WAIST BAG

TRAVEL POUCH

BACKPACK

LIGHT TRAVEL BACKPACK

TRAVEL BACKPACK

PACKING ORGANIZER

OFFICE SERIES

OFFICE TOTEBAG

OFFICE SLEEVE

CASUAL CAMPING

UMBRELLA

GLASSES

MULTIFUNCTIONAL TOOLS

ARRAFA SANDAL

JACKET

T-SHIRT

PANT

SHIRT

OUTERWEAR

NECK WALLET

KEYCHAIN

WALLET

KONFIRMASI PEMBAYARAN

#TORCHSTORY

Marvel Spiderman

Marvel Captain America

Marvel Ironman

Marvel Avengers

Marvel Black Panther

This section doesn’t currently include any content. Add content to this section using the sidebar.

Image caption appears here

Add your deal, information or promotional text

Perjalanan Jarak Jauh: Apa Saja yang Harus Dihindari?


wisata alam semarang

Apakah Sobat Torch pernah melakukan perjalanan jarak jauh? Perjalanan ini kerap kali dilakukan bersama teman, pasangan, dan keluarga dengan tujuan untuk mudik, berlibur, atau hanya sekadar perjalanan bisnis. Nah, karena perjalanan ini membutuhkan waktu yang panjang, so pasti persiapannya juga harus lebih matang.


Perjalanan jarak jauh biasanya membutuhkan waktu berjam-jam, sehingga perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Mulai dari kondisi fisik yang fit sampai perlengkapan yang perlu dibawa agar perjalanan jadi lebih lancar tanpa kendala. Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan ya Sob, supaya perjalanan kamu makin lancar.


Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Perjalanan Jarak Jauh?


Banyak hal yang perlu kamu persiapkan ya Sob untuk melakukan perjalanan jarak jauh ini. Mulai dari cek kendaraan, olahraga, dan tidur yang cukup. Selama perjalanan juga kamu harus siap sedia air mineral dan camilan. Juga, kamu perlu menyediakan obat-obatan pribadi. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk perjalanan jarak jauh.


1. Cek Kondisi Kendaraan


Sebelum bepergian, kamu wajib memeriksa kondisi kendaraan untuk memastikan mobil kamu layak digunakan. Hal ini bertujuan agar perjalanan lancar dan tidak ada kendala. Akan cukup mengganggu apabila ketika melakukan perjalanan tiba-tiba ban bocor atau kendaraan mogok karena tidak dicek sebelumnya. Oleh karena itu, sangat penting mengecek kondisi kendaraanmu ya Sob, agar perjalanan jarak jauh kamu berjalan dengan lancar.


2. Olahraga dan Tidur Cukup


Jangan lupa olahraga dan tidur cukup ya Sob, karena saat bepergian jarak jauh banyak energi yang dibutuhkan. Untuk itu, sebaiknya kamu melakukan olahraga teratur dan tidur yang cukup, setidaknya 7 - 8 jam per hari. Olahraga dan tidur yang cukup akan menambah stamina dan meningkatkan kebugaran tubuh. Jadi, saat melakukan perjalanan kamu tidak akan cepat merasa lelah.


3. Sediakan Makanan dan Minuman


Tidak dimungkiri, melakukan perjalanan jauh memang melelahkan dan membuat jenuh, apalagi saat kamu bertugas menyetir. Jadi, sangat disarankan untuk membawa makanan dan minuman untuk bekal selama perjalanan. Mengunyah camilan akan membuatmu tetap terjaga, karena ada aktivitas yang dilakukan. Selain itu, kamu juga sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi air mineral agar terhindar dari dehidrasi.


4. Rencanakan Perjalanan


Penting juga ya Sob untuk merencanakan perjalanan dengan matang. Sebagai contoh, kamu perlu mencari informasi terkait jalan atau rest area untuk beristirahat selama perjalanan. Nah, ketika kamu sudah tau letak rest area tersebut, maka kamu bisa lebih mempersiapkannya dari awal. Karena bisa saja kamu merencanakan untuk hunting foto juga di rest area tersebut.


5. Persiapkan Obat-obatan Pribadi


Obat-obatan juga tidak kalah penting untuk kamu bawa selama perjalanan jarak jauh. Obat-obatan ini bisa berupa minyak kayu putih, obat anti mabuk, plester, dan lain sebagainya. Sebaiknya, kamu juga membawa vitamin supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.


Apa Saja Tips untuk Melakukan Perjalanan Jarak Jauh?


Melakukan perjalanan bersama teman atau keluarga selalu menyenangkan, bukan? Biasanya persiapannya pun tidak kalah seru, apalagi jika rute yang dilewati cukup jauh. Sobat Torch bisa melakukan persiapan dengan mengajak teman agar perjalanan tidak membosankan. Adapun tips lainnya yang akan diuraikan di bawah ini ya.


1. Mengajak Teman


Melakukan perjalanan jarak jauh bisa jadi melelahkan. Untuk itu, sebaiknya kamu mengajak teman atau keluarga untuk menemani perjalanan. Selain untuk teman ngobrol, kamu bisa gantian menyetir dengan teman kamu.


2. Berhenti Setiap 2-3 Jam


Saat melakukan perjalanan jarak jauh dan durasi mengemudi kamu sudah lebih dari 4 jam, maka kamu perlu melakukan istirahat. Setidaknya 2-3 jam sekali kamu perlu beristirahat agar tubuh kamu bugar kembali. Beristirahat juga akan meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas akibat kelelahan. Beristirahat selama 30 menit juga sebenarnya cukup berpengaruh untuk membantu mengurangi kelelahan selama perjalanan.


3. Jangan Menyetir Saat Mengantuk

Sangat berbahaya melakukan perjalanan jauh dalam keadaan mengantuk. Jika kamu sudah dilanda rasa kantuk, sebaiknya kamu berhenti sejenak atau bergantian menyetir dengan teman. Tentu agar kamu bisa beristirahat untuk memulihkan kembali kebugaran pada tubuh kamu.


4. Hindari Mengemudi di Malam Hari


Waktu istirahat yang dibutuhkan tubuh secara biologis antara pukul 12 malam hingga 6 pagi. Disaat waktu tersebut tubuh akan merasa mengantuk. Maka dari itu, jika kamu bepergian di jam-jam tersebut usahakan jangan dipaksakan dan berhenti sejenak untuk istirahat.



Apa yang Harus Dihindari Ketika Melakukan Perjalanan Jarak Jauh?


Menerapkan tips-tips sebelum perjalanan dan saat perjalanan jarak jauh memang sangat penting. Namun, kamu perlu memperhatikan juga hal yang perlu dihindari ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Sebagai contoh, kamu tidak membuat itinerary, tidak mengecek kendaraan, dan lain sebagainya. Berikut ini hal yang perlu dihindari ya Sob saat kamu melakukan perjalanan jauh.


1. Tidak Membuat Itinerary


Membuat itinerary sangat penting sekali, apalagi saat kamu akan melakukan perjalanan jauh. Itinerary yang sederhana dapat menjadi pedoman selama kamu melakukan perjalanan. Melalui itinerary, kamu bisa menentukan tempat penginapan, pemberhentian, dan tempat beristirahat. Jadi, jangan pernah lupa untuk membuat itinerary agar perjalanan sesuai dengan ekspektasi awal.


2. Tidak Memeriksa Kendaraan


Hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh yaitu mengecek kendaraan. Periksa seluruh elemen kendaraan, mulai ban hingga kondisi mesin. Jika perlu, lakukan service terlebih dahulu sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jauh.


3. Tidak Berhenti Untuk Istirahat


Perlu kamu pahami ya Sob, sangat berbahaya sekali jika memaksakan perjalanan saat kondisi tubuh sudah tidak fit. Jadi, sebaiknya sering beristirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh. Idealnya, istirahat saat perjalanan panjang dilakukan setiap 2-3 jam sekali untuk merenggangkan otot atau menghilangkan stres karena macet.


4. Membawa Terlalu Banyak Barang


Kenyamanan saat melakukan perjalanan panjang sangat diutamakan. Membawa barang bawaan akan membuat mobil yang ditumpangi penuh dan sesak. Maka dari itu, bawa barang bawaan seperlunya saja menggunakan travel backpack dari Torch yang cabin friendly.


5. Tidak Membawa Perlengkapan Darurat


Saat bepergian jarak jauh, tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan berlangsung. Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu membawa perlengkapan darurat seperti obat-obatan, kabel jumper dan P3K.


Jadi, Sobat Torch sudah siap belum untuk melakukan perjalanan jarak jauh ini? Nah, supaya persiapannya makin matang, kamu bisa menggunakan backpack Kanzaki 30 Liter yang ringan dan memiliki desain inovatif dan elegan. Bisa muat banyak barang juga untuk perjalanan 4 - 5 hari. Selain itu, backpack ini dilengkapi dengan slot laptop dengan suspension system. Jadi, kamu gak perlu khawatir laptop kamu terkena guncangan.


Berat karena barang bawaan? Tenang aja, Kanzaki backpack ini memiliki fitur air bender foam back system supaya punggung kamu gak panas dan makin nyaman saat menggunakannya. Jadi, tunggu apalagi Sob? Dapatkan backpack multifungsi ini sekarang juga hanya di Torch. Perjalanan jarak jauh kamu bisa jadi makin nyaman jika ditemani backpack satu ini.


Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival
Mengenal Apa Itu Survival dan Apa Manfaatnya Melakukan Latihan Survival...
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk Riding
Jangan Terlewat! 5 Perlengkapan Anak Motor yang Wajib Dimiliki untuk...
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu Perhatikan
Catat! Ini Dia Persiapan Touring Motor Jarak Jauh yang Harus Kamu...

Cari