10 Rekomendasi Destinasi Wisata Populer di Padang Tahun 2024

10 Rekomendasi Destinasi Wisata Populer di Padang Tahun 2024

10 Rekomendasi Destinasi Wisata Populer di Padang Tahun 2024


Halo Sobat Torch! Kota Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat, memang terkenal dengan ragam destinasi wisatanya yang begitu mempesona. Kota ini dikelilingi oleh panorama alam yang indah seperti pantai berpasir putih, air terjun menawan, hingga pulau-pulau eksotis dengan laut biru jernih.


Tak heran bila setiap tahun, wisatawan domestik maupun mancanegara berbondong-bondong berkunjung ke Kota Padang untuk menikmati sensasi petualangan dan liburan seru bersama keluarga, teman, maupun pasangan.


Torch telah merangkum 10 rekomendasi destinasi wisata paling populer di Kota Padang tahun 2024 yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari pantai eksotis, air terjun spektakuler, pulau tropis, hingga tempat wisata ikonik penuh sejarah dan legenda. Yuk, simak rekomendasi destinasi wisata seru dan Instagramable di Kota Padang pada pembahasan di bawah ini ya, Sobat Torch!

Rekomendasi Destinasi Wisata Padang

1. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak terletak 26 kilometer dari pusat Kota Padang. Pantai ini memiliki kontur yang luas dan datar membuatnya sangat cocok sebagai rute bersepeda.

Di Pantai Pasir Jambak, Sobat Torch bisa melakukan aktivitas berenang, berjemur, bermain voli pantai, hingga menyewa perahu untuk mengelilingi pantai. Sangat cocok untuk bersantai dan menenangkan bukan?

2. Pantai Nirwana

Hanya berjarak 11 km dari Kota Padang, Pantai Nirwana berada tak jauh dari pelabuhan Teluk Bayur. Dari Pantai Nirwana, Sobat Torch dapat melihat kapal-kapal yang sedang bersandar di pelabuhan. Saat air surut, batu karang dan koral kecil yang bertebaran bisa terlihat jelas di sepanjang pantai.

Pepohonan kelapa di pinggir pantai ini juga makin melengkapi nuansa tropis yang eksotis. Pantai Nirwana sangat cocok buat camping atau sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan dan angin pantainya yang berhembus.

3. Pulau Pagang

Pulau seluas 12 hektar ini memiliki air laut yang tenang dengan warna biru jernih menawan. Terdapat terumbu karang indah dengan beragam spesies ikan warna-warni.

Kegiatan snorkeling di Pulau Pagang sangat menyenangkan karena banyak sekali hewan laut lucu yang bisa Kamu temui, seperti ikan grouper, clown fish, pari totol biru, dan butterfly fish.

Ada juga berbagai wahana air yang bisa Sobat Torch nikmati seperti jetski, banana boat, dan donat boat. Uniknya, di Pulau Pagang kamu juga bisa berenang mengapung layaknya di Laut Mati karena airnya memiliki kadar garam yang cukup tinggi.

Fasilitas penginapan yang lengkap dengan cottage, penginapan backpacker, hingga camping ground juga tersedia jika ingin menginap lebih lama.

4. Air Terjun Lubuak Rantiang

Berlokasi di sekitar daerah Sungai Bangek, Air Terjun Lubuak Rantiang ini memiliki kolam alami di aliran sungainya. Meski hanya setinggi 6 meter, air terjun ini menyajikan pemandangan alam yang indah.

Ditambah air sungai kehijauan beningnya yang sangat jernih, sangat cocok untuk Sobat Torch yang ingin refreshing sambil berenang dan berendam!

5. Pulau Sikuai

Masih satu kluster dengan Pulau Pagang, Pulau Sikuai ini masuk dalam wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Dengan luas total sebesar 44 hektar, sekitar 2,4 Ha dari luasnya telah dijadikan kawasan resort untuk menginap.

Pulau yang dikelilingi pantai berpasir putih ini masih memiliki hutan tropis alami yang rimbun. Pepohonan kelapa dan cemara laut tumbuh subur di sepanjang pesisir pantai.

Pulau Sikuai sangat cocok untuk snorkeling dan diving menikmati terumbu karang dan biota laut. Kamu juga bisa berkemah sambil menikmati suasana tropis nan eksotis.

6. Pantai Air Manis

Selain terkenal dengan Malin Kundang, Pantai Air Manis juga memiliki pemandangan yang mempesona. Ombak di Pantai Air Manis cukup tenang sehingga aman untuk berenang dan bermain air.

Di bebatuan pantai, terukir relief mirip bentuk kapal yang hancur berkeping-keping. Konon bentukan alam ini melambangkan kisah kapal Malin Kundang yang karam terkena kutukan sang ibu.

Pantai Air Manis sangat cocok untuk menghabiskan sore hari sambil menyaksikan sunset, piknik bersama keluarga, atau sekedar berswafoto.

7. Pantai Padang

Setelah direvitalisasi, Pantai Padang kini dilengkapi beragam fasilitas modern seperti jogging track, tempat duduk, hingga spot swafoto Instagramable. Pantai Padang juga sering digunakan untuk gelaran event budaya dan kuliner.

Saat cuaca cerah, Kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam di ufuk barat Pantai Padang yang spektakuler. Jangan lupa mengabadikannya ya, Sobat Torch!

8. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya merupakan salah satu ikon pariwisata di Kota Padang. Lokasinya dekat dengan Muara Sungai Padang dan telah direnovasi dengan cat warna-warni cerah khas Minang.

Dari atas Jembatan Siti Nurbaya, Kamu bisa menikmati panorama pusat Kota Padang juga deretan rumah panggung tradisional di Kawasan Kota Tua. Sangat cocok untuk spot swafoto dan mengambil foto kenangan.

9. Pemandian Lubuk Minturun

Terletak sekitar 17,8 km dari Kota Padang, Pemandian Lubuk Minturun menyajikan air jernih menyejukkan dari aliran sungai di kaki Bukit Barisan.

Sungai dangkal ini memiliki bebatuan besar dan licin yang bagus untuk tobogan alami. Sobat Torch juga bisa berenang atau sekadar berendam kaki menikmati kesejukan air sungainya. Selain itu, pemandangannya yang memukau dan menyegarkan akan membuat Sobat Torch merasakan ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan.

10. Air Terjun Sarasah

Dulunya bernama Sarasah Banyak Gariang yang artinya banyak Ikan Gabus, Air Terjun Sarasah ini terbagi menjadi 2 tingkat. Tingkat pertama setinggi 10 meter dan tingkat kedua setinggi 15 meter.

Aliran airnya yang deras meluncur di bebatuan yang disusun rapi bak tangga piramida yang sungguh memukau. Tak salah bila Air Terjun Sarasah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Padang.

Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!
Itulah rekomendasi 10 destinasi wisata populer di Kota Padang yang wajib Kamu kunjungi pada tahun 2024 ini. Destinasi-destinasi wisata yang Torch rangkum tersebut menawarkan beragam aktivitas seru dan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Mulai dari menikmati surga tropis di Pulau Pagang dan Pulau Sikuai, berpetualang menaklukkan Air Terjun Sarasah dan Lubuak Rantiang, hingga bersantai di Pantai Padang dan Pantai Air Manis menyaksikan indahnya sunset.

Semua tempat wisata alam ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kota Padang, Sumatera Barat. Jadi, apa lagi yang Kamu tunggu? Segera susun rencana perjalananmu dan pilih salah satu destinasi wisata favoritmu di Kota Padang. Ajak sahabat dan keluarga untuk menjelajahi ragam tempat wisata menarik ini. Happy traveling dan selamat berjumpa di artikel Torch yang lainnya!
Back to blog

1 comment

Thank you for the information.
For friends who are looking for a website specifically discussing the best tourist attractions in Indonesia, you can visit the website below for your holiday reference.
https://wisata72.livejournal.com/

WISATA72

Leave a comment