12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!

12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!

12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!


Halo Sobat Torch! Sedang merencanakan liburan ke Jogja tapi bingung harus ke mana? Jangan khawatir, Torch di sini siap bantu kamu! Jogja, sebagai salah satu destinasi wisata populer yang ada di Indonesia ini, menawarkan pesona alam yang luar biasa dengan beragam tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Lewat artikel ini, Torch akan memberikan rekomendasi 12 destinasi wisata alam Jogja terpopuler untuk memeriahkan liburan Sobat Torch di Jogja.


Mulai dari gunung yang megah, air terjun yang menakjubkan, hingga hutan pinus yang menyejukkan, semuanya ada disini. Dengan berkunjung ke 12 destinasi wisata alam pilihan Torch ini, perjalanan liburan Sobat Torch di Jogja dijamin akan menjadi lebih seru dan tak terlupakan. Apalagi jika Sobat Torch sudah membaca tips liburan ke jogja bagi pemula dan tips liburan low budget ala Torch.


Penasaran destinasi apa saja yang akan direkomendasikan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Rekomendasi Destinasi Wisata Alam Jogja

1. Gunung Merapi

Pastinya Sobat Torch sudah tak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Sebagai gunung berapi paling aktif di Indonesia, Gunung Merapi tentunya menyimpan pesona alam tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

Spot yang paling populer dan wajib kamu kunjungi adalah Kaliurang dan Puncak Gunung Merapi. Kaliurang berlokasi di ketinggian 900 mdpl dengan suhu berikisar antara 20-25 derajat Celcius. Sangat cocok buat nongkrong sambil menikmati sunset dengan latar Gunung Merapi. Ada Museum Gunung Api dan Merapi Volcano Observatory juga loh di sini.

Sementara untuk Puncak Gunung Merapi berada di ketinggian 2.930 mdpl. Untuk mencapai puncak Gunung Merapi, rute pendakian bisa dimulai dari basecamp yaitu Pasar Bubrah yang terkenal dengan misterinya.

Pemandangan alam dari puncak Gunung Merapi bener-bener spektakuler! Sobat Torch bisa menyaksikan hamparan Kabupaten Magelang, kawasan Menoreh, hingga pemukiman warga. Udaranya juga sejuk dengan suhu rata-rata mepet 10 derajat Celcius.

Jika Sobat Torch tetarik untuk melakukan glamping, Sobat Torch dapat melihat rekomendasi glamping di bogor dan glamping di bandung yang sudah Torch buat khusus untuk kamu.

2. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut adalah surga tersembunyi yang wajib Sobat Torch jelajahi saat berwisata di Jogja. Terletak di lereng Gunung Kelir, Girimulyo, Kulon Progo, air terjun ini memiliki kedalaman sekitar 2-5 meter dengan debit air yang cukup deras.

Di sekitar lokasinya yang masih asri, terdapat savana dan hamparan ilalang yang membuat Sobat Torch seperti sedang berada di negeri dongeng! Tak hanya itu, kamu juga bisa bermain air dan berswafoto di beberapa spot seperti cepolan air terjun dan kolam renang alami. Pokoknya seru dan asyik banget deh kalau nongkrong dan berpetualang di Air Terjun Kedung Pedut ini. Apakah Sobat Torch mulai tertarik menjelajahinya?

3. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal adalah destinasi wisata water park yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Jogja. Uniknya, water park satu ini menggunakan aliran Sungai Mudal sebagai wahana airnya!

Kamu bisa berpetualang menjelajahi sungai ini menggunakan perahu, kayak atau sekedar berenang. Di sepanjang Sungai Mudal juga terdapat flying fox yang melintas sepanjang aliran sungai. Sobat Torch bisa bayangkan betapa serunya terbang melintasi sungai sambil menikmati pemandangan sekitarnya kan?

Selain itu, masih banyak wahana air lain yang bisa kamu nikmati seperti water boom, slide, hingga niagara flow. Pokoknya seru dan asyik banget deh! Belum lagi fasilitas penginapan serta arena outbond yang tersedia juga.

4. Gua Pindul

Gua Pindul adalah goa gamping terpanjang dan terluas yang terletak di Desa Bejiharjo, Gunungkidul. Goa ini dikenal dengan sebutan goa bekelek karena kamu bisa menjelajahi gua ini sambil berenang melewati lorong-lorong sempitnya!

Secara harfiah Pindul berarti tergelincir. Dinamakan demikian karena medan di dalam goa yang licin dikarenakan guyuran air terjun bawah tanahnya.

Di dalam goa kamu juga bisa menjumpai stalaktit dan stalakmit yang terbentuk akibat pengerasan mineral-mineral kapur yang terkandung dalam air. Ada juga ceruk berbentuk papan yang biasa digunakan untuk melompat ke kolam air di bawahnya. Pokoknya petualangan seru dan unik banget deh menjelajahi Gua Pindul!

5. Kalibiru

Kalibiru adalah destinasi wisata favorit di Jogja untuk menikmati hamparan kebun teh yang eksotis. Berlokasi di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, ketinggian Kalibiru mencapai 450 mdpl.

Spot paling populer tentu foto ayunan di pinggir tebing yang sangat instagramable. Bayangkan bisa berayun manja di ayunan sambil menikmati pemandangan indah kebun teh dan puncak Gunung Merapi di kejauhan. Super keren dan memukau banget kan fotonya nanti!

Selain itu ada pula sky bridge yang menjorok ke tebing. Jalan di atas jembatan transparan ini bikin kamu seolah melayang di atas permukaan kebun teh. Tak ketinggalan gazebo putih gantung yang tak kalah keren untuk spot foto.

Udara di Kalibiru juga sejuk, sangat asik untuk bersantai dan menikmati aroma khas daun teh. Kalau Sobat Torch lapar, ada banyak warung makan yang menyediakan kuliner lokal.

6. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan kawasan hutan pinus yang terletak di Kecamatan Dlingo, Bantul. Suasana asri nan sejuk tentu jadi daya tarik utamanya.

Spot paling instagenic berada di tanah merah Jambu. Ya seperti namanya, tanah di area ini berwarna merah muda alami karena kandungan mineral tertentu. Konon kontras warna tanah merah muda dengan hijaunya pepohonan pinus ini melambangkan keromantisan lho Sobat Torch.

Tak ketinggalan spot tebing Dlingo dengan keindahan alam Gunung Merapi yang sangat memukau.

7. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis tentu sudah sangat terkenal sebagai pantai paling populer di selatan Jogja. Letaknya berada di Kretek, Bantul dengan panorama yang super eksotis.

Ombak Parangtritis cukup besar, sehingga cocok sekali untuk aktivitas selancar angin. Sobat Torch akan merasakan serunya berselancar sambil menikmati pemandangan pesisir yang indah

Di sepanjang pesisir pantai juga terdapat berbagai angkringan dan warung makanan yang sangat ramai. Sobat Torch bisa mampir untuk menikmati gorengan, sate atau seafood super lezat sambil bersantai menikmati panorama laut lepas.

Objek wisata lain yang sayang dilewatkan tentu Pelabuhan Ratu sebagai saksi bisu sejarah kerajaan Majapahit dahulu. Sobat Torch dapat menjelajahi tempat bersejarah yang unik ini.

8. Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Kabupaten Gunungkidul yang masih belum banyak diketahui orang. Padahal pesona pantai yang satu ini luar biasa memukau lho!

Bayangkan hamparan pasir putih nan landai berpadu dengan perbukitan karang indah. Pemandangannya bener-bener kaya lukisan alam. Belum lagi lautnya yang jernih banget dengan berbagai biota laut yang menawan.

9. Goa Jomblang

Goa Jomblang terletak di Dusun Gronggang, Desa Bejiharjo, Gunungkidul. Goa vertikal ini memiliki kedalaman mencapai 90 meter dengan kondisi lorong dan dinding bebatuan yang masih alami.

Fenomena unik Goa Jomblang adalah sinar matahari yang mampu menembus hingga ke dasar goa. Cahaya matahari ini menerangi dinding-dinding goa yang membuatnya nampak dramatis banget, seperti lukisan alam nan memukau.

Sensasi turun ke perut bumi Goa Jomblang dengan menggunakan peralatan pendakian tentu seru dan menegangkan. Ditambah exploring goa dengan formasi unik serta stalaktit dan stalakmit yang artistik membuat pengalaman ini terasa luar biasa.

Pokoknya Goa Jomblang adalah surga tersembunyi di perut bumi Jogja yang sayang banget dilewatkan Sobat. Mau turut merasakan sensasi petualangannya?

10. Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Desa Wukirsari, Imogiri. Dengan ketinggian 850-1200 mdpl, udara di hutan pinus ini sejuk banget.

Yang paling asyik tentu aktivitas camping ground-nya Sobat. Kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah sambil menikmati pemandangan perbukitan hutan pinus nan hijau sejauh mata memandang.

Suasana di sini juga lengang dari keramaian karena lokasinya terpencil. Jadi kamu bisa bersantai dan menikmati ketenangan alam. Malam hari, ribuan bintang bertaburan indah sekali dari sini.

Ada juga spot unik berupa rute tracking mengelilingi hutan. Rute hiking ini lumayan menantang karena kontur tanahnya berbukit-bukit. Tapi tentu semakin seru dan full tantangan kan Sobat!

11. Pantai Timang

Pantai Timang terletak di Kabupaten Gunungkidul yang cocok banget untuk liburan bersama keluarga. Pasalnya, Pantai berpasir putih ini sungguh indah pemandangannya dengan Hamparan karang yang eksotik.

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan tentu berenang dan berjemur sambil menikmati laut biru yang jernih. Ombak Pantai Timang cukup tenang sehingga aman untuk anak-anak.

Selain itu, di bibir Pantai juga disediakan spot ayunan dan ayunan unik dari ban bekas yang instagenic banget. Tak ketinggalan spot berfoto dengan latar karang unik berbentuk kepala gorilla.

Di sekitar lokasi juga terdapat penginapan dan angkringan yang menyajikan aneka seafood segar. Asyik banget kan bisa camping sambil mencicip kuliner lezat Pantai Timang?
Destinasi Bukit Lintang Sewu berada di perbukitan Watuadeg, Desa Kebonagung, Imogiri. Dengan ketinggian 325 mdpl, udara di bukit ini begitu sejuk dan segar.

Pemandangan Bantul dari ketinggian sungguh memanjakan mata Sobat. Kamu bisa puas memandangi hamparan sawah yang terbentang hijau sejauh mata memandang.

Suasana Bukit Lintang Sewu juga lengang dari keramaian kota. Jadi kamu bisa menikmati moment deg-degan sunset atau taburan bintang di malam hari dengan orang terkasih ditemani semilir angin sepoi-sepoi.

Ada juga spot ayunan gantung dan ayunan rotan di puncak bukit yang bikin foto kamu makin keren. Jangan lupa untuk hunting foto selfie dengan background pemandangan Bantul dari ketinggian.
Bagaimana Sobat Torch? Ternyata banyak banget bukan spot-spot wisata alam Jogja yang sayang untuk dilewatkan! Mulai dari wisata gunung Merapi, air terjun, goa, hingga wisata pantai nan eksotis.

Torch harap rekomendasi 12 wisata alam favorit ini bisa menginspirasi rencana liburan seru kamu ke Jogja. Jika Sobat Torch masih bingung menentukan tempat berlibur ke Jogja, Sobat Torch dapat melihat itinary jogja 3 hari 2 malam yang sudah Torch siapkan.

Kalau begitu, sekian dulu rekomendasi wisata alam jogja dari Torch. Terima kasih banyak atas perhatian kamu membaca artikel ini sampai akhir ya. See you in the next adventure Sobat Torch!
Back to blog

Leave a comment