Pesona Gunung Rinjani: Lokasi, Syarat dan Jalur Pendakian

Pesona Gunung Rinjani: Lokasi, Syarat dan Jalur Pendakian

Pesona Gunung Rinjani: Lokasi, Syarat dan Jalur Pendakian


Halo Sobat Torch! Menjulang gagah di atas Pulau Lombok, sebagai salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Pulau Sumatra, Gunung Rinjani memang memiliki pesona tersendiri bagi para traveler. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani menawarkan tantangan pendakian yang seru sekaligus pemandangan alam yang luar biasa indah begitu mencapai puncaknya.


Keelokan alam Rinjani seolah tak ada duanya. Terdapat savana hijau nan luas di puncak tertingginya, kaldera dan danau vulkanik Sembalun, hingga air terjun alami yang memanjakan mata. Belum lagi penduduk asli suku Sasak yang tinggal di sekitarnya, yang masih sangat kental dengan tradisi-tradisinya.


Tidak heran bila mendaki Gunung Rinjani selalu menjadi impian banyak orang. Menantang sekaligus menghadirkan sensasi mendalam bagi siapapun yang berhasil menaklukkannya. Namun Sobat Torch tidak perlu kuatir, dengan persiapan matang dan informasi yang tepat, mengarungi trek-trek eksotis Rinjani tentu bukan perkara sulit.


Penasaran seperti apa perjalanan serunya? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

Lokasi dan Geografi Gunung Rinjani

Gunung Rinjani secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat yang masih satu gugusan dengan Gunung Barujari dan Gunung Baru.

Wilayah sekitar kaki Gunung Rinjani umumnya didominasi hutan tropis lengkap dengan beragam flora, fauna, serta sungai-sungai alami. Komposisi tanahnya sebagian besar merupakan tufa, debu vulkanik dan lava yang telah membeku.

Daya Tarik Wisata Gunung Rinjani

Selain pendakian, Gunung Rinjani juga populer dengan beragam objek wisata alam spektakuler yang sayang untuk dilewati. Beberapa destinasi wisatanya yang paling fenomenal adalah:

Danau Segara Anak

Segara Anak merupakan nama yang diambil dari bahasa sasak yang berarti anak laut. Anak danau vulkanik seluas 1100 meter dengan kedalaman 230 meter ini terbentuk akibat letusan Gunung Rinjani ribuan tahun yang lalu. Dengan panorama kaldera, pemandangan Gunung Barujari disertai dengan matahari terbit yang memukau, tak heran bila Danau Segara Anak menjadi salah satu spot favorit para traveler.

Air Terjun Tiu Kelep 

Nama Tiu Kelep ini diambil dari bahasa Sasak dengan Tiu yang berarti kolam renang, dan Kelep yang berarti terbang sama persis dengan pemandangannya. Air terjun setinggi 42 meter yang sempurna ini mengalir tepat di area bawah kaki Gunung Rinjani. Aliran airnya yang jernih dan menyejukkan bisa Sobat Torch nikmati usai mendaki.

Puncak Rinjani 

Puncak tertinggi Gunung Rinjani ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Sobat Torch bisa menikmati hamparan rumput savana hingga pemandangan Pulau Sumbawa dari ketinggian ini. Sensasi sunrise atau sunset di puncak Rinjani benar-benar sayang untuk dilewatkan!

Sejarah dan Budaya Gunung Rinjani

Dalam kepercayaan orang Sasak di Lombok, Gunung Rinjani dipercaya sebagai tempat suci dan bersemayamnya para Dewa dan Dewi yang melindungi Pulau Lombok. Konon Dewi tersebut bernama Dewi Anjani.

Selain itu Rinjani juga kerap dijadikan tempat untuk upacara adat seperti Ritual Adat Ngayu-Ayu yang digelar setiap 3 tahun sekali. Ngayu-Ayu ini merupakan salah satu tradisi masyarakat Desa Beleq yang berada di bawah kaki gunung rinjani untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap anugerah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Syarat dan Perlengkapan Pendakian Rinjani

Sebelum melakukan pendakian, ada beberapa persyaratan dan perlengkapan wajib yang harus Sobat Torch siapkan agar perjalanan menjadi lebih aman dan menyenangkan, seperti:

Booking di Website Resmi

Wajib melakukan booking terlebih dahulu melalui website resmi Rinjani National Park. Untuk proses bookingnya, Sobat Torch hanya perlu menyiapkan KTP, menentukan tanggal pendakian, memilih rute/jalur pendakian (Aikberik, Sembalun, Senaru, atau Timbanuh), dan memasukan jumlah anggota pendaki dalam satu grupmu. Untuk biayanya hanya dipatok Rp5.000/hari saja. Namun, untuk wisatawan asing dipatok dengan harga Rp150.000/hari biasa dan Rp250.000/hari libur.

Peralatan Pendakian 

Jangan lupa untuk melengkapi peralatan standar seperti carrier, headlamp, pakaian hangat, obat-obatan, hingga tenda/shelter. Pastikan semuanya lengkap agar perjalanan nyaman.

Persiapan Fisik 

Kesiapan fisik dan mental Sangat penting karena trek pendakian Rinjani memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi dengan durasi mencapai 3-4 hari. Biasakan tubuh dengan berolahraga terlebih dahulu.

Jalur dan Rute Pendakian Gunung Rinjani

Secara garis besar, ada 4 jalur utama pendakian menuju puncak Rinjani, yaitu:

1. Senaru, Lombok Utara

Gerbang pendakian favorit para sobat pendaki ini terletak di desa Senaru, Lombok Utara. Rute inilah yang paling sering diakses karena treknya yang cukup mudah tapi tetap menantang. Sepanjang perjalanan, Sobat Torch akan dimanjakan oleh pemandangan alam nan indah seperti air terjun dan hutan tropis yang eksotik. Beberapa destinasi air terjun paling hits di rute ini adalah Sendang Gile, Tiu Kelep dan Betara Lenjang yang letaknya tak jauh dari gerbang pendakian Senaru lho.

2. Sembalun, Lombok Timur 

Gerbang menuju surga para pendaki ini berada di desa Sembalun, Lombok Timur. Sama seperti jalur lainnya, Sembalun juga punya spot-spot yang siap menguji adrenalinmu. Tapi jangan kuatir, hamparan padang savana luas nan hijau bisa membuat penat dan lelahmu sirna seketika.

3. Aik Berik, Lombok Tengah 

Gerbang menuju surganya para pendaki ini terletak di desa Aik Berik, Lombok Tengah. Jalurnya lumayan menantang dengan hadirnya spot-spot seru nan instagenic. Di ujung perjalanan, kamu bisa menikmati pelawangan eksotis di puncak bukit Kondo setinggi 3.200 mdpl.

4. Timbanuh, Lombok Timur 

Dijuluki sebagai jalur terekstrim menuju Gunung Rinjani, gerbang pendakian ini berada di desa Timbanuh, Lombok Timur. Kenapa? Karena harus berpetualang menyusuri tebing terjal di punggung Rinjani bagian selatan sobat. Tapi jangan kuatir, pemandangan Danau Segara Anak dari sisi selatan yang langka ini siap mengganti rasa lelahmu.

5. Tete Batu, Lombok Timur 

Jalur pendakian paling instagenic ini resmi dibuka tahun 2020 kemarin dan langsung jadi incaran para traveler tanah air. Pasalnya, fotografer ternama Sam Kolder dan Bryn North memilih spot ini saat mereka mendaki Gunung Rinjani menuju puncak Sangkareang.

6. Torean, Lombok Utara

Resmi dibuka April 2021 lalu, gerbang pendakian hits yang terletak di desa Torean, Lombok Utara ini sedang ramai dibicarakan para traveler lho. Julukan Jurassic World cocok disematkan pada rute ini karena jalurnya diapit 2 bukit ternama, yaitu Plawangan Sembalun dan Plawangan Senaru. Meski terjal menyusuri tebing, pemandangan epic ala film Jurassic Park menanti untuk diabadikan. Mulai Gunung, hutan belantara, kabut tebal, lembah curam, tebing terjal, hingga air terjun eksotis dan kolam air panas alami.

Inilah pilihan jalur pendakian Rinjani yang bisa Sobat Torch pilih sesuai tingkat kesulitan dan waktu yang dimiliki. Pastikan juga untuk selalu membawa guide lokal agar aman selama perjalanan.

Tips Keamanan, Etika dan Budaya Pendakian

Untuk memastikan perjalanan aman dan menyenangkan, perhatikan tips-tips berikut dari Torch:
- Selalu patuhi arahan guide saat melakukan pendakian dan kemah
- Jangan menebang kayu atau merusak tubuh Gunung Rinjani
- Menjaga kebersihan wilayah pendakian dan kawasan perkemahan
- Hormati adat dan budaya setempat
- Berhati-hati terhadap hewan liar atau binatang berbisa
- Siapkan peralatan P3K dan kondisikan badan sebelum pendakian

Dengan berbekal persiapan matang dan rencana perjalanan bijak, mendaki Gunung Rinjani tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Sensasi trekking di tengah hutan tropis, berkemah sambil menikmati pemandangan Danau Segara Anak, hingga menyaksikan sunrise di puncak Rinjani merupakan momen langka yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk Sobat Torch yang ingin melakukan kegiatan hiking, Torch sudah membuat beberapa artikel yang dapat membantu kegiatan hiking-mu mulai dari tips hiking untuk pemula, jenis makanan hiking yang mudah dibawa, hingga cara memakai sleeping bag untuk hiking.
Jadi tunggu apalagi Sobat? Segera persiapkan peralatan dan kondisikan tubuh agar siap berpetualang. Setelah bisa memilih jalur trek sesuai kemampuan, daftarkan diri ke KORAMIL setempat dan ditemani guide profesional.

Dengan begitu, pendakian ke Gunung Rinjani akan berlangsung aman dan mengesankan. Nantikan spot-spot eksotis nan mempesona menanti untuk diabadikan! Semoga Informasi dari Torch ini bisa bermanfaat dan mempermudah perjalanan Sobat ke Gunung Rinjani. Selamat mendaki dan sampai jumpa di puncak, Sobat!
Back to blog

Leave a comment