image source: https://ik.imagekit.io/tvlk/blog/2021/08/Destinasi-Wisata-di-Kintamani-Pura-Ulun-Danu-Batur-Shutterstock.jpg?tr=dpr-2,w-675

Mengenal Danau Batur & Panduan Berwisata Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Kamu sudah punya rencana liburan ke mana nih di tahun 2024? Bagi kamu yang mencari rekomendasi destinasi wisata di Bali, Torch merekomendasikan untuk mengunjungi Danau Batur di daerah Kintamani. 


Danau cantik ini menawarkan keindahan panorama alam yang memanjakan mata, dengan hamparan air jernih dikelilingi perbukitan dan latar belakang memesona Gunung Batur. Tak hanya indah, kawasan Danau Batur juga menyimpan sejuta pesona lain yang siap mengisi liburanmu dengan pengalaman tak terlupakan. Penasaran? Yuk, kenal lebih dekat Danau Batur beserta panduan wisatanya di tahun 2024 melalui artikel dibawah ini!


Sejarah dan Asal Usul Danau Batur


Danau cantik ini terletak di kawasan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dengan luas permukaan airnya sekitar 16,05 km2 dan kedalaman rata-rata di 50 meter, tak heran bila Danau Batur disebut sebagai danau terbesar di Pulau Bali. Danau Batur juga merupakan sebuah danau kaldera aktif dari Gunung Batur yang berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sekitar Danau Batur terasa sejuk dan menyegarkan. Selain itu, panorama di sekitarnya yang dikelilingi dengan hijaunya area perbukitan semakin menambah keindahan dari danau yang satu ini!


Asal usul Danau Batur terbentuk dari letusan dahsyat Gunung Batur yang terjadi sekitar ratusan bahkan ribuan tahun silam. Letusan ini menciptakan cekungan besar yang kemudian terisi air dari sumber-sumber mata air bawah tanah. Dengan adanya kaldera aktif yang berada di dasarnya, membuat warna air di danau dapat berubah-ubah.


Selain asal usul geologisnya, terdapat pula legenda menarik seputar terciptanya Danau Batur. Konon hidup seorang anak laki-laki yang diberi nama Kebo Iwa karena memiliki nafsu makan luar biasa. Dengan nafsu makannya yang besar, anak tersebut tumbuh dengan sangat cepat.


Suatu hari, Kebo Iwa membantu warga menggali penampungan air untuk mengatasi kekeringan. Usai bekerja keras, warga memberikan makan atas bentuk apresiasinya dan ia pun tertidur pulas di dalam kolam yang ia gali. Tanpa disadari, air tanah mengalir deras hingga memenuhi penampungan dan akhirnya menjadi sebuah danau yang kini kita kenal sebagai Danau Batur. Sedangkan gundukan tanah dan batu hasil galian Kebo Iwa konon menjadi Gunung Batur yang mengelilingi danau. Cerita ini kemudian menjadi legenda dari asal muasal Danau dan Gunung Batur di kalangan masyarakat setempat. Sangat unik bukan Sob?


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!


Daya Tarik Danau Batur


Sobat Torch pasti akan terpukau dengan keindahan alami Danau Batur begitu melihatnya secara langsung. Dengan luas area sekitar 16 km persegi, danau ini dikelilingi oleh perbukitan dan dilatari pemandangan memukau Gunung Batur. Airnya yang tenang dan jernih berwarna kebiruan membuat panorama alamnya semakin mempesona. Belum lagi ditambah dengan suasananya yang sejuk dan tenang, pasti akan membuatmu ketagihan berada di kawasan danau indah yang satu ini!


Tidak hanya indah dipandang, Danau Batur juga menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk kamu nikmati. Kamu bisa berkemah sambil menikmati keindahan alam, melakukan hiking di sekitar kawasan danau, atau berburu momen sunrise dan sunset yang tak terlupakan. Selain itu, ada juga cafe dan restoran, serta beragam akomodasi seperti penginapan, resort, villa, dan hotel yang bisa kamu temui eksplorasi di sekitar kawasan tersebut. Lengkap sudah liburan mengasyikkan di Danau Batur!


Baca Juga: 12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!


Wisata di Sekitar Danau Batur


Selain menikmati keindahan Danau Batur itu sendiri, Sobat Torch juga bisa mengeksplorasi berbagai objek wisata lainnya di sekitar area danau. Salah satunya adalah Pura Ulun Danu Batur, pura bersejarah tepi danau yang digunakan untuk memuja Dewi Sri atau Dewi Kemakmuran.


Dari Danau Batur, kamu juga bisa melanjutkan petualangan dengan melakukan trekking di Gunung Batur ataupun Gunung Abang, menjelajahi indahnya Hutan Pinus Glagah Linggah Lestari, berkunjung ke Desa Trunyan dan melihat tradisi uniknya, melakukan camping di Desa Pinggan, menikmati pemandian air panas di Toya Bungkah, dan masih banyak hal lainnya yang bisa kamu eksplorasi dan lakukan disini. Pokoknya kamu gak bakal kebosanan deh kalau berkunjung ke tempat wisata yang satu ini!


Baca Juga: 6 Rekomendasi Wisata Alam Puncak Bogor yang Wajib Kamu Kunjungi


Lokasi dan Rute ke Danau Batur


Danau Batur terletak di kawasan Kintamani, Kabupaten Bangli, kurang lebih 2 jam perjalanan darat dari pusat kota Denpasar menggunakan kendaraan pribadi ataupun jasa travel.


Dari Kota Denpasar, Sobat Torch dapat melalui kawasan Ubud dan melewati Jalan Tampaksiring ke arah Utara. Sementara jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai, kamu dapat melalui Jalan Bypass Ngurah Rai kemudian menuju ke Jalan Tampaksiring seperti yang Torch jelaskan sebelumnya.


Rute yang dilalui menuju ke Danau Batur ini lumayan berkelok-kelok dan menanjak dikarenakan kawasan tersebut berada di dataran tinggi. Jadi, buat Sobat Torch yang ingin bepergian dengan kendaraan pribadi, pastikan bahwa kendaraanmu dalam kondisi prima.


Bagi yang ingin berwisata lengkap, beberapa penginapan seperti vila, resort atau homestay juga bisa ditemukan di sekitar kawasan Danau Batur. Kamu bisa memilih penginapan yang nyaman sesuai budget untuk memaksimalkan pengalaman liburanmu.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. Beberapa contoh itinerary Bali dari Torch adalah itinerary bali 4 hari 3 malam dan itinerary bali 5 hari 4 malam.


Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam Solo yang Asri


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kanzaki 30 Liter

tas kanzaki dari torch

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan.

 

List fitur dari Kanzaki 30 Liter:

  • Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
  • Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
  • Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi. 
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
  • Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

tas ishikari dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.


List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Rampak Foldable Backpack

tas rampak foldable dari torch

Backpack sekaligus waist bag? Torch kenalkan, rampak foldable bag. Saat dimaksimalkan fungsinya dapat menjadi backpack. Namun, saat dilipat tetap berfungsi sebagai waist bag. Praktis banget bukan?


List fitur Rampak Foldable Backpack:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black dan Navy
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

Danau Batur memang layak disebut sebagai salah satu danau terindah di Bali. Keindahannya yang memukau, ditambah dengan ragam aktivitas serta obyek wisata menarik di sekitarnya, membuat kawasan ini sangat sayang untuk dilewatkan dalam liburanmu ke Pulau Dewata. Jangan khawatir soal aksesibilitas, jalur menuju Danau Batur pun sudah semakin mudah diakses dari berbagai wilayah di Bali. Selain itu, Torch juga ada menyediakan artikel mengenai tips berlibur ke bali dan tips backpacker ke bali. Buat kamu yang tertarik jangan lupa baca artikel tersebut ya!


Jadi tunggu apalagi? Segera kemasi kopermu dan pastikan Danau Batur menjadi bagian dari daftar destinasi liburanmu tahun ini! Siapkan kameramu untuk mengabadikan momen berharga selama menikmati pesona surga tersembunyi di Pulau Dewata. Sampai berjumpa di artikel Torch yang lainnya ya Sob!

Back to blog

Leave a comment