image source: https://www.indonesia.travel/content/dam/indtravelrevamp/en/destinations/bali-nusa-tenggara/bali/bali/ulun-danu-beratan-iconic-temple-on-lake-beratan-in-the-bedugul-highlands/ulun-danu.jpg

Panduan Wisata Pura Ulun Danu Beratan Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Torch ada satu rekomendasi destinasi wisata di Bali yang wajib masuk ke dalam daftar kunjungan kamu tahun ini. Tempatnya adalah Pura Ulun Danu Beratan, sebuah kompleks pura kuno yang terletak di tepi Danau Beratan dengan pemandangan alam menakjubkan. Siapapun yang datang ke sini pasti akan terpukau oleh keindahan  danau, pegunungan hijau, dan bangunan pura bergaya arsitektur kuno klasiknya yang megah!


Sebagai kawasan suci dengan latar alam memesona, Pura Ulun Danu Beratan layak dijadikan prioritas wisata saat liburan ke Pulau Dewata. Torch punya panduan lengkap agar kunjungan kamu ke destinasi ikonis ini bisa berjalan lancar dan menyenangkan. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!


Sejarah dan Daya Tarik Pura Ulun Danu Beratan


Pura Ulun Danu Beratan atau Pura Bratan merupakan kompleks pura Hindu kuno dan candi air besar yang bersejarah. Pura ini difungsikan sebagai tempat pemujaan kepada Dewa Wisnu dan Dewi Danu. Untuk kapan berdirinya, sampai sekarang masih belum ada informasi jelasnya. Namun, berdasarkan informasi yang ditemukan pada Lontar Babad Mengwi, dijelaskan bahwa Pura Ulun Beratan didirikan oleh I Gusti Agung Putu pada sekitaran tahun 1556 Saka atau 1634 Masehi.


Danau Bratan sendiri dikenal sebagai danau “gunung suci”, yang digunakan sebagai sumber irigasi pertanian masyarakat setempat. Tak heran bila tempat disekelilingnya sangat subur dan ditumbuhi berbagai bunga yang indah. Selain itu, karena letaknya yang berada di ketinggian 1200 meter, membuat suasana di sekitarnya menjadi sejuk dan menyegarkan.


Daya tarik dari tempat wisata yang satu ini terletak pada panorama alamnya yang begitu indah dan menyejukan. Apalagi pemandangan sunset dan sunrisenya yang mengagumkan, dijamin menjadi salah satu momen yang tak kan terlupakan dihidupmu!


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!


Spot-spot Terbaik di Kawasan Pura Ulun Danu Beratan


Saat mengunjungi Pura Ulun Danu, pastikan kamu mampir ke spot-spot terbaik di kompleks pura yang luas ini. Berikut adalah spot tersebut:


1. Pura Penataran Agung 

pemandangan pura penataran agung

Inilah pura utama di kawasan ini yang berdiri megah di tepi Danau Beratan menghadap ke selatan dan dapat dilihat setelah memasuki Gerbang Bali “Candi Bentar”. Pura ini dikhususkan untuk memuja Tri Purusha Siwa, yaitu Dewa Siwa, Sadha Siwa, dan Parama Siwa. 


2. Pura Dalem Purwa 

bagian depan pura dalem purwa

Terdapat 3 pura utama di pura yang satu ini, yaitu Pura Pelinggih Dalem Purwa yang digunakan untuk memuja Dewi Durga dan Dewa Ludra sebagai sumber kemakmuran, Pura Mani Murdan dan Bale Pemaruman sebagai tempat menyelenggarakan upacara keagamaan. Pura ini menghadap ke timur dan terletak di tepi selatan Danau Beratan.


3. Pura Taman Beji


Menuju area pura ini, Kamu akan disuguhi hamparan taman bunga cantik. Di sinilah biasanya prosesi Upacara Ngebejiang dan Melasti dilakukan menjelang hari raya Nyepi. Upacara ini merupakan upacara meminta air suci “Tirta” guna menyucikan perlengkapan upacara.


4. Pura Lingga Petak 

pemandangan pura lingga petak

Pura yang satu ini digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu dan Dewi Danu yang menghadap ke arah selatan. Uniknya, pura satu ini dibangun mengambang di tengah Danau Beratan! Akses menujunya bisa menggunakan perahu kecil. 


5. Pura Prajapati 


Pura Prajapati dikhususkan untuk memuja Dewi Durga dengan pohon beringin besar sebagai lambang istananya. Pura ini menghadap ke arah barat dan merupakan pura pertama yang akan kamu kunjungi setelah melewati gerbang masuk.


6. Stupa Budha 

stupa budha

Tak hanya pura Hindu, ada pula Stupa Budha yang memberi makna kerukunan umat beragama. Stupa ini menghadap ke arah selatan dan terletak di luar pura utama. Pemandangan di sekitar stupa ini sangat indah dengan dikelilingi pepohonan yang hijau serta background gunung agung yang memukau.


Baca Juga: 12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!


Lokasi dan Rute Menuju Pura Ulun Danu Beratan


Pura Ulun Danu Beratan terletak di Danau Beratan, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Lokasinya sekitar 55 km dari Denpasar atau 1 setengah jam perjalanan menggunakan jalur darat.


Dari arah Denpasar, kamu bisa mengambil jalur tol By Pass Ngurah Rai menuju Gilimanuk. Setelah keluar tol di Gilimanuk, lanjutkan perjalanan ke Jalan Singaraja. Kurang lebih 10 km setelah keluar tol, kamu akan menemukan petunjuk jalan ke Pura Ulun Danu Beratan.


Untuk kamu yang menggunakan transportasi umum, tersedia banyak pilihan seperti menyewa mobil atau mengikuti tur berpemandu dari Denpasar maupun pusat kota lainnya di Bali.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


Harga Tiket, Fasilitas, dan Jam Operasional Pura Ulun Danu Beratan


Berikut adalah list harga tiket yang wajib kamu keluarkan per Maret 2024 untuk memasuki tempat wisata yang satu ini:

Tiket Masuk Domestik: Rp40.000/orang di weekdays dan Rp50.000/orang di weekend

Tiket Masuk Mancanegara Dewasa: Rp75.000/orang 

Tiket Masuk Mancanegara Anak-anak: Rp50.000/orang


Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai mulai dari area parkir, toilet, warung, tempat belanja suvenir, hingga spot-spot menarik disekitar kawasannya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk bermain speed boat, bebek air, mendayung sampan, dan berfoto bersama berbagai jenis hewan. Sangat seru bukan?


Jam operasional Pura Ulun Danu Beratan dibuka setiap hari mulai dari pukul 07.00 - 19.00 WITA untuk weekdays, dan pukul 05.00-19.00 WITA untuk weekends.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. Beberapa contoh itinerary Bali dari Torch adalah itinerary bali 4 hari 3 malam dan itinerary bali 5 hari 4 malam.


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kanzaki 30 Liter

tas kanzaki 30 liter dari torch

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan.

List fitur Kanzaki 30 Liter:

  • Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
  • Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
  • Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi. 
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
  • Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

tas ishikari 20 + 2 liter dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.

List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Rampak Foldable Backpack

tas rampak foldable dari torch

Backpack sekaligus waist bag? Torch kenalkan, rampak foldable bag. Saat dimaksimalkan fungsinya dapat menjadi backpack. Namun, saat dilipat tetap berfungsi sebagai waist bag. Praktis banget bukan?

List fitur Rampak Foldable Backpack:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black dan Navy
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

Itulah panduan wisata Pura Ulun Danu Beratan dari Torch di tahun 2024 ini. Tempat ini merupakan perpaduan unik antara keindahan alam Bali dengan kemegahan peninggalan budaya berupa bangunan pura kuno. Tak heran jika kawasan suci ini menjadi salah satu ikon wisata paling populer dan sarat nilai estetika. Selain itu, Torch juga ada membuat artikel mengenai tips berlibur ke bali dan tips backpacker ke bali. Buat kamu yang tertarik kamu bisa membaca artikel tersebut ya!


Dengan menyimak informasi lengkap rute, lokasi, jam operasional, hingga fasilitas, semoga kamu bisa mempersiapkan liburan ke Pura Ulun Danu dengan matang. Selamat menikmati pengalaman spiritual sekaligus menyaksikan pesona panorama alam Pulau Dewata di Pura Ulun Danu Beratan! Sampai jumpa di artikel Torch lainnya ya!

Back to blog

Leave a comment