pemandangan danau toba - image source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2022/04/30/tipang_169.jpeg?w=1200

10 Wisata Seru Sekitar Danau Toba Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Jika kamu sedang mencari salah satu rekomendasi wisata di Indonesia yang memukau dan masih sangat terjaga keasriannya, Danau Toba di Sumatera Utara ini bisa jadi pilihan sempurna untuk dituju. Danau terbesar di Indonesia sekaligus yang terbesar kedua di Asia Tenggara ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya yang memesona, tetapi juga dikelilingi oleh berbagai objek wisata alam menarik lainnya di sekitarnya. Momen liburan ke Danau Toba dijamin akan terasa sangat spesial dan berkesan. 


Torch akan membagikan rekomendasi 10 destinasi wisata seru di kawasan Danau Toba yang wajib kamu jelajahi nantinya. Siapkan kamera dan semangat petualangan kamu untuk mengeksplorasi keindahan alam Indonesia di Danau Toba!


Daya Tarik Utama Danau Toba


Sebelum kita membahas spot wisata sekitarnya, mari kita terlebih dulu mengenal daya tarik unik dari Danau Toba itu sendiri. Danau Toba terbentuk dari kaldera gunung berapi purba dengan diameter sekitar 100 km yang membuatnya terlihat seperti lautan di tengah daratan. Di dalamnya terdapat Pulau Samosir yang bisa diakses dengan menyeberangi danau menggunakan kapal feri ataupun speed boat. Pemandangan hamparan danau biru bersih yang dikelilingi perbukitan menghijau sungguh menawan dan menjadi salah satu dari sekian banyak daya tarik danau ini.


Rekomendasi Wisata Sekitar Danau Toba


Nah, agar liburanmu makin seru, Torch sarankan untuk mengeksplorasi destinasi wisata di sekitar Danau Toba. Berikut adalah beberapa rekomendasinya:


1. Paropo

tepi danau dekat bukit paropo yang dipenuhi dengan perkemahan

Dikelilingi perbukitan dan savana luas, Paropo merupakan salah satu bukit yang ada di sekitar kawasan Danau Toba. Kamu dapat menikmati keindahan panorama Danau Toba dan Pulau Samosir dari tepi bukit ini. Bagi Sobat Torch yang menyukai petualangan alam, bukit ini juga cocok untuk dikunjungi bagi yang ingin melakukan camping dan trekking.


Baca Juga: 12 Pulau Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!


2. Danau Sidihoni

pemandangan danau sidihoni yang tenang

Kamu pasti sudah sering mendengar keindahan Danau Toba. Namun tahukah Sobat Torch jika di sisi utara Pulau Samosir terdapat danau lain yang tak kalah memesona? Danau Sidihoni merupakan sebuah danau kecil yang berada di atas sekitar kawasan Danau Toba. Airnya yang jernih biru memantulkan keindahan panorama langit dan pohon pinus di sekitarnya. Tak hanya mengagumi keindahannya, kita juga bisa melakukan kegiatan seperti camping di sekitar danau, memancing, berenang, ataupun berkemah di tepiannya. 


3. Air Terjun Situmurun

pemandangan air terjun situmurun

Air Terjun Situmurun tergolong salah satu air terjun tertinggi di Sumatera Utara dengan ketinggian mencapai 70 meter. Air terjun ini memiliki panorama menawan dengan aliran deras menyembur ke bawah di antara tebing-tebing terjal yang mengelilingi. Uniknya, air terjun ini bukan mengalir ke sungai atau anak sungai melainkan ke Danau Toba. 


Jika Sobat Torch ingin berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini, kamu wajib menggunakan jasa perahu atau kapal karena akses menuju ke lokasi ini hanya dapat melalui air. 


Baca Juga: Panduan Lengkap Wisata di Pulau Pahawang Lampung 2024


4. Gunung Pusuk Buhit

pemandangan gunung pusuk buhit

Bersemangat untuk menantang diri? Gunung Pusuk Buhit di kawasan Danau Toba bisa jadi destinasi trekking yang sayang untuk dilewatkan. Dengan ketinggian mencapai 1.900 mdpl, pendakian Gunung Pusuk Buhit dianggap salah satu pendakian tertinggi di Sumatera Utara. Namun, pemandangan alam yang disajikan di sepanjang jalur pendakian akan membuat lelahmu terbayar lunas. Puncak gunung yang jernih memberikan view mengagumkan Pulau Samosir di Danau Toba serta Gunung Sinabung di kejauhan. Petualangan mendaki Gunung Pusuk Buhit menjadi tantangan seru bagi mereka yang suka berolahraga alam ekstrem.


5. Lembah Bakkara

pemandangan lembah bakkara dari ketinggian

Kawasan Bakkara di tepian utara Danau Toba merupakan satu destinasi wisata alam dengan pemandangan perbukitan dan dataran rendah yang eksotis. Di sini terdapat padang luas bebas dengan bukit-bukit kecil di sekelilingnya. Kamu bisa memancing di sungai-sungai jernih yang mengalir, atau sekedar menikmati suasana sejuk udara pegunungan sambil berfoto di alam terbuka. 


Selain itu, Lembah Bakkara juga menyajikan situs bersejarah karena dianggap sebagai tempat kelahiran Raja Batak, Sisingamangaraja. Kamu juga dapat melihat tempat pemandian dari peninggalan Sisingamangaraja yang disebut Aek Sipangolu.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


6. Bukit Holbung

pemandangan bukit holbung

Jika Sobat Torch ingin menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian namun tak terlalu suka tantangan mendaki gunung, Bukit Holbung bisa jadi pilihan yang tepat! Terletak di Dolok Raja, bukit ini hanya memiliki elevasi yang cukup landai dan tidak terlalu tinggi sehingga cukup mudah dijangkau. 


Namun, jangan remehkan pemandangannya yang justru sangat menakjubkan karena kita bisa melihat panorama 180 derajat Danau Toba, Pulau Samosir, dan perbukitan hijau di sekelilingnya. Spot bukit ini juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset atau matahari terbenam yang indah di atas Danau Toba. Berburu momen golden hour sunset sambil berselfie adalah aktivitas yang wajib kamu lakukan di sini!


7. Air Terjun Efrata

air mengalir di air terjun efrata

Bersiaplah untuk dimanjakan dengan keindahan air terjun lain di sekitar Danau Toba, yakni Air Terjun Efrata yang berada tidak jauh dari kawasan Desa Sosor Dolok, Samosir. Air terjun dengan tinggi sekitar 20 meter ini begitu memesona dengan aliran jernih yang menyembur turun membentuk kolam-kolam alami. 


Di Air Terjun Efrata, kamu bisa bermain dan berenang di kolam alami yang terbentuk dari percikan sang air terjun. Bagi yang tidak terlalu berani, cukup berfoto dengan background kemolekan air terjun sambil menikmati kesejukan alami dari semilir angin khas pegunungan. Suasana tenang dengan gemericik air terjun yang khas akan membuat momen liburanmu di sini terasa sempurna.


Baca Juga: Wisata Pulau Gili Meno 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


8. Bukit Gajah Bobok

orang berkemah sedang menikmati pemandangan sunset di bukit gajah bobok

Seperti namanya, Bukit Gajah Bobok merupakan formasi bukit-bukit kecil yang khas menyerupai gajah tidur. Keunikan inilah yang menjadikan destinasi ini layak disinggahi saat berada di kawasan Danau Toba. Bukit-bukit ini berdiri di areal dataran tinggi dengan hamparan padang rumput hijau yang eksotis. 


Dengan ketinggian sekitar 1200 mdpl, Sobat Torch dapat melakukan trekking ringan menyusuri puncak bukit untuk mendapatkan spot foto terbaik dari atas dengan memandang hamparan Danau Toba, Pulau Samosir, maupun keindahan perbukitan di sekelilingnya. Momenmu di sini pasti akan segera menjadi feed kekinian yang mengundang decak kagum para pengikut sosialmu!


9. Bukit Indah Simarjarunjung

seorang wanita sedang berfoto menghadap danau dari atas gardu pandang bukit indah simarjarunjung

Berlokasi di Desa Dolok Pardamean, Kabupaten Samosir, Bukit Indah Simarjarunjung adalah salah satu spot terbaik bagi kamu yang mencari destinasi berfoto kekinian berlatarkan Danau Toba. Bukit ini memiliki pemandangan hamparan padang rumput hijau yang luas dengan panorama Pulau Samosir yang bisa dipandang dari atas puncaknya. 


Di sinilah tempat terbaik bagi Sobat Torch yang hendak mendapatkan snap foto dengan angle mempesona ketika matahari mulai terbenam dengan latarnya yang megah. Selain itu, pengelola setempat juga menyediakan beraneka ragam spot foto seperti balon udara, sepeda melayang, meja makan menggantung, dan lainnya untuk penuhi feed instagram mu!


Baca Juga: Eksplorasi Keindahan Air Terjun Bidadari Tahun 2024


10. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

pemandangan kebun bunga sapo juma tongging

Menginjakkan kaki di Kebun Bunga Sapo Juma Tongging di Pulau Samosir rasanya seperti memasuki dunia dongeng yang indah dan berwarna-warni. Taman bunga yang terhampar luas dengan hamparan berbagai jenis bunga seperti bunga matahari, bunga anggrek, bunga bakung, bunga gemitir dan masih banyak lagi jenis lainnya ini dijamin akan memanjakan mata kamu. 


Kebun bunga ini sebenarnya merupakan bagian dari Penginapan Sapo Juma, sehingga jika kamu ingin masuk kesini, kamu wajib membayar biaya sebesar Rp20.000/orang. Cukup terjangkau untuk melihat keindahan alam yang memanjakan mata!


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. 

 

Rekomendasi Tas Ringan untuk Liburan dari Torch


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kashiwa Foldable Bag 19+2 Liter

kashiwa foldable bag dari torch

Backpack unik yang bisa dilipat, cocok untuk dipakai traveling. Tas ini bisa menjadi alternatif untuk membawa barang tambahan seperti belanjaan saat traveling. Selain itu foldable bag Kashiwa cocok pula untuk dipakai saat bersepeda santai.


List fitur dari Kashiwa Foldable Bag:

  • Sangat praktis! Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Kompartemen utamanya dapat ditinggikan untuk menambah barang bawaanmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black, Grey, Olive, dan Beet Red
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

tas ishikari dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.


List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Cuncheon Backpack 22 Liter

tas cuncheon dari torch

Daypack 22 liter yang cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti pergi ke kantor, kampus, atau sekolah. Selain itu, backpack ini juga cocok banget buat dipakai traveling karena beragam fitur pendukungnya yang dapat memudahkanmu selama traveling.


List fitur Cuncheon Backpack:

  • Terbuat dari material poly-elable yang sudah teruji tahan air dengan intensitas sedang
  • Sudah termasuk free rain cover sebagai pelindung tambahan tas saat hujan
  • Terdapat 2 saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kecil
  • Dilengkapi chest strap yang dapat diatur agar backpack tidak mudah goyang saat dipakai
  • Kompartemen utama dilengkapi dengan tali serut dan sistem flap agar barang tersimpan dengan lebih aman
  • Terdapat kompartemen khusus laptop dengan padding. Muat hingga laptop ukuran 15 inci
  • Back system berbahan mesh dan dilengkapi dengan padding yang membuat punggungmu tetap nyaman
  • Varian warna: Navy dan Blue
  • Dimensi tas: 46cm x 31cm x 13cm

Nah, itulah 10 rekomendasi wisata seru yang bisa Sobat Torch jelajahi saat berada di kawasan Danau Toba tahun 2024 ini. Masing-masing destinasi menawarkan keunikan dan keindahan alamnya tersendiri yang dijamin akan membuat liburanmu semakin berkesan dan seru. 


Jadi, ayo segera rencanakan momen berlibur ke Danau Toba dari sekarang ya! Semoga informasi dari Torch ini membantumu merencanakan liburan impian ke destinasi wisata alam Indonesia yang luar biasa memukau. Sampai jumpa di artikel wisata menarik lainnya dari Torch!

Back to blog

Leave a comment