12 Rekomendasi Destinasi Wisata Bali Populer untuk Temani Liburanmu

12 Rekomendasi Destinasi Wisata Bali Populer untuk Temani Liburanmu

12 Rekomendasi Destinasi Wisata Bali Populer untuk Temani Liburanmu


Halo Sobat Torch! Kamu mau liburan ke Bali tapi bingung mau kemana aja? Tenang, Torch di sini siap bantu kamu! Sebagai salah satu destinasi terpopuler di Indonesia, Bali memang menyimpan pesona alam luar biasa dengan ragam tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Nah, lewat artikel ini Torch akan kasih rekomendasi 12 destinasi wisata paling hits dan populer untuk memani liburan Sobat Torch di Bali.


Mulai dari pantai eksotis, pura dan landmark ikonik, hingga spot swafoto kekinian ala influencer, semua tempat wisata favorit ada di sini. Dengan berkunjung ke 12 destinasi wisata populer Bali pilihan Torch ini, dijamin deh perjalanan liburan Sobat Torch akan tambah seru dan tak terlupakan. Apalagi jika Sobat Torch sudah membaca tips liburan ke bali dan tips liburan low budgetdari Torch.


Jadi, sudah penasaran tempat wisata apa aja yang akan direkomendasikan? Yuk langsung simak ulasannya berikut ini!

Rekomendasi Destinasi Wisata Bali Populer

1. Nusa Penida

Bagi Sobat Torch yang hobi diving dan snorkeling, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi perairan di sekitar Nusa Penida! Pulau seberang dari Bali ini kini tengah naik daun karena keindahan bawah lautnya yang eksotis.

Spot snorkeling paling recommended adalah Crystal Bay dan Atuh Beach. Sobat Torch bisa menyaksikan terumbu karang yang masih terjaga dengan ratusan jenis ikan hias berwarna-warni di dalamnya. Pemandangan underwater-nya dijamin bikin Sobat Torch takjub dan terpana!

Selain snorkeling, destinasi popular lain yang populer dari Nusa Penida adalah Kelingking Beach, Broken Beach, Angel's Billabong, dan Diamond Beach. Semua spot tersebut memiliki pemandangan alam pantai yang sangat spektakuler dan sangat keren buat dipotret.

Broken Beach contohnya, merupakan spot iconic berupa tebing batu dikelilingi samudera lepas dengan lubang besar ditengahnya. Bahkan ada spot khusus buat menikmati sunset di atas bukit sekitar Broken Beach.

2. Tirta Gangga

Sobat Torch yang hobi selfie dan foto-foto hits, wajib mampir ke Tirta Gangga di Kabupaten Karangasem ya! Kompleks taman air bekas istana raja ini nuansanya tropical banget dengan pemandangan super eksotis.

Ada banyak spot menarik yang bisa Sobat Torch jadikan latar tempat berswafoto. Sebut saja kolam renang alami berair jernih dengan patung gajah di tengahnya. Lalu ada pula jembatan merah khas Jepang yang melintasi Sungai Agung dengan latar belakang hijaunya pohon palem dan pegunungan.

Selain itu, Tirta Gangga juga memiliki beberapa air terjun cantik setinggi 30 meter yang memperindah kompleks taman air ini. Suara gemercik airnya bener-bener bikin suasana damai dan tentram.

3. Wanagiri Hidden Hills

Bagi Sobat Torch yang aktif di media sosial pasti udah sering lihat foto-foto keren dengan latar belakang ayunan tebing atau jembatan kayu melintasi bukit dan hamparan hutan pinus kan? Itu semua merupakan spot unggulan yang ada di Wanagiri Hidden Hills!

Destinasi alam baru ini langsung populer karena pemandangan alamnya yang hijau, sejuk dan instagrammable. Dengan berlatar Danau Buyan dan Tamblingan yang airnya sebiru samudera, pemandangan sekitar Wanagiri Hidden Hills ini juga cakep bukan main. Selain ayunan dan jembatan tadi, ada pula beberapa spot pictogenik lain seperti human nest besar dan cube photo box unik yang artistik.

Hampir semua spot di Wanagiri Hidden Hills yang difoto hasilnya akan keren. Apalagi kalau Sobat Torch beruntung dan bisa mendapatkan momen sunset golden hour, bisa dipastikan feed Instagram Sobat Torch akan rame!

4. Tanah Lot

Sobat Torch pastinya sudah cukup familiar dengan ikon pura di atas batu karang yang satu ini kan? Yap, Tanah Lot memang menjadi salah satu landmark pura paling terkenal sekaligus paling banyak dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Bali.

Pesona Tanah Lot tidak hanya soal puranya saja yang berdiri kokoh diatas bebatuan tengah laut. Melainkan juga tentang suguhan pemandangan alam berupa perpaduan dramatis antara batu karang, deburan ombak samudera, laut biru, langit cerah, serta sunset yang mempesona.

Karena lokasinya yang ada di tepi pantai berbatu, pengunjung hanya bisa mengakses area kompleks pura saat air laut sedang surut. Nah, spot paling top buat menyaksikan sunset tentu ada di bagian atas bukit bebatuan ini.

Dengan bermandikan cahaya keemasan senja yang memancar indah, ditambah deburan ombak laut berdebur kencang menghantam bebatuan di sekitar pura, momen sunset di Tanah Lot ini bener-bener memukau dan mempesona untuk diabadikan. Pokoknya Sobat Torch wajib banget dateng kesini pas sore hari!

5. Pura Uluwate

Destinasi selanjutnya yang tak kalah keren dari Tanah Lot adalah Pura Uluwatu yang terletak di puncak tebing tinggi menghadap laut lepas di ujung barat daya pulau Bali.

Sama halnya dengan Tanah Lot, spot paling ikonik buat nonton sunset di Pura Uluwatu ini ada di bagian atas tebing bebatuan yang menjorok ke laut. Dengan latar belakang gemerlap samudera Hindia yang membentang luas, saat sang surya terbenam moment sunset-nya benar-benar memukau mata.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi unggulan Pura Uluwatu berupa pentas seni tari Kecak yang dipersembahkan setiap harinya sekitar pukul 18.00 petang. Dengan background golden sunset serta deburan ombak, penampilan tari sanghyang di spot ini jadi semakin spesial.

Nah, selain dua suguhan utama berupa sunset memukau dan penampilan Kecak yang enerjik, suasana Pura Uluwatu yang tenang dengan hamparan samudera lepas nan eksotis juga merupakan daya tarik tersendiri yang bakal bikin kunjunganmu tak terlupakan.

6. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan atau Pura Teratai Segar ini terletak di tepian Danau Bratan, pada ketinggian 1.239 mdpl di Kecamatan Candikuning, Kabupaten Tabanan, Bali. Kompleks pura ini dibangun di atas permukaan Danau Bratan, menjadikannya sebagai satu-satunya pura di Pulau Dewata yang berlokasi di tengah danau.

Pemandangan sekitar pura ini benar-benar menyejukkan mata. Danau Bratan yang biru jernih dengan latar belakang Gunung Catur dan hutan pinus nan hijau menjadikan tempat ini sungguh damai dan tentram. Apalagi jika sedang berkabut tipis, nuansanya semakin magis bak negeri khayangan.

Spot paling hits untuk foto tentunya berada di area pura yang menjorok ke danau, karena terdapat latar danau dan pegunungannya. Sobat Torch dapat datang di pagi hari saat kabut masih menyelimuti untuk mendapat cahaya dan panorama paling bagus, atau di sore hari saat senja merah keemasan terbias cantik ke permukaan danau.

Selain berswafoto, pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi area danau yang luas. Atau naik motor keliling sambil menikmati udara dingin khas pegunungan plus jajanan lokal yang dijual sepanjang jalan menuju pura ini.

7. Danau Batur Kintamani

Ingin menikmati pemandangan alam pegunungan yang eksotis dan spektakuler? Kunjungi saja Danau Batur dan kawasan Kintamani di kaki Gunung Batur, Kabupaten Bangli.

Danau Batur sendiri merupakan danau terbesar di Pulau Bali dengan luas hampir 1700 hektar dan kedalaman hingga 88 meter. Air danau ini berwarna hijau tosca yang kontras sekali dengan hamparan lahan hitam bekas lava Gunung Batur yang mengelilinginya.

Dari atas bukit Batubulan, pengunjung bisa menyaksikan panorama Danau Batur dengan latar Gunung Abang menjulang indah. Di pagi dan sore hari, ketika kabut mulai menyelimuti permukaan danau, maka pemandangannya akan seperti lukisan alam nan megah!

Pengunjung juga bisa menyewa perahu tradisional untuk menjelajahi area Danau Batur. Rasakan sensasi memancing ikan Rainbow Trout khas danau ini dengan latar Gunung Batur menjulang gagah atau berkeliling menikmati keindahan pegunungan sekitar dari atas perahu.

8. Pura Besakih 

Sobat Torch ingin mengetahui lebih dekat tentang kebudayaan dan spiritualitas masyarakat Bali? Maka Pura Besakih inilah tempatnya!

Pura Besakih terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Kompleks Pura Besakih ini dipercaya sebagai candi induk bagi umat Hindu di Pulau Dewata dengan usia hampir mencapai 900 tahun.

Pura Besakih terdiri dari ratusan pura dan meru yang didirikan bertingkat di lereng Gunung Agung. Untuk menjelajahi seluruh bagian Pura Besakih, pengunjung harus mendaki anak tangga sekitar 1700 anak tangga! Sangat identik dengan ritual keagamaan masyarakat Hindu Bali seperti upacara Dewa Yadnya.

9.Pura Tirta Empul 

Destinasi selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Pura Tirta Empul di Manukraya, Kabupaten Gianyar. Kompleks pura dan pemandian air suci ini konon sudah ada sejak abad ke-11 pada masa pemerintahan Raja Sri Indra Jayasinghe Warmadewa.

Pura Tirta Empul dikenal memiliki sumber mata air yang diyakini keramat dan digunakan untuk upacara keagamaan. Pengunjung bahkan bisa ikut serta mandi membersihkan diri sambil berdoa memohon berkah di kolam-kolam pemandian.

Sensasi air yang mengucur dari celah bebatuan dengan kencangnya ini konon memiliki kandungan belerang yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Keren banget kan Sobat Torch?

10. Terasering Tegalalang

Kalau liburan ke Pulau Dewata, jangan lewatkan kesempatan buat mampir ke Terasering Tegalalang ya Sobat Torch! Terasering Tegalalang merupakan areal persawahan super luas dengan tanah yang dibentuk terasering atau berundak di lereng perbukitan. Letaknya berada di Desa Tegalalang, Kecamatan Ubud, Gianyar.

Bayangkan saja hamparan luas nan hijau dengan deretan anak tangga persawahannya. Di pagi dan sore hari, pemandangannya tambah eksotis dan artistik karena terkena sinar matahari senja keemasan. Apalagi kalau ada yang sedang menanam padi, komplit sudah sensasi swafoto-mu!

Banyak lokasi menarik di area ini yang recommended banget buat kamu jadikan background foto. Misalnya berfoto di tangga sawah paling atas menghadap ke bawah sambil merentangkan tangan lebar-lebar. Atau foto bareng petani yang lagi bercocok tanam di sawah. 

11. Banyumala Twin Waterfall

Kangen melepas penat sambil menikmati sejuknya cuaca pegunungan? Maka Sobat Torch harus ke Banyumala Twin Waterfall yang terletak di Wanagiri, Kabupaten Buleleng ini!

Banyumala Twin Waterfall merupakan air terjun kembar dengan ketinggian mencapai 20 meter yang mengalir deras dari dataran tinggi. Debit airnya cukup banyak dan menghempas bebatuan dengan suara gemericik yang menenangkan hati.

Air terjun kembar ini dikelilingi hamparan hutan pinus yang rimbun. Jadi suasananya sejuk, tentram dan bener-bener nyaman buat melepas penat. Apalagi saat kabut menyelimuti, pemandangannya semakin terlihat seperti negeri di dongeng.

Selain itu, spot foto dengan latar air terjun kembar ini sangat recommended banget buat Sobat Torch jepret. Misalnya di bawah guyuran air terjun, di atas batu besar menghadap kedua air terjun, atau selfie bareng di jembatan kayu penghubung. Pokoknya puas deh motret-motretnya!

12. Air Terjun Sekumpul

Last but not least, destinasi yang juga enak buat melepas lelah dan kepenatan adalah Air Terjun Sekumpul di Desa Sekumpul, Kabupaten Buleleng. Air terjun ini terdiri dari dua aliran dengan ketinggian mencapai 100 meter dan pemandangannya yang spektakuler!

Sobat Torch bayangkan saja ada dua aliran air jatuh mengguyur bagai hujan dari tebing bebatuan setinggi gedung 25 lantai! Debit airnya juga cukup deras mengalir ke sungai dibawahnya. Suara gemuruh air terjun ini membuat hati menjadi tenang dan damai.

Tak hanya itu, Sobat Torch juga dapat mengabadikan momenmu disini. Ada banyak alternatif spot foto keren dengan air terjun Sekumpul sebagai background-nya. Mulai dari bawah tebing, di tengah hamparan batu besar area air terjun, di atas jembatan gantung, dan masih banyak spot lainnya. Spot mana yang bakal Sobat Torch pilih nih?
Jadi, itu dia rekomendasi 12 destinasi wisata populer yang wajib Sobat Torch kunjungi saat liburan ke Bali versi Torch!

Mulai dari Nusa Penida, Tirta Gangga, Wanagiri Hidden Hills, Tanah Lot, Pura Uluwatu, Pura Ulun Danu Bratan, Danau Batur Kintamani, Pura Besakih, Pura Tirta Empul, Tegalalang, Banyumala Twin Waterfall, sampai Air Terjun Sekumpul. Semuanya merupakan spot-spot terkenal yang sayang untuk dilewati saat kamu menjelajahi Bali.

Nah, tunggu apalagi? Buruan siapin jadwal liburanmu ke Pulau Bali dan kunjungi destinasi wisata favorit yang sudah Torch rekomendasikan ya! Have fun dan safe trip!
Back to blog

Leave a comment