12 Pulau Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

12 Pulau Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

Halo Sobat Torch! Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tak heran bila negeri ini kaya akan destinasi wisata pantai dan laut yang eksotis dengan pemandangan alamnya yang mempesona.

 

Nah, dari sekian banyak pilihan pulau indah di Indonesia, Torch sudah merangkum 12 rekomendasi pulau terindah yang wajib Sobat Torch kunjungi. Tentunya itu adalah pilihan pulau dengan panorama alam terbaik, aktivitas seru, hingga hidden paradise yang sayang untuk dilewatkan. Sebelumnya, Sobat Torch dapat melihat beberapa tips liburan low budgetdan tips liburang aman dan nyaman bersama pasangan yang sudah Torch siapkan agar liburan kamu bisa jadi semakin seru!

 

Penasaran apa saja 12 pulau pilihan tersebut? Simak artikel rekomendasi dari Torch ini sampai selesai ya Sobat! Siapkan kacamata hitam dan sunblock-mu karena kita akan menjelajahi surganya para travelerdi list berikut ini!

 

Daftar Pulau Terindah di Indonesia

1. Nusa Penida, Bali

Pulau Nusa Penida ini terletak di sebelah tenggara Bali. Tempat ini menawarkan panorama alam laut tropis nan eksotis. Sobat Torch bisa menikmati pantai berpasir putih dengan air laut biru jernih seperti Pantai Atuh atau Pantai Broken Beach.

Selain pantai, aktivitas seru seperti snorkeling dan diving juga bisa kamu cobain. Spot diving favorit ada di Toyapakeh dan Malibu Point yang menyimpan terumbu karang dan biota laut yang beragam dan menawan. Jelajahi pula gua-gua unik di sekitar pulau seperti Gua Giri Putri.

2. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini terkenal akan habitat asli hewan komodo. Sobat Torch bisa berkeliling pulau untuk melihat cara hidup komodo di alam liar. Namun, pastikan untuk tetap menjaga jarak aman ya Sobat!

Selain itu, keindahan bawah lautnya juga mempesona dengan terumbu karang dan ikan-ikannya yang beragam. Sobat Torch juga bisa melakukan snorkeling di Pantai Merah atau Pantai Pink sambil menikmati keindahan bawah laut di sana. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan alamnya yang memukau di Pulau Padar, Pulau Rinca, dan pulau-pulau lainnya.

3. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Berlokasi di Kalimantan Timur, Pulau Derawan memiliki perairan dangkal dengan hamparan padang lamun yang luas dan indah, serta hutan bakau yang tampak megah. Sobat Torch juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi pulau menikmati pemandangan alam bawah lautnya yang eksotis.

Tak hanya itu, terdapat pula banyak aktivitas seru lainnya seperti snorkeling, diving, melihat habitat penyu hijau, dan lainnya. Untuk permasalahan tempat menginap, Sobat Torch tidak perlu khawatir karena di pulau ini sudah tersedia banyak sekali resort yang bisa Sobat Torch tempati. 

4. Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

Kepulauan Karimunjawa terletak di bawah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan banyaknya pulau disekitarnya, pulau ini menawarkan surga tropis dengan laut biru kehijauan dan pasir putih yang bisa Sobat Torch jelajahi. Terdapat 27 pulau di sini dengan ekosistem terumbu karang yang terjaga.

Aktivitas seru seperti diving dan snorkeling bisa Sobat Torch nikmati untuk menjelajahi keindahan bawah laut Karimunjawa. Spot snorkeling favorit ada di Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Genting. Sobat Torch juga bisa berjemur di Pantai Tanjung Gelam atau Pantai Barakuda ditemani dengan pemandangannya yang memukau.

5. Pulau Seribu, DKI Jakarta

Lokasi pulau yang satu ini sangat dekat dengan Kota Jakarta. Jadi untuk Sobat Torch yang tinggal di daerah Jakarta, kamu bisa cobain berkunjung ke sini sesekali. Pulau Seribu menjadi destinasi getaway yang cukup populer di kalangan traveler. Sobat Torch bisa menghabiskan akhir pekan dengan berjemur di pantai berpasir putih Pulau Bidadari atau pantai eksotis di Pulau Sepa.

Di malam hari, kamu bisa menyaksikan keindahan cakrawala dengan taburan bintang di langit Pulau Harapan atau Pulau Pramuka. Suasana tempat ini begitu tentram dan jauh dari hiruk pikuk Kota Jakarta. Sangat cocok untuk Sobat Torch yang ingin healing setelah lelah bekerja.

6. Pulau Pahawang, Lampung

Pulau Pahawang ini terletak di laut Bandar Lampung. Pulau ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Kebanyakan penghuni daerah setempat tinggal di Pulau Pahawang Besar. Selain itu, Sobat Torch dapat menikmati kegiatan snorkeling di Pulau Pahawang Besar. Sedangkan pada Pulau Pahawang Kecil, terkesan lebih sepi sehingga memiliki keindahan alam yang masih terkesan asri.

Suasana asri dan tenang membuatnya cocok untuk melepas penat. Sobat Torch bisa berjemur di Pulau Pahawng Kecil atau sekadar bersantai menikmati indahnya panorama alamnya.

7. Pulau Saumlaki, Maluku Tenggara

Pulau Saumlaki berada di Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara. Destinasi yang satu ini sering menjadi tempat singgah kapal dari berbagai negara, seperti Australia, Timor Leste, bahkan Amerika Serikat. Tidak hanya itu, pemandangan yang ditawarkan juga sangat memukau dan eksotis.

Pasir putih bersih dan laut biru kehijauan yang sungguh memesona. Suasana tenang dan damai akan membuat Sobat Torch betah berlama-lama di sini. Sobat Torch juga bisa menjelajahi teluk-teluk tersembunyi dengan berperahu atau sekadar bersantai menikmati panorama alamnya.

8. Pulau Weh, Aceh

Terletak di Aceh, Pulau Weh atau Pulau Sabang menyimpan pesona alam bawah laut yang eksotis. kamu bisa menyelam atau melakukan snorkeling untuk menikmati terumbu karang dan keanekaragaman biota lautnya.

Pantai Iboih dan pantai Sumur Tiga adalah spot snorkeling favorit para traveler. Sobat Torch juga wajib mengunjungi Kilas Stonehenge di sisi barat pulau saat matahari terbenam. Pemandangannya yang spektakuler wajib Sobat Torch abadikan!

9. Pulau Mentawai, Sumatera Barat

Sesuai namanya, Kepulauan Mentawai berada di lepas pantai barat Sumatera Barat. Pulau ini terkenal dengan ombak besarnya yang cocok untuk surfing. Tidak heran jika banyak peselancar kelas dunia yang tertarik mengunjungi pulau yang satu ini.

Sobat Torch juga bisa menikmati indahnya pantai berpasir putih dengan vegetasi hijau di sekitarnya. Tidak hanya itu, di pulau yang satu ini juga terkenal dengan kuliner ikan kerapunya yang masih menjadi salah satu hasil ekspor terbesar dari daerah ini.

10. Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi merupakan singkatan dari Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Keempat pulau ini menyimpan keindahan underwater paradise dengan terumbu karang dan biota laut yang sangat beragam.

Selain itu, pulau ini juga dikenal karena memiliki spot diving dan snorkeling terbaik di Indonesia bahkan di dunia! Sobat Torch juga bisa menjelajahi Hoga Island atau Sombu Dive Site untuk melihat pari manta, penyu hijau hingga beragam spesies ikan karang. Sayang jika kamu melewatkan surganya para pecinta diving ini!

11. Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat di Papua Barat kini jadi primadona baru surga kepulauan di Indonesia. Pemandangan alam lautnya yang spektakuler dengan formasi karang unik serta keragaman biota lautnya memukau para traveler mancanegara.
Jangan lupa untuk menjelajahi rahasia alam bawah laut Raja Ampat dengan snorkeling atau diving di Pulau Misool atau Pulau Wayag jika Sobat Torch berencana untuk berlibur kesini. Sobat Torch juga bisa mengunjungi Pantai Pianemo dengan formasi batu karang unik yang ikonik.

12. Kepulauan Labengki, Sulawesi Tenggara

Last but not least adalah Kepuluan Labengki. Kepulauan Labengki sering juga disebut dengan Raja Ampatnya Sulawesi karena pemandangan yang tak kalah memesona. Perairannya yang tenang cocok buat kamu yang baru belajar diving atau snorkeling.
Terumbu karang dan keanekaragaman biota laut di Labengki patut kamu eksplorasi. Selain itu, pantainya pun juga menawarkan pemandangan yang indah dan menyejukkan mata.

Nah, bagaimana Sobat Torch? Apakah kamu sudah mulai punya referensi dari rekomendasi diatas? Semua pulau terindah dengan pemandangan yang eksotis dan aktivitas seru sudah Torch rangkum sebagai rekomendasi untuk tempat liburan kamu.
Mulai dari surga tropis dekat Jakarta sperti Pulau Seribu, hingga destinasi mendunia yang wajib masuk bucket list seperti Raja Ampat dan Wakatobi. Semuanya sangat sayang untuk kamu lewatkan!
Jadi, tunggu apa lagi? Segera kemasi barang bawaanmu dan pesan tiketnya sekarang juga. Ajak teman, sahabat, keluarga dan orang terdekat Sobat Torch untuk menjelajahi keindahan alam bawah laut nusantara bersama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk jadi bahan referensi liburanmu ya. Sampai berjumpa di kesempatan lainnya Sobat!

Back to blog

Leave a comment