image source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/88/Raja_Ampat%2C_Mutiara_Indah_di_Timur_Indonesia.jpg/1200px-Raja_Ampat%2C_Mutiara_Indah_di_Timur_Indonesia.jpg

10 Wisata Seru Raja Ampat Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Menyambut tahun 2024, Torch ingin berbagi rekomendasi wisata di Indonesia yang wajib kamu kunjungi, yaitu Raja Ampat! Berlokasi di Provinsi Papua Barat, kepulauan Raja Ampat ini memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Tak heran jika Raja Ampat dijuluki sebagai salah satu surga terindah di bumi untuk para pecinta snorkeling dan diving.


Disini, kamu bisa melihat keanekaragaman hewan laut seperti ikan badut, paus beluga, ubur-ubur, kuda laut dan masih banyak lagi kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Ditambah lagi dengan pemandangan daratan berupa pulau-pulau eksotis dengan pantai putih dan perbukitan yang menghijau membuat Raja Ampat benar-benar surga tropis yang sempurna.


Nah, untuk merencanakan liburan kamu ke Raja Ampat di tahun 2024 ini, Torch sudah merangkum 10 destinasi wisata seru di kepulauan ini yang wajib kamu kunjungi! Penasaran apa saja rekomendasinya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini!


Daya Tarik Raja Ampat


Sebelum masuk ke rekomendasi destinasi, Sobat Torch perlu tahu dulu apa saja keunikan utama dari Raja Ampat yang menjadikannya primadona wisata Indonesia timur:


1. Salah Satu Surga Bawah Laut di Indonesia


Seperti yang disebutkan sebelumnya, kekayaan terumbu karang dan biota laut di Raja Ampat hampir tiada tandingannya. Sobat Torch bisa snorkeling atau menyelam untuk menyaksikan keindahan alam bawah lautnya.


2. Pulau-Pulau Eksotis nan Memesona


Raja Ampat terdiri dari ratusan pulau batu gamping dan karang dengan pasir putih mempesona. Pulau-pulaunya masih sangat alami dengan hutan bakau dan perbukitan menghijau.


3. Warisan Budaya Suku Asli


Di Raja Ampat, kamu bisa mempelajari warisan budaya suku asli seperti Suku Maya dan Suku Biak yang terdiri dari 8 rumpun suku lainnya.adat istiadat dan rumah adat yang unik.


4. Petualangan Seru di Hutan dan Air Terjun


Tak hanya lautnya yang indah, Raja Ampat juga menawarkan wisata hutan dan air terjun yang mengasyikkan untuk para petualang.


Jadi siap-siap saja untuk kagum dengan semua keajaiban alam Raja Ampat ya, Sobat Torch!


Baca Juga: 12 Pulau Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!


Rekomendasi Wisata Raja Ampat


Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah 10 destinasi wisata paling seru yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Raja Ampat tahun 2024 mendatang:


1. Pulau Misool

pemandangan pulau misool

Pulau Misool adalah surga tersembunyi di selatan Raja Ampat. Pulau ini dihuni oleh masyarakat suku Matbat yang masih memegang tradisi leluhur. Di Pulau Misool, kamu bisa mencoba aktivitas snorkeling dan diving untuk melihat terumbu karang cantik.


2. Pulau Rufas

pemandangan pulau rufas dari atas

Pulau Rufas dikenal sebagai pulau dengan pemandangan bawah lautnya yang epik di Raja Ampat. Selain itu, pulau ini juga dikenal dengan Laguna di tepi bukitnya dan pantai putih nan eksotis membuat siapapun jatuh cinta pada keindahan pulau ini.


Baca Juga: Panduan Lengkap Wisata di Pulau Pahawang Lampung 2024


3. Star Lagoon

keindahan pulau star lagoon

Salah satu lokasi snorkeling dan diving paling hits di Raja Ampat selanjutnya adalah Star Lagoon. Situs ini merupakan sebuah laguna berbentuk bintang terletak di tengah-tengah kepulauan. Pemandangan bawah airnya amat memesona dengan banyak ikan tropis berenang di antara terumbu karang yang membentuk formasi seperti taman laut.


4. Piaynemo Raja Ampat

pemandangan piaynemo raja ampat dari gardu pandang

Tak kalah hits dari lokasi sebelumnya, Piaynemo Raja Ampat adalah salah satu spot snorkeling dan diving di kepulauan ini. Di dasar laut Piaynemo, kamu bisa melihat panorama terumbu karang yang sangat cantik dengan banyak spesies ikan berukuran kecil seperti dragonet dan haemul berkeliaran. Selain itu, kamu juga bisa mendaki bukit tertinggi di pulau ini dan menikmati pemandangan alamnya yang menakjubkan dari ketinggian.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


5. Desa Arborek

pemandangan desa arborek

Selain keindahan alamnya, Raja Ampat juga terkenal dengan warisan budaya masyarakat suku asli yang masih dilestarikan hingga kini. Salah satunya adalah di Desa Arborek, yang menjadi kampung adat dari Suku Biak. Suku Biak merupakan suku yang terkenal sebagai pelaut ulung dan dijuluki Viking Papua. Disini, kamu bisa melihat langsung tradisi dan kesenian dari penduduk lokal, salah satunya adalah tarian khas Papua. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan pantainya yang eksotis ditemani dengan jejeran pohon kelapa dan pasir putih.


6. Desa Wisata Sauwandarek

pemandangan tepi desa wisata sauwandarek

Destinasi wisata lain yang tak kalah menarik adalah Desa Wisata Sauwandarek yang merupakan salah satu spot diving terkenal di Raja Ampat. Keindahan alam bawah airnya yang memukau disertai dengan jernihnya air akan buat kamu betah diving berlama-lama disini. Selain itu, kamu juga bisa melihat tradisi dan budaya dari penduduk setempat. Seru banget pokoknya!


Baca Juga: Wisata Pulau Gili Meno 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


7. Air Terjun Kiti-kiti

beberapa orang sedang manikmati segarnya air terjun kiti kiti

Jika sudah puas menjelajah pantai dan laut di Raja Ampat, kamu bisa mengunjungi air terjun indah bernama Air Terjun Kiti-Kiti yang berada di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Air Terjun Kiti-Kiti memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan pemandangan bebatuan cadas dan aliran air segar yang masih sangat jernih. Yang membuatnya unik adalah, air terjun ini langsung mengalir ke laut lepas.


8. Air Terjun Batanta

keindahan air terjun batanta

Selain Kiti-Kiti, di Pulau Batanta Sobat Torch juga bisa mengunjungi Air Terjun Batanta yang tak kalah eksotis dan indah. Untuk mencapainya, kamu harus menempuh trek menyusuri hutan sekitar 30 menit dari kampung terdekat.


Panorama gemericik air terjun setinggi 10 meter dengan kolam berbatu di dasarnya pasti akan menyejukkan mata dan hati. Ditambah lagi dengan suara kicau burung dan gemersik dedaunan di sekitarnya sungguh menciptakan suasana hijau yang teduh dan damai. Sempurna untuk sejenak melepas penat dan menikmati keindahan alam Raja Ampat!


Baca Juga: Eksplorasi Keindahan Air Terjun Bidadari Tahun 2024


9. Wayag

pemandangan pulau wayag yang indah

Bagi Sobat Torch yang mencari destinasi pantai eksotis dengan pulau-pulau kecil mengelilinginya, wajib mengunjungi kawasan Wayag di Raja Ampat! Disini terdapat hamparan pasir putih dan laut toska dengan pulau-pulau gamping timbul tenggelam yang cantik. Tidak ketinggalan, pemandangan bawah lautnya yang juga cantik untuk dieksplor dengan snorkeling atau diving. Di Wayag, kamu bisa menemukan habitat terumbu karang yang sehat serta beragam biota laut seperti ikan-ikan hias, kuda laut, ubur-ubur, dan tidak ketinggalan paus bungkuk!


10. Pulau Kofiau

pemandangan dari tepi pulau kofiau

Pulau Kofiau adalah surga tersembunyi di Raja Ampat. Pulau ini memiliki pesona alam dengan hutan tropis dan pemandangan bawah laut yang memukau bagi para penyelam. Di Pulau Kofiau, kamu bisa menikmati kegiatan snorkeling dan diving di berbagai spot.


Selain keindahan bawah laut, Pulau Kofiau juga menawarkan pemandangan hijau nan elok di daratannya. Kamu bisa naik ke bukit untuk menyaksikan panorama pulau dari ketinggian dengan dihiasi perbukitan dan pepohonan menghijau. Dijamin memberikan pengalaman wisata yang seru dan memukau!


11. Danau Ayamaru

pemandangan danau ayamaru yang jernih

Rekomendasi selanjutnya adalah Danau Ayamaru yang terletak di tengah-tengah hutan tropis Semenanjung Doberai. Danau Ayamaru adalah danau unik yang memiliki warna air kebiruan yang sangat jernih. Kamu bisa melihat dasar dari danau ini hanya dengan sekilas mata. Di samping keunikannya, panorama pegunungan dan hutan tropis mengelilingi danau ini juga sangat memesona. Pokoknya kamu wajib datang ke tempat wisata yang satu ini jika Ingin merasakan keajaiban alam Raja Ampat!


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. 

 

Rekomendasi Tas Liburan dari Torch Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas backpack, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kashiwa Foldable Bag 19+2 Liter

kashiwa foldable bag dari torch

Backpack unik yang bisa dilipat, cocok untuk dipakai traveling. Tas ini bisa menjadi alternatif untuk membawa barang tambahan seperti belanjaan saat traveling. Selain itu foldable bag Kashiwa cocok pula untuk dipakai saat bersepeda santai.


List fitur dari Kashiwa Foldable Bag:

  • Sangat praktis! Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Kompartemen utamanya dapat ditinggikan untuk menambah barang bawaanmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black, Grey, Olive, dan Beet Red
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

ishikari backpack dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.


List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Cuncheon Backpack 22 Liter

cuncheon backpack dari torch

Daypack 22 liter yang cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti pergi ke kantor, kampus, atau sekolah. Selain itu, backpack ini juga cocok banget buat dipakai traveling karena beragam fitur pendukungnya yang dapat memudahkanmu selama traveling.


List fitur Cuncheon Backpack:

  • Terbuat dari material poly-elable yang sudah teruji tahan air dengan intensitas sedang
  • Sudah termasuk free rain cover sebagai pelindung tambahan tas saat hujan
  • Terdapat 2 saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kecil
  • Dilengkapi chest strap yang dapat diatur agar backpack tidak mudah goyang saat dipakai
  • Kompartemen utama dilengkapi dengan tali serut dan sistem flap agar barang tersimpan dengan lebih aman
  • Terdapat kompartemen khusus laptop dengan padding. Muat hingga laptop ukuran 15 inci
  • Back system berbahan mesh dan dilengkapi dengan padding yang membuat punggungmu tetap nyaman
  • Varian warna: Navy dan Blue
  • Dimensi tas: 46cm x 31cm x 13cm

Bagaimana Sobat Torch, sudah tergiur ingin segera berwisata ke Raja Ampat setelah membaca artikel ini? Kekayaan alam bawah lautnya yang tiada tara, pantai dan pulau eksotis yang cantik, dan pesonanya budaya suku asli di kepulauan ini pasti akan memuaskan hasrat petualangan kamu!


Jadi, ayo mulai rencanakan liburan kamu ke Raja Ampat di tahun 2024 ini! Torch siap untuk membantu persiapan traveling-mu. Sampai jumpa di artikel lainnya dari Torch, happy traveling and have fun Sob!

Back to blog

Leave a comment