image source: https://bobobox.com/blog/wp-content//uploads/2023/08/Sejarah-Pura-Agung-Besakih.webp

Panduan Lengkap Wisata Pura Besakih Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Tahukah kamu terdapat salah satu destinasi wisata Bali yang memiliki pura terbesar dan tersuci bagi umat Hindu di Indonesia? Ya, Pura Besakih adalah jawabannya. Menjulang kokoh di dekat kaki Gunung Agung, pura megah ini menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya untuk mengagumi keunikan dan keindahan arsitekturnya. 

 

Jika Sobat Torch tertarik atau berencana berlibur ke Pura Besakih, kamu tidak perlu khawatir lagi karena Torch sudah siapkan panduan lengkapnya melalui artikel berikut ini. Penasaran apa saja informasinya? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini agar liburan Sobat Torch semakin menyenangkan!


Sejarah, Keunikan, dan Daya Tarik Pura Besakih


Sebelum Torch masuk ke panduan lengkapnya, Torch akan berikan penjelasan mengenai sejarah panjang yang sangat menarik untuk kamu ketahui. Pura Besakih berada di kawasan lereng Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Bali, tepatnya di lereng sebelah baratnya. 


Pura ini diperkirakan dibangun pada Tahun 1284 oleh Rsi Markandeya bersama pengikutnya setelah bermeditasi dan mendapatkan pencerahan di dataran tinggi Dieng. Umurnya yang sangat tua ini semakin didukung dengan adanya penemuan peninggalan zaman megalitikum seperti menhir, tahta batu, dan struktur teras piramid. Jadi, tidak heran jika Pura Besakih dijuluki sebagai “The Mother of Temple” atau ibu dari segala pura karena usianya yang sangat tua.


Kompleks pura yang luas yakni 20 hektar dengan 46 pura besar dan kecil yang terhubung menjadi satu kawasan suci membuat Pura Besakih dikenal sebagai pura terbesarnya umat Hindu di Indonesia. Bahkan di kawasan Asia Tenggara, Pura Besakih masih merupakan pura Hindu yang terbesar.


Daya tarik utama Pura Besakih adalah arsitektur bangunannya yang sangat indah dan megah disertai dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Setiap bangunan pura dihiasi dengan pahatan batu yang rumit dan penuh dengan ragam hias khas Bali. Hal ini mencerminkan keagungan dan kemegahan kepercayaan Hindu.


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!


Bagian Kompleks Pura Besakih


Bagian kompleks Pura Besakih mencerminkan konsep Tri Hita Karana karena penataan bangunannya yang mengikut arah mata angin sebagai simbol keseimbangan. Orang-orang menyebutnya mata angin tersebut dengan julukan Mandala. Berikut adalah bagian komplek utama dari Pura Besakih:


1. Pura Penataran Agung Besakih 

pura penataran agung besakih

Terletak di pusat mandala kompleks, pura ini merupakan pura utama dan terbesar di antara pura yang lainnya. Di sinilah upacara Eka Dasa Rudra yang diselenggarakan setiap 100 tahun sekali.


2. Pura Gelap 

pemandangan anak tangga menuju pura gelap

Terletak di arah timur kompleks, pura ini difungsikan untuk memuja Dewa Iswara sebagai manifestasi penguasaan alam semesta.


3. Pura Kiduling 

pemandangan pura kiduling

Berada di area selatan, pura ini dikhususkan untuk memuja Dewa Brahma sebagai pencipta alam semesta beserta isinya.


4. Pura Ulun Kulkul 

pemandangan pura ulun kulkul

Menghadap ke arah barat, pura ini disucikan untuk memuja Dewa Mahadewa yaitu dewa keluhuran, kemuliaan, dan kepahlawanan.


5. Pura Batumadeg


Terletak di bagian utara kompleks, pura ini didedikasikan untuk memuja Dewa Wisnu sebagai manifestasi pemelihara alam semesta dan segal ciptaan Dewa Brahma.


Baca Juga: 12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!


Lokasi dan Rute ke Pura Besakih


Pura Besakih terletak di Desa Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Akses terdekat dari Denpasar dapat ditempuh melalui Jalan Bypass Ngurah Rai, menuju ke Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Dari jalan tersebut kamu hanya perlu lurus terus mengikuti jalur. Kemudian setelah melewati Indomaret Lepang Klk, belok ke kiri hingga menemui perempatan yang memiliki bundara. Dari bundaran kamu hanya perlu lurus masuk ke Jalan Raya Batu Tabih. Setelah itu, kamu akan menjumpai bundaran lagi, belok ke kiri dan lanjut ke Jalan Ngurah Rai. Setelah itu, kamu akan melewati Kantor Kecamatan Klungung dan belok ke kiri menuju ke Jalan Gunung Agung Besakih. Dari sini, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk jalan yang menunjuk Pura Besakih dan sampailah di tempat tujuan. 


Untuk lamanya perjalanan yang ditempuh dari Denpasar kurang lebih sekitar 1 setengah jam dengan jarak tempuh 53 km.


Jika menggunakan kendaraan pribadi, Sobat Torch dapat mengambil jalur tol Mandara menuju Klungkung, lalu mengikuti petunjuk arah Desa Besakih. Perjalanan akan melalui jalan berkelok namun pemandangan sawah dan pegunungan akan membuat perjalanan semakin menyenangkan.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


Harga Tiket, Fasilitas, dan Jam Operasional


Per Maret 2024. harga tiket masuk Pura Besakih untuk wisatawan domestik adalah sebesar Rp50.000/orang dan Rp90.000 untuk wisatawan mancanegara. Untuk pengunjung anak-anak di bawah 6 tahun tidak perlu membayar tiket masuk. Untuk fasilitasnya juga cukup lengkap, yaitu tersedia toilet, tempat parkir, area kuliner, hingga pusat oleh-oleh.


Pura Besakih buka setiap hari dari pukul 07.00 - 18.00 WITA, kecuali jika ada upacara keagamaan tertentu yang mengharuskan penutupan sementara.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. Beberapa contoh itinerary Bali dari Torch adalah itinerary bali 4 hari 3 malam dan itinerary bali 5 hari 4 malam.


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kanzaki 30 Liter

tas kanzaki dari torch

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan.

List fitur dari Kanzaki 30 Liter:

  • Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
  • Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
  • Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi. 
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
  • Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

tas ishikari dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.

List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Rampak Foldable Backpack

tas rampak dari torch

Backpack sekaligus waist bag? Torch kenalkan, rampak foldable bag. Saat dimaksimalkan fungsinya dapat menjadi backpack. Namun, saat dilipat tetap berfungsi sebagai waist bag. Praktis banget bukan?

List fitur Rampak Foldable Backpack:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black dan Navy
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

Nah, itulah panduan lengkap dari Torch untuk berwisata ke Pura Besakih di tahun 2024. Mulai dari sejarah, denah kompleks pura, rute perjalanan, harga tiket, fasilitas hingga jam operasional yang perlu diperhatikan sebelum kamu berkunjung. Selain itu, Torch juga ada membuat artikel mengenai tips berlibur ke bali dan tips backpacker ke bali. Buat kamu yang tertarik kamu bisa membaca artikel tersebut ya!


Dengan mempersiapkan diri sesuai panduan ini, Sobat Torch bisa menikmati liburan yang aman, nyaman, dan tentu saja sangat berkesan. Jangan lupa untuk tetap menghormati kesucian dan kesakralan Pura Besakih agar liburan makin bermakna. Selamat berwisata dan happy traveling Sobat Torch!

Back to blog

Leave a comment