Wisata Pantai Tanjung Aan 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Wisata Pantai Tanjung Aan 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Wisata Pantai Tanjung Aan 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


Halo Sobat Torch! Pantai Tanjung Aan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Sobat Torch, para pecinta wisata pantai. Destinasi indah yang terletak di Kawasan Mandalika, Lombok Tengah ini begitu populer karena keunikan pemandangannya yang memukau dengan keunikan pasir pantainya.


Selain terkenal karena keindahan alamnya, Pantai Tanjung Aan juga menyimpan banyak cerita dan budaya, salah satunya adalah ritual Bau Nyale Mandalika. Tak heran bila lokasi ini begitu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.


Lantas seperti apa sih daya tarik utama serta fasilitas terbaru yang bisa Sobat Torch nikmati saat berkunjung ke Pantai Tanjung Aan di tahun 2024 ini? Yuk simak ulasan lengkapnya dalam artikel wisata Torch berikut ini!

Keunikan Pantai Tanjung Aan

Keunikan utama Pantai Tanjung Aan terletak pada perbedaan jenis pasirnya di sepanjang panjtai. Pada pantai sisi timur, karakteristik pasirnya lebih halus seperti tepung dengan warna putih. Sedangkan pantai di sisi barat memiliki karakteristik pasir yang lebih kasar dan besar seperti merica berwarna kuning kecoklatan, sehingga Sobat Torch akan merasakan sedikit terperosok ketika berjalan melewatinya.

Selain itu, Pantai Tanjung Aan juga memiliki banyak spot foto yang instagramable dan kece abis lho! Beberapa diantaranya yang menjadi favorit wisatawan adalah Batu Payung dan Bukit Merese.

1. Batu Payung

Batu Payung merupakan sebuah karang besar berbentuk payung di pinggir Pantai Tanjung Aan. Sobat Torch bisa berfoto unik di bawah karang Batu Payung untuk mendapatkan background alam nan eksotis. Foto kamu berpose di sini dijamin bakal keren banget!

2. Bukit Merese

Nah, Bukit Merese ini merupakan spot wajib untuk mengabadikan momen sunset di Pantai Tanjung Aan. Duduk bersantai di hamparan padang rumputnya yang indah sambil menikmati keindahan sang surya terbenam dengan latar belakang pemandangan Pantai Tanjung Aan yang eksotis disertai deburan ombaknya. Romantis dan damai banget deh pokoknya!

Aktivitas Wisata di Pantai Tanjung Aan

Ada banyak pilihan aktivitas seru yang bisa Sobat Torch nikmati di Pantai Tanjung Aan, diantaranya adalah:

1. Berenang

Air laut Pantai Tanjung Aan yang jernih dengan karakteristik pasirnya yang unik disertai dengan ombaknya yang lumayan tenang, menjadikan pantai ini cocok sebagai tempat berenang dan bermain air. Nikmati aktivitas menyegarkan ini sambil menikmati pesona laut biru di Pantai Tanjung Aan.

2. Snorkeling

Dikarenakan airnya yang cukup tenang dan relatif dangkal Pantai Tanjung Aan dapat menjadi salah satu spot untuk melakukan snorkeling lho, Sobat! Dengan terumbu karangnya yang masih terjaga dan ikan tropis berwarna-warni, akan menjadikan pengalaman snorkelingmu lebih seru lagi. Selain itu, disini juga sudah ada tersedia paket snorkeling lengkap dengan peralatan dan instrukturnya.

3. Berselancar atau Surfing

Di sore hari, permukaan air di Pantai Tanjung Aan akan mulai naik, sehingga karakteristik ombak airnya juga sedikit berubah menjadi lebih deras. Hal ini biasa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berselancar baik itu untuk peselancar pemula hingga professional. Jangan lupa untuk sewa papan selancar dan coba rasakan sensasi mengarungi ombak di pantai eksotis yang satu ini ya, Sobat!

4. Bersantai dan Berjemur

Fasilitas tikar dan payung pantai tersedia bagi Sobat Torch yang hanya ingin bersantai sambil berjemur menikmati pemandangan laut biru Pantai Tanjung Aan yang indah ini. Jangan lupa untuk pakai sun screen ya Sobat!

5. Menikmati Sunset di Perbukitan

Pantai Tanjung Aan ini menawarkan pemandangan sunset yang sangat indah. Apalagi jika Sobat Torch melihatnya dari atas perbukitan yang ada di sekitar pantai. Salah satunya adalah Bukit Merese. Bukit Merese menawarkan spot terbaik untuk menyaksikan keindahan sunset di Pantai Tanjung Aan. Duduk santai menikmati keindahan sang surya terbenam sambil mengabadikan momen ke dalam kamera bersama pasangan maupun keluarga. Torch yakin akan jadi salah satu momen yang tak akan terlupakan!

6. Melihat Festival Bau Nyale Mandalika

Jika Sobat Torch datang kesini pada bulan Februari akan ada event spesial yaitu, Festival Bau Nyale Mandalika. Festival ini merupakan tradisi dari penduduk setempat yang berkaitan dengan mitos mengenai Putri Mandalika yang mengorbankan dirinya. Pada festival ini, Sobat Torch akan melihat masyarakat menangkap nyale atau cacing laut yang akan dimasak nantinya. Sangat unik dan seru banget bukan?

Itu dia informasi lengkap mengenai aktivitas wisata seru dan menarik yang bisa Sobat Torch lakukan di Pantai Tanjung Aan!

Akomodasi dan Fasilitas di Pantai Tanjung Aan

Sobat Torch tidak perlu takut akan akomodasi di sekitar Pantai Tanjung Aan karena disini sudah tersedia beragam pilihan penginapan mulai dari harga terjangkau hingga mahal dengan fasilitas yang mewah juga tentunya. Selain itu, Sobat Torch juga dapat bermalam di rumah penduduk setempat yang dijadikan penginapan rutel atau rotel (rumah hotel). Beberapa rekomendasi penginapannya adalah Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resosrt, Novotel Lombok Resort and Villas, dan Jivana Resort.

Untuk fasilitas umum di sekitar pantai, sudah terbilang cukup lengkap. Beberapa fasilitas tersebut adalah toilet, mushola, dan tempat parkir yang memadai. Selain itu, untuk makan dan minum, terdapat pula pilihan kafe dan restoran seafood dengan suasana outdoor menghadap laut.

Pada tahun 2024 ini, fasilitas dan infrastruktur di sekitar Pantai Tanjung Aan diperkirakan akan semakin baik dan lengkap. Kebutuhan wisatawan akan sangat terakomodasi dengan pelayanan bertaraf internasional.

Perkiraan Biaya Wisata ke Pantai Tanjung Aan

Berikut adalah perkiraan biaya yang harus Sobat Torch keluarkan untuk berlibur di Pantai Tanjung Aan ini:
- Tiket masuk pantai: Gratis
- Tiket parkir motor: Rp5.000/kendaraan
- Tiket parkir mobil: Rp10.000/kendaraan
- Tiket kendaraan besar: Rp15.000/kendaraan
- Biaya penginapan: mulai dari Rp350.000/malam
- Biaya makan: mulai dari Rp150.000/hari
- Sewa papan selancar: Rp100.000-Rp150.000

Perlu dicatat bahwa perkiraan harga ini dapat berubah-ubah dikarenakan banyak faktor seperti musim liburan, fasilitas penginapan, budget makan, dan kendaraan yang digunakan serta aktivitas yang kamu lakukan di Pantai Tanjung Aan.

Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!
Nah, lengkap sudah informasi tentang Pantai Tanjung Aan sebagai salah satu destinasi wisata pantai terfavorit di Lombok yang wajib kamu kunjungi. Rencanakan jadwal liburanmu ke sana dan rasakan sendiri pesona keindahannya! Sampai berjumpa di artikel lainnya ya Sobat Torch!
Back to blog

Leave a comment