Wisata Pulau Gili Meno 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Wisata Pulau Gili Meno 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Wisata Pulau Gili Meno 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


Halo Sobat Torch! Tahukah kamu tentang pesona Gili Meno? Gili Meno merupakan salah satu dari tiga pulau kembar Gili yang terletak di kawasan Kabupaten Lombok Utara. Destinasi ini terbilang langka lantaran masih terjaga keaslian dan kealamian pulau tropisnya yang indah.


Berbeda dari saudara-saudaranya Gili Trawangan dan Gili Air yang ramai turis, Gili Meno justru lebih tenang. Pulau dengan luas kurang lebih 150 hektar ini hanya dihuni oleh sedikit dari penduduk lokal. Suasananya begitu damai dan tentram!


Keindahan bawah laut Gili Meno juga patut untuk dibanggakan. Kamu bisa menemukan aneka biota laut, seperti penyu, kuda laut, serta ratusan spesies ikan. Pulau ini juga dikelilingi pasir putih dengan air laut yang biru jernih bening. Berenang dan snorkeling di sekitar pulau pasti sangat menyenangkan!


Mulai penasaran dan ingin berkunjung ke Gili Meno? Torch akan bantu kamu untuk merencanakan liburan di sini dengan memberi informasi mulai dari aktivitas wisata, lokasi, akomodasi, kuliner, serta biaya yang dibutuhkan. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Aktivitas Seru di Pulau Gili Meno

Walau terkesan tenang dan sepi turis, sebenarnya pulau ini menyajikan banyak sekali aktivitas seru yang bisa kamu lakukan lho, Sobat Torch! Kamu bisa menghabiskan waktu dengan bersantai di pantai atau berjemur, memanfaatkan lokasinya yang strategis untuk berenang dan snorkeling. Ada juga wahana diving bagi para pecinta olahraga menyelam.

Selain aktvitas menyelam, kamu juga bisa bersepeda keliling pulau untuk melihat keindahan Gili Meno dari berbagai spot. Sepeda santai saja cukup untuk mengelilingi keseluruhan lokasinya karena lokainya yang tidak begitu luas jika dibandingkan dengan kedua gili yang lainnya. Sambil menghirup udara segar, kamu juga bisa mengabadikan pemandangan eksotis disepanjang perjalananmu.

Atau justru ingin santai sejenak? Sobat Torch bebas memanjakan diri dengan berbagai macam spa tersedia di pulau ini. Pilihannya cukup beragam, mulai dari thai massage, aromaterapi, hot stone, deep tissue, hingga pijat refleksi. Mau coba spa tradisional seperti mandi uap bunga? Itu juga ada disini.

Ada pula mendatangi beberapa destinasi wisata ikonik Gili Meno, salah satunya adalah Gili Meno Turle Sanctuary. Disini kamu dapat melihat penangkaran penyu yang dilestarikan, mulai dari telur hingga siap untuk dilepas. Sobat Torch juga dapat berinteraksi langsung dengan penyu dan belajar cara untuk merawatnya. Selain itu, kamu juga bisa menunggang kuda untuk keliling pulau, lho!

Lokasi dan Rute ke Pulau Gili Meno

Lokasi Gili Meno cukup strategis dan mudah diakses dari pelabuhan bangsal Lombok atau Bali. Secara geografis, pulau ini terletak di Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Sobat Torch dapat berangkat dari Kota Mataram menuju ke Pelabuhan Bangsal menggunakan kapal umum selama 2 jam. Kemudian dari Pelabuhan Bangsal, kamu harus menyebrang lagi menggunakan kapal selama 25 menit dengan biaya Rp25.000. Kapal umum hanya tersedia di jam 09.30 WITA dan 16.00 WITA. Jika Sobat Torch tidak ingin menunggu lama, kamu juga dapat menggunakan kapal cepat yang berangkat tiap 1 jam sekali dengan kisaran harga sebesar Rp85.000.

Cukup mudah bukan? Pun begitu, Torch sarankan untuk merencanakan perjalanan dengan baik agar tak tertinggal jadwal transportasi menuju Gili Meno. Tiket kapal bisa kamu pesan secara daring maupun langsung ke loket pelabuhan.

Setibanya di Gili Meno, beragam penginapan sudah menunggu kedatangan wisatawan. Kebanyakan hotel dan guest house/vila tersebar di sepanjang garis pantainya. Letaknya berdekatan satu sama lain. Kamu bebas berjalan kaki atau menyewa sepeda untuk mengelilingi pulau.

Penginapan dan Fasilitas di Gili Meno

Soal penginapan, ada beragam pilihan di Gili Meno dengan fasilitas yang cukup lengkap. Torch sarankan jenis Villa atau guest house dengan view langsung menghadap pantai. Sensasinya pasti berbeda.

Beberapa villa ternama di pulau ini antara lain Mahamaya Gili Meno, Les Villas Ottalia, Seri Resort Gili Meno, dan masih banyak lagi. Ada pula berbagai pilihan bungalow untuk menginap. Kamu juga bisa menginap di guest house penduduk setempat dengan suasana tradisional.

Di sini kamu akan mendapati fasilitas standar seperti AC, Wi-Fi, toilet pribadi, kolam renang, hingga layanan concierge. Ada juga villa eksklusif dengan infinity pool pribadi dan sarapan gratis. Bisa juga pesan kamar dengan fasilitas tambahan seperti pemandangan pantai secara langsung.

Menariknya, beberapa villa eco-friendly mengusung konsep ramah lingkungan dan energi bersih yang sejalan dengan prinsip keberlanjutan pariwisata di Gili Meno.

Kuliner Lokal hingga Internasional Tersedia

Rasanya kurang lengkap bila kegiatan menjelajah wisata tidak dibarengi dengan menjamu hidangan khas setempat. Namun Sobat Torch tidak perlu takut, karena Gili Meno memiliki beragam pilihan tempat makan yang sayang untuk dilewatkan.

Kamu bisa mencoba makanan tradisional Gili Meno khas Sasak seperti Ayam Taliwang, Sate Rembiga, Bebalung Sapi, hingga Nasi Puyung. Bagi yang rindu akan makanan internasional, ada juga kafe-kafe unik yang menyediakannya.

Hidangan seafood segar juga mudah ditemukan di sekitaran pelabuhan dan pasar Gili Meno. Makan siang sambil menikmati semilir angin laut, terdengar menyenangkan bukan? Atau berburu suvenir unik hasil karya warga lokal seperti lukisan, gantungan kunci, hingga ukiran kayu.

Estimasi Biaya Liburan di Pulau Gili Meno

Tentunya Sobat Torch memerlukan estimasi biaya yang perlu dikeluarkan sebelum pergi berlibur ke destinasi wisata yang satu ini. Taoi kamu tidak perlu khawatir, karena Torch sudah mengestimasi beberapa biaya yang perlu Sobat Torch keluarkan mulai dari transportasi, penginapan, jajan kuliner, dan biaya aktivitas wisata selama di Gili Meno. Berikut perkiraan biayanya:
- Biaya kapal pergi-pulang: Sekitar Rp50.000-Rp.170.000
- Biaya penginapan: Mulai dari Rp500.000/malam
- Biaya makan dan minum: Mulai dari Rp100.000/orang/hari
- Biaya sewa transportasi: Rp50.000/hari (sepeda)
- Aktivitas snorkeling: Sekitar Rp150.000/orang
Angka ini bisa berkurang atau bertambah sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang Sobat Torch lakukan di Gili Meno. Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!
Demikian ulasan lengkap Torch seputar Gili Meno tahun 2024, mulai dari aktivitas seru, lokasi & akses, penginapan, kuliner, hingga estimasi biaya. Semoga informasi ini berguna untuk Sobat yang berencana liburan ke sini.

Jangan ragu bertanya lebih lanjut ya. Torch siap membantu Sobat merencanakan perjalanan impian ke Gili Meno. Selamat berpetualang!
Back to blog

Leave a comment