Panduan Lengkap Wisata di Pucak Mas Lampung 2024

Panduan Lengkap Wisata di Pucak Mas Lampung 2024

Halo Sobat Torch! Bosan dengan rutinitas harian yang melelahkan? Kamu butuh liburan seru untuk melepas penat? Nah, Puncak Mas Lampung ini bisa jadi destinasi wisata pilihan tepat untukmu!

Puncak Mas adalah kawasan wisata keluarga yang terletak di Kecamatan Tanjung Karang Pusat, Lampung. Destinasi wisata ini mulai dibuka untuk umum sejak tahun 2020. Sejak pertama kali dibuka, Puncak Mas langsung menjadi primadona wisata lokal maupun mancanegara. Tak heran, karena Puncak Mas menawarkan berbagai wahana seru dengan pemandangan yang memukau!

Penasaran seperti apa serunya Puncak Mas? Torch siap memberikan panduan lengkap untuk Sobat Torch yang ingin liburan ke Puncak Mas Lampung. Yuk simak ulasannya berikut ini ya!

Lokasi Puncak Mas

Secara administratif, kawasan wisata Puncak Mas berada di Jalan PB. Marga, Sukadanaham, Kecamatan Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung. Jaraknya sekitar 7,1 km dari Kota Bandar Lampung.
Untuk menuju lokasinya, Sobat Torch bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum dari Bandar Lampung. Jika naik kendaraan pribadi, ikuti rute Jalan Basuki Rahmat ke Jalan Raden Imba Kusuma, kemudian menuju ke jalan PB. Marga. Destinasi Sobat Torch akan berada di daerah Sukadanaham. Di sana ada papan petunjuk arah menuju Puncak Mas.
Selain itu, ada angkutan umum berupa bis pariwisata AC maupun non AC dari Bandar Lampung dengan rute Tanjung Karang - Puncak Mas. Harga tiketnya mulai dari Rp200.000 per orang.

Tiket Masuk ke Puncak Mas

Sebelum menikmati wahana serunya, Sobat Torch diwajibkan membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp20.000/orang. Namun, harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir, yaitu sebesar Rp2.000/motor. Ada juga wahana sepeda dengan kisaran harga berada di Rp15.000/orang.

Fasilitas di Puncak Mas

Begitu memasuki area Puncak Mas, Sobat Torch akan disambut deretan kanopi yang tersusun rapi. Di bawah kanopi tersebut terdapat deretan kursi taman sebagai spot istirahat yang adem dan nyaman.
Ada juga fasilitas penunjang wisata lain seperti toilet, musholla, arena bermain anak, dan food court. Jadi Sobat Torch tak perlu khawatir lagi kelaparan atau haus saat beraktivitas seharian.
Selain itu, Sobat Torch juga tidak perlu khawatir dengan masalah kebersihan karena hal ini sudah menjadi salah satu perhatian serius dari pengelola wisata setempat.

Fasilitas di Puncak Mas

Nah inilah yang ditunggu-tunggu! Spot-spot menarik nan instagenic dan seru di Kawasan Wisata Puncak Mas. Beberapa yang wajib Sobat Torch kunjungi antara lain:

1. Gardu Pandang

Gardu Pandang spot favorit para pengunjung di Puncak Mas. Sobat Torch dapat melihat indahnya pemandangan kota Lampung dari atas Gardu Pandang ini. Selain itu, dengan udaranya yang sejuk dan segar, membuat kamu betah berlama-lama disini.
Menjelang malam, Sobat Torch akan melihat kerlap-kerlip dari nyala lampu yang ada di sekitar Puncak Mas. Sobat Torch juga dapat melihat indahnya pemandangan Lampung di malam hari bersama pasangan ataupun keluarga dan teman. Jangan lupa untuk mengabadikan momenmu dengan berfoto ya!

2. Rumah Pohon 

Salah satu spot ikonik di Puncak Mas adalah Rumah Pohon. Rumah pohon ini memiliki bentuk unik menyerupai rumah yang terbalik. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan Puncak Mas dari ketinggian sambil berfoto. Suasana alam sekitar yang hijau juga khas pedesaan semakin melengkapi keindahan spot ini.
Bukan cuma itu, di area Rumah Pohon juga terdapat jaring-jaring dan ayunan seru yang cocok untuk bermain dan hunting foto. Pokoknya seru banget deh!

3. Taman Rekreasi Anak-anak

Taman rekreasi ini sudah dilengkapi dengan permainan anak-anak yang seru dan pastinya aman. Jadi Sobat Torch tidak perlu khawatir lagi jika berwisata dan membawa anak kecil ke Puncak Mas.

4. Jembatan Cinta

Jembatan ini merupakan salah satu spot foto menarik yang ada di Puncak Mas. Desainnya yang terbuat dari kayu alami dengan pemandangan pohon-pohon yang asri disekitarnya, membuat spot yang satu ini dipenuhi dengan rasa romansa. Sangat cocok untuk para millenial atau gen z yang ingin berwisata bersama pasangannya.
Itu baru sebagian kecil spot-spot kece dan instagramable di Puncak Mas. Masih banyak spot menarik lain yang sayang banget kalau dilewatkan.

Penginapan Sekitar Puncak Mas

Setelah puas berpetualang di Puncak Mas, saat untuk Sobat Torch beristirahat di tempat penginapan. Tenang saja, karena banyak pilihan penginapan nyaman yang dapat kamu sewa dengan beragam harga di sekitar Puncak Mas.

Ada banyak hotel dengan fasilitas yang mumpuni disekitarnya, beberapa diantaranya adalah:
1. Hotel Horison
2. Emersia Hotel & Resort
3. Bintang Guest House
4. Golden Tulip Springhill Lampung
5. Sheraton Lampung
Torch juga menyaranakan Sobat Torch membuat itinerary sebelum berlibur ke Puncak Mas, agar pengalaman liburanmu jadi lebih menyenangkan. Jika Sobat Torch ingin mengetahui cara untuk membuat itinerary atau contoh itinerary liburan, kamu dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch posting sebelumnya.
Jadi bagaimana Sobat Torch, tertarik untuk liburan ke Puncak Mas Lampung setelah membaca ulasan lengkapnya?
Destinasi wisata yang satu ini pantas banget buat kamu jadikan alternatif liburan seru nan instagenic. Spot-spot kece khas Puncak Mas dan diiringi dengan pemandangannya yang memanjakan mata dan sejuknya udara siap memanjakan liburanmu.
Mulai rencanakan liburan ke Puncak Mas sekarang juga yuk! Ajak keluarga, pasangan, atau sahabat-sahabat terdekatmu. Pasti seru banget rasanya menjelajahi Puncak Mas bareng-bareng.
Oke deh, sekian dulu ulasan lengkap tentang panduan wisata di Puncak Mas Lampung dari Torch. Semoga bisa bermanfaat dan bisa jadi panduan seru liburanmu ke sana. Sampai jumpa di artikel menarik Torch lainnya ya!
Back to blog

Leave a comment