10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Palembang Tahun 2024

10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Palembang Tahun 2024

10 Rekomendasi Destinasi Wisata Populer di Palembang Tahun 2024


Halo Sobat Torch! Palembang dikenal sebagai salah satu kota tua di Indonesia yang kaya akan sejarah dan budaya. Sebagai ibukota provinsi Sumatera Selatan, Palembang juga memiliki beragam destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.


Mulai dari wisata sejarah, alam, kuliner, hingga edukasi. Semuanya seru-seru dan patut untuk dikunjungi. Apalagi didukung dengan akses transportasi yang mudah ke berbagai tempat wisata di Palembang, tentu semakin memudahkan Sobat Torch menjelajahinya.


Nah, untuk memandu perjalanan wisata Sobat Torch ke Palembang, Torch sudah merangkum 10 rekomendasi destinasi wisata paling populer dan hits di sana. Destinasi-destinasi wisata tersebut telah Torch rangkum berdasarkan popularitas dan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi sudah pasti teruji ke populerannya.


Sudah mulai penasaran apa saja tempat wisata yang masuk list rekomendasi Torch? Silakan simak ulasannya berikut ini ya!

Rekomendasi Destinasi Wisata Palembang

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera adalah tempat wisata di Palembang yang terkenal dan Instagramable, sekaligus menjadi ikon dari Kota Palembang. Lokasinya berada di kali Ciputrahaji Kecamatan Banjaranyar.

Rasanya kurang afdol, kalau ke Palembang dan tidak mengunjungi Jembatan Ampera ini. Pasalnya, jembatan ini sempat menjadi yang terpanjang di Indonesia dengan panjang lebih dari 1117 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter dari tanah atau setara 11,5 mdpl.

Jembatan Ampera dibangun pada April 1962 untuk menggantikan jembatan eropa. Setelah mengalami renovasi, kini Jembatan Ampera tampil lebih modern dengan pencahayaan artistic lightings di malam hari.

Selain spot foto yang kece, Sobat Torch juga bisa menikmati panorama Kota Palembang dari atas Jembatan Ampera. Kalau beruntung, kamu juga bisa menyaksikan parade kapal-kapal di Sungai Musi dari sini.

2. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro merupakan tempat wisata di Palembang yang terletak di tengah Sungai Musi dan tak jauh dari Jembatan Ampera. Pulau seluas 79 hektar ini terbentuk secara alami dari endapan lumpur dan tanah.

Daya tarik Pulau Kemaro yaitu adanya situs sejarah Tionghoa seperti Klenteng Hok Tjing Rio, pohon cinta, hingga makam penunggu pulau. Banyak wisatawan etnis Tionghoa yang berkunjung saat perayaan Cap Go Meh.

Di Pulau Kemaro, Sobat bisa menikmati arsitektur khas Cina dan merasakan kultur ala negeri tirai bambu. Tak heran bila suasananya serasa berada di China Town.

3. Air Terjun Curug Maung

Bagi Sobat Torch yang hobi tracking dan mencari destinasi wisata yang belum ramai, Air Terjun Curug Maung bisa jadi pilihan yang tepat.

Keberadaan air terjun setinggi 80 meter ini masih belum banyak diketahui banyak orang. Padahal, Curug Maung menyimpan pemandangan alam nan eksotis dengan deburan air terjun dan hutan tropis di sekitarnya.

Lokasinya berada di Atung Bungsu, Dempo Selatan. Sobat perlu menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pusat Kota Palembang untuk sampai di sini. Rute menuju Curug Maung cukup menantang karena jalanan berbatu dan menanjak.

Namun semua perjalanan akan terbayar saat disambut hamparan hijau hutan tropis dan suara gemericik air terjun yang memukau. Untuk masuk ke lokasi, Sobat Torch cukup membayar biaya parkir sebesar Rp5.000/orang.

4. Taman Bunga Celosia Spring Hill

Salah satu tempat wisata di Palembang yang lagi hits dan ramai dikunjungi akhir-akhir ini adalah Taman Bunga Celosia Spring Hill.

Sesuai namanya, daya tarik utama taman bunga ini tentu saja hamparan bunga celosia atau yang juga dikenal sebagai bunga jengger ayam. Selain celosia, di taman seluas 7500 meter persegi ini juga ditanami aneka bunga warna-warni lainnya.

Suasana taman yang asri ditambah latar pemandangan Gunung Dempo, sangat pas buat Sobat yang ingin berswafoto dengan latar kebun bunga yang cantik dan instagramable.

Lokasinya tak jauh dari pusat Kota Palembang, yaitu di Jalan Letjen TNI Dr. H. Ibnu Sutowo, Talang Klp., Kecamatan Alang-Alang Lebar. Taman buka setiap hari dari pukul 09.00-16.30 WIB.

5. Taman Purbakala Bukit Siguntang

Sobat yang hobi menjelajah destinasi bersejarah, wajib mampir ke Taman Purbakala Bukit Siguntang. Kompleks situs purbakala ini menyimpan jejak sejarah Kerajaan Sriwijaya.

Di areal seluas 12,8 hektar ini, terdapat sisa-sisa bangunan abad ke-6 hingga 13 Masehi. Beberapa situs seperti makam, candi, meriam, hingga gerabah dan perhiasan kuno bisa Sobat temukan di sini. Selain itu, pemandangannya yang asri dan hijau dijamin akan memanjakan mata Sobat Torch!

Cukup menarik bukan mengetahui lebih dekat sejarah Palembang di masa lampau? Tak hanya itu, pemandangan Kota Palembang dari puncak Bukit Siguntang juga ciamik lho. Instagramable banget!

6. Air Terjun Lematang Indah

Jika bosan dengan wisata kuliner dan ingin mencari suasana baru, coba deh datang ke Air Terjun Lematang. Destinasi wisata alam ini berlokasi di Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan.

Sesampainya di sana, Sobat Torch akan disambut hamparan hijau pepohonan rimbun dan gemericik air terjun setinggi 40 meter. Suasananya begitu sejuk dan tenang, pas buat melepas penat.

Ada juga beberapa fasilitas seperti arena bermain dan camping ground buat Sobat Torch yang ingin menginap. Pokoknya seru dan asyik banget deh wisata alamnya. Bikin betah dan ga mau pulang!

7. Kebun Teh Dempo

Masih dengan nuansa hijau yang sejuk dan menenangkan, destinasi selanjutnya yang recommend dari Torch yaitu Kebun Teh Dempo. Letaknya tak jauh dari pusat Kota Palembang namun terasa sangat alami.

Dibentangkan hamparan kebun teh hijau seluas 1.478 hektar membuat siapa pun yang datang merasa tenang dan nyaman. Tidak lupa, pemandangan Gunung Dempo di kejauhan pun semakin melengkapi keindahan alam di sini.

Di sekitar lokasi, terdapat penginapan mulai dari hotel, vila, homestay hingga losmen bagi Sobat Torch yang ingin menikmati suasana kebun teh lebih lama.

8. Hutan Punti Kayu

Merupakan satu-satunya kawasan wisata hutan di Palembang, Hutan Punti Kayu selalu ramai dikunjungi tiap akhir pekan. Luas area sekitar 50 hektar ini cukup terawat dengan beragam fasilitas menarik.

Ada arena bermain anak berupa ayunan dan jungkat-jungkit dari ban bekas, jembatan kayu ala hutan amazon, wahana arung jeram, hingga arena gajah. Suasananya rindang karena banyak ditumbuhi pepohonan.

Lokasinya cukup dekat dari pusat kota, yaitu di Jalan Kolonel H. Barlian, Srijaya, Kecamatan Alang-alang Lebar. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini ya Sobat Torch!

9. Air Terjun Bidadari

Destinasi selanjutnya masih seputar air terjun, yaitu Air Terjun Bidadari. Dinamakan demikian karena keindahan air terjun setinggi 50 meter ini bak bidadari di khayangan.

Untuk bisa mencapai Air Terjun Bidadari, Sobat Torch bisa naik kendaraan bermotor selama 15 menit dari Kota Lahat. Setelah sampai di Desa Karang, dilanjutkan dengan berjalan kaki melintasi kebun kopi, lalu masuk ke hutan selama 30 menit.

Dikelilingi pohon-pohon rindang yang membentuk goa alami, suasananya begitu teduh dan sejuk. Banyak burung dan kupu-kupu beterbangan menambah keindahan lokasi. Akar pepohonan menggantung di tepian sungai, sementara rerumputan tumbuh subur di bebatuan. Sungguh pemandangan alami nan menakjubkan.

Tidak ketinggalan, hutan bambu di sekitar lokasi turut melengkapi keindahan alam Air Terjun Bidadari. Pokoknya seru dan sayang banget untuk dilewatkan!

10. Arung Jeram Sungai Manna

Last but not least, destinasi hits di Palembang berikutnya adalah Arung Jeram Sungai Manna. Terletak di Kecamatan Tanjung Sakti, tempat ini jadi primadona buat Sobat Torch pecinta olahraga air ekstrim.

Sungai Manna menyajikan debit air yang cukup deras dengan ombaknya yang cukup tinggi. Sensasi arung jeram di sungai ini tentu tak kalah seru dengan tempat arung jeram lainnya.

Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!
Demikian ulasan lengkap dari Torch terkait 10 rekomendasi destinasi wisata populer di Palembang yang paling hits saat ini. Berbagai tempat wisata mulai dari yang ikonik, alam, sejarah, taman bunga hingga wisata ekstrim sudah Torch rangkum untuk menemani perjalanan wisata Sobat Torch. Semua sudah terbukti ramai dikunjungi turis lokal maupun mancanegara.

Beberapa yang wajib masuk bucket list wisata Palembang antara lain Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Curug Maung, Taman Bunga Celosia Spring Hill dan masih banyak lagi. Pokoknya seru dan instagramable! Ditambah keramahan warga lokal dan kuliner lezat khas Palembang seperti pempek, makin membuat betah berlama-lama di Kota Palembang ini.

Jadi tunggu apa lagi Sob? Segera susun rencana perjalanan wisata ke Palembang dan rasakan sensasi petualangan menjelajahi destinasi-destinasi wisatanya. Have a great trip! Sampai berjumpa di artikel Torch yang lain!
Back to blog

Leave a comment