image source: https://www.wakatobi.com/wp-content/uploads/2024/01/2023_wakatobi_aerial.webp

11 Wisata Seru di Wakatobi Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Kamu sedang mencari destinasi wisata baru yang seru untuk liburan di tahun ini? Atau mungkin kalian sudah lama mendambakan petualangan menyelam dan menjelajah keindahan bawah laut? Jika iya, Wakatobi harus segera masuk dalam daftar liburan kamu di tahun 2024 ini! 


Kepulauan di Sulawesi Tenggara ini menyimpan sejuta keajaiban alam yang memesona dan sudah mendunia. Pemandangan terumbu karang dan keanekaragaman hayati lautnya benar-benar memukau. Bukan hanya keindahan bawah laut saja, Wakatobi juga punya keunikan alam, budaya hingga kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Torch akan berikan 12 tempat wisata keren yang wajib Sobat Torch jelajahi saat berlibur di Wakatobi nanti. Penasaran apa saja rekomendasinya? Yuk, langsung saja simak di ulasan berikut ini!


1. Taman Nasional Wakatobi 

pemandangan bawah laut taman nasional wakatobi

Salah satu taman laut terbesar di dunia ini memiliki keindahan terumbu karang dan keanekaragaman hayati laut yang memesona. Di sinilah surga bagi para penyelam dan snorkel lovers. Ribuan spesies terumbu karang, ikan, serta keindahan bawah lautnya akan menjadi pemandangan yang sangat memanjakan matamu!


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!


2. Pulau Kapota 

pemandangan di pulau kapota

Pulau ini menyajikan keindahan pantai pasir putih yang memukau. Berjemur, bermain air, atau sekedar duduk di bawah rindangnya pohon kelapa sambil menikmati indahnya sunset di sini adalah pengalaman yang tiada tara. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan kawanan lumba-lumba yang berenang bebas di tengah lautan lepasnya. Pokoknya seru banget deh!


3. Gua Kontamale 

pemandangan kolam air di gua kontamale

Wakatobi juga punya gua mata air yang memesona lho Sob! Di Gua Kontamale ini, Sobat Torch bisa menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit seperti di daratan dengan keunikan tambahan yaitu air birunya yang sangat jernih dan menyegarkan. Pengalaman berenang sambil mengeksplorasi gua tentunya akan sangat seru!


Baca Juga: Panduan Lengkap Wisata di Pulau Pahawang Lampung 2024


4. Air Terjun Moramo

Pemandangan air terjun moramo

Setelah puas menikmati keindahan lautan, Sobat Torch juga bisa melongok ke wisata alam yang berada di darat dengan berkunjung ke Air Terjun Moramo. Aliran air yang bertingkat-tingkat ini memiliki tinggi sekitar 100 meter. Lokasinya berada di tengah hutan tropis, sehingga dikelilingi oleh pepohonan yang sangat menyejukkan dan indah dilihat.


5. Puncak Khayangan 

pemandangan dari puncak khayangan

Salah satu spot padang savana di Wakatobi yang memberikan pemandangan alam yang memukau karena berbatasan langsung dengan samudera. Sobat Torch bisa melihat deretan pulau dan laut biru disertai dengan indahnya pemandangan sunset. Pokoknya instagramable banget, serasa berada di negeri khayangan!


Baca Juga: 12 Pulau Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!


6. Pulau Hoga 

pemandangan pantai di pulau hoga

Pulau berpenghuni ini punya banyak daya tarik mulai dari pantai berpasir putih yang eksotis, terumbu karang yang menawan untuk snorkeling dan diving, hingga kehidupan khas masyarakat Bajo yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, keasrian hutannya juga masih sangat terjaga. Bersantai di tepi pantainya sambil ditemani indahnya sunset di sore hari, cocok banget buat kamu yang ingin healing dengan suasana yang damai!


7. Pulau Binongko 

pemandangan pantai di pulau binongko

Jika ingin menikmati keindahan bawah laut yang lebih tenang, Pulau Binongko bisa menjadi destinasi pilihan Sobat Torch. Selain terumbu karang dan ikan-ikan cantik, di sini terdapat bangkai kapal tenggelam yang juga menawan untuk dieksplorasi para penyelam.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


8. Bajo Mola 

bajo mola

Bajo Mola adalah sebuah perkampungan unik dimana masyarakatnya tinggal di rumah terapung di atas laut. Mengunjungi kampung suku Bajo ini akan memberikan pengalaman langka untuk menyaksikan kehidupan mereka yang masih sangat tradisional.


9. Pantai Cemara 

pemandangan pantai cemara

Salah satu pantai berpasir putih yang eksotis di Wakatobi. Kelebihan Pantai Cemara adalah deburan ombaknya yang relatif tenang sehingga sangat nyaman untuk bermain air serta dihiasi pohon-pohon cemara tua yang rindang dan suasana sunsetnya di sore hari. Pastinya kamu bakal ketagihan berada di tempat yang satu ini!


Baca Juga: Wisata Pulau Gili Meno 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


10. Danau Sombano 

pemandangan danau sombano

Spot alam lainnya yang tak kalah menarik adalah Danau Sombano. Airnya yang sangat jernih memantulkan keindahan pulau serta birunya langit dengan apik. Selain itu, Danau Sombano juga merupakan habitat dari udang merah lho Sob! Jalan-jalan di sekitar danau dengan menaiki kano sambil ngadem akan memberikan kenikmatan tersendiri yang takkan terlupakan!


11. Desa Liya Togo 

desa wisata liya togo

Destinasi budaya di Wakatobi bisa Sobat Torch nikmati dengan mengunjungi Desa Liya Togo. Desa yang ikonik dengan deretan arsitektur rumah adatnya yang bernama Banua Tada. Rumah adat ini berbentuk seperti rumah panggung yang beratapkan rumbia yang unik dan fotogenik.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. 


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kashiwa Foldable Bag 19+2 Liter

kashiwa foldable bag dari torch

Backpack unik yang bisa dilipat, cocok untuk dipakai traveling. Tas ini bisa menjadi alternatif untuk membawa barang tambahan seperti belanjaan saat traveling. Selain itu foldable bag Kashiwa cocok pula untuk dipakai saat bersepeda santai.


List fitur dari Kashiwa Foldable Bag:

  • Sangat praktis! Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Kompartemen utamanya dapat ditinggikan untuk menambah barang bawaanmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black, Grey, Olive, dan Beet Red
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

ishikari backpack dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.


List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Cuncheon Backpack 22 Liter

cuncheon backpack dari torch

Daypack 22 liter yang cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti pergi ke kantor, kampus, atau sekolah. Selain itu, backpack ini juga cocok banget buat dipakai traveling karena beragam fitur pendukungnya yang dapat memudahkanmu selama traveling.


List fitur Cuncheon Backpack:

  • Terbuat dari material poly-elable yang sudah teruji tahan air dengan intensitas sedang
  • Sudah termasuk free rain cover sebagai pelindung tambahan tas saat hujan
  • Terdapat 2 saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kecil
  • Dilengkapi chest strap yang dapat diatur agar backpack tidak mudah goyang saat dipakai
  • Kompartemen utama dilengkapi dengan tali serut dan sistem flap agar barang tersimpan dengan lebih aman
  • Terdapat kompartemen khusus laptop dengan padding. Muat hingga laptop ukuran 15 inci
  • Back system berbahan mesh dan dilengkapi dengan padding yang membuat punggungmu tetap nyaman
  • Varian warna: Navy dan Blue
  • Dimensi tas: 46cm x 31cm x 13cm

Wakatobi benar-benar merupakan surga tersembunyi yang wajib dieksplor bagi para pencinta alam dan wisata petualangan. Keindahan alamnya yang terjaga dengan baik serta tetap menyimpan adat budaya masyarakat setempat yang unik menjadi daya tarik utama kepulauan ini. 


Dengan mengunjungi 12 destinasi wisata seru di atas, Sobat Torch dijamin akan mendapat pengalaman berharga dan tak terlupakan saat berwisata di Wakatobi tahun 2024 ini. Oleh karena itu, pastikan untuk memasukkannya dalam rencana liburan dan jangan lupa membawa perlengkapan yang tepat agar bisa menikmati keseruan maksimal. Selamat menjelajah dan bersenang-senang Sobat Torch!

Back to blog

Leave a comment