image source: https://a.cdn-hotels.com/gdcs/production153/d558/3484c783-ac9e-422f-96de-3c54f81f7e98.jpg

Panduan Wisata Air Tirta Gangga Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Tirta Gangga merupakan salah satu destinasi wisata Bali yang wajib kamu kunjungi saat berlibur di Bali. Menawarkan keindahan alam dan keunikan bangunan bersejarah, tak heran jika Tirta Gangga selalu ramai didatangi wisatawan domestik maupun mancanegara. Torch akan bagikan panduan lengkap mengeksplorasi Tirta Gangga di tahun 2024 ini. Penasaran apa saja informasi lengkapnya? Yuk, langsung saja simak artikel Torch berikut ini ya!


Sejarah dan Daya Tarik Tirta Gangga


Tirta Gangga merupakan sebuah kawasan kolam air yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem yang bertujuan untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi dan persinggahan keluarga kerajaan serta tamu kerajaan. Namun, terjadi bencana alam pada 1963 dikarenakan letusan Gunung Gede, tempat wisata ini menjadi rusak parah. Kemudian Tirta Agung direnovasi dan dibuka kembali untuk umum pada Tahun 1970.


Nama destinasi wisata yang satu ini diambil dari kata Tirta yang berarti air suci, dan Gangga yang merupakan nama sungai di India. Jika digabung dapat diartikan menjadi air suci dari Sungai Gangga di India. Diberi nama tersebut karena pada saat Raja Karangasem bersemedidi bawah pohon leci, Ia mendapatkan wahyu dari Dewi Gangga yang mengatakan bahwa air yang keluar dari sumber mata air tersebut merupakan aliran air dari Sungai Gangga yang berada di India. Keren banget kan Sob?


Keunikan utama Tirta Gangga terletak pada arsitektur bangunannya yang mengadopsi gaya campuran Hindu-Bali kuno. Air jernih mengalir dari mata air alami menuju ke menara air setinggi 10 meter dan kolam air besar yang dikelilingi tembok tinggi dengan hiasan ukiran cantik. Ditambah lagi pemandangan perbukitan dan hamparan sawah menghijau, tak heran jika Tirta Gangga kerap dijadikan spot foto ikonik oleh wisatawan.


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!


Aktivitas Seru di Tirta Gangga 


Selain mengagumi keindahan Tirta Gangga, Sobat Torch juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sana, seperti:


1. Berenang di Kolam Kerajaan 


Kolam utama di Tirta Gangga yang besar ini sangat ideal untuk berenang dan bermain air. Air kolam yang jernih dan sejuk langsung dari pegunungan sangat menyegarkan. Apalagi ketika cuaca Bali sedang panas, pastinya kamu akan langsung segar dan semangat untuk beraktivitas kembali!


2. Menjelajahi Area Sekitar dengan Perahu 


Sebuah pengalaman menarik untuk menjelajahi Tirta Gangga adalah dengan menyewa perahu kecil. Ini akan membuat liburan Sobat Torch lebih berkesan seperti menyusuri sungai-sungai kecil di kawasan sekitar Tirta Gangga.


3. Bersantai Menikmati Keindahan Alam


Teduhnya pepohonan rindang dan hamparan sawah akan membuat Sobat Torch tenang menikmati keindahan alam Tirta Gangga. Duduk bersantai sambil menghirup udara pegunungan yang segar bisa menjadi momen relaksasi istimewa.


4. Berburu Spot Foto Instagramable 


Bangunan dan taman yang artistik di Tirta Gangga sangat cocok untuk berswafoto. Menara air dengan ukiran batu, kolam ikan hias dengan jalan setapak, serta keindahan alam sekitarnya yang ikonik adalah beberapa spot paling diminati untuk pemotretan.


Baca Juga: 12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!


Spot Menarik di Sekitar Tirta Gangga


1. Taman Ujung 

pemandangan taman ujung dari atas

Selain Tirta Gangga, Torch juga merekomendasikan untuk mengunjungi Taman Ujung yang hanya berjarak sekitar 10 km dari sana atau sekitar 20 menit waktu perjalanan. Taman Ujung adalah taman yang menampilkan tata letak taman Bali kuno dengan danau buatan serta bangunan bergaya zaman peninggalan Belanda yang indah. Tak hanya untuk berfoto, Sobat Torch juga bisa belajar sejarah dan menikmati pemandangan laut lepas dari ketinggian taman.


2. Pura Penataran Agung Lempuyang 

pemandangan pura penataran agung lempuyang

Berjarak sekitar 10 km atau 21 menit perlananan dari Tirta Gangga, terdapat Pura Lempuyang atau Pura Penataran Agung Lempuyang. Pura ini dikenal dengan arsitektur dan lokasi yang memukau di dekat kaki Gunung Lempuyang. Salah satu spot ikoniknya adalah gerbang simetrisnya yang bisa dijadikan latar foto kekinian. Tak hanya sebagai destinasi religi, suasana pura yang sejuk dan alami sangat menarik untuk disambangi.


3. Museum Pustaka Lontar 

pintu masuk museum pustaka lontar

Setelah puas mengeksplor Tirta Gangga dan sekitarnya, Torch menyarankan untuk singgah di Museum Pustaka Lontar yang hanya berjarak 4,3 km atau 9 menit perjalanan dari sana. Museum ini menyimpan ratusan koleksi catatan yang ditulis di daun lontar. 


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


Lokasi dan Rute ke Tirta Gangga 


Tirta Gangga terletak di Jl. Raya Tirta Gangga, Ababi, Kec. Abang, Kabupaten Karangasem, sekitar 70 km dari Denpasar atau 2 jam perjalanan darat. Rute tercepat dari Denpasar adalah melalui Jalan Bypass Ngurah Rai menuju ke Jalan Raya Goa Lawah. Dari situ, kamu hanya perlu lurus terus hingga mencapai jalan Raya Candidasa. Dari Jalan Candidasa belok sedikit ke kiri menuju ke Jalan Raya Bugbug. Dari sini perjalanan akan sedikit berkelok kelok, yaitu belok ke kiri di pertigaan Puskesmas Karangasem menuju ke Jalan Salak. Stelah itu dari Jalan Salak, belok ke kanan menuju ke Jalan KH Samanhudi. Setelah itu belok kiri ke Jalan Nenas. Dari Jalan Nenas, belok kanan menuju ke Jalan Veteran dan belok kiri ke Jalan Padang Kerta menuju ke Jalan Abang-Amlapura. Dari Jalan tersebut lokasi tujuanmu akan berada di sebelah kiri.


Terdapat banyak jalur alternatif dari daerah lain di Bali menuju Tirta Gangga. Sobat Torch bisa menggunakan GPS dan mencari rute terbaik dari lokasi masing-masing. Jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh di sepanjang jalan sebelum sampai di Tirta Gangga!


Harga Tiket, Fasilitas, dan Jam Operasional di Tirta Gangga


Harga tiket masuk dan aktivitas di Taman Tirta Gangga cukup beragam. Berikut merupakan list harga terbarunya di Tahun 2024:

Tiket Masuk Domestik Dewasa: Rp35.000/orang

Tiket Masuk Domestik Anak-anak: Rp25.000/orang

Tiket Masuk Mancanegara Dewasa: Rp70.000/orang

Tiket Masuk Mancanegara Anak-anak: Rp35.000/orang

Sewa Jukung/Perahu: Rp20.000/orang

Tiket Masuk Kolam Renang: Rp10.000/orang


Perlu dicatat bahwa tiket masuk anak-anak mulai dari usia 5-12 tahun. Fasilitasnya juga sangat lengkap mulai dari kamar mandi, ruang ganti, berbagai tempat makan dengan hidangan lokal yang menggugah selera, toko souvenir untuk oleh-oleh. Bagaimana Sob? Cukup terjangkau dan sangat lengkap bukan?


Jam operasional Tirta Gangga buka setiap hari mulai dari jam 07.30 - 18.30 WITA. Namun pada hari-hari tertentu seperti hari besar keagamaan Hindu atau libur nasional, jam operasional bisa berubah atau bahkan ditutup.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. Beberapa contoh itinerary Bali dari Torch adalah itinerary bali 4 hari 3 malam dan itinerary bali 5 hari 4 malam.


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kanzaki 30 Liter

tas kanzaki dari torch

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan.

List fitur dari Kanzaki 30 Liter:

  • Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
  • Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
  • Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi. 
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
  • Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

tas ishikari dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.

List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Rampak Foldable Backpack

tas rampak foldabble dari torch

Backpack sekaligus waist bag? Torch kenalkan, rampak foldable bag. Saat dimaksimalkan fungsinya dapat menjadi backpack. Namun, saat dilipat tetap berfungsi sebagai waist bag. Praktis banget bukan?

List fitur Rampak Foldable Backpack:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black dan Navy
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

Nah, itulah panduan lengkap menjelajahi Tirta Gangga yang bisa Sobat Torch persiapkan di tahun 2024 ini. Selain itu, Torch juga ada membuat artikel mengenai tips berlibur ke bali dan tips backpacker ke bali. Buat kamu yang tertarik kamu bisa membaca artikel tersebut ya!


Semoga informasi ini membantu dan bisa menjadikan liburan di Tirta Gangga semakin menyenangkan! Jangan lupa bagikan pengalaman seru berwisata di Tirta Gangga ya, Sobat Torch!

Back to blog

Leave a comment