12 Kota Terindah Di Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi

12 Kota Terindah Di Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi

 Siapa yang tak terpikat dengan keindahan Indonesia? Dari Sabang sampai Merauke, setiap sudut negeri ini memancarkan keajaiban alam dan kekayaan budaya yang tak terhitung dan mengundang untuk dieksplorasi. Mulai dari pegunungan yang menakjubkan hingga pantai yang menyejukkan hati, setiap detik perjalanan akan memperkenalkan Sobat Torch pada pesona unik yang melampaui kata-kata.

 

Bersama Torch, kita akan menjelajahi 12 kota terindah di Indonesia yang menawarkan pesona uniknya masing-masing. Siap merasakan keindahan yang tak terlupakan? Yuk, kita mulai petualangan kita melalui list kota terindah di Indonesia di bawah ini!

 

Deretan Kota Terindah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Bukittinggi, Sumatera Barat

pemandangan kota bukittinggi

Bukittinggi merupakan salah satu kota terindah yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di kaki Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Untuk Sobat Torch yang sudah pernah mengunjungi kota ini, pastinya akan sangat setuju jika Torch mengatakan pemandangan kota yang satu ini sangat memukau. Salah satu destinasi wisata favorit disini adalah Danau Maninjau. Dengan airnya yang jernih dan perbukitan hijau yang mengelilinginya, membuat pemandangan danau yang satu ini semakin memukau dan memanjakan mata.

 

Selain Danau Maninjau, ada juga banyak destinasi wisata sejarah dan budaya lain yang tak kalah seru. Seperti Jam Gadang, yaitu landmark ikonik Bukittinggi berupa menara jam raksasa yang sudah berdiri sejak 90 tahun lalu. Kemudian ada Ngarai Sianok, ngarai alam yang terbentuk dari aliran Sungai Batang Agam. Ngarai ini juga sudah jadi tempat wisata alam favorit traveler saat berkunjung ke Bukittinggi. Selain ini, masih ada banyak tempat wisata lain yang memukau dan dapat Sobat Torch jelajahi.

 

2. Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

pemandangan candi borobudur di kota yogyakarta

Pastinya Sobat Torch sudah familiar dengan kota istimewa yang penuh pesona budaya ini, yaitu Yogyakarta. Sebagai kota yang kaya akan warisan sejarah, tak heran banyak spot wisata menarik di sini. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Candi Borobudur, yang merupakan salah satu keajaiban dunia dan magnet wisata andalan Yogyakarta. Candi Buddha terbesar di dunia ini sudah berusia lebih dari 1000 tahun. Kamu pasti akan terpukau dengan arsitektur dan detail ukirannya yang luar biasa.

 

Selain itu, ada juga Candi Prambanan, yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, tak heran tempat ini jadi buruan wisatawan lokal maupun mancanegara. Desainnya yang artistik dipadukan dengan latar belakang Gunung Merapi membuat pemandangan candi ini semakin indah dan terkesan lebih mistis.

 

Masih banyak spot hits lainnya yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Yogya, seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari, serta destinasi alam nan eksotis seperti Kalibiru, Bukit Lintang Sewu, Hutan Pinus Pengger, dan destinasi wisata alam indah lainnya.

 

Bagaimana Sobat Torch? Penasaran untuk menjelajahinya? Torch yakin kamu bakal betah berlama-lama menikmati pesona budaya dan keindahan alam di kota istimewa ini!

 

3. Bandung, Jawa Barat

megahnya pemandangan gedung sate di kota bandung

Sobat Torch tertarik untuk jalan-jalan ke Kota Kembang, Bandung? Selain udaranya yang sejuk, kota ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Tak heran jika kota ini menjadi salah satu kota favorit yang dikunjungi oleh wisatawan lokal. Salah satu destinasi wisatanya adalah Gedung Sate yang merupakan landmark ikoinik kota yang satu ini. Bangunan megah bergaya art deco ini dibangun sejak tahun 1920-an. Kemudian, ada juga Taman Balai Kota di pusat kota. Spot ini sangat cocok sebagai tempat bersantai dengan menikmati pemandangan dan suasana kota Bandung.

 

Selain itu, Bandung juga surganya wisata alam dan kuliner yang menarik. Beberapa wisata alamnya adalah Situ Patenggang, Gunung Putri, Curug Dago, Ranca Upas, dan masih banyak lagi spot hits dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Bahkan untuk camping atau glamping pun banyak pilihan yang menarik seperti Dusun Bambu Lembang dan The Lodge Maribaya. Jika Sobat Torch berencana untuk berpergian ke kota yang satu ini, Sobat Torch dapat melihat beberapa tips jalan-jalan ke Bandung dari Torch.

 

4. Solo, Jawa Tengah

beberapa orang sedang bermain dengan rusa di taman balekambang solo

 

Pasti banyak dari Sobat Torch yang sudah kenal dengan Kota Solo atau biasa disebut dengan Surakarta atau Kota Batik. Kota ini terkenal akan warisan budaya dan sejarahnya yang kaya. Salah satu ikon favorit wisatawan saat berkunjung ke Solo adalah Keraton Surakarta. Keraton Surakarta merupakan istana kerajaan Mataram yang masih berdiri kokoh dan terawat hingga saat ini. Ada juga Taman Balekambang yang terletak di dekat keraton. Spot ini sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati arsitektur khas Solo.

 

Selain itu ada Kampung Laweyan yang punya banyak galeri batik, serta Pasar Klewer tempat hunting kain batik khas Solo. Menarik bukan? Tapi ternyata pesona Solo tidak berhenti di budaya saja lho. Masih banyak destinasi wisata alam seperti Gunung Lawu, Candi Sukuh, Air Terjun Grojogan Sewu, hingga kawasan wisata Taman Hutan Raya dan Telaga Madirda di daerah Karanganyar. Seru banget kan? Apa Sobat Torch semakin tertarik untuk menjelajahinya?

 

5. Malang, Jawa Timur

indah dan megahnya pemandangan dari gunung bromo di kota malang

 

Malang, salah satu destinasi populer di Provinsi Jawa Timur yang menawarkan keindahan alam memukau. Salah satu destinasi alamnya yang paling populer adalah Gunung Bromo. Gunung setinggi 2.329 meter di atas permukaan laut ini memiliki kaldera yang sangat luas dan dikelilingi oleh bukit-bukit pasir. Di tengah kaldera ini terdapat sebuah kawah yang mengeluarkan asap dan belerang. Sobat Torch juga dapat menyaksikan indahnya matahari terbit di Puncak Gunung ini.

 

Selain Bromo, masih banyak tempat wisata alam memukau lainnya seperti Pantai Balekambang yang sangat cocok untuk dijadikan tempat melihat sunset. Ada juga Air Terjun Coban Rondo yang sangat sejuk. Belum lagi kuliner Malang yang menggoda selera. Sobat Torch pastinya akan betah lama di kota yang satu ini.

 

Nah, buat Sobat Torch yang tertarik liburan ke Malang tapi bingung mau kemana, pantau terus rekomendasi itinerary dan tips backpacker ke Malang dari Torch, biar perjalanan wisata kamu semakin seru.

 

6. Batu, Jawa Timur

hijaunya pemandangan perbukitan di kota batu pada pagi hari

 

Batu, kota tetangga Malang yang merupakan kota yang menakjubkan di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal dengan destinasi wisata alam dan buatannya yang beragam. Beberapa wisata buatan tersebut diantaranya adalah Jatim Park 1, 2, dan 3 yang memiliki beberapa taman rekreasi dan beragam atraksi wisata yang menarik. Setelah itu, ada juga Batu Night Spectacular merupakan taman hiburan yang menawarkan berbagai wahana permainan dan atraksi wisata yang menarik, seperti pertunjukan air mancur menari, pertunjukan laser, dan pertunjukan musik yang hanya buka pada malam hari.

 

Selain itu, Batu juga menyuguhkan beragam destinasi alam menarik seperti Taman Safari Indonesia, Gunung Panderman, dan lainnya. Jika Sobat Torch ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda, Sobat Torch dapat mengunjungi Kota yang satu ini.

 

7. Bogor, Jawa Barat

indahnya pemandangan di istana bogor yang dikelilingi dengan rusa

 

Bogor, kota yang memesona di Provinsi Jawa Barat, menawarkan udara sejuk dan keindahan alam yang menakjubkan. Kota ini juga dikenal dengan sebutan “Kota Hujan” karena memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, kota ini juga memiliki alam yang indah dan budaya yang kental. Salah satu destinasi favoritnya adalah Istana Bogor yang merupakan salah satu istana kepresidenan Indonesia dan sudah ada sejak abad ke-18. Selain itu ada juga Kebun Raya Bogor salah satu kebun raya terbesar di Asia Tenggara.

 

Bogor tak hanya memiliki Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor, tetapi juga destinasi alam dan sejarah lainnya seperti Gunung Salak, Danau Sentul, dan Museum Zoologi Bogor. Bogor juga memiliki beragam destinasi glamping yang tak kalah seru dari destinasi lainnya.

 

8. Ubud, Bali

indahnya pemandangan monkey forest ubud bali

 

Ubud adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Bali, Indonesia. Kota ini terletak di tengah Pulau Bali dan dikelilingi oleh pegunungan dan persawahan hijau yang menyegarkan mata dan hati. Ubud dikenal sebagai pusat seni dan budaya Bali, serta destinasi wisata yang populer. Salah satu destinasi wisata terpopulernya adalah Monkey Forest Ubud merupakan sebuah hutan yang dihuni oleh ratusan monyet. Wisatawan dapat berinteraksi dengan monyet-monyet tersebut dan menyaksikan berbagai aktivitas mereka. Tak hanya itu, destinasi wisata yang satu ini juga menyajikan pesona alam yang sangat menyegarkan dan indah.

 

Di samping Monkey Forest Ubud, Ubud juga menyajikan destinasi alam menarik lainnya seperti Pura Tirta Empul dan Air Terjun Tegenungan. Jangan lewatkan keberagaman seni dan budaya khas Ubud. 

 

9. Manado, Sulawesi Utara

jernihnya air di taman nasional bunaken kota manado

Manado, atau biasa dikenal dengan sebutan “Kota Seribu Warna” ini merupakan salah satu kota yang menakjubkan di Provinsi Sulawesi Utara. Kota ini menampilkan keindahan alam yang tak terlupakan. Salah satu diantaranya adalah Taman Laut Bunaken. Taman ini merupakan salah satu taman laut terindah di dunia dan memiliki kekayaan hayati yang luar biasa. Sobat Torch dapat melakukan snorkeling atau diving di Taman Laut Bunaken untuk melihat berbagai macam ikan dan terumbu karang.

 

Selain Bunaken, Manado memiliki destinasi alam lainnya yang menarik seperti Pantai Malalayang dan Air Terjun Ranoangin. Jangan lewatkan juga ragam kuliner menarik yang ditawarkan kota ini.

 

10. Padang, Sumatera Barat

luasnya pemandangan di pantai padang

Kota yang dikenal dengan sebutan “Kota Tercinta” ini, merupakan kota yang terletak di provinsi Sumatra Barat dan berbatasan langsung dengan laut, sehingga banyak pantai yang bisa kamu singgahi. Salah satu diantaranya adalah Pantai Padang. Pantai ini merupakan pantai yang terletak di pusat kota Padang dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih. Sobat Torch dapat berenang, bermain pasir, bersantai, dan melihat sunset yang indah di pantai yang satu ini.

 

Selain Pantai Padang ada juga, ada juga destinasi wisata alam lainnya yang menarik seperti Pantai Air Manis, Pantai Muaro Lasak, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan wisata alam lainnya. Dan jangan lupakan pula destinasi wisata sejarah lainnya seperti Museum Adityawarman dan Pasar Raya Padang.

 

11. Makassar, Sulawesi Selatan

indahnya pemandangan sunset pantai losari di kota makassar

Makassar, kota yang memesona di Provinsi Sulawesi Selatan, menawarkan keindahan alam yang memukau. Terutama Pantai Losari yang terletak di pusat Kota Makassar. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Wisatawan dapat berenang, bermain pasir, atau bersantai di Pantai Losari.

 

Selain Pantai Losari, Makassar juga memiliki destinasi alam lainnya yang menarik seperti Pulau Samalona dan Pulau Ujung Pandang. Jangan lewatkan juga mencicipi ragam kuliner khas yang ditawarkan kota ini.

 

12. Denpasar, Bali

pemandangan sunset di salah satu kuil di bali

Siapa diantara Sobat Torch yang belum kenal dengan kota indah yang satu ini? Torch yakin sebagian besar pastinya sudah mengenal Kota Denpasar. Sebagai ibu kota provinsi, kota ini memang jadi tujuan wisata favorit para traveler khususnya traveler asing. Denpasar terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang sangat indah.

 

Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Kuta. Pantai berpasir putih ini terkenal dengan ombak besarnya yang cocok untuk bermain selancar. Kalau Sobat Torch ingin spot yang lebih tenang, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Sanur, atau mampir ke Taman Nusa untuk berfoto pemandangan ala Bali.

 

Selain destinasi alamnya yang memukau, Denpasar juga dikenal sebagai pusat seni dan budaya lho. Jadi selain berenang, kamu juga bisa menikmati pertunjukan tari tradisional atau belanja oleh-oleh khas Bali.

 

Indonesia tak pernah kehabisan daya tarik bagi para pelancong. Dari kekayaan alamnya yang memukau hingga warisan budayanya yang memikat, setiap kota menghadirkan cerita dan pesona tersendiri. Mulai dari keagungan Candi Borobudur di Yogyakarta, gemerlapnya Gedung Sate di Bandung, hingga keelokan Gunung Bromo di Malang, negeri ini mengundang Sobat Torch untuk meresapi keindahan alam, merajut sejarah, dan merasakan keberagaman budaya.

 

Dari keajaiban alam hingga cagar budaya, dari cita rasa kuliner hingga keindahan seni, Indonesia adalah tempat di mana setiap sudutnya memancarkan pesona yang tak terlupakan. Melalui 12 kota yang memikat hati ini, Sobat Torch dapat menemukan petualangan tak terduga dan kenangan yang akan terus membekas. Setiap perjalanan adalah cerita yang tak terlupakan, dan Indonesia dengan segala keunikan kota-kotanya siap memperkaya pengalaman wisatamu.

Back to blog

1 comment

Ini artikel yang sangat bagus, datang dan bermainlah di Pekantoto

PEKANTOTO

Leave a comment