image source: https://theworldtravelguy.com/wp-content/uploads/2020/05/DSCF3037_1200.jpg

Panduan Wisata Pura Tirta Empul Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Kamu sedang mencari destinasi wisata di Bali yang menarik? Jika iya, Torch mengajak kamu untuk menjajaki Pura Tirta Empul, salah satu objek wisata andalan di Pulau Dewata, Bali. Bukan hanya pemandangan dan lokasinya yang menarik, melainkan kisah sejarah yang panjang serta menyimpan pesona budaya dan arsitektur yang memukau. 


Mulai dari keindahan kolam suci, bangunan kuno yang memesona, hingga aura mistis yang menyelimutinya, Sobat Torch jamin kamu akan dimanjakan dengan pengalaman tak terlupakan. Jadi, tunggu apalagi? Mari kita jelajahi keajaiban Pura Tirta Empul lebih dalam dalam panduan wisata lengkap Torch berikut ini!


Sejarah Pura Tirta Empul


Tirta Empul merupakan sebuah kolam pemandian suci yang telah ada sejak abad ke-10 masehi. Kolam ini dibangun disekeliling sumber air mata besar oleh Raja Sri Candrabhayasingha Warmadewa pada tahun 962 M selama zaman wangsa Warmadewa.

Menurut cerita mitologi masyarakat setempat, Tirta Empul ini merupakan salah satu hasil dari peperangan antara Dewa Indra melawan Raja Mayadenawa yang bersikap sewenang-wenang. Dikisahkan bahwa Raja Mayadenawa tidak mengizinkan rakyatnya untuk melaksanakan upacara keagamaan. Dikarenakan hal tersebut, para pasukan yang dikepalai oleh Bhatara Indra menyerang Mayadenawa. Mayadenawa berhasil dikalahkan kemudian melarikan diri ke daerah Utara Desa Tampak Siring dan menciptakan sebuah mata air beracun menggunakan kesaktiannya guna mengalahkan pasukan para dewa yang mengejarnya. 


Mengetahui hal tersebut Bhatara Indra menancapkan tombak saktinya ke mata air tersebut untuk mengubahnya menjadi mata air guna menyembuhkan pasukan yang terkena racun sebelumnya. Mata air tersebut kemudian dinamakan dengan Tirta Empul yang berarti “mata air suci yang keluar dari tanah”. 


Hingga saat ini, masyarakat setempat mempercayai bahwa mata air tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, banyak wisatawan baik itu domestik dan mancanegara yang penasaran dan mencobanya langsung disini. Bagaimana Sobat Torch? Apakah kamu semakin tertarik ke destinasi wisata yang satu ini?


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!


Daya Tarik Tirta Empul


Salah satu daya tarik utama di Tirta Empul adalah keberadaan tiga bagian Pura yaitu, Jaba Pura (halaman depan), Jaba Tengah (halaman tengah), dan Jeroan (halaman dalam). Untuk kolam dengan pancuran airnya dapat kamu temui di Jaba Tengah yang terdiri dari 2 kolam dan 30 pancuran. Di sinilah Sobat Torch bisa menikmati ritual melukat atau memandikan diri dengan air suci sambil bersemedi. Tak heran, Tirta Empul juga kerap dijadikan tempat upacara keagamaan oleh umat Hindu.


Selain kolam suci, Tirta Empul juga menampilkan kompleks bangunan kuno yang begitu menawan. Kamu akan dimanjakan dengan pahatan batu yang indah serta arsitektur khasnya yang memesona. Selain itu, kamu juga akan menjumpai sebuah vila di atas bukitnya yang dinamakan Istana Tampaksiring. Vila ini dulunya digunakan sebagai tempat berkunjung Presiden Sukarno. Namun, sekarang vila tersebut dialihfungsikan menjadi tempat beristirahatnya tamu-tamu kenegaraan.


Baca Juga: 12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!


Lokasi dan Akses Menuju Tirta Empul


Pura Tirta Empul ini berada di Desa Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Untuk mencapai Tirta Empul, Sobat Torch harus melalui jalur darat sekitar 43 km atau sekitar 1 setengah jam durasi perjalanan dari Kota Denpasar. Sedangkan jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai, Sobat torch perlu menempuh jarak sekitar 52 km atau antara 1-2 jam perjalanan.


Untuk rutenya sendiri, kamu dapat melalui Jalan Bypass Ngurah Rai menuju ke Jalan Prof. Dr. Ida Bagus. Kemudian kamu hanya perlu mengikuti Jalan tersebut menuju ke Jalan Raya Ketewel. Setelah itu, ikuti saja jalan tersebut menuju ke Jalan Raya Sukawati. Kamu tinggal lurus terus mengikuti jalan hingga sampai ke Jalan Raya Batuan dan belok ke kanan. Dari sana, kamu lurus terus sepanjang 7 km, dan belok ke kanan menuju Jalan Raya Teges. Setelah itu, kamu akan menjumpai perempatan dan belok ke kiri menuju Jalan Dr. Ir. Sukarno/Jalan Raya Tampaksiring. Terus lurus hingga menemui palang pemberitahuan lokasi Pura Tirta Empul. Lokasi tujuanmu akan berada di sebelah kiri jalan.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


Harga Tiket, Fasilitas, dan Jam Operasional Tirta Empul


Pura Tirta Empul dibuka untuk para peziarah dan wisatawan setiap hari mulai dari pukul 09.00-17.00 WITA. Untuk masuk ke kawasan pura, Sobat Torch hanya perlu membayar tiket masuk. Berikut adalah rincian biaya yang perlu kamu keluarkan ketika berwisata di Tirta Empul per Maret 2024:

Tiket Masuk Dewasa: Rp30.000/orang

Tiket Masuk Anak-anak (5-11 tahun): Rp15.500/orang

Sewa Loker: Rp20.000/loker

Tiket Parkir Mobil: Rp5.000/mobil

Tiket Parkir Motor: Rp2.000/motor


Harga tiket masuk ini sudah termasuk pinjaman kain sarung untuk menutupi bagian tubuh bawah sesuai dengan tata krama di pura. 


Selain itu, Tirta Empul juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai seperti areal parkir, toilet, tempat penitipan barang serta beberapa lapak penjual cinderamata dan camilan.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. Beberapa contoh itinerary Bali dari Torch adalah itinerary bali 4 hari 3 malam dan itinerary bali 5 hari 4 malam.


Tips Berwisata di Tirta Empul


Untuk memastikan pengalaman wisata yang menyenangkan di Pura Tirta Empul, Sobat Torch perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Gunakan pakaian yang sopan dengan mengenakan kain sarung untuk menutup tubuh bagian bawah. Baju tak berlengan masih diperbolehkan.
  • Bersihkan diri di kolam terlebih dahulu sebelum turun ke kolam suci dengan berendam sejenak di kolam pertama.
  • Jangan berenang atau mengambil foto di kolam suci utama.
  • Bersikap tenang dan khusyuk saat berada di area kolam.
  • Patuhi petunjuk petugas agar tidak mengganggu jalannya ritual.

Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kanzaki 30 Liter

tas kanzaki dari torch

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan.

List fitur dari Kanzaki 30 Liter:

  • Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
  • Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
  • Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi. 
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
  • Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

tas ishikari dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.

List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Rampak Foldable Backpack

tas rampak dari torch

Backpack sekaligus waist bag? Torch kenalkan, rampak foldable bag. Saat dimaksimalkan fungsinya dapat menjadi backpack. Namun, saat dilipat tetap berfungsi sebagai waist bag. Praktis banget bukan?

List fitur Rampak Foldable Backpack:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black dan Navy
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

Nah, itulah panduan lengkap dari Torch untuk berwisata ke Pura Besakih di tahun 2024. Mulai dari sejarah, denah kompleks pura, rute perjalanan, harga tiket, fasilitas hingga jam operasional yang perlu diperhatikan sebelum kamu berkunjung. Selain itu, Torch juga ada membuat artikel mengenai tips berlibur ke bali dan tips backpacker ke bali. Buat kamu yang tertarik kamu bisa membaca artikel tersebut ya!


Dengan mempersiapkan diri sesuai panduan ini, Sobat Torch bisa menikmati liburan yang aman, nyaman, dan tentu saja sangat berkesan. Jangan lupa untuk tetap menghormati kesucian dan kesakralan Pura Besakih agar liburan makin bermakna. Selamat berwisata dan happy traveling Sobat Torch!

Back to blog

1 comment

Registrasi Jalur JP3 & Beasiswa , Jangan ketinggalan Informasinya:
Pendaftaran Telkom University Jakarta

rini

Leave a comment