan kain katun yang halus akan membuat kamu lebih nyaman saat  mengenakannya. Selain itu, kamu tidak akan merasa gatal karena tekstur kainnya tidak kasar.

2. Daya Serap yang Tinggi

Serat alami dari bahan katun dapat menyerap keringat, sehingga pakaian yang dibuat menggunakan bahan ini cocok digunakan untuk acaraoutdoor.Dalam kata lain, daya serap bahan katun ini cukup tinggi. 

3. Tidak Panas

Selain sifatnya yang mudah menyerap keringat, bahan katun memiliki serat kain yang lebih sejuk daripada kain lainnya. Jadi, kalau kamu menggunakan pakaian berbahan katun, dipastikan tidak akan merasa gerah meskipun digunakan di daerah yang cukup panas. 

4. Mudah Terurai

Kain katun termasuk jenis kain yang mudah terurai, hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun. Tetapi dengan catatan tidak menggunakan bahan kimia saat proses pembuatannya. Kain katun dengan bahan pewarna yang minim akan lebih aman bagi lingkungan dan penggunanya. 

sifat kain katun

Jenis Kain Katun yang Paling Sering Digunakan

Berdasarkan proses pembuatannya, ada banyak jenis-jenis kain katun yang ditawarkan di pasaran. Mulai dari kain katun biasa hingga premium. Mari kenali berbagai jenis kain katun di bawah ini. 

1. Kain Katun Biasa

Kain katun biasa cenderung menawarkan banyak motif dan warna. Untuk kekuatan daya serapnya, kain katun biasa tergolong level sedang. Meskipun begitu, kain katun biasa tetap memberikan kenyamanan saat digunakan. 

2. Kain Katun Rayon

Jenis kain katun rayon paling sering digunakan oleh produsen busana muslim karena memiliki tekstur bahan yang licin dan ringan. Selain itu, nyaman dan menyerap keringat menjadi keunggulan utama kain katun rayon ini.

3. Kain Katun Jepang

Bahan kain katun Jepang memiliki tekstur halus dan daya serap yang sangat tinggi. Perbedaan kain katun Jepang dengan kain katun lainnya terletak pada tampilan motif dan warna yang lebih cerah. Kain katun Jepang termasuk jenis kain katun premium dengan harga yang cukup mahal di kelasnya. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Riding Motor yang Sedang Tren Saat Ini

4. Kain Katun Combed

Jenis kain katun combed umum digunakan sebagai bahan dasar dari proses pembuatan produk kaus distro. Ukuran kain yang biasa digunakan yaitu 20s, 24s, dan 30s. Angka ini menunjukkan ukuran benang yang digunakan. Semakin tinggi angka tersebut, maka semakin tipis ukuran benangnya. 

Nah, itu dia informasi lengkap mengenai sifat kain katun beserta kelebihan dan karakteristiknya. Selain memiliki daya serap yang cukup tinggi, kain katun termasuk jenis kain yang mudah terurai, dan tidak mudah kusut. Nah, penting juga bagi Sobat Torch memiliki kaus yang tidak mudah kusut saat dipakaihangout. 

Supaya makin nyaman saat jalan-jalan, Sobat Torch dapat menggunakan  Junyoung Oversized Tees, kaus yang simpel banget tapi tetapstylish.Potongan kausnya bergaya rileks,streetwear stylekekinian, dan keren dipakai. 

Kaus ini terbuat dari bahancotton-polly blendyang dapat menjaga suhu tubuhmu tetap nyaman. Tertarik untuk menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari? Kunjungi  official websiteTorch  sekarang juga untuk mendapatkan kaus keren tersebut!

Cari