pemandangan nusa penida di sore hari dari atas jalan perbukitan

Panduan Lengkap Wisata di Nusa Penida Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Kamu berencana liburan ke mana tahun ini? Jika sedang mencari destinasi wisata alam nan eksotis yang memanjakan mata, Nusa Penida bisa jadi pilihan terbaik! Sebagai salah satu destinasi wisata Bali, pulau cantik ini menyimpan keindahan alam terbuka menakjubkan yang wajib kalian eksplorasi. Tebing curam dengan lubang menganga, formasi batu terpatri artistik, hingga kolam alami dengan laut semempadai kristal menunggu untuk dijelajahi keeksotisannya. 


Nah, agar pengalaman berwisata kamu di Nusa Penida lancar dan terkendali, Torch sudah menyiapkan panduan lengkap terkait aktivitas, lokasi dan rute, akomodasi hingga perkiraan biaya untuk tahun 2024 ini. Penasaran informasi lebih lanjutnya? Yuk langsung saja simak artikel berikut ini baik-baik ya!


Daya Tarik Nusa Penida


Sebelum membahas lebih jauh, terlebih dulu kita kupas daya pikat utama dari Nusa Penida yang membuat banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri tergila-gila. Nusa Penida terdiri dari 3 pulau, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Lembongan, dan Pulau Ceningan. 


Dengan luas pulau sekitar 210 hektar, Pulau Nusa Penida memiliki keindahan alam bawah laut serta keindahan alam di sekitarnya yang eksotik dan memukau. Terumbu karang di Pulau ini berjenis karang tepi (fringing reef) dengan luas kawasannya sekitar 1.419 hektar. Selain itu, Pulau ini juga memiliki banyak pantai bertebing yang sangat indah dengan total panjang garis pantai sekitar 77,5 km.


Dengan luasnya kawasan tersebut, Nusa Penida menyimpan sejuta pesona alam menawan. Bentangan pantai putih bak mutiara, tebing curam menganga, sampai formasi batu berlubang disertai kolam alami jadi pemandangan tipikal yang bisa kalian temui. Terdapat pula aktivitas wisata menarik yang dapat kamu lakukan disini seperti snorkeling, diving, berenang, trekking, bahkan sekedar bersantai dan menikmati pemandangannya saja sudah sangat memuaskan lho Sobat Torch!


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!


Lokasi dan Rute Menuju Nusa Penida


Lokasi Nusa Penida berada di sebelah tenggara Pulau Bali, tepatnya di Kabupaten Klungkung. Untuk mencapai pulau ini, Sobat Torch perlu menyeberangi laut dari dua tempat penyebrangan terdekat di Bali, yaitu Pantai Sanur atau Pelabuhan Kusamba.


Kedua tempat penyebrangan tersebut akan mengantarkan kalian ke Pelabuhan Banjar Nyuh atau Sampalan di Nusa Penida dengan waktu tempuh sekitar 15-30 menit perjalanan laut. Kamu akan menaiki kapal cepat atau fastboat yang tersedia di pelabuhan setempat.


Penting untuk dicatat, usahakan memesan tiket sehari sebelum perjalanan dimulai agar tidak kehabisan. Apalagi jika sedang ada upacara keagamaan, pastinya kamu tidak akan kebagian tiket jika memesannya di hari itu juga. 


Baca Juga: 12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!


Harga, Fasilitas dan Akomodasi di Sekitar Nusa Penida


Berikut merupakan rincian kisaran harga tiket dan transportasi untuk sampai ke Nusa Penida:

Harga Tiket Masuk Dewasa: Mulai dari Rp35.000/orang

Harga Tiket Masuk Anak-anak: Mulai dari Rp15.000/orang

Harga Speedboat dari Penyebrangan Sanur: Mulai dari Rp75.000/turis domestik dan Rp150.000/turis mancanegara

Harga Speedboat dari Penyebrangan Kusamba: Mulai dari Rp50.000/turis domestik dan Rp100.000/turis mancanegara


Fasilitas umum di Nusa Penida juga sudah memadai. Sobat Torch bisa menemukan fasilitas MCK, warung makan, dan beberapa resort serta vila menawan untuk bersantai di pinggir pantai.


Untuk penginapan, sebagian wisatawan lebih memilih bermalam di Nusa Penida menikmati kekhasan pulau. Meski begitu, ada beberapa orang yang lebih nyaman menginap di Bali lalu menyeberang di pagi hari. Untuk harga kamar di penginapan Nusa Penida dibanderol mulai dari harga Rp300.000/malam, sementara untuk penginapan di Bali mulai dari Rp200.000/malam. Kamu dapat menyesuaikan budget dan fasilitas yang ingin kamu dapatkan. 


Beberapa rekomendasi penginapan di Nusa Penida adalah Adiwana Warnakali Resort, Mambo Beach Resort, Pramana Natura Nusa Penida, Maua Nusa Penida, dan Mambo Hill Resort.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. Beberapa contoh itinerary Bali dari Torch adalah itinerary bali 4 hari 3 malam dan itinerary bali 5 hari 4 malam.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


Rekomendasi Spot Wisata di Nusa Penida


Setelah membahas akses dan fasilitas, sekarang saatnya kita lihat destinasi primadona di Nusa Penida yang wajib kalian sambangi. Siapkan kamera dan semangat petualangan!


1. Pantai Kelingking 

pemandangan sunset di pantai kelingking

Inilah salah satu ikon paling terkenal dari Nusa Penida berkat formasi tebing menyerupai koridor berlubang raksasa! Pantai dengan pasir putih bersih, pemandangan eksotik, air yang jernih, serta suara gemuruh ombaknya akan buat kamu tidak mau pulang! Namun, untuk akses jalannya masih perlu berjalan kaki cukup jauh.


Baca Juga: Rekomendasi Outfit ke Pantai yang Nyaman dan Stylish

 

2. Broken Beach 

pemandangan broken beach

Nama pantai ini diambil dari fenomena patahan dua tebing karang besar yang membentuk kolam alami dengan laut terbuka. Salah satu spot instagramable anti-mainstream yang keren untuk dikunjungi.


3. Angel's Billabong 

pemandangan angel's billabong

Masih di area Broken Beach, Angel's Billabong jadi salah satu destinasi paling hits di Nusa Penida. Ini adalah kolam alami unik yang terbentuk dari cekungan karang dan terisi air laut jernih saat pasang. Pemandangannya bak kolam renang pribadi di tepi lautan!


4. Crystal Bay 

pemandangan crystal bay

Pantai berpasir putih ini terkenal dengan air lautnya yang jernih seolah berkristal. Sobat Torch bisa berenang, snorkeling, diving, atau sekedar duduk menikmati keindahan bawah lautnya.


5. Atuh dan Diamond Beach 


Dua pantai eksotis di Nusa Penida selanjutnya adalah Atuh Beach dengan formasi batu karang artistik, serta Diamond Beach yang dijuluki Pantai Berlian karena pasir putih keemasan menyerupai permata.


6. Gamat Bay 


Masih kurang puas bermain air? Gamat Bay adalah laguna biru jernih dengan panorama elok yang bisa kalian datangi untuk snorkeling atau sekedar berendam.


7. Goa Giri Putri 

batuan stalakit dan museum dalam goa giri putri

Setelah berkeliling ke sejumlah pantai, sesekali beralih suasana dengan mengunjungi Goa Giri Putri yang dihiasi stalaktit dan stalakmit alami menawan.


8. Air Terjun Guyangan 

pemandangan air terjun guyangan

Wisata alam lain yang dapat disampiri adalah Air Terjun Guyangan. Walaupun dinamakan air terjun kamu tidak akan mendapati air terjun disini. Namun, kamu akan menyaksikan pemandangan yang sungguh mengagumkan dari atas tebing ketika melewati tangga. Selain itu, juga terdapat kolam alami di atas tebing setelah kamu turun melewati pura kecil.


Baca Juga: Eksplorasi Keindahan Air Terjun Tiu Kelep Tahun 2024


9. Toyapakeh Harbour 


Toyapakeh Harbour merupakan pelabuhan kecil yang masih bisa dijangkau dari kawasan wisata utama. Di sinilah kalian bisa menyaksikan para nelayan tradisional melaut seperti pada jaman dahulu sambil memancing ikan untuk penghidupan mereka.


10. Rumah Pohon Molenteng 


Destinasi satu ini adalah hidden gem yang belum terlalu banyak dikenal. Rumah Pohon Molenteng adalah rumah pohon unik menyerupai sarang burung di atas pohon bakau yang cukup instagramable. Kamu bisa melihat pemandangan laut dan keindahan nusa penida yang spektakuler dari rumah pohon ini!


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kanzaki 30 Liter

tas kanzaki dari torch

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan.

List fitur dari Kanzaki 30 Liter:

  • Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
  • Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
  • Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi. 
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
  • Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

tas ishikari dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.

List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Rampak Foldable Backpack

tas rampak foldable daro torch

Backpack sekaligus waist bag? Torch kenalkan, rampak foldable bag. Saat dimaksimalkan fungsinya dapat menjadi backpack. Namun, saat dilipat tetap berfungsi sebagai waist bag. Praktis banget bukan?

List fitur Rampak Foldable Backpack:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black dan Navy
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

Itulah panduan wisata lengkap ke Nusa Penida dari Torch yang bisa menjadi referensi Sobat Torch dalam merencanakan liburan ke pulau eksotis tersebut di tahun 2024 ini. Selain itu, Torch juga ada membuat artikel mengenai tips berlibur ke bali dan tips backpacker ke bali. Buat kamu yang tertarik kamu bisa membaca artikel tersebut ya!


Jangan lupa selalu menjaga kelestarian alam dan budaya setempat ya Sobat Torch, agar keindahan Nusa Penida tetap terjaga untuk waktu yang lama. Selamat berlibur dan jadikan momen ini sebagai pengalaman tak terlupakan bersama orang-orang tersayang! Sampai jumpa di petualangan berikutnya!

Back to blog

2 comments

Explore the best places to visit in Indonesia and make the most of your stay with this 10-day Indonesia itinerary that includes adventure activities in Java, lush greenery in Bali, and relaxing beaches in the Gili islands. For more information visit the website. https://travelingaja.com/

JALAN JALAN

Registrasi Jalur JP3 & Beasiswa , Jangan ketinggalan Informasinya:
Pendaftaran Telkom University Jakarta

rini

Leave a comment