image source: https://ik.imagekit.io/tvlk/blog/2022/09/Wisata-Gunung-Bromo-Traveloka-Xperience-1.jpg?tr=dpr-2,w-675

10 Wisata Seru di Gunung Bromo Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Kamu pasti sudah tidak sabar untuk merencanakan liburan tahun ini kan? Nah, Torch punya rekomendasi destinasi wisata seru di Gunung Bromo yang wajib kamu kunjungi tahun 2024 ini. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!


1. Kawah Utama Gunung Bromo 

kawah utama gunung bromo

Objek wisata utama di Gunung Bromo adalah kawahnya yang terkenal dengan semburan asap putih dan pemandangan lanskap gunungnya yang menakjubkan. Kawah ini memiliki diameter sekitar 600-800 meter dengan kedalaman 200-600 meter. Kamu bisa menyaksikan semburan asap dari kawah secara langsung melalui jalur pendakian. 


Waktu terbaik mengunjungi kawah adalah pagi hari sekitar pukul 04.30 WIB untuk menikmati matahari terbit. Perlu diperhatikan kondisi cuaca saat akan mendaki, jangan lakukan jika sedang hujan lebat karena rawan tergelincir. Bersiaplah juga dengan pakaian hangat karena suhu di sana bisa cukup dingin.


2. Penanjakan 1 Gunung Bromo

pemandangan di penanjakan satu gunung bromo

Jika ingin melihat keindahan Gunung Bromo dari ketinggian, kamu bisa naik ke titik view Penanjakan 1. Dari sini, kamu bisa dimanjakan dengan pemandangan golden sunrise yang luar biasa indahnya diantara lautan pasir, perbukitan, lembah, dan gunung-gunung yang menjulang tinggi.


Untuk mencapai titik ini, kamu harus melakukan hiking selama kurang lebih 1 jam melalui jalur setapak yang cukup terjal. Dibuka selama 24 jam, namun waktu terbaik mengunjungi Penanjakan 1 adalah pagi hari sekitar pukul 04.00 - 06.00 WIB untuk menyaksikan golden sunrise-nya.


Baca Juga: Persiapan Outfit ke Bromo yang Nyaman dan Trendy


3. Padang Savana 

pemandangan padang savana di gunung bromo

Setelah mengunjungi Penanjakan 1, singgahlah ke Padang Savana yang lokasinya berdekatan. Di sini terdapat padang rumput luas yang dikelilingi bukit dan gunung-gunung indah. Berfoto dengan latar belakang pemandangan eksotis alam Tengger pasti akan jadi momen yang tak terlupakan!


4. Danau Ranu Kumbolo 

pemandangan perkemahan di danau ranu kumbolo

Danau Ranu Kumbolo yang memiliki permukaan air berwarna kehijauan ini menjadi salah satu objek wisata alam menarik di sekitar kawasan Bromo. Dari tepi danau, kamu bisa melihat pemandangan cantik Gunung Semeru dan Gunung Bromo dengan latarnya yang eksotis. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah berjalan-jalan di sekitar danau, memberi makan ikan-ikan di danau, melakukan camping, atau sekedar duduk menikmati ketenangan suasana pegunungan.


Baca Juga: Pesona Gunung Rinjani: Lokasi, Syarat dan Jalur Pendakian


5. Air Terjun Madakaripura 

pemandangan air terjun madakaripura

Terjun untuk melepas penat! Air Terjun Madakaripura bisa jadi destinasi segar yang ada di sekitar kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini. Airnya terjun dengan tinggi sekitar 200 meter di tebing curam dan berliku indah.


Untuk menikmati keindahan terjunnya, kamu harus melakukan hiking terlebih dahulu dari desa terdekat. Sepanjang hiking track, kamu akan disuguhkan pemandangan hutan pinus dan hijaunya perbukitan yang menyejukkan mata. 


6. Pasir Berbisik 

seorang pria diatas jeep berfoto di pasir berbisik

Buat Sobat Torch yang suka berburu foto instagramable, kawasan Pasir Berbisik ini jadi salah satu tempat yang cocok untuk kamu telusuri di sekitar kawasan Gunung Bromo. Hamparan pasir berwarna coklat disertai dengan tekstur lembut dan pola bergelombangnya, membuat spot wisata yang satu ini menjadi unik. Belum lagi ketika awan mulai turun bergerak dari tebing kaldera Bromo ke arah hamparan pasir tersebut, serasa berada di dunia dongeng!


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


7. Bukit Mentigen 

pemandangan bukit mentigen

Sobat Torch juga bisa mengunjungi Bukit Mentigen untuk pemandangan yang tak kalah fotogenik dari spot wisata lainnya. Dari atas bukit ini, kamu akan disambut dengan hamparan luas lembah dan khaki lautan pasir menghampar dikelilingi rangkaian pegunungan yang memukau.


Waktu terbaik mengunjungi bukit ini sekitar pukul 04.00 - 05.00 WIB agar bisa menikmati golden sunrise disertai dengan latar belakang hamparan pasir dan puncak-puncak gunung dari ketinggian bukit. Pokoknya kamu akan dimanjakan oleh pemandangannya!


8. Bukit Cinta Bromo

pemandangan dari atas bukit cinta bromo

Bukit Cinta ini pasti akan bikin Sobat Torch berdecak kagum dengan panorama indahnya. Bukit dengan pasir yang didominasi warna coklat cerah ini bisa menjadi spot berfoto keren di kawasan Tengger. Sama seperti Bukit Mentigen, kamu juga akan disuguhi pemandangan sunrise yang sangat mempesona berlatarkan pegunungan, luasnya hamparan pasir, dan megahnya Gunung Bromo.


Baca Juga: Panduan Lengkap Wisata di Pulau Pahawang Lampung 2024


9. Bukit Teletubbies 

pemandangan bukit teletubbies

Siapa yang tidak kenal dengan kartun anak-anak Teletubbies? Nah, di kawasan Gunung Bromo ada sebuah bukit yang pemandangannya mirip seperti di serial TV tersebut, lengkap dengan hamparan rumput hijau dan perbukitan berlekuk-lekuk yang eksotis.


Bukit Teletubbies ini letaknya berdampingan dengan Padang Savana. Kamu bisa mencapai lokasi ini dengan hiking atau menyewa kuda tunggangan dari Penanjakan 1. Tidak ada biaya masuk.


10. Gunung Widodaren Bromo 

gunung widodaren bromo

Selain kawah dan padang pasir, ternyata ada objek wisata gunung lain yang tidak kalah menarik di area Bromo, yaitu Gunung Widodaren. Gunung ini disebut-sebut sebagai lokasi mistis berkat legenda dan tradisinya.


Gunung Widodaren memiliki ketinggian sekitar 2.600 Mdpl dengan puncak berwarna kuning keputihan. Tidak sembarang wisatawan bisa mendaki karena diperlukan izin khusus dan panduan penduduk asli suku Tengger. Hal ini dikarenakan Gunung Widodaren merupakan tempat suku Tengger melakukan tradisi Moksa, yaitu untuk meraih kesempurnaan. 


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!


11. Pura Luhur Poten 

pura luhur poten

Tidak hanya pemandangan alamnya yang indah, Sobat Torch juga bisa melihat kekayaan budaya masyarakat Tengger di sekitar Gunung Bromo. Salah satu destinasi budayanya adalah Pura Luhur Poten, sebuah pura Hindu peninggalan budaya Majapahit.


Terletak di lereng Gunung Bromo, pura ini masih menjadi tempat ritual keagamaan penting bagi masyarakat suku Tengger. Bangunan pura terbuat dari batu bata merah dan terdiri dari tiga bagian dengan halaman dan patung khas Tengger.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. Untuk contoh itinerary dari Torch kamu dapat melihat artikel mengenai itinerary Malang.


Rekomendasi Perlengkapan ke Gunung Bromo Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan produk rekomendasi dari Torch karena sudah didesain khusus untuk kamu yang ingin melakukan beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut merupakan rekomendasi perlengkapan ke Gunung Bromo untukmu:

 

1. Tas Traveling 

tas travel kanzaki dari torch

Perlengkapan paling utama yang harus disiapkan adalah tas traveling yang nyaman dan berukuran cukup besar. Pilihlah tas ransel atau backpack dengan desain minimalis namun kokoh agar bisa membawa perlengkapan dengan leluasa saat berpetualang di Bromo. 


Tas dengan banyak kompartemen akan memudahkan Sobat Torch mengorganisir barang-barang. Jangan lupa cari tas yang terbuat dari bahan tahan air untuk mengantisipasi hujan di kawasan pegunungan. Salah satu rekomendasi Torch yang memenuhi kriteria tersebut adalah Tas Travel Kanzaki 30 Liter.


2. Jaket atau Vest

jaket dari torch

Suhu udara di kawasan Bromo bisa mencapai 3-15 derajat celcius, jadi jaket atau vest tebal sangat dibutuhkan agar tetap merasa hangat. Pilihlah jaket dari bahan windproof dan waterproof yang tidak mudah tembus angin dan hujan seperti Hyobin Anorak Jacket dari Torch. 


Lengkapi juga dengan hoodie agar kepala tetap tertutupi saat cuaca ekstrem. Sobat Torch disarankan membawa vest sehingga dapat menghangatkan tubuh dengan baik meski hanya satu lapis pakaian. Salah satu rekomendasi vest dari Torch adalah Cartegana Riding Vest.


3. Sandal atau Sepatu Trekking

sandal arrafa dari torch

Untuk menjelajahi kawasan Gunung Bromo, alas kaki yang tepat sangat penting. Sandal gunung atau sepatu trekking yang memiliki sole karet tebal dan kuat sangat direkomendasikan. Pastikan sepatu memiliki cengkeraman yang baik agar tidak licin di jalur pendakian yang sebagian besar berupa pasir atau bebatuan. Cobalah kenakan kaos kaki trekking yang dapat menyerap keringat dan memberikan kenyamanan saat berjalan jauh. Salah satu rekomendasi Torch adalah Sandal Arrafa.


4. Topi

topi dari torch

Kondisi cuaca di Bromo bisa sangat ekstrem, sengatan sinar matahari yang terik bisa menyiksa saat berwisata pada siang hari. Oleh karena itu, topi bucket berbahan kanvas atau topi rimless dengan lapisan UV protection sangat dibutuhkan agar kulit kepala tetap terlindung. Topi juga berfungsi melindungi mata dari silau dan debu yang sering berterbangan di area pegunungan Bromo. Salah satu rekomendasi topi Torch adalah Hito Active Hat.


Nah, itu dia ulasan lengkap mengenai 11 destinasi wisata seru di Gunung Bromo yang wajib Sobat Torch kunjungi di tahun 2024 ini. Mulai dari kawah utamanya yang menjadi primadona, hingga berbagai bukit dan lembah eksotis yang sayang untuk dilewatkan sudah Torch rangkum menjadi satu panduan wisata.


Jadi jangan ragu lagi untuk segera merencanakan liburan super lengkap di Gunung Bromo tahun ini ya! Catat lokasi-lokasinya, atur jadwal kunjungan, dan siapkan kamera serta sepatumu untuk menjelajahi destinasi menakjubkan di area pegunungan yang satu ini.

Back to blog

1 comment

Terima kasih untuk informasinya.
Untuk teman teman semua yang sedang mencari berbagai panduan untuk memasak macam cemilan yang sehat dan bergizi,Untuk informasi lebih lajut silahkan kunjungi website di bawah ini.
https://09dis.com/

KELILING DUNIA

Leave a comment