10 Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

10 Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

10 Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi


Halo Sobat Torch! Lombok tentunya tak asing lagi ditelinga kamu ya kan? Pulau di sebelah timur Bali ini menyimpan keindahan alam luar biasa dengan pantai-pantai eksotis, pegunungan hijau nan sejuk, serta gugusan pulau-pulau kecil yang memukau.


Lombok adalah destinasi liburan tropical yang sempurna. Namun, dengan sekian banyak pilihan lokasi menarik di sana, mana saja yang paling recommended untuk Sobat Torch kunjungi?


Tenang, Torch sudah merangkum 10 destinasi wisata wajib kunjungi saat liburan ke Lombok. Torch juga akan memberikan informasi detail terkait lokasinya, cara akses, serta aktivitas seru apa saja yang bisa Sobat lakukan. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

List Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok

1. Pantai Pink

Pantai eksotis satu ini memiliki pasir berwarna merah muda yang terbentuk dari campuran karang dan alga yang sudah mati. Pemandangannya sangat cantik dengan latar perbukitan hijau dan laut biru kehijauan.

Ombaknya tenang sehingga Sobat Torch bisa puas bersantai, berenang, berjemur di tepian pantai, maupun melakukan snorkeling untuk menikamti keindahan terumbu karang dan beragam jenis hewan laut di dalamnya. Jangan lupa mengabadikan momen indah ini ya!

2. Gili Trawangan

Destinasi selanjutnya adalah Gili Trawangan yang berlokasi di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Gili Trawangan ini merupakan salah satu dari 3 Pulau Gili, yaitu Gili Meno dan Gili Air. Namun, Gili Trawangan lebih identik dengan nuansa berpestanya dibandingkan dengan kedua gili tersebut karena selalu ada acara di penghujung malam yang biasanya berotasi di beberapa kawasan Gili Trawangan setiap harinya.

Aktivitas seru yang sayang dilewatkan adalah snorkeling dan diving menikmati keindahan bawah laut, jalan-jalan keliling pulau, hingga bermain kayak dan berselancar. Penginapan dan tempat makan juga berjejer di sepanjang pantainya. Pokoknya Sobat Torch wajib banget mengunjungi tempat yang satu ini jika berkunjung ke Lombok!

3. Air Terjun Tiu Kelep

Bagi Sobat pecinta wisata alam, jangan lewatkan kunjungan ke Air Terjun Tiu Kelep yang terletak di lereng Gunung Rinjani. Deburan air terjun setinggi 42 meter ini sungguh memukau!

Lokasinya berada di Desa Pemenang, Kecamatan Tanjung, sekitar 2,5 jam berkendara dari Kota Mataram. Untuk akses transportasi, sebaiknya sewa motor atau mobil supaya lebih leluasa menjelajahi kawasan wisata ini.
Selain mengagumi keindahan air terjun, kamu juga bisa berkemah, mendaki, hingga sekedar bersantai menikmati udara segar pegunungan.

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjadi destinasi favorit para pendaki dan pencinta alam. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, mendaki Gunung Rinjani membutuhkan persiapan fisik dan peralatan mendaki yang matang agar perjalanan aman dan menyenangkan.

Trek menuju puncak memakan waktu sekitar 3 sampai 5 jam dengan medannya yang cukup berat dan melelahkan. Namun, disepanajang perjalanannya Sobat Torch akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa dan sejuknya udara di pegunungan.

Bagi Sobat Torch yang tidak ingin mendaki puncak, tetap bisa menikmati keindahan Gunung Rinjani dengan trekking ringan ke Air Terjun Tiu Kelep atau kawasan Desa Sembalun di kaki Gunung Rinjani.

5. Pantai Tanjung Aan

Pantai selanjutnya adalah Pantai Tanjung Aan di Kabupaten Lombok Tengah. Pasir putih yang lembut dengan hamparan laut biru jernih sungguh memukau dan pastinya akan memanjakan mata Sobat Torch. Suasana pantai ini masih alami dan tenang sehingga cocok untuk bersantai maupun berenang.

Selain berjemur dan berenang, aktivitas seru lainnya adalah melakukan snorkeling dan berkeliling menjelajahi Batu Payung dengan perahu ataupun Bukit Merese untuk menikmati pemandangan langit dan luasnya kawasan Pantai Tanjung Aan. Di sepanjang bibir pantai juga terdapat penginapan dan rumah makan sederhana.

6. Bukit Malimbu

Nah kalau Pantai Malimbu ini sungguh instagenic dengan tebing bebatuan curam menjorok ke laut biru. Lokasinya berada di Lombok Utara. Sobat Torch dapat menikmati indahnya sunset di tempat wisata yang satu ini.

Pemandangan lautnya dari atas tebing sungguh spektakuler! Aktivitas menarik yang bisa Sobat Torch lakukan adalah membeli cindera mata maupun berkeliling dan merasakan kuliner di sekitar daerahnya.

7. Pantai Senggigi

Senggigi merupakan kawasan pantai popular dengan resort dan fasilitas lengkap bagi wisatawan. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan.

Selain menikmati pemandangan sunset di Pantai Senggigi, sejumlah destinasi menarik di sekitarnya juga patut untuk Sobat Torch kunjungi. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Pura Batu Bolong. Pura Batu Bolong merupakan sebuah pura yang didirikan oleh Dang Hwang Dwijendra pada tahun 1533.

8. Pantai Selong Belanak

Surga tersembunyi bagi para peselancar ini menawarkan hamparan pasir putih yang lembut dan air laut jernih kebiruan. Sensasi berjalan kaki di atas pasir halus sambil menikmati hembusan angin lautnya sangat menenangkan.

Uniknya, pantai ini memiliki 2 jenis karakter ombak sekaligus yaitu ombak besar dan ombak kecil. Jadi Kamu bebas memilih mau berenang atau berselancar di bagian mana.

9. Gili Meno

Salah satu dari 3 Gilis ini menawarkan suasana asri bak surga tropical dengan populasi burung langka, pasir putih, air laut jernih, dan vegetasi hijaunya yang lebat. Gili yang satu hanya berjarak sekitar 45 menit dari Kota Mataram dengan berkendara darat melewati Pantai Senggigi.

Kamu bisa berfoto dengan burung Cendrawasih sambil bersantai di tepi pantai menikmati indahnya sunset atau sunrise ataupun melakukan snorkeling dan diving untuk kelihat keindahan bawah lautnya.

10. Pusuk Sembalun

Destinasi terakhir yang wajib Sobat Torch kunjungi adalah Taman Wisata Pusuk Sembalun yang berada pada ketinggian 900 mdpl. Udara di sini begitu sejuk dengan rata-rata suhu 20 derajat Celaius. Pemandangannya juga sungguh asri dan memanjakan mata dengan luasnya terasering sawah berlatarkan megahnya Gunung Rinjani yang menjulang tinggi.

Lokasinya berada di bawah kaki Guning Rinjani tepatnya di Jalan Wisata Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur. Sobat Torch bisa menempuh perjalanan sekitar 2 jam berkendara dari Kota Mataram untuk sampai di sini.

Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!
Itulah rekomendasi 10 destinasi wisata wajib kunjungi saat berlibur ke Lombok dari Torch, mulai dari pantai pink, gili trawangan, air terjun tiu kelep, gunung rinjani, hingga taman wisata pusuk sembalun.

Jika Sobat Torch bingung menentukan mana saja destinasi wisata lombok yang ingin dikunjungi, kamu dapat melihat membaca artikel Torch mengenai rekomendasi itinerary 4 hari 3 malam di lombok. Torch juga menyediakan artikel mengenai oleh-oleh lombok yang wajib Sobat Torch beli saat mengunjungi kota indah yang satu ini.

Jadi, tunggu apa lagi Sobat? Segera catat rekomendasi tempat wisata hits ini dan siapkan jadwal liburan ke Lombok. Nikmati sensasi petualangan menelusuri keindahan pesona alam Nusa Tenggara Barat. Have a great holiday!
Back to blog

Leave a comment